free counter with statistics Tempat Wisata Goa Jepang Klungkung Bali
T5/10/2016

Tempat Wisata Goa Jepang Klungkung Bali

Iklan
Iklan
Menurut Wikipedia, jepang mendarat di pulau Bali pada tanggal 18 dan 19 Februari 1942 di pantai Sanur. Melalui daerah Sanur tentara Jepang memasuki kota Denpasar. Kemudian, dari Denpasar inilah Jepang menguasai seluruh Bali. Jepang secara resmi mengambil alih kekuasaan Hindia Belanda di Pulau Bali pada tanggal 23 Februari 1942.

Walaupun penjajahan Jepang hanya “seumur jagung” sekitar 3,5 tahun, namun banyak jejak yang ditinggalkannya selama menjajah di Pulau Dewata ini. Salah satu jejak yang mudah kita lihat adalah Goa Jepang di Dusun Koripan. Disebut Goa Jepang karena goa ini dibangun oleh tentara Jepang sebagai lokasi perlindungan para tentara Jepang dalam upayanya mempertahankan diri dari serangan tentara sekutu di masa Perang Dunia Kedua.
Goa Jepang Klungkung Bali
Goa Jepang di Klungkung
Goa Jepang ini merupakan salah satu tempat wisata bersejarah yang lokasinya sangat strategis. Goa ini tepat berada di pinggir jalan raya penghubung kabupaten Gianyar dengan kabupaten Klungkung. Jika datang dari kota Semarapura menuju tempat wisata Taman Nusa pasti akan menemukan goa yang berjajar disebelah kiri jalan raya. Goa ini dibuat pada dinding tebing diatas sebuah sungai bernama Tukad Bubuh yang memiliki 16 lubang dengan kedalamannya yang mencapai 14 meter, dua diantaranya tidak berhubungan satu sama lainnya, satu buah terletak di ujung selatan dan satu lagi diujung sebelah utara, sedangkan yang lainnya dihubungkan oleh sebuah lorong  memanjang arah Utara Selatan.
Tempat Wisata Goa Jepang Klungkung Bali
Goa Jepang di sebelah kiri Jalan Raya Banjarangkan
Area di sekitar tempat wisata Goa Jepang Klungkung ini memiliki pemandangan cukup indah dengan tumbuhan hijau subur pada tebing atasnya serta jalan mulus berkelok disampingnya. Di sini terdapat sebuah patung gajah berukuran besar. Di atas punggung gajah tersebut terdapat patung rusa tutul. Untuk menunjang kegiatan pariwisata di tempat wisata Goa Jepang ini, maka pemerintah setempat membangun berbagai fasilitas seperti area parkir dan sebuah taman kecil untuk sekadar melepaskan lelah.

Lokasi dan Cara Akses Goa Jepang

Goa Jepang berada di sebelah barat Jembatan Tukad Bubuh, Jalan Raya Banjarangkan, Dusun Koripan, Desa Banjarangkan, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung. Dari Kota Semarapura berjarak kira-kira 4,4 km ke arah barat atau dengan waktu tempuh 8 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor, sedangkan dari Kota Gianyar kira-kira berjarak 8,2 km. Jika datang dari bandara Ngurah Rai kira-kira menempuh jarak 40 km atau 57 menit perjalanan.

Adapun akses menuju Goa Jepang ini sangatlah mudah. Berikut rute akses menuju Goa Jepang dari bandara Ngurah Rai. Dari bandara arahkan kendaraan menuju jalan Tol Bali Mandara hingga ke perempatan Pesanggaran belok ke kanan menuju jalan By Pass Ngurah Rai – Sanur hingga ke Patung Titi Banda. Dari patung Titi Banda ke timur menuju Jalan By Pass Ida Bagus Mantra hingga ke perempatan Pantai Tegal Besar lalu belok ke kiri menuju Jalan tegal Besar. Di ujung Jalan tegal Besar akan menemukan perempatan yang ada trafic light (lampu pengatur lalu lintas) lalu belok ke kanan. Ikuti jalan tersebut. Tepat sebelum jembatan akan menemukan goa berjajar rapi di kanan jalan dan terdapat sebuah patung gajah raksasa yang diatasnya terdapat patung rusa totol. Nah itulah Goa Jepang. Silahkan lihat peta rute perjalanan versi Google Map di bawah ini.


Adapun tempat wisata yang bisa dikunjungi selama perjalanan menuju Goa Jepang yakni pantai di kawasan Sanur, patung Titi Banda, taman Gong Perdamaian, taman Safari dan Bahari Bali, dan tempat wisata pantai di sepanjang Jalan Ida Bagus Mantra. Sedangkan objek wisata yang dekat dengan Goa Jepang yakni Taman Nusa, Taman Kertha Gosa dan Monumen Puputan Klungkung. Silahkan baca juga tempat wisata di Bali yang lainnya. Selamat ber-longtrip.
Iklan