T5/07/2016

Tempat Wisata Taman Kota Ciung Wanara Gianyar Bali

Taman kota merupakan salah satu tempat wisata alternatif untuk mengisi liburan di kota-kota besar tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Taman kota merupakan sebuah taman yang terletak di lingkungan perkotaan dalam skala yang luas yang dapat dinikmati oleh seluruh warga kota dan sekitarnya. Taman kota berfungsi untuk mengantisipasi dampak-dampak yang ditimbulkan oleh perkembangan kota seperti polusi udara. Salah satu taman kota yang layak untuk dikunjungi dan tentunya kental dengan nuansa seni yakni taman kota Ciung Wanara yang berada di Pulau Bali. 
Tempat Wisata Taman Kota Ciung Wanara Gianyar Bali
Taman Kota Ciung Wanara Gianyar
Ciung Wanara merupakan sebuah legenda di kalangan orang Sunda, kisahnya tentang legenda Kerajaan Sunda Galuh. Sedangkan di Bali nama Ciung Wanara digunakan untuk nama pasukan yang dipimpin oleh Letnan Kolonel I Gusti Ngurah Rai dalam menghadapi tentara NICA bentukan Belanda. Pada tanggal 20 November 1946 terjadi pertempuran hebat antara pasukan Ciung Wanara dengan tentara Belanda yang dikenal dengan istilah perang Puputan Margarana. Untuk menghargai dan mengingat perjuangan pasukan pimpinan I Gusti Ngurah Rai dalam membela NKRI, maka taman yang berada di kota Ginayar diberi mana taman Kota Ciung Wanara.

Taman yang memiliki luas 2.600 meter persegi ini tepat berada ditengah-tengah kota Gianyar. Taman ini dihiasi beberapa patung yang menjadi ikon kabupaten Gianyar. Adapun nama-nama patung yang terdapat di taman kota Ciung Wanara yakni patung Kala Rau, Garuda, Patung Dewa Indra dengan kereta kudanya dan Patung Dewi Bulan. Tempat ini sangat cocok untuk bersantai dan rekreasi keluarga bagi yang tinggal di Kota Gianyar dan sekitarnya.

Pada hari minggu, taman ini juga dijadikan sebagai Car Free Day (CFD) dan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Masyarakat kota Gianyar sangat antusias mengikuti acara ini. Mulai dari balita sampai manula berbaur berolahraga maupun sekedar rekreasi untuk melepas penat di areal CFD ini. Selain tamannya yang asri, lokasinya juga sangat strategis sehingga taman ini sangat mudah diakses oleh masyarakat. Taman ini tepat berada di tengah-tengah pertigaan (bundaran) jalan Ciung Wanara-Gianyar, Jalan Dahram Giri, dan Jalan Ngurah Rai-Gianyar.

Lokasi dan Cara Akses Taman Kota Ciung Wanara

Untuk lokasi taman kota Ciung Wanara Gianyar silahkan lihat posisinya di google Map berikut.
Jika anda datang dari Bandara Ngurah Rai hanya memerlukan jarak tempuh kira-kira 39 km atau dengan waktu tempuh kurang lebih 57 menit dengan kendaraan bermotor. Sedangkan jika datang dari pusat Kota Denpasar memerlukan jarak tempuh kira-kira 26 km. Berikut rute perjalanan dan tempat wisata yang dilalui jika datang dari kawasan bandara Ngurah Rai. Melalui Jalan Tol Bali Mandara arahkan kendaraan menuju Jalan By Pass Ngurah Rai-Sanur hingga tempat wisata patung Titi Banda. Adapun tempat wisata yang bisa dikunjungi dijalur ini yakni tempat wisata pantai di kawasan sanur dan pantai Padang Galak.
  
Dari tempat wisata patung titi Banda arahkan kendaraan ke timur menuju jalan By Pass Prof Dr Ida Bagus Mantra hingga ke perempatan Pantai Lebih. Lalu belok ke kiri menuju jalan Raya Pantai Lebih hingga ke Jalan Kapten Dipta (kota Gianyar). Dari Jalan Kapten Dipta (depan lapangan umum Astina) belok ke Jalan Ngurah Rai – Gianyar hingga ke trafik light ke tiga (sebelah kanan). Jika menemukan patung Garuda berati sudah sampai di tempat wisata taman kota Ciung Wanara Gianyar. 

Adapun tempat wisata yang dekat dengan taman Kota Ciung Wanara yakni tempat wisata taman nusa, air terjun Goa Rang Reng, D’Green Keramas Park, Taman Safari dan Bahari Bali, Bukit Jati Waterboom, dan Pantai Lebih.

0 Response to "Tempat Wisata Taman Kota Ciung Wanara Gianyar Bali"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif