free counter with statistics Pura Pasar Agung di Gunung Agung
T1/31/2013

Pura Pasar Agung di Gunung Agung

Iklan
Iklan
Pada tanggal 6 Juli 2011 Tim Long Trip melakukan tirtayatra ke Pura Pasar Agung. Ini yang kedua kalinya Tim Long Trip melakukan Tirtayatra ke Pura Pasar Agung.  Pura ini terletak di Gunung Agung tepatnya di dusun Sorga Desa Sebudi, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem, Bali. Pada waktu pertama kali kami tirtayatra ke Pura ini, kami menggunakan mobil pribadi dan itupun pada malam hari, sehingga  kami tidak bisa melihat pemandangan yang jelas. Pada waktu itu rombongan yang ikut hanya empat orang saja.

Nah untuk yang kedua kalinya kami menggunakan sepeda motor, agar ada tantangan sedikit. Lagian kami juga ingin mengetahui bagaimana medannya dalam perjalanan ke pura pasar Agung. Sebelum berangkat tim mempersiapkan bekal perjalanan, memeriksa rem, dan juga bensin motor. Rombongan yang ikut pada waktu itu ada sembilan orang dengan empat sepeda motor.

Perjalanan dimulai  kira-kira pukul 15.00 siang. Perjalanan sungguh sangat menyenangkan karena bisa canda tawa di jalan dan juga bisa melihat pemandangan sepanjang perjalanan yang kami lalui, terkadang berhenti sebentar untuk menunggu rombongan yang jauh ketinggalan di belakang (motornya bermasalah ditambah beban yang sangat berat juga). Medan perjalanan ke Pura Pasar agung  terus menanjak. Yang paling terjal tanjakannya pas menjelang sampai di parkiran Pura Pasar Agung.

Tangga di Pura Pasar Agung Gunung Agung

Kira-kira Jam 16.00 akhirnya tim sampai di pelataran parkir Pura Pasar Agung. Tanpa basa basi kami langsung menaiki ratusan anak tangga sambil foto-foto dan mengambil gamabr video untuk dokumentasi. Anak tangga dari parkiran sampai di areal Pura jumlahnya 300 buah anak tangga (hasil perhitungan dari salah satu tim kami). Penasaran dengan jumlanya? silahkan buktikan sendiri.

Dari pura ini juga bisa sebagai start point untuk melakukan pendakian ke puncak gunung agung yang bisa dicapai dalam waktu kurang lebih 4 jam. Lokasinya yang dekat dengan puncak gunung membuat pura ini selalu diselimuti kabut dingin. Serasa seperti melayang, karena kita bisa melihat suasana di daratan bawah sana dari balik awan.

Suasana di Pura Pasar Agung

Pujawali / Aci di Pura Pasar Agung jatuh pada Purnama Kelima, Ida Betara nyejer selama 11 hari. Kemudian pada Purnama Kedasa, Ida Betara Turun Kabeh, dan nyejer selama 11 hari. Pada Wage Ukir, Ida Betara nyejer selama tiga hari dan pada Tilem Kesanga, Ida Betara nyejer selama satu hari (Sumber: SWiB)
Iklan