free counter with statistics Tempat Wisata Di 8 Kecamatan di Kabupaten Karangasem Bali
T4/30/2016

Tempat Wisata Di 8 Kecamatan di Kabupaten Karangasem Bali

Iklan
Iklan
Jika kebetulan berlibur ke Bali, tidak salahnya mencoba suasana berlibur di Bali Timur khususnya kabupaten Karangasem. Di kabupaten yang terkenal dengan tradisi Megibung ini memiliki sejumlah objek wisata yang terkenal, bahkan keindahannya sudah terkenal hingga ke luar negeri. Kabupaten yang memiliki puncak tertinggi di Bali ini punya delapan kecamatan yakni kecamatan Abang, Bebandem, Karangasem, Kubu, Manggis, Rendang, Sidemen, dan Selat. Berikut longtripmania.org akan memberikan sajian tempat wisata yang menarik di kabupaten Karangasem di tiap kecamatannya.

1. Kecamatan Abang
Tempat wisata yang paling terkenal di kecamatan Abang yakni tempat wisata Tirta Gangga dan Pantai Amed. Taman air Tirta Gangga meruapakan salah satu taman air yang merupakan warisan dari kerajaan Karangasem. Sedangkan pantai Amed merupakan salah satu pantai matahari terbit yang mampu menarik wisatawan untuk berkunjung kembali ke pantai ini. Di sini juga berdiri sebuah tempat suci umat Hindu yakni Pura Luhur Lempuyang. 
Taman Tirta Gangga
Taman Tirta Gangga 

2. Kecamatan Bebandem
Adapun tempat wisata yang terkenal di kecamatan bebandem yakni tempat wisata Pemukuran dan agro wisata Desa Sibetan. Tempat wisata pemukuran merupakan tempat wisata yang menyajikan keindahan alam pegunungan ditambah dengan pemandangan alam lautnya. Sedangkan tempat wisata agro Desa Sibetan merupakan tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan perkebungan salak dan aktivitas para petani salak. Di sini merupakan sentra produksi aneka olahan buah salak. Selain memiliki objek wisata alam, di kecamatan Bebandem juga terdapat objek wisata sejarah yakni monumen Tanah Aron.

3. Kecamatan Karangasem
Di kecamatan Karangasem terdapat kota Amlapura yang merupakan pusat pemerintahan di Kabupaten Karangasem. Selain sebagai pusat pemerintahan, di kecamatan karangasem juga memiliki tempat wisata yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Adapun objek wisata tersebut yakni Taman Ujung, Pantai Jasri, Pantai Ujung, Pantai Seraya, dan rumah cokelat (Bali Chocolate Factory).

4. Kecamatan Kubu
Kecamatan yang berbatasan langsung dengan kabupaten Buleleng ini berada di sebelah utara Gunung Agung. Di sini terkenal akan tempat wisata pantai Tulamben yang merupakan tempat wisata dengan pemandangan alam bawah laut yang memukau mata. Selain itu, di kecamatan kubu juga ada tempat wisata buatan yakni tempat wisata Rumah Pohon.

5. Kecamatan Manggis
Kecamatan Manggsi merupakan pintu masuk jalur laut dari Pulau lombok, karena di sini terdapat pelabuhan Padang Bai. Adapun objek wisata pantai yang ada di kecamatan Manggis yakni pantai Perasi, Pantai Bugbug, Pantai Candidasa, pantai Blue Lagoon, Pantai Bias Tugel, Pantai Padang Bai, tempat wisata Tanah Ampo, Pantai Balina, Pantai Yeh Malet, dan pantai Wates. Untuk objek wisata alam pegunungan di kecamatan Manggis ada objek wisata bukit Asah dan bukit Jedan. Di sini juga terdapat air terjun yakni Air Terjun Tibumati, Air Terjun Yeh Poh, Air Terjun Yeh Labuh, dan Air Terjun Tibu Kresek.

6. Kecamatan Rendang
Di Kecamatan Rendang terdapat tempat suci terbesar untuk umat Hindu yakni Pura Besakih yang memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Selain sebagai tempat suci kawasan Pura Besakih merupakan jalur pendakian ke puncak tertinggi pulau Bali yakni Gunung Agung. Selain memiliki wisata religi, Kecamatan Manggis juga memiliki tempat wisata lainnya seperti Air Terjun Telaga Waja dan wisata alam Bukit Jambul. Di sini juga terdapat wisata petualangan arung jeram air tawar yang melalui sungai Telaga Waja.

7. Kecamatan Sidemen
Kecamatan Sidemen terkenal akan sentra produksi kain Songket Bali atau Songket Sidemen. Untuk tempat wisata, kecamatan sidemen memiliki banyak tempat wisata seperti tempat wisata Cepik, tempat wisata Iseh, tempat wisata Bukit Asmara, tempat wisata Bendungan Yeh Unda Hulu, tempat wisata Bukit Bintang, tempat wisata Pura Bukit, tempat wisata Pura Petemon, tempat wisata Bodog, tempat wisata Jembatan Kuning, dan pendakian Gunung Dwangga.

8. Kecamatan Selat
Di Kecamatan Selat terdapat tempat wisata Bukit Putung dan Air terjun Jagasatru. Selain itu di sini merupakan jalur pendakian gunung Agung melalui Pura Giri Tolangkir Pasar Agung. Jalur ini merupakan jalur pendakian yang paling populer karena jalur pendakiannya lebih pendek dibandingkan dengan jalur pendakian melalui kawasan Pura Besakih.

Nah itu beberapa spot tempat wisata yang ada di kabupaten Karangasem. Semoga ini menjadi refrensi wisata selama berliburan ke Bali Timur khusunya kabupaten Karangasem. Silahkan baca juga tempat wisata di Bali yang lainnya. Selamat ber-long trip.
Iklan