T4/16/2016

Tempat Wisata Pantai Belatung Klungkung Bali

Jika Anda sedang berliburan atau berpergian ke daerah Bali Timur dari Bali Selatan dengan melewati jalan raya Goa Lawah, tepat di sebelah kanan perbatasan antara kabupaten Karangasem dan Klungkung akan melihat sebuah pantai. Pantai yang masih alami ini bernama pantai Belatung. Pantai ini bernama pantai Belatung karena berlokasi di Banjar Belatung, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, kabupaten Klungkung. Kata Belatung jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya pohon kaktus. Mungkin di daerah ini banyak terdapat pohon kaktus (belatung) makanya wilayah ini bernama Belatung.

Pantai Belatung berbatasan langsung dengan tempat wisata Pantai Wates. Walaupun sama-sama berada diperbatasan, tetapi kedua pantai ini berada di dua wilayah kabupaten yang berbeda. Pantai Wates berada di wilayah kabupaten Karangasem, sedangkan pantai Belatung berada di bumi serombotan (kabupaten Klungkung). Di sebelah barat pantai ini terdapat pantai Goa Lawah dan juga terdapat tempat wisata Pura Goa Lawah yang sudah terkenal hingga ke mancanegara tersebut. 
Tempat Wisata Pantai Belatung
Pantai Belatung Klungkung


Pantai yang berpasir hitam ini sebenarnya tidak kalah indahnya dengan tempat lainnya dan memiliki banyak potensi pariwisata terutama dari pantai tetangganya yaitu pantai Wates. Dengan potensi yang dimiliki pantai Belatung, mulai dari keindahan pantainya sampai akivitas nelayan dan petani garam tradisional yang sering menarik turis mancanegara untuk berkunjung ke pantai ini.

Jika Anda tertarik untuk melihat secara langsung proses pembuatan garam secara tradisonal (natural salt maker), bisa coba untuk datang ke pantai Belatung ini. Selain bisa menikmati indahnya pantai, Anda juga bisa menambah wawasan tentang proses pembuatan garam secara tradisional nan unik ini. Tidak hanya dikunjungi oleh wisatan lokal, proses pembuatan garam tradisional ini juga diminati oleh para wisatawan asing yang kebetulan berlibur ke Bali Timur.

Anda hobi memancing? Pantai Belatung bisa dijadikan sasaran untuk hobi anda tersebut. Pantai ini merupakan pantai untuk para “pemancing mania”. Hampir tiap hari ada saja warga yang mencoba keberuntungannya dengan melemparkan kailnya ke tengah laut. Selain itu, pantai ini meruapakan pantai nelayan, hampir tiap siang hari pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan perahu-perahu nelayan yang berjejer dengan rapi di pantai ini.
Tempat Wisata Pantai Belatung Klungkung Bali
Pantai Belatung sebagai spot memancing

Ingin menikmati sensasi sunrise? Coba datang menjelang subuh ke pantai ini, karena pantai belatung merupakan pantai matahari terbit. Kita akan disajikan pemandangan keindahan pantai dengan matahari terbitnya di pagi hari.

Lokasi dan Cara Akses Pantai Belatung

Pantai Belatung berada di berada diperbatasan antara kabupaten karangasem dan klungkung, tepatnya berada Banjar Belatung, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, kabupaten Klungkung. Dari bandara Internasional Ngurah Rai berjarak kurang lebih 49 km atau dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam 15 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor. Dari pusat kota Semarapura (tempat wisata Kertha gosa) hanya berjarak 10 km atau dengan waktu tempuh 16 menit. Sedangkan dari objek wisata pura Gowa Lawah hanya berjarak 1 km.

Cara mengakses pantai belatung sangatlah mudah. Jika Anda datang dari Bandara Internasional Ngurah Rai arahkan kendaraan anda menuju jalan tol bali mandara hingga ke jalan By Pass Ngurah Rai lalu ke timur hingga di tempat wisata patung titi banda. Arahkan kendaraan anda menuju jalan by pass prof Dr. Ida Bags Mantra ke timur hingga ke tempat wisata pura Gowa Lawah (Jalan Gowa Lawah). Kira 1 km dari pura goa lawah ke timur anda akan sampai di Pantai Belatung.

Untuk menghilangkan kebosanan dalam perjalanan yang memakan waktu lebih dari 1 jam, Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata yang mudah untuk diakses dan satu jalur dengan perjalanan Anda. Untuk di sekitar jalan by pass Ngurah Rai, Anda bisa menunjungi tempat wisata pantai di kawasan Sanur. Di sini terdapat 11 spot wisata pantai yang eksotis dengan pasir putihnya yang memukau. Sedangkan untuk di jalan By Pass Prof Dr Ida Bagus Mantra, anda bisa mengunjungi pantai yang berada di sekitar Jalan By Pass Ida Bagus Mantra. Di sini terdapat 22 lebih spot pantai dengan pasir hitamnya. Masih di jalur By Pass Ida Bagus Mantra, anda bisa mengunjungi tempat wisata konservasi binatang yang bernama Bali Safari And Marine Park (Taman Safari dan Bahari Bali).

0 Response to "Tempat Wisata Pantai Belatung Klungkung Bali"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif