T8/20/2017

Inilah Gunung Paling Popluer Di Bali Untuk Pendakian

Bosen mengunjungi panta di pulau bali? Coba anda jajal titik-titik tertinggi pulau bali untuk mendapatkan sensainya selama berlibur ke pulau dewata ini. Pulau bali memiliki banyak gunung yang aman untuk didaki. Tidak hanya di pantai berburu matahri terbit, tetapi dari puncak tertinggi ini kita bisa melihat indahnya sang surya terbit yang seolah-olah menyapa anda. Berikut beberapa gunung yang populer didaki oleh wisatawan di pulau yang mendapat julukanthe morning of the world” ini.

1. Gunung Batur
Gunung batur memiliki ketinggian 1717 m dan merupakan masuk kawasan geopark (taman bumi) batur. Gunung yang berada di desa songan kecamatan kintamani bangli ini, sangat cocok untuk pendaki pemula, bahkan anak berusia 10 tahun bisa dengan mudahnya mencapai titik tertingginya, tetapi harus dengan pengawasan orang dewasa. Gunung batur merupakan gunung berapi yang masih aktif. Untuk mencapai puncaknya, kamu hanya memerlukan waktu sekitar 2-3 jam. Waktu terbaik untuk mendaki Gunung Batur adalah jam 4 dini hari, supaya kamu dapat melihat kaldera yang begitu indah sekaligus melihat matahari terbit. Setelah mendaki gunung batur, coba lepaskan lelah anda dengan berendam di pemandian air panas toya bungkah.
Inilah Gunung Paling Popluer Di Bali Untuk Pendakian
Gunung Batur dilihat dari tempat wisata Penelokan

2. Gunung Agung
Gunung Agung merupakan titik tertinggi di Pulau Bali, memiliki ketinggian 3.142 m terletak di Kabupaten karangasem. Di sini ada tiga jalur pendakian yakni melalui jalur kubu, jalur pura pasar agung, dan jalur pura besakih. Jika menginginkan jalur terpendek bisa melalui pura pasar agung yang berada di banjar sorga, desa sebudi, kecamatan selat, karangsem bali. Tetapi kita tidak akan mencapai puncak tertingginya. Jika ingin mencapai titik tertinggi harus melalui jalur pura besakih, tetapi perjalanan kita akan lebih lama untuk mencapai titik tertingginya. Jika kamu tertarik mendaki Gunung Agung, bulan Agustus adalah waktu yang tepat untukmu.

3. Gunung Catur
Gunung Catur yang terletak di Desa Pelaga, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Bali ini memiliki ketinggian 2.089 meter. Gunung ini merupakan titik tertinggi sepanjang tepi kaldera Bedugul dan merupakan gunung tertinggi keempat di pulau Dewata. Gunung ini merupakan gunung cukup populer di kalangan pendaki dan trakker, karena dipuncaknya kita akan disuguhkan dengan pemandanga yang indah nan eksotis. Di puncak gunung tersebut terdapat sebuah tempat suci yang bernama pura puncak mangu, sehingga gunung ini terkadang disebut sebagai gunung puncak mangu. Pura Puncak mangu merupakan tempat suci warisan dari kerajaan Mengwi. Jadi selain kita menjajal titik tertinggi di kabupaten badung dan menikmati indahnya panorama di sana, kita juga berwisata sejarah. Untuk mencapai puncaknya kita akan waktu tempuh sekitar 2-3 jam perjalanan.

3. Gunung Abang
Gunung Abang masih satu kawasan dengan gunung Batur, sehingga masih dalam kawasan geopark batur. Gunung ini memiliki ketinggian 2.151 meter dan merupakan gunung tertinggi ketiga di pulau bali. Gunung yang terletak di tempat wisata kintamani ini kini menjadi jalur trekking pendakian yang populer dikalangan wisatawan, karena tidak sulit untuk mendakinya. Di puncak gunung kita akan dihadapkan dengan pemandangan yang sangat indah dari gunung Batur dan danau Batur. Selain itu, matamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam sekitar yang begitu asri. Pagi hari view di sini sangat keren, matahari terbit dengan indahnya disertai dengan kabut-kabut yang tipis. Untuk mencapai puncaknya kita memerlukan waktu sekitar 3-4 jam. Di puncak gunung kita bisa berkemah lho. Keren bukan?

4. Gunung Batukaru
Gunung Batukaru atau Watukaru memiliki ketinggian 2.276 meter berada di Desa Wongaya Gede, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan. Gunung ini merupakan gunung tertinggi kedua di pulau bali dan masih menjadi bagian dari kawasan Cagar Alam Batukaru ini. Watukaru berasal bahasa bali yang terdiri urat kata watu yang berarti batu dan Karu berarti tempurung kelapa. Sesuai namanya, Gunung Batukaru yang tidak aktif ini memiliki sebuah kawah besar yang bentuk menyerupai tempurung kelapa. Untuk bisa sampai ke puncak Gunung Batukaru, kita akan membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam. Gunung batukaru tidak sepopuler gunung yang disebutkan di atas, karena gunung ini tertutup hutan lebat yang membatasi pandangan.



Nah itu gunung-gunung yang ada di bali yang populer dikalangan para pendaki. Di bali tidak hanya ada 4 gunung lho, masih ada puluhan gunung yang siap untuk digapai puncaknya. Bagaimana? Anda tertarik? Silahkan baca juga info tempat wisata di bali yang lainnya di blog ini. Salam longtriper.

0 Response to "Inilah Gunung Paling Popluer Di Bali Untuk Pendakian"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif