free counter with statistics Tempat Wisata Pantai Segara Samuh Nusa Dua Bali
T11/09/2015

Tempat Wisata Pantai Segara Samuh Nusa Dua Bali

Iklan
Iklan
Kawasan Nusa Dua terkenal akan fasilitas hotel bintang lima yang bertaraf internasional sehingga mampu menarik wisatawan mancanegara. Kawasan ini benar-benar dikelola secara profesional oleh pemerintah kabupaten Badung dan menjadi salah satu tempat wisata di Bali yang mampu menyaingi kawasan Kuta. Tidak hanya memiliki fasilitas hotel yang mewah, kawasan Nusa Dua memiliki tempat wisata yang tidak kalahnya dengan objek wisata lainnya di kabupaten Badung, seperti Pantai Dreamland dan Pantai Kuta.

Sebagian besar objek wisata di Bali dikelola oleh desa adat sehingga setiap kita memasuki kawasan objek wisata kita akan membayar karcis atau tempat parkir. Berbeda dengan salah satu pantai yang ada nusa dua yang tidak membayar kacis atau tempat parkir sama sekali alias gratis, objek wisata tersebut bernama pantai Segara Samuh.
Tempat Wisata Pantai Samuh Nusa Dua Bali
Pantai Samuh Nusa Dua

Tempat wisata pantai Segara Samuh berada tepat di depan Hotel Melia Bali dan pengunjung menyebut pantai ini dengan nama Pantai Nusa Dua karena berada di kawasan Nusa Dua. Pantai Samuh menyajikan pemadangan alam berupa fenomena matahari terbit (sun rise) yang sangat indah seperti pantai Sanur dan Pantai Matahari Terbit. Pantai ini sangat ramah dengan anak-anak karena memiliki ombak yang kecil kadang-kadang tidak ada sama sekali, sehingga banyak wisatawan yang membiarkan anak-anaknya bermain dengan bebas di pantai ini. Jika air laut sedang surut kita bisa masuk jalan-jalan ke dalam sejauh 100 km ke tengah laut. Sambil melihat hewan-hewan laut yang terjebak di dalam kubangan akan menambah sensasi Anda berkunjung ke Pantai Samuh ini.

Dari Pantai Segara Samuh kita bisa melihat pulau Nusa Dharma yang menghijau. Sambil menikmati pantai Samuh kita bisa menjajal track yang ada di Pulau Nusa Dharma dengan jalan kaki atau bersepeda. Bagi yang suka surfing Anda harus masuk ke dalam sejauh 200 meter dari bibir pantai untuk mendapatkan ombak yang bagus. Jika Anda suka menyelam atau snorkeling, anda dapat mencobanya di pantai Samuh ini karena merupakan pantai untuk pertumbuhan terumbu karang. Untuk menarik minat para wisatawan untuk berkunjung ke pantai Samuh, maka pemerintah meresmikan sebuah taman bawah laut yang bernama Bali Underwater Cultural Park (BUCP) yang berjarak kira-kira 500 meter dari pingir pantai Samuh dengan kedalaman 11 meter dari permukaan laut.

Di mana BUCP merupakan taman bawah laut berisi kumpulan karya seni terumbu buatan berbentuk patung. Patung yang dipasang adalah patung penari seperti patung pertunjukan tari Kecak dan karakter dari epik Ramayana yakni Rama dan Sita. Tujuan BUCP ini adalah konservasi keanekaragaman hayati laut dan budaya Bali. Selain menambah nilai seni, patung tersebut juga berfungsi sebagai media penempelan karang baru alami, sehingga kelestarian terumbu karang akan terjaga dengan baik. Tidak hanya untuk tempat tumbuhnya terumbu karang, patung ini juga sebagai rumah ikan dan juga akan menjadi daya tarik baru obyek wisata bahari, serta mempromosikan destinasi wisata yang peduli pada kelestarian budaya dan lingkungan.

Jika Anda ingin menikmati indahnya bawah laut, Anda harus menyewa perlatan selam atau snorkeling dan perahu nelayan untuk mengantar Anda ke tengah laut yang jaraknya mencapai 500 meter dari bibir pantai. Jika ingin menyewa alat selam, Anda bisa menyewanya di Pantai Mengiat yang lokasinya tidak jauh dari pantai Samuh.

Tidak jauh dari Pantai Segara Samuh ada sebuah pulau yang namanya Pulau Peninsula yang terkenal dengan objek wisata water blow (ombak yang menghantam batu karang dan menciptakan deburan yang menjulang tinggi) dan Nusa Dua Fiesta yang diadakan tiap tahun sekali sekitar bulan Oktober. Di pulau ini juga terdapat area jogging track seperti yang ada di Pulau Nusa Dharma. Selain bisa menikmati indahnya fenomena water blow kita juga bisa menjajal track ini yang langsung nmengarah ke water blow.

Letak dan Cara Akses Pantai Samuh

Untuk menuju pantai  Samuh sangatlah mudah karena berada di kawasan BTDC Nusa Dua tepatnya berada di depan Hotel Melia Bali. Jika dari Anda datang dari Bandara Ngurah Rai hanya memerlukan waktu tempuh 25 menit atau berjarak 14 km dengan melalui jalan Tol Bali Mandara menuju jalan By Pass Ngurah Rai. Di ujung jalan By Pass Ngurah Rai Anda akan disambut sebuah tugu penyabutan “Welcome To Nusa Dua” yang merupakan Jalan Nusa Dua. Setelah melewati security check akan melewati sebuah bundaran BTDC. Ambil arah ke kanan melewati Museum Pasifika dan Devdan Show Nusa Dua Theatre akan mengarah ke area parkir. Begitu keluar dari area parkir menuju jalan yang dipaving anda akan menemukan pantai Samuh.

Adapun tempat wisata yang dekat dengan Pantai Samuh yakni Pantai Gunung Payung, Pantai Pandawa, Pantai Mengiat, Pantai Geger, Pantai Niko, Pantai tanjung, Waterspot tanjung, GWK, Pantai muaya Jimbaran, Pantai Tegal wangi, dan Pantai Melasti. Silahkan baca juga Pantai di Badung.
Iklan