free counter with statistics Tempat Wisata Pantai Yeh Malet Karangasem Bali
T10/03/2016

Tempat Wisata Pantai Yeh Malet Karangasem Bali

Iklan
Iklan
Yeh Malet merupakan nama sebuah banjar atau dusun yang berada di perbatasan kabupaten Karangasem dan Klungkung. Di banjar ini terdapat objek wisata pantai yang eksotis. Untuk memudahkan mengingat nama pantai tersebut maka pantai tersebut diberi nama pantai Yeh Malet karena lokasi pantai tersebut berada di Banjar Yeh Malet.

Pada siang hari, begitu kita memasuki kawasan pantai ini, kita akan disambut dengan jukung nelayan yang bersandar di tepian pantai. Jukung-jukung nelayan yang berjejer dengan rapi di pinggir pantai akan menambah keindahan pantai ini. Terkadang terlihat para nelayan yang mempersiapkan alat-alat nelayannya seperti membuat jaring.
Tempat Wisata Pantai Yeh Malet
Pantai Yeh Malet
Bagi yang suka dengan pemandangan matahari terbit, pantai Yeh Malet sangat cocok digunakan untuk menyalurkan perburuan Anda untuk melihat fenomena sunrise di pagi hari. Tidak hanya keindahan sang surya yang akan muncul dari balik cakrawala, kita juga akan disuguhkan dengan aktivitas penduduk setempat menebar jaring di tengah laut.

Selain itu, pantai ini sangat cocok digunakan untuk memancing karena di pantai ini banyak terdapat spot-spot untuk memancing. Tidak mengherankan jika di pagi hari atau sore hari kita akan melihat penduduk setempat memancing di kawasan pantai ini.

Daya tarik lain yang dimiliki tempat wisata pantai Yeh Malet yakni aktivitas penduduk setemat dalam membuat garam tradisional. Meskipun jumlahnya sudah agak berkurang, namun sampai saat ini kegiatan ini masih dijumpai. Kita bisa melihat atau bertanya langsung kepada penduduk setempat bagaimana cara atau proses pembuatan garam secara tradisional.
Tempat Wisata Pantai Yeh Malet Karangasem Bali
Jukung-jukung di pantai Yeh Malet

Jika kita berjalan-jalan ke arah barat maka kita akan sampai di tempat wisata pantai Wates, di pantai ini sudah ada fasilitas yang memadai seperti warung dan tempat duduk untuk wisatawan atau pengendaran yang ingin melepaskan lelah sejenak.

Lokasi dan Cara Akses Pantai Yeh Malet

Lokasi pantai Yeh Malet terletak di Banjar Yeh Malet, Desa Antiga Kelod, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem. Dari Kota Semarapura hanya menempuh jarak kurang lebih 11 km untuk menuju pantai Yeh Malet. Sedangkan jika dari pusat kota Denpasar hanya menempuh jarak kurang lebih 36 km. Jika datang dari kawasan Bandara Ngurah Rai hanya menempuh jarak 49 km atau dengan waktu tempuh 68 menit dengan perjalanan dengan kendaraan bermotor.

Berikut cara akses menuju tempat wisata pantai Yeh Malet dari bandara Ngurah Rai dan objek wisata yang mungkin bisa dikunjungi. Begitu keluar dari kawasan bandara Ngurah Rai arahkan kendaraan anda menuju jalan Tol Bali Mandara hingga ke by Pass Ngurah Rai-Sanur lalu ke timur hingga ke patung titi Banda (patung Sri Rama dengan pasukan keranya). Adapun objek wisata yang bisa dikunjungi di jalur ini yakni pantai di kawasan Sanur, pantai PadangGalak, Big Garden Corner Padang Galak, dan desa Budaya Kertalangu dan monumen gong perdamaian Kertalangu.

Dari patung titi Banda arahkan kendaraan menuju jalan By Pass Prof Dr Ida Bagus Mantra hingga menemukan tugu perbatasan Klungkung-Karangasem. Dari tugu perbatasan ini, kira-kira menemupuh jarak 500 meter sebelah kanan jalan terdapat jalan menuju pantai yeh malet, silahkan lihat map di bawah ini. Adapun objek wisata yang bisa anda kunjungi sebelum sampai di kawasan objek wisata pantai Yeh Malet yakni pantai-pantai di kawasan Jalan By Pass Ida Bagus Mantra, Taman Safari dan Bahari Bali, pantai Goa Lawah, Pura Goa Lawah, dan pantai Belatung.
Iklan