T7/25/2016

Tempat Wisata Air Terjun Kanto Lampo Gianyar

Bumi Seni, itulah julukan untuk kabupaten Gianyar karena di kabupaten ini gudangnya aneka hasil karya seni yang dihasilkan oleh para seniman. Tidak mengherankan jika di kabupaten ini banyak berdiri museum seni.

Tidak hanya terkenal akan destinasi wisata di bidang kesenian saja, Gianyar juga memiliki objek wisata alam yang sudah terkenal. Misalnya objek wisata alam Bukit Campuhan Ubud dan air terjun Tegenungan yang sudah terkenal dikalangan para traveler, baik pelancong nusantara maupun macanegara. Selain itu, di kabupaten gianyar juga memiliki objek wisata yang unik dan tergolong objek wisata baru yakni air terjun Kanto Lampo. Objek wisata baru ini menambah daftar panjang deretan destinasi wisata yang unik di kabupaten Gianyar.
Tempat Wisata Air Terjun Kanto Lampo Gianyar
Air Terjun Kanto Lampo
Air terjun ini bernama Kanto Lampo karena di sini terdapat banyak pohon Kanto Lampo. Jadi, untuk memudahkan mengingat nama lokasi ini maka diberi nama sesuai dengan nama pohon tersebut tumbuh.

Keindahan dan pesona Air Tejun Kanto Lampo ini menjadi daya tarik tersendiri. Air terjun Kanto Lampo ini tergolong unik karena airnya yang jatuh tidak secara langsung menuju sungai. Air terjun ini agak miring dengan ketinggian kurang lebih 25 meter. Sebelum mencapai sungai, air yang jatuh akan menghantam bebatuan hitam yang tersusun acak sehingga menghasilkan cipratan air dari segala sisi. Seluruh permukaan dinding air terjun terbentuk dari batu batas berundag yang punya ruang berpijak atau berdiri.
Tempat Wisata Air Terjun Kanto Lampo
Kanto Lampo Waterfall

Jika ingin berada disekitar jatuhnya air, diharapkan untuk lebi berhati-hati karena batu yang digunakan untuk berpijak ini terlihat menghitam bahkan ada berlumut akibat dari air yang mengalir. Perhatikan langkah kaki dan batu  yang akan dijadikan pijakan. Salah langkah bisa-bisa terpeleset karena permukaan batu bisa tidak jelas dibalik air yang mengalir. Di sekitar lokasi air terjun sudah dipasang tanda batas maksimum menaiki air terjun ini.

Airnya yang masih jernih dan bersih, sehingga objek wisata air terjun ini dimanfaatkan untuk mandi oleh pengunjung ataupun warga setempat. Mereka rela basah-basahan untuk menikmati indahnya air terjun ini. Meski tergolong obyek wisata alam baru, sudah banyak pengunjung yang datang ke tempat ini. Ada yang sekadar mengambil latar air terjun untuk berfoto atau basah-basahan dengan berenang dan merasakan kesegaran airnya. Apalagi didukung dengan suasana di sekitar air terjun masih asri dan sejuk yang dikelilingi hutan alami.
Air Terjun Kanto Lampo Gianyar
Basah-basahan untuk sekedar foto-foto

Fasilitas yang ada di objek wisata baru ini terbilang cukup memadai. Di dekat tangga, terdapat ruang ganti sederhana bagi pengunjung wanita dan pria. Dalam ruang ganti terdapat bak berisi air yang berasal dari sumber mata air. Tak jauh dari sana, ada sebuah pancoran yang airnya terus mengalir. Pengunjung yang tak ingin basah-basahan, bisa menikmati Air Terjun Kanto Lampo dari atas karena sudah disediakan tempat duduk.

Selain itu, area parkir yang disediakan juga cukup luas dan tentunya pengunjung tidak dipungut biaya parkir alias gratis. Bagi yang lupa membawa perbekalan, baik itu berupa makanan maupun minuman, di dekat area parkir sudah tersedia pedagang yang menjual minuman dan makanan ringan. Untuk memasuki objek wisata alam ini, pengunjung dikenakan biaya atau donasi sebesar Rp 5.000 saja per orang.

Untuk sampai ke lokasi air terjun, dari area parkir pengunjung harus menuruni ratusan anak tangga yang sudah dilengkapi dengan pegangan dan tentunya kondisi tangga yang dilalui pun dalam kondisi bagus.


Lokasi dan Cara Akses Air Terjun Kanto Lampo

Objek wisata air Terjun Kanto Lampo berada di Banjar Kelod Kangin, Kelurahan Beng, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali. Dari Taman Kota Ciung Wanara (Taman Kota Gianyar) hanya berjarak 2,3 km atau dengan waktu tempuh kurang lebih 7 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor, dan jika dari kota Denpasar hanya berjarak kurang lebih 28 km atau dengan waktu tempuh 50 menit perjalanan. Sedangkan akses dari Bandara Ngurah Rai hanya berjarak kurang lebih 42 km atau dengan waktu tempuh kurang lebih 65 menit.

Adapun rute perjalanan yang bisa dilalui untuk menuju air terjun kanto lampo yakni sebagai berikut. Begitu keluar dari kawasan Bandara Ngurah Rai arahkan kendaraan menuju Jalan Tol Bali Mandara hingga ke Jalan By Pass Ngurah Rai, kemudian ke timur hingga ke tempat wisata Patung Titi Banda (Patung Sri Rama dengan pasukan keranya). Dari tempat wisata patung Titi Banda arahkan kendaraan anda menuju jalan by pass Ida bagus Mantra hingga ke trafic light (lampu pengatur lalu lintas) di perempatan Pantai Lebih. Dari perempatan pantai Lebih belok ke kiri menuju Jalan Raya Pantai Lebih kemudian jalan Sakura hingga ke jalan Kapten Dipta.

Di ujung jalan kapten Dipta akan bertemu lagi lampu pengatur lalu lintas (trafic light), ambil jalan lurus menuju Jalan Kalantaka dan diujung jalan ini akan bertemu lagi trafic light. Ambil jalan lurus (Jalan Gunung Agung) dan ikuti petunjuk arahnya karena di sepanjang perempatan atau petigaan jalan sudah terdapat baliho dan petunjuk arah untuk sampai ke Air Terjun Kanto Lampo.

Agar tidak jenuh selama diperjalan, bisa juga mengunjungi beberapa destinasi wisata yang berada di sepanjang perjalanan menuju tempat wisata ini. Misalnya tempat wisata pantai di kawasan Sanur, gong perdamaian Kerta Langu, tempat wisata pantai di sepanjang Jalan By Pass Ida Bagus Mantra, Taman Safari dan Bahari Bali, dan wisata kuliner Pantai Lebih.

0 Response to "Tempat Wisata Air Terjun Kanto Lampo Gianyar"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif