free counter with statistics 10 Tempat Wisata Di Bali Yang Paling Banyak Dikunjungi
T8/20/2017

10 Tempat Wisata Di Bali Yang Paling Banyak Dikunjungi

Iklan
Iklan
Daftar 10 tempat wisata di bali yang paling banyak dikunjungi wisatawan ini, datanya diambil dari situs resmi Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali. Data ini merupakan data kunjungan wisatawan pada tahun 2013. Berikut peringkat kunjungan wisatawan di objek wisata yang di Bali.
10 Tempat Wisata Di Bali Yang Paling Banyak Dikunjungi
Peta wisata Bali yang paling banyak dikunjungi
Sumber gambar: Google Map

10. Bali Safari &  Marine Park
Bali Safari & Marine Park atau dikenal dengan nama Taman Safari Bali terletak di Kabupaten Gianyar Bali. Taman Safari Bali menjadi salah satu taman safari terbaik di Indonesia dan menjadi tempat wisata di Bali. Jumlah kunjungan wisatawan ke Taman Safari Bali pada tahun 2013 mencapai 208.444 orang dengan rata-rata kunjungan mencapai 571 orang perharinya.

9. Goa Gajah
Obyek wisata Goa Gajah berada di desa Bedulu, kecamatan Blahbatuh, kabupaten Gianyar. Goa Gajah merupakan obyek wisata bersejarah berupa gua.  Selain terdapat artefak-artefak bersejarah, obyek wisata ini memiliki pemandangan alam yang indah karena dikelilingi persawahan dan sungai kecil. Jumlah kunjungan wisatawan pada tahun 2013 mencapai 253.455 orang dengan rata-rata kunjungan mencapai 694 orang perharinya.

8. Taman Ayun
Objek wisata Taman Ayun ini terletak di Desa Mengwi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Taman Ayun merupakan objek wisata pura yang bersejarah dan pura ini erat kaitannya dengan Kerajaan Mengwi, karena pura ini dibangun pada abad 17 oleh raja pertama Kerajaan Mengwi yang bergelar Tjokerda Sakti Blambangan. Pura ini dibangun dengan arsitek yang berasal dari cina. Jumlah kunjungan wisatawan pada tahun 2013 mencapai 281.901 orang dengan rata-rata kunjungan mencapai 722 orang perharinya.

7. Kebun Raya Eka Karya
Kebun Raya Eka Karya Bali juga sering dikenal dengan nama Kebun Raya Bedugul karena letaknya di daerah bedugul, kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. Kebun Raya Bedugul merupakan sebuah kebun botani terbesar di Bali yang didirikan pada 15 Juli 1959. Kebun Raya Eka Karya Bali memiliki beberapa koleksi tanaman yang dikelompokkan berdasarkan kekerabatannya. Beberapa koleksi yang ada di antaranya mencakup anggrek, kaktus, pakis, bambu, koleksi lumut, begonia, bambu, tanaman upacara adat, tanaman obat, bambu, tanaman air dan palma. Jumlah kunjungan wisatawan pada tahun 2013 mencapai 340.105 orang dengan rata-rata kunjungan mencapai 931 orang perharinya.

6. Tirta Empul Tampak Siring
Tirta Empul adalah nama sebuah pura yang terletak desa Manukaya, kecamatan Tampak Siring, Kabupaten Gianyar. Pura Tirta Empul banyak dikunjungi para wisatawan, baik dari mancanegara maupun wisatawan domestik, sehingga jumlah kunjungan wisatawan pada tahun 2013 mencapai 445.502 orang, dengan rata-rata kunjungan mencapai 1.220 orang perharinya. Di pura Tirta Empul, terdapat mata air dan juga digunakan oleh masyarakat pemeluk agama Hindu, untuk permandian dan memohon tirta suci. Selain pura, di tempat wisata ini terdapat istana kepresidenan yang didirikan oleh presiden pertama Indonesia, IR Soekarno sebagai tempat peristirahatan beliau saat berkunjung ke Bali.

5. Penelokan Batur
Objek wisata penelokan Batur merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat pemandangan indah Gunung Batur dan Danau Batur. Penelokan terletak di sebelah Selatan desa Batur Tengah, kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Banyak pengunjung baik domestik maupun internasional, memilih tempat ini untuk dapat menikmati udara pegunungan yang dingin dan segar. Jumlah kunjungan wisatawan pada tahun 2013 mencapai 509.983 orang, dengan rata-rata kunjungan mencapai 1.397 orang perharinya.

4. Bedugul
Bedugul merupakan salah satu objek wisata Bali yang menawarkan keindahan alam pegunungan dan danau. Tempatnya yang tinggi membuat daerah ini selalu diselimuti kabut dan berhawa dingin. Daerah Bedugul terletak di kecamatan Baturiti kabupaten Tabanan. Tempat ini selalu dipadati pengunjung. Berdasarkan BPS bali, jumlah kunjungan wisatawan pada tahun 2013 mencapai 519.528 orang, dengan rata-rata kunjungan mencapai 1.423 orang perharinya.

3. Ulun Danu Beratan
Objek wisata Ulun Danu Beratan merupakan objek wisata yang menyuguhkan keindahan sebuah pura yang terletak di tengah danau Beratan. Banyak wisatawan yang berkunjung ke lokasi ini untuk mengambil foto dengan latar belakang pura tersebut. Di lokasi ini juga menyuguhkan keindahan danau Beratannya. Jumlah kunjungan wisatawan pada tahun 2013 mencapai 724.065 orang, dengan rata-rata kunjungan mencapai 1.984 orang perharinya.

2. Uluwatu
Objek wisata Uluwatu merupakan sebuah kawasan yang sangat indah yang terletak di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung Bali. Karena keindahannya lokasi ini mendapat kunjungan wisatawan terbanyak kedua di Bali, dengan kunjungan wisatawan pada tahun 2013 mencapai 820.999 orang, dengan rata-rata kunjungan mencapai 2.249 orang perharinya. Di kawasan ini berdiri sebuah pura yang bernama Pura Luhur Uluwatu, yang terletak di atas sebuah bukit karang dengan ketinggian sekitar 97 m di atas permukaan laut. Sehingga wisatawan yang berwisata ke Uluwatu ini akan menyaksikan luasnya hamparan Samudra India, dengan ombaknya yang menghantam kaki tebing. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati indahnya matahari terbenam.

1. Tanah Lot
Lokasi Tanah Lot ada di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Di Tanah Lot ada sebuah pura yang berada di atas batu karang yang namanya juga sesuai nama tempat tersebut yakni Pura Tanah Lot. Jika air laut sedang pasang maka Pura Tanah Lot ini seakan-akan terpisah dengan lautan. Pada saat menjelang matahari tenggelam, momen-momen inilah yang diburu oleh wisatawan yang berkunjung ke Tanah Lot. Lokasi ini sangat cocok digunakan sebagai objek fotografi maupun praweding. Jumlah kunjungan wisatawan pada tahun 2013 mencapai 3.045.688 orang, dengan rata-rata kunjungan mencapai 8.344 orang perharinya.

Nah itu tempat wisata di Bali yang paling banyak dikunjungi di Pulau Dewata. Silahkan baca juga tempat wisata di bali yang lainnya.
Iklan