T4/28/2016

Tempat Wisata Di 8 Kabupaten dan 1 Kota Madya di Bali Yang Terkenal

Bali merupakan salah satu provinsi di Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berada di antara Pulau Jawa dan Pulau Lombok. Bali terkenal akan destinasi wisatanya bahkan sudah melegeda sampai ke luar negeri. Provinsi Bali memiliki delapan kabupaten dan satu kota madya yakni:
1. Kabupaten Badung
2. Kabupaten Bangli
3. Kabupaten Buleleng
4. Kabupaten Gianyar
5. Kabupaten Jembrana
6. Kabupaten Karangasem
7. Kabupaten Klungkung
8. Kabupaten Tabanan
9. Kota Madya Denpasar

Adapun tempat wisata di 8 kabupaten dan 1 kota madya yang di Bali yang sudah terkenal bahkan sampai ke luar negeri adalah sebagai berikut.

Kabupaten Badung
Kabupaten yang paling kaya ini memiliki banyak sekali tempat wisata yang terkenal, baik itu objek wisata alamnya maupun objek wisata buatannya. Untuk objek wisata alam, kabupaten Badung memiliki tempat wisata pantai dan air terjun. Adapun objek wisata pantai yang terkenal yakni pantai Kuta, pantai Dreamland, dan pantai Pandawa. Sedangkan untuk objek wisata air terjun, kabupaten badung memiliki objek wisata air terjun NungNung. Untuk objek wisata buatan, kabupaten badung memiliki objek wisata Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK).
Tempat Wisata Pantai Pandawa Bali
View di pantai Pandawa dengan pasir putihnya pada sore hari

Kabupaten Bangli
Bangli merupakan satu-satunya kabupaten di bali yang tidak memiliki garis pantai, sehingga bangli tidak memiliki objek wisata pantai. Walaupun begitu, kabupaten yang terkenal dengan loloh cemcem-nya ini memiliki objek wisata alam selain pantai seperti objek wisata Penelokan dengan keindahan danau baturnya, pendakian Gunung Batur, dan Air Terjun Dusun Kuning. Selain itu Bangli juga memiliki desa wisata yang sangat unik yakni Desa Tradisional Penglipuran dan Desa Trunyan.
Tempat Wisata Penelokan Kintamani Bangli
Wisata Penelokan dengan pemandangan Danau Batur

Kabupaten Buleleng
Kabupaten yang berada di Bali Utara ini juga banyak memiliki objek wisata alam yang mampu menarik pengunjung untuk datang ke “bumi panji sakit” ini. Adapun objek wisata yang terkenal di kabupaten Buleleng yakni pantai Lovina, pemandian Air Panas Banjar, air terjun bertingkat Gitgit, air terjun Sekumpul dan pemandian Air Sanih. Sedangkan untuk wisata sejarah, di sini terdapat Pura Beji Sangsit yang jadi primadona wisatawan asing. 
Pantai Lovina Buleleng Bali
Pantai Lovina dengan perahu nelayannya
Kabupaten Gianyar
“Bumi Seni”, itulah julukan untuk Kabupaten Gianyar. Kabupaten ini juga memiliki objek wisata pantai yang terkenal dengan ombaknya yang cukup menantang para peselancar kelas dunia. Adapun objek wisata pantai yang terkenal yakni pantai Lembeng, pantai Keramas, dan Pantai Lebih. Sedangkan untuk wisata alam lainnya, di Gianyar terdapat air Terjun Tegenungan dan ngarai tersembunyi “Guwang Hidden Canyon”. Wisata budaya yang terkenal disini yakni tari Barong yang sering dipentaskan di desa Batubulan. Bagi yang suka wisata belanja, terdapat pasar seni Sukawati dan pasar seni Guwang. 
Air Terjun Tegenungan Gianyar
Air terjun tegenungan
Kabupaten Jembrana
Jembrana terkenal akan tradisi Makepung dan kesenian Jegog. Tidak salah jika kabupaten ini mendapat julukan bumi makepung karena rutin tiap tahunnya mengadakan lomba makepung (karapan kerbau). Untuk wisata alam, jembrana memiliki garis pantai yang panjang sehingga memiliki banyak spot pantai dengan pemandangan yang indah. Namun pantai yang terkenal di jembrana yakni pantai Medewi yang merupakan surganya para peselancar. Sedangkan wisata alam lainnya jembaran memiliki objek wisata konservasi alam yang bernama taman nasional bali Barat. Untuk objek wisata buatan, jembrana memiliki tempat wisata bendungan benel dan bendungan palasari.
Tempat Wisata Pantai Medewi Jembrana Bali
Wisatawan yeng melakukan olahraga surfing di pantai medewi
Kabupaten Karangasem
“Bumi Magibung dan Bumi Lahar” merupakan julukan dari kabupaten karangasem karena terkenal akan tradisi Magibung (makan bersama dalam satu wadah) dan terdapat gunung tertinggi di Bali yakni gunung Agung yang pada tahun 1963 sempat memuntahkan lahar yang menutupi sebagian wilayah Karangasem. Selain itu di karangasem juga terdapat tempat wisata peribadatan untuk umat Hindu terbesar yakni tempat wisata pura Besakih. Untuk objek wisata alam, Karangasem memilik tempat wisata pantai seperti pantai Candidasa, pantai Perasi, pantai Amed, Bukit Asah, Pantai Jasri, dan pantai Bisa Tugel. Sedangkan untuk tempat wisata sejarah, terdapat Taman Ujung dan Taman Tirta Gangga. 
Pantai Candidasa


Kabupaten Klungkung
Di sini terkenal akan wisata sejarahnya, karena kabupaten Klungkung pernah dijadikan sebagai pusat kerajaan di Bali. Bukti-bukti sejarah tersebut dapat dilihat pada tempat wisata kerta gosa dan monumen puputan klungkung. Selain itu, di Kabupaten Klungkung juga terdapat tempat suci yang unik yang bernama Pura Goa Lawah, di mana di dalam kawasan tempat suci tersebut terdapat goa kelelawar. Untuk wisata pantai, Klungkung memiliki objek wisata pantai Watu klotok, dan Pantai Kusamba yang merupakan surganya bagi peselancar. Objek wisata pantai yang lainnya ada di Pulau Lembongan dan Ceningan yang masih masuk dalam kawasan kabupaten Klungkung.

Tempat wisata Kerta Gosa
Kabupaten Tabanan
“Lumbung Beras” itulah julukan untuk kabupaten Tabanan karena merupakan kabupaten penghasil beras terbesar di Bali. Ini terbukti dengan adanya objek wisata Jatiluwih dengan pemandangan persawahan yang membentang sangat luas menghijau. Untuk wisata alam lainnya, di tabanan terdapat objek wisata Bedugul dengan danau beratan, tempat wisata pantai kelating, pantai soka yang terkenal dengan museum ogoh-ogohnya, dan objek wisata tanah lot dengan sebuah pura yang terpisah dengan daratan.
Objek Wisata Pantai Soka
Keindahan pantai soka tabanan 
Kota Madya Denpasar
Denpasar merupakan ibukota dari Provinsi Bali. Adapun objek wisata yang terkenal di Denpsar yakni pantai sanur yang terkenal dengan keindahan matahari terbitnya, objek wisata sejarah museum bajra sandi, dan Pulau Serangan dengan pantai reklamasi dan pusat penangkaran penyu hijau yang langka.
Museum Bajra Sandhi

Nah itu beberapa tempat wisata yang ada di delapan kabupaten dan satu kota madya di provinsi Bali yang sudah terkenal hingga ke luar negeri. Semoga ini menjadi refrensi wisata Anda selama berliburan ke Bali. Silahkan baca juga tempat wisata di Bali yang lainnya.

0 Response to "Tempat Wisata Di 8 Kabupaten dan 1 Kota Madya di Bali Yang Terkenal"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif