T10/23/2015

Tempat Wisata Patung Kuda (Satria Gatotkaca) Badung Bali

Kabupaten Badung merupakan salah satu kabupaten di Bali yang memiliki jumlah kunjungan wisatawan terbanyak ke dua setelah kabupaten Tabanan pada tahun 2013 berdasarkan data BPS bali. Kabupaten badung terkenal akan keindahan pantainya seperti pantai dreamland, pantai kuta, pantai nusa dua, dan lain sebagainya. Selain wisata alam yang mempesona, di kabupaten badung juga memiliki wisata buatan yang tidak kalah indahnya. Salah satu tempat wisata yang buatan yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan yaitu Patung Satria Gatotkaca.
Tempat Wisata Patung Kuda
Patung Kuda Tuban

Walaupun patung tersebut namanya Patung Satria Gatotkaca, tetapi kebanyakan orang menyebut patung tersebut dengan nama Patung Kuda, karena dalam patung tersebut ada enam ekor kuda yang menarik sebuah kereta perang. Patung tersebut mengisahkan peperangan antara Pangeran Gatotkaca (hasil pernikahan antara Raden Bima dengan raksasa Hidimbi) dengan adipati Karna (Raja Angga) dalam kisah pewayanagan Mahabharata. Sehingga dalam patung tersebut digambarkan Raden Gatotkaca menyerang Adipati Karna dengan senjata gadanya dari angkasa, sedangkan adipati karna juga membalasnya dengan senjata panahnya dari keretanya yang menjadi kusirnya adalah raja Salya (paman dari Nakula dan Sadewa). Dalam peperangan tersebut akhirnya Pangeran Gatotkaca gugur melawan Adipati Karna dengan senjata saktinya.

Patung Satria Gatotkaca berada di sebelah kiri pertigaan jalan menuju jalan raya tuban dan jalan tol bali Mandara. Untuk mengakses lokasi ini sangatlah mudah karena jaraknya dekat sekali dengan bandara Ngurah Rai mungkin bisa dibilang patung ini merupakan tempat wisata yang terdekat dengan bandara Ngurah Rai yang jaraknya kira-kira 400 m dari bandara Ngurah Rai. Jadi, jika Anda akan menuju bandara Ngurah Rai atau akan meninggalkan bandara Ngurah Rai maka anda akan menemui patung Satria Gatotkaca ini. Patung ini tepat sekali berada di sebelah kiri trafik light jika anda dari bandara Ngurah Rai.
Patung Satria Gatot Kaca
Karena aksesnya sangat mudah maka patung ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan khususnya wisatawan nusantara. Mereka sekedar duduk-duduk untuk bersantai bersama teman maupun keluarganya. Selain itu Anda juga bisa nongkrong-nongkrong sambil menikmati jagung bakar, karena ada pedagang jagung bakar yang menjajakan dagangannya disekitar patung tersebut. Walaupun posisi patung tersebut dekat dengan jalan raya tetapi tetap saja memberikan kenyamana bagi pengunjungnya terutama pada malam hari.

Patung Satria Gatotkaca yang berada di Desa Tuban, kecamatan Kuta, kabupaten Badung tersebut diresmikan pada tanggal 3 Oktober 1993 oleh gubenur Bali pada saat itu yakni Ida Bagus Oka. Ini dapat anda lihat pada prasasti yang terukir di patung tersebut.
Prasasti Patung Kuda
Tanda diresmikannya Patung Kuda
Silahkan kunjungi tempat wisata patung satria gatotkaca bersama teman ataupun keluarga anda. Selain tempat wisata Patung Satria Gatotkaca, masih banyak ada tempat wisata lainnya yang layak Anda kunjungi misalnya Pantai Nusa Dua, Pantai Kuta, Pantai Dreamland, Patung Garuda Wisnu Kencana, dan lain sebagainya. Selamat berwisata.

0 Response to "Tempat Wisata Patung Kuda (Satria Gatotkaca) Badung Bali"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif