T5/01/2016

Tempat Wisata Vihara Budha Banjar di Buleleng Bali

Bagi umat Budha di Bali Utara mungkin tidak asing dengan Vihara Buddha Banjar. Selain sebagai tempat melakukan persembahyangan bagi umat Budha, vihara ini juga dijadikan sebagai tempat wisata di kabupaten Buleleng. Nama sebenarnya vihara yang berdiri di Desa Banjar ini yakni Brahmavihara Arama Banjar. Wisatawan lebih mengenal vihara ini dengan nama Vihara Buddha Banjar.

Tempat wisata Vihara Budha Banjar berdiri dikawasan pegunungan dengan suasana yang tenang dan damai, sehingga sangat cocok sebagai lokasi kawasan spiritual. Akses menuju tempat wisata ini sangat mudah, karena jalan menuju kawasan vihara ini dapat ditempuh dengan berbagai jenis kendaraan bermotor. Apalagi tidak jauh dari lokasi vihara ini terdapat tempat wisata pemandian air Panas Banjar membuat vihara ini makin terkenal dikalangan wisatawan. Wisatawan berkunjung ke vihara ini biasanya sehabis mandi dan berendam di air panas banjar, lalu melanjutkan kunjungan ke vihara ini.
Tempat Wisata Vihara Budha Banjar Buleleng Bali
Miniatur Candi Borobudur di Vihara Budha Banjar
Vihara ini memiliki keunikan yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Di vihara ini kita akan melihat miniatur Candi Borobudur seperti yang terdapat di tempat wisata Taman Nusa Gianyar. Lokasinya berada di areal bagian selatan vihara ini. Di sini juga terdapat stupa, di mana stupa merupakan sebuah bangunan yang bentuknya menyerupai lonceng raksasa. Lokasi stupa ini berada di sudut barat laut, yang sisinya terbuat dari beton, dipahatkan pada relief-relief yang keindahannya mengagumkan. Di dalam stupa ini tersimpan benda-benda sakral milik sang Buddha, antara lain relik sosok benda yang berkilauan dan tahan api. Di sini terdapat dua arca Buddha yang sangat menarik, yakni Arca Parinirwana dan Arca Buddha. Keduanya terbuat dari perunggu berlapis emas yang merupakan sumbangan dari Thailand dan Sri Langka.

Lokasi dan Cara Akses Vihara Budha Banjar

Vihara Budha banjar terletak di Banjar Tegeha, Desa Banjar, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng. Dari Kota Singaraja berjarak kurang lebih 19 km ke arah barat atau dengan waktu tempuh kira-kira 33 menit dengan kendaraan bermotor. Sedangkan dari kawasan tempat wisata pantai Lovina kira-kira berjarak 10 km atau waktu tempuh 20 menit perjalanan. Jika datang dari kawasan Bandara Ngurah Rai kira-kira berjarak 97 km atau dengan waktu tempuh 3 jam 3 menit perjalanan.

Berikut rute perjalanan menuju tempat wisata Vihara Budha Banjar dari Kota Singaraja. Dari Kota Singaraja arahkan kendaraan Anda ke barat melalui Jalan Ahmad Yani (Jalan Singaraja – Gilimanuk) yang akan melewati dua trafic light yakni dipersimpangan Pantai Penimbangan dan persimpangan Pantai Lovina. Tepat diperempatan yang terdapat kantor Polsek Banjar belok kiri menuju jalan Raja Ida Made Rai lalu ikuti jalan tersebut. Begitu menemukan perempatan, kemudian belok ke kiri, dengan melewati jalan tanjakan Anda akan sampai di tempat wisata Vihara Budha Banjar.

0 Response to "Tempat Wisata Vihara Budha Banjar di Buleleng Bali"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif