T10/23/2015

Tempat Wisata Lapangan Puputan Klungkung

Jika Anda berliburan ke kabupaten Klungkung dan kebetulan menginap di sekitaran Kota Semarapura, cobalah sesekali luangkan waktu Anda untuk menikmati indahnya kota Semarapura sambil berlari pagi di Lapangan Puputan Klungkung.

Lapangan Puputan Klungkung terletak tepat di jantung kota Semarapura, bersebelahan dengan Objek Wisata Kerta Gosa, Museum Semarajaya dan Monumen Puputan Klungkung. Pada tanggal 28 April 1908, di lapangan ini terjadi peristiwa heroik, di mana terjadi perang besar antara Kerajaan Klungkung (keluarga kerajaan dan rakyat Klungkung) dengan penjajah Belanda. Perang ini merupakan perang titik darah penghabisan atau dikenal dengan nama “perang puputan”. Oleh karena itu lapangan tersebut diberi nama Lapangan Puputan Klungkung.

Lapangan Puputan Klungkung akan ramai dikunjungi oleh pengunjung lokal pada saat menjelang sore hari. Aktivitas yang dilakukan oleh pengunjung antara lain berlalri (olahraga), bersantai, bermain, atau sekedar duduk-duduk untuk menikmati hawa kota semarapura pada sore hari. Selain itu di lapangan ini Anda juga bisa menyaksikan Monumen Puputan Klungkung yang menjulang tinggi. Pada hari-hari tertentu lapangan puputan klungkung dijadikan sebagai tempat upacara pengibaran sang saka merah putih, misalnya pada hari kemerdekaan, hari sumpah pemuda, dan lain-lain. Selain itu, lapangan ini juga digunakan untuk kegiatan konser musik yang dilakukan oleh group band ibukota pada hari-hari tertentu.

Tempat Wisata Lapangan Puputan Klungkung
Aktivitas penduduk lokal di lapangan puputan klungkung
Pada sore hari banyak anak-anak muda yang bermain skate board di sekitar lapangan ini, khususnya di depan monumen puputan klungkung. Di sebelah barat laut dari lapangan puputan klungkung atau sebalah utara dari monumen puputan klungkung terdapat sebuah pasar malam (pasar sengol) yang menjual berbagai kuliner khas klungkung seperti serombotan. Di pasar ini juga Anda bisa membeli pakaian, mainan anak-anak, dan lain sebagainya dengan harga yang murah meriah.

Jadi jika Anda berkesempatan berkunjung ke pasar sengol maka sempatkan diri Anda untuk menikmati indahnya lapangan puputan klungkung atau sebaliknya jika berkesempatan berkunjung ke lapangan puputan klungkung maka sempatkan diri Anda untuk mengunjungi pasar malam sambil menikmati makanan khasnya. Akan lebih baik jika Anda berkunjung ke objek wisata kerta gosa, museum semarajaya dan monumen puputan klungkung untuk berwisata sejarah hingga menjelang senja baru ke lapangan puputan.

0 Response to "Tempat Wisata Lapangan Puputan Klungkung"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif