free counter with statistics Tempat Wisata Jembatan Tukad Bangkung (Plaga) Badung Bali
T10/26/2015

Tempat Wisata Jembatan Tukad Bangkung (Plaga) Badung Bali

Iklan
Iklan
Pulau Bali yang terkenal dengan julukan Paradise of Island memang memiliki banyak sekali tujuan wisata. Pulau Bali tidak hanya terkenal akan tempat wisata pantainya yang sudah melegenda hingga ke mancanegara seperti Pantai Sanur, Pantai Kuta dan Pantai Dreamland, tetapi juga memiliki objek wisata lainnya seperti objek wisata warisan budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) atau lebih kerennya dikenal dengan nama Culture Park dan Pura Tanah Lot. Selain tempat wisata tersebut, ada lagi tempat wisata yang layak Anda kunjungi jika berada di Bali yakni Jembatan Tukad Bangkung atau lebih dikenal dengan nama Jembatan Plaga.

Jembatan Tertinggi Di Asia

Jembatan Tukad Bangkung merupakan jembatan yang menghubungkan tiga kabupaten sekaligus yakni kabupaten Badung, Bangli dan Buleleng. Jembatan yang diklaim sebagai jembatan tertinggi tinggi di Asia ini memiliki tinggi pilar mencapai 71,14 meter dengan pondasi yang menancap bawah tanah sedalam 41 meter. Jembatan yang diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 28 April 2007 ini berfungsi menggantikan jalur wisata lama yang menghubungkan ruas jalan Denpasar, Sangeh, Petang, dan Kintamani-Bangli.
Jembatan Tukad Bangkung Badung Bali
Jembatan Plaga, Jembatan Tertinggi Di Asia Tenggara

Pemandangan Alam Di Jembatan Tukad Bangkung

Tempat wisata Jembatan Tukad Bangkung dirancang agar kita bisa menyaksikan pemandangan alam yang berada di sekitarnya yang menyejukan mata. Sejauh mata kita memandang, pemandangan alam yang disuguhkan baik di sebelah kiri maupun kanan jembatan sungguh luar biasa. Rimbunnya pepohonan, hutan yang menghijau dan gunung-gunung sungguh membuat otak kita akan refresh sejenak. Oleh karena itu, pada hari libur jembatan ini menjadi obyek wisata yang padat pengunjung. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh penduduk setempat untuk membuka warung makan atau restoran. Dari kuliner khas Bali sampai kuliner para perantau, seperti masakan khas Jawa. Banyak pengunjung atau pemakai jalan yang beristirahat sebentar untuk mencicipi kuliner yang ada. Sambil menikmati makanan kita bisa menyaksikan indahnya pemandangan di Jembatan Tukad Bangkung.
Jembatan Tukad Bangkung
Jembatan Plaga dengan alamnya yang menghijau

Lokasi dan Akses Jembatan Plaga

Tempat wisata Jembatan Tukad Bangkung berada di Desa Plaga, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Bali, Indonesia. Jembatan ini menghubungkan dua bukit di dua desa, yaitu: Desa Plaga dan Desa Belok/Sidan. Rute menuju Desa Pelaga dapat ditempuh dari Kota Denpasar ke arah utara kurang lebih 55 km dengan waktu tempuh kira-kira 1,5 jam. Jika Anda datang dari Bandara Ngurah Rai akan memerlukan waktu tempuh kira-kira 2 jam perjalanan dengan jarak tempuh 63 km.
Tempat Wisata Jembatan Tukad Bangkung
Tanda Peresmian Jembatan Plaga
Selama perjalanan kita akan dimanjakan dengan berbagai pemandangan alam yang menyenangkan seperti pemandangan hutan kopi, tanaman bunga dan bentangan tanaman padi yang menghijau. Supaya perjalanan Anda tidak membosankan dapat mengunjungi tempat wisata lainnya yang sejalur dengan jalan menuju jembatan plaga seperti:
1. Monkey Forest
2. Taman Mumbul Sangeh
3. Air Terjun Nungnung
4. Tempat wisata Tanah Wuk
5. Air Terjun Bidadari
7. Puncak Tedung


Dengan mengunjungi beberapa tempat tersebut maka perjalanan Anda menuju Jembatan Tukad Bangkung tidak akan membosankan dan tentunya menambah wawasan Anda mengenai temapt wisata yang menarik di bai khususnya di Kabupaten Badung. Semoga artikel ini menjadi refrensi Anda jika berliburan di Bali. Salam Traveler.
Iklan