T10/16/2014

Inilah Objek Wisata Favorit Wisatawan Di Kabupaten Bangli

Objek Wisata Favorit Di Kabupaten Bangli => Walaupun kabupaten Bangli tidak memiliki objek wisata pantai seperti di kabupaten lainnya. Tetapi kabupaten Bangli juga memiliki objek wisata yang tidak kalah menariknya dengan objek wisata kabupaten lain dan memiliki keunikan teresendiri, sehingga kabupaten Bangli mendapat peringkat ke 5 dalam hal jumlah kunjungan wisatawan dari 9 kabupaten dan kota yang ada di Bali yakni sebanyak 616.637 orang pada tahun 2013. Yang menjadi andalan dari kabupaten bangli yakni objek wisata penelokan. Berikut objek wisata favorit di kabupaten badung pada tahun 2013, yakni:

6. Pura Puncak Penulisan
Pura Penulisan terletak di Desa Sukawana, kecamatan Kintamani. Di Pura Puncak Penulisan juga disebut Pura Tegeh Keropan atau Pura Pamarajon terdapat berbagai peninggalan dari jaman megalitikum sampai dengan masuknya peradaban agama Hindu ke Bali. Tidak banyak wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini, tercatat pada tahun 2013 jumlah wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini hanya 800 orang.

5. Pura Kehen
Pura Kehen terletak di Desa Cempaga, Kecamatan Bangli. Pura Kehen merupakan pura kahyangan jagat yang mempunyai keunikan pada pintu masuk pura yang tidak berbentuk Candi Bentar melainkan berbentuk Candi Kurung. Di Pura kehen juga terdapat Bale Kulkul (tempat kentongan) di atas pohon beringin yang berusia ratusan tahun. Walaupun tidak begitu banyak pengunjungnya, tercatat pada tahun 2013 jumlah wisatawan yang mengunjungi kawasan ini mencapai 10.373 orang.

4. Desa Trunyan
Trunyan adalah sebuah desa yang terletak di pinggiran danau Batur, sehingga untuk menuju desa tersebut bisa menggunakan perahu atau boat dan bisa juga melintasi sarana jalan yang belum memadai di sepanjang pesisir tepi danau Batur. Masyarakat di Desa Trunyan memiliki tradisi yang unik yaitu penguburan terbuka. Orang yang telah meninggal tidak dikubur ataupun dibakar (ngaben), melainkan jenasah tersebut diletakkan di atas tanah area kuburan yang bernama Seme Wayah. Walaupun diletakan begitu saja akan tetepai juga diadakan upacara tertentu. Seme Wayah tempatnya terpisah dari desa sehingga untuk mencapai kuburan tersebut harus menggunakan perahu. Ada yang unik, jenasah yang diletakkan di atas tanah pekuburan tidak mengeluarkan bau yang busuk. Banyak wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Desa Trunyan hanya untuk melihat kawasan perkuburan tersebut. Pada tahun 2013 tercatat jumlah pengunjung ke desa Trunyan mencapai 16.546 orang.

3. Wisata Pendakian Gunung Batur
Bagi yang suka dengan kegiatan trekking, anda boleh coba aktivitas yang satu ini yakni mendaki gunung Batur. Gununga Batur berada di Desa Songan Kecamatan Kintamani. Dari puncak gunung Anda bisa melihat pemandangan matahari terbit yang begitu indah, begitu merah dan bercampur dengan warna biru yang tipis. Tidak hanya menikmati matahari terbit, anda juga dapat melihat kaldera dengan letupan kecil dari larva. Hampir setiap hari ada saja wisatawan yang melakukan pendakian ke gunung batur, sehingga pada tahun 2013 jumlah pendaki ke gunung batur mencapai 37.122 orang dengan jumlah pendaki rata-rata perharinya mencapai 101 orang.

2. Desa Penglipuran
Desa Penglipuran terletak di Kelurahan Kubu Kecamatan Bangli. Desa Penglipuran memiliki ciri khas tersendiri dengan bentuk arsitektur bangunan rumah tradisional yang serupa dan tersusun rapi mulai dari ujung utama desa sampai bagian hilir desa. Banyak wisatawan lokal dan mancanegara datang kesini untuk melihat dan menikmati suasana desa yang masih asri, baik dari kalangan biasa, ilmuwan maupun mahasiswa yang tertarik untuk melakukan penelitian di desa ini. Tercatat pengunjung ke kawasan ini mencapai 41.813 orang pada tahun 2013. Silahkan baca juga tempat wisata desa tradisional penglipuran.

1. Penelokan Batur
Jika Anda bosan dengan suasana perkotaan yang panas dan super sibuk, maka penelokan batur merupakan tempat yang cocok dengan tujuan wisata Anda. Objek wisata penelokan Batur merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat indahnya pemandangan Gunung dan danau Batur. Penelokan terletak di sebelah Selatan desa Batur Tengah, kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Jumlah kunjungan wisatawan pada tahun 2013 mencapai 509.983 orang, yang didominasi oleh pengunjung mancanegara sebanyak 62%. Silahkan baca tempat wisata Penelokan Kintamani.

Objek Wisata Favorit Di Kabupaten Bangli
Objek wisata penelokan kintamani
Nah, itulah  objek wisata favorit di kabupaten Bangli pada tahun 2013 berdasarkan data BPS Bali.

0 Response to "Inilah Objek Wisata Favorit Wisatawan Di Kabupaten Bangli"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif