free counter with statistics Inilah 10 Objek Wisata Favorit Di Kabupaten Gianyar Bali
T11/07/2014

Inilah 10 Objek Wisata Favorit Di Kabupaten Gianyar Bali

Daftar 10 objek wisata favorit di Gianyar ini datanya diambil dari hasil penelitian dari Badan Pusat Staistik (BPS) provinsi Bali pada tahun 2013. Kabupaten Gianyar mendapat peringkat kedua dalam hal jumlah kunjungan wsiata setelah kabupaten Tabanan. Tercatat pada tahun 2013 jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Gianyar mencapai 1.631.879 orang. Berikut daftar 10 objek wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan, baik itu wisatawan nusantara mapupun wisatawan mancanegara.

10. Museum Puri Lukisan
Museum Puri Lukisan juga disebut sebagai Museum Ratna Warta, karena museum ini dikelola oleh yayasan Ratna Warta maka museum ini juga dikenal dengan nama Museum Ratna Warta. Museum Puri Lukisan terletak di Desa Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar. Di museum ini bisa menikmati perkembangan seni rupa di Bali, baik seni lukis maupun seni patung, sehingga koleksi Puri Lukisan merupakan saksi mata pembaruan seni lukis dan seni patung Bali. Jumlah pengunjung ke museum ini pada tahun 2013 mencapai 36.746 orang yang didominasi oleh wisatawan mancanegara yang mencapai 95% dari total pengunjung.

9. Museum Neka
Museum Neka merupakan museum seni lukis dan seni rupa yang terletak Jalan Raya Campuhan, Desa Kedewatan, Ubud. Museum ini didirikan oleh Wayan Suteja Neka sehingga museum ini bernama Museum Neka. Sama seperti Museum Puri Lukisan, 90% pengunjungnya dari wisatawan mancanegara. Total pengunjung wisatawan baik itu wisatawan nusantara maupun mancanegara pada tahun 2013 mencapai 42.003 orang.

8. Museum Antonio Blanco
Museum Antonio Blanco merupakan musem seni lukis karya pelukis Antonio Blanco selama beliau tinggal di Bali. Adapun sebagian besar lukisan-lukisan hasil karya sang maestro bertemakan wanita yang bertelanjang dada dengan estetisme yang tinggi  sehingga tidak terkesan pornografi. Salah satu wanita yang dijadikan objek lukisan oleh Antonio Blanco adalah seorang penari Bali Ni Ronji, yaitu istri sang Maestro sendiri. Museum ini terletak di atas bukit tepi sungai Campuan Ubud. Jumlah pengungjung di museum ini mencapai 44.637 orang pada tahun 2013.

7. Taman Gajah Taro
Taman Gajah Taro terletak di desa Taro kecamatan Ubud. Taman Gajah Taro merupakan salah satu objek wisata alam yang menawarkan atraksi gajah. Di sini kita bisa melihat kebiasaan dari gajah-gajah dilindungi, dipelihara serta dikembangbiakkan di taman ini. Selain itu, pengunjung yang datang juga dapat melakukan berbagai kegiatan seperti menunggang gajah mengelilingi taman, memandikan gajah, memegang dan memberinya makan serta berfoto bersama gajah. Objek wisata ini hampir 100% dikunjungi oleh wisatawan mancanegara (berdasarkan data BPS Bali pada 2013) yang mencapai 69.651 orang.

6. Candi Gunung Kawi
Objek wisata Candi Gunung Kawi menyuguhkan keindahan hasil budaya manusia Bali yakni berupa candi yang dipahat di dinding sungai Pakerisan. Dinding batu tersebut dipahat dan dibentuk menyerupai dinding-dinding candi. Objek wisata Candi Gunung Kawi berada di Banjar Penaka, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar. Berdasarkan jumlah kunjungan objek wisata gunung kawi berada di peringkat ke 6 dengan jumlah pengunjung sebanyak 110.435 orang yang sebagian besar didominasi oleh wisatawan mancanegara. Info lebih lengkap, silahkan baca tempat wisata Candi Gunung Kawi.

5. Taman Burung & Rimba Reptil
Taman Burung Bali merupakan nama sebuah objek wisata yang menyuguhkan aneka jenis burung. Di sini Anda bisa melihat berbagai jenis burung baik dari indoensia maupun dari luar negeri. Kemudian di sebelah utara Taman Burung ini berdiri lagi sebuah tempat rekreasi untuk para wisatawan yaitu Rimba Reftil. Rimba Reftil ini memiliki beraneka reftilia dari seluruh dunia. Kedau taman ini berada di Jl. Cerma Cok Ngurah Gambir, Singapadu, Batubulan. Jumlah pengunjung ke objek wisata ini mencapai 117.123 orang yang didominasi oleh pengunjung nusantara sebanyak 57%.

4. Bali Zoo Park
Bali Zoo Park atau Kebun Bianatang Bali merupakan sebuah kebun binatang dengan koleksi lebih dari 350 jenis hewan reptil, mamalia dan unggas serta binatang binatang langka dari dalam maupun luar negeri. Bali Zoo Park terletak di Jl. Raya Singapadu, Banjar Seseh, Desa Batuan, Kecamatan Sukawati. Jumlah pengunjung ke objek wisata ini mencapai 199.687 orang yang sebagian pengunjungnya merupakan pengunjung dari mancanegara.

3. Bali Safari and Marine Park
Bali Safari & Marine Park atau dikenal dengan nama Taman Safari Bali terletak di Kabupaten Gianyar Bali. Tempat wisata Taman Safari dan Bahari Bali menjadi salah satu taman safari terbaik di Indonesia dan menjadi tempat wisata di Bali. Jumlah kunjungan wisatawan ke Taman Safari Bali pada tahun 2013 mencapai 208.444 orang dengan rata-rata kunjungan mencapai 571 orang perharinya dan masuk peringkat ke 10 dalam kategori objek wisata yang paling banyak dikunjungi di Bali.

2. Goa Gajah
Obyek wisata Goa Gajah berada di desa Bedulu, kecamatan Blahbatuh, kabupaten Gianyar. Goa Gajah merupakan obyek wisata bersejarah berupa gua.  Selain terdapat artefak-artefak bersejarah, obyek wisata ini memiliki pemandangan alam yang indah karena dikelilingi persawahan dan sungai kecil. Jumlah kunjungan wisatawan pada tahun 2013 mencapai 253.455 orang dengan rata-rata kunjungan mencapai 694 orang perharinya dan masuk peringkat ke 9 dalam kategori objek wisata yang paling banyak dikunjungi di Bali.

1. Tirta Empul
Tirta Empul adalah nama sebuah pura yang terletak desa Manukaya, kecamatan Tampak Siring, Kabupaten Gianyar. Pura Tirta Empul banyak dikunjungi para wisatawan, baik dari mancanegara maupun wisatawan domestik, sehingga jumlah kunjungan wisatawan pada tahun 2013 mencapai 445.502 orang, dengan rata-rata kunjungan mencapai 1.220 orang perharinya dan masuk peringkat ke 6 dalam kategori objek wisata yang paling banyak dikunjungi di Bali. 
Objek Wisata Tirta Empul
Tirta Empul
Di pura Tirta Empul, terdapat mata air dan juga digunakan oleh masyarakat pemeluk agama Hindu, untuk permandian dan memohon tirta suci. Selain pura, di tempat wisata ini terdapat istana kepresidenan yang didirikan oleh presiden pertama Indonesia, IR Soekarno sebagai tempat peristirahatan beliau saat berkunjung ke Bali. Baca juga tempat wisata Pura Tirta Empul.

Nah, itulah  daftar 10 tempat atau objek wisata di Gianyar yang paling banyak dikunjungi wisatawan berdasarkan data BPS Bali pada tahun 2013.