T1/07/2017

Tempat Wisata Pantai Monggalan Kusamba Klungkung Bali

Kusamba merupakan nama sebuah desa yang berada di pesisir selatan Kabupaten Klungkung. Karena lokasi desa ini berada di pesisir tentu desa ini terdapat pantai. Untuk memudahkan menemukan pantai ini maka pengunjung menamai pantai yang berada di pesisir ini sama dengan nama desa tersebut yakni pantai Kusamba.

Pada abad ke 18  pantai kusamba merupakan pelabuhan kerajaan klungkung yang sangat penting. Bahkan pantai ini dijadikan sebagai tempat mendaratnya pasukan Belanda pimpinan Jendral AV Michiels untuk menyerang kerajaan Klungkung di bawah pimpinan I Dewa Agung Istri Kanya. Pertempuran tersebut dikenal dengan nama Perang Kusamba. Dalam pertempuran tersebut, pasukan Belanda mengalami kekalahan bahkan jendral Michiels tewas dalam pertempuran tersebut.

Perlu diketahui bahwa pantai kusamba di bagi menjadi beberapa spot pantai dengan nama yang berbeda-beda yakni pantai tribuana, pantai banjar bias, pantai segara, pantai kampung kusamba, pantai monggalan dan pantai karang nadi. Pada kesempatan ini admin akan membahas pantai monggalan. 
Tempat Wisata Pantai Monggalan Kusamba Klungkung Bali
Pantai Monggalan
Pantai ini berada di sebelah barat pantai Kampung Kusamba dan sebelah timur pantai Karang Nadi. Pantai Monggalan dapat dijadikan sebagai tempat penyeberangan menuju ke Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Tidak hanya sebagai tempat penyeberangan, pantai ini juga dapat dijadikan sebagai tempat wisata pantai yang menyenangkan. Pantai ini masih alami dan asri. Di pantai ini kita bisa berfoto ria di samping jukung-jukung para nelayan yang bersandar dengan rapi di pingir pantai.

Pantai ini merupakan pantai matahari terbit, pagi hari pantai ini sangat bagus melihat sang surya muncul dari balik cakrawala. Keindahan sang surya yang berwarna kemerah merahan dipadukan dengan aktivitas para nelayan yang mencari ikan, sungguh pemandangan yang unik. Pantai Monggalan sore hari dapat dijadikan sebagai arena bermain seperti bermain voli atau sepak bola, karena memiliki area pantai yang cukup luas.

Selain memiliki pemandangan alam yang bagus dan asri, ada hal yang unik yang bisa kita temukan di pantai ini, yakni aktivitas petani garam membuat garam secara tradisional. Meski aktivitas pembuatan garam tradisional sudah mulai berkurang karena kurang menguntungkan bagi pelakunya. Tetapi, garam Kusamba terkenal sebagai produk garam yang bermutu tinggi, cita rasa lebih gurih dan mempunyai citra produk garam tradisional sebagai garam laut yang unik. Jika cuaca mendukung, kita bisa melihat secara langsung proses pembuatan garam tradisional ini di pantai Monggalan.

Lokasi dan Cara Akses Pantai Monggalan
Lokasi tempat wisata Pantai Monggalan berada Jalan Windu Segara I, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, Bali. Dari obyek wisata Goa Lawah hanya berjarak 3,2 km (9 menit perjalanan), dari tempat wisata Kertha Gosa (Kota Semarapura) hanya berjarak 7,5 km (16 menit perlajanan), dari denpasar hanya berjarak 33 km (59 menit perjalanan), dan dari Bandara Ngurah Rai hanya berjarak 45,7 km (1 jam 11 menit perjalanan). Semua jarak tersebut berdasarkan Google Map dan asumsi semua perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Akses menuju tempat wisata pantai Monggalan sangatlah mudah karena jalan untuk sudah diaspal dengan sangat baik sekali. Berikut cara mengakses tempat wisata pantai Monggalan dari Bandara Ngurah Rai. Begitu keluar dari kawasan bandara, ambil jalan ke By Pass Ngurah Rai menuju Sanur melalui jalan Tol Bali Mandara hingga ke tempat wisata Patung Titi Banda.

Dari patung titi Banda menuju jalan By Pass Prof Dr Ida Bagus Mantra ke Timur hingga ke perempatan Kusamba – Semarapura – Goa Lawah, kemudian belok ke kanan menuju jalan Kusanegara. Dari perempatan ini kira-kira menempuh jarak 2 km (2 menit perjalanan) belok ke kanan untuk menuju Jalan Windu Segara kemudian ke Jalan Windu Segara I. Ikuti jalan tersebut maka anda akan sampai di kawasan pantai.
Adapun objek wisata yang dekat dengan objek wisata pantai Monggalan yakni yakni Desa Wisata Kamasan, Kerta GosaBendungan Yeh Unda (Tirai Air Terjun), Goa LawahPantai LebihTaman Safari dan Bahari Bali, dan Bukit Belong. Silahkan baca juga tempat wisata di Bali lainnya.

0 Response to "Tempat Wisata Pantai Monggalan Kusamba Klungkung Bali"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif