T7/21/2017

Tari Janger, Tarian Pergaulan Pemuda Pemudi Dari Bali

Bali tidak hanya terkenal akan keindahan alamnya, tetapi memiliki segudang kesenian yang mampu menarik wisatwan untuk melancong ke pulau yang terkenal dengan julukan pulau seribu pura ini. Salah satu kesenian yang paling menarik bagi wisatawan adalah seni tarinya. Bali memiliki seni tari yang khas dibandingkan dengan seni tari lainnya. Bali memiliki ratusan seni tari dan ada beberapa yang sudah terkenal sampai ke luar negeri.

Adapun salah satu seni tari yang paling popluer di Bali adalah tari Janger. Tari janger merupakan tari pergaulan remaja atau muda mudi di Bali. Tarian jenis ini merupakan tari berpasangan yang ditarikan secara berkelompok. Tarian ini terdiri dari dua kelompok yakni kelompok remaja putri yang disebut dengan istilah Janger, dan kelompok remaja putra yang disebut dengan istilah Kecak. Mereka menari sambil menyanyikan Lagu Janger secara bersahut-sahutan mengucapkan syair kisah-kisah anak muda yang diiringi oleh Gamelan Batel atau Tetamburan dan gender wayang.

Pertunjukan Tari Janger
Suatu pertunjukan tari Janger biasanya terdiri dari pembukaaan, pepeson, pejangeran, lakon, dan penutup. Tari Janger diawali dengan suatu gamelan pembukaan (Gamelan Batel atau Tetamburan dan gender wayang) dan pada bagian ini belum terdengar nyanyian-nyanyian.
 
Tari Janger, Tarian Pergaulan Pemuda Pemudi Dari Bali
Tari Janger
Selanjutnya  pada bagian pepeson diawali dengan nyanyian-nyayian dan tarian bersama dari seluruh penari janger dan kecak yang dilanjutkan dengan masuknya iring-iringan janger dan kecak yang akan membentuk formasi. Setelah dibentuk formasi dilanjutkan pada bagian pejangeran, di mana kecak maupun janger menari dan menyayi saling bersahut-sahutan bersama-sama dalam suasana gembira. Pada bagian ini penonton akan terkagum-kagum melihat atraksi dari tarian ini.

Kemudian tari Janger dilanjutkan dengan penampilan drama atau lakon dari cerita rakyat yang sudah melegenda di Bali. Terakhir pertunjukan tari Janger selalu ditutup dengan lagu permohonan maaf dan selamat tinggal kepada penonton.

Gerak Tari Janger
Gerakan pada Tari Janger sangat sederhana namun ceria dan bersemangat. Gerakan tari yang agak berbeda dan merupakan khas pejangeran adalah gerak tari pada kecak dan jangernya. Kecak pada dasarnya masih tetap menampilkan gerak-gerik tari Bali klasik yang dipadukan dengan unsur pencak silat, sehingga melahirkan gerak-gerik tari yang khas dan unik. Sedangkan janger masih berpegangan pada gerak-gerakan tari Bali klasik. Tari Janger dalam melakukan tarinya kebanyakan dengan posisi bersimpuh untuk yang putrid, sedangkan untuk yang putra kebanyakan dengan posisi duduk bersila.

Busana Tari Janger
Penari Janger mengenakan busana seperti gelungan janger, badong, gelang kana, sabuk, kain, oncer, dan ompak-ompak serta membawa kipas. Sedangkan, busana untuk penari Kecak  terdiri dari kain kekancutan, sabuk, ampok-ampok, badong, gelang kana, dan udeng.


Nah itu sekilas tentang tari janger yang merupakan tari pergaulan remaja bali yang kini masih popular. Jika anda ingin menikmati tari ini silahkan datang pada kegiatan Pesta Kesenian Bali yang diadakan setiap bulan Juni (bertepatan dengan hari libur sekolah) di Taman Werdhi Budaya atau yang lazim disebut Art Center

0 Response to "Tari Janger, Tarian Pergaulan Pemuda Pemudi Dari Bali"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif