T8/14/2017

Inilah 9 Fakta Unik Tentang Kabupaten Bangli Yang Perlu Anda Ketahui

Bangli merupakan salah satu kabupaten di Bali yang berada di tengah-tengah Pulau Bali. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan lima kabupaten lainnya di Bali seperti Karangasem, Klungkung, Buleleng, Badung dan Gianyar. Kabupaten yang terdiri dari empat kecamatan ini memiliki fakta-fakta unik yang tidak diketahui kebanyakan orang. Berikut beberapa fakta unik tentang kabupaten Bangli Bali yang perlu anda ketahui.

1. Tidak Memiliki Pantai
Bangli merupakan satu-satunya kabupaten di bali yang tidak memiliki garis pantai. Jika anda berlibur ke kabupaten Bangli jangan pernah berharap akan menemukan pantai di sini. Walaupun tidak memiliki pantai, kabupaten bangli mampu menarik kunjungan wisatawan untuk berkunjung ke bali. Destinasi wisata paling populer di kabupaten bangli adalah tempat wisata penelokan kintamani. Jika anda bosan dengan wisata pantai di bali bisa mencoba berkunjung ke kabupaten bangli untuk menikmati alam pegunungannya yang indah. 
Tempat Wisata Penelokan Kintamani Bangli
Wisata Penelokan dengan pemandangan Gunung Batur

2. Kintamani, Andalan Pariwisata Bangli
Objek wisata yang menunjang sektor pariwisata di kabupaten bangli adalah tempat wisata di kintamani. Berdasarkan BPS provinsi Bali, dari tahun ke tahun tempat wisata di kintamani khususnya tempat wisata penelokan kintamani memiliki kunjungan terbanyak tiap tahunnya di kabupaten Bangli. Walaupun bersuhu rata-rata rendah dibandingan dengan daerah lainnya di bali, karena sebagian besar wilayah kintamani berupa pegunungan, namun tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Yang menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke kintamani yakni pemandangan yang cantik gunung batur dan danau baturnya. Uniknya, walaupun kintamani bersuhu rendah, di sini terdapat sumber air panas lho. Sangat pas sekali pada suhu dingin berendam di pemandian air panas. Silahkana baca tempat wisata pemandian air panas Toya Bungkah.
Wisata Pemandian Air Panas Toya Bungkah
Wisatawan berendam di pemandian Toya Bungkah

3. Loloh Cemcem dan Ikan Mujair Nyat Nyat Kuliner khas Bangli
Jika anda berkunjung ke tempat wisata tradisional desa penglipuran maka kita akan ditawari minuman khas daerah tersebut yakni loloh cemcem. Loloh cemcem dapat dikatakan sebagai jamu, namun memiliki enam rasa yang unik dan tentunya sangat enak di lidah. Loloh yang bahan utamanya daun cemcem atau daun kloncing ini, tidak hanya untuk menghilangkan dahaga, juga memiliki khasiat yang baik untuk pencernaan dan menurunkan tekanan darah. Menikmati loloh cemcem akan lebih mantap jika dibarengi dengan menyantap ikan mujair nyat-nyat khas kintamani. Kuliner Ikan Mujair Nyat Nyat khas kintamani ini ikannya diambil secara langsung dari Danau Batur dan tentunya ikanya masih segar.
Loloh Cemcem Minuman Khas Bali
Loloh Cemcem

Ikan Munjair Nyat Nyat, Kuliner Khas Kintamani Bali
Kuliner ikan Mujair Nyat Nyat khas Kintamani Bali

4. Memilki Desa Dengan Pemakaman Terunik
Yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke kintamani bangli selain karena pemandangan yang cantik danau batur dan gunung batur, juga memiliki desa dengan pemakaman yang unik. Jika di bali pada umumnya orang yang meninggal akan dibakar atau diaben, tetapi tidak dengan di Desa Trunyan. Orang yang meninggal tidak dikubur melainkan hanya diletakkan di atas tanah pada daerah khusus. Desa yang terletak di sebelah timur bibir Danau Batur ini merupakan salah satu desa tertua di Bali. Untuk mencapai ke tempat meletakan jenasah, kita harus naik perahu, karena letaknya terpisah dengan desa trunyan.
 Desa Trunyan
Tulang dan tengkorak diletakan ditempat khusus di Desa Trunyan

5. Desa penglipuran, Desa Terbersih di Dunia
Admin tidak menyangka kalau desa Penglipuran ini termasuk satu desa terbersih di dunia. Di dunia lho. Ya memang benar desa ini benar-benar bebas dari sampah. Pada saat admin berkunjung ke desa ini memang indah dan masih terjaga kehidupan tradisionalnya yang tidak akan kita temui di desa lainnya di Bali bahkan di Indonesia. Di sini ada sekitar ratusan rumah bergaya tradisional yang berderet rapi di jalanan menanjak. Jalanan dibuat dari batu alam dan banyak tumbuh bunga warna-warni di sekitar desa. Motor dan mobil dilarang masuk ke desa ini sehingga desa penglipuran bebas dari polusi udara. Wajar kalau desa ini masuk kategori desa terbersih di dunia.
Tempat Wisata Desa Tradisional Penglipuran Bangli Bali
Desa Penglipuran

6. Memiliki Taman Bumi (Geopark)
Setelah UNESCO menetapkan subak atau sistem pengairan pertanian di Bali masuk dalam daftar warisan budaya dunia, kini kawasan kaldera Gunung Batur ditetapkan sebagai geopark atau taman bumi pada tanggal 20 September 2012. Salah satu alasan kaldera gunung batur ditetapkan sebagai geopark karena kaldera Batur merupakan tempat yang diberkahi keindahan. Sudut pemandangan terbaik adalah dari Penelokan, satu titik pandang dari bibir kaldera bagian selatan, menampilkan rangkaian keindahan yang luar biasa. Jika kita memandang dari desa pinggan di pagi hari kita akan disuguhkan dengan indahnya matahari terbit dengan siloet tiga gunungnya. Selain itu, kawasan Kaldera Batur juga mempunyai kesan dalam keragaman geologi, keragaman hayati, dan keragaman budaya dibandingkan dengan gunung api lainnya di Indonesia.
Tempat Wisata Batur Geopark Kintamani Bali
Pemandangan alam di Batur geopark

7. Memiliki Danau Terbesar di Bali
Danau Batur merupakan danau terbesar di bali yang berada di tempat wisata kintamani. Danau yang berada di kaki gunung batur ini merupakan jenis danau kaldera aktif yang berada pada ketinggian 1.050 meter diatas permukaan laut (dpl). Berdasarkan situs www. baturglobalgeopark.com menyatakan bahwa luas permukaan air danau batur adalah 16,05 km2, dengan volume air 815,38 juta m3 dan kedalaman rata-rata 50,8 m. Air Danau Batur bersumber dari air hujan dan rembesan-rembesan air dari pegunungan sekitarnya dengan luas daerah tangkapan 105,35 km2. Bagi yang hobi memancing ikan air tawar di danau inilah tempatnya.
Tempat Wisata Danau Batur Kintamani Bali
Danau Batur dilihat dari Penelokan

8. Sentra Jeruk Kintmani
Jika anda berkunjung ke tempat wisata penelokan kintamani, kita akan ditawari dengan buah jeruk. Ya jeruk kintamani namanya. Jeruk asli Bali ini kualitasnya sudah diakui pasar berkatnya rasanya yang segar, manis serta ukuran yang lebih besar dan mulus dibandingkan buah jeruk dari daerah lain. Masa panen jeruk kintamani dimulai dari bulan Agustus hingga Oktober. Karena memiliki cita rasa yang manis dan segar, maka tempat penanaman jeruk kintamani dijadikan sebagai argowisata yang mampu menarik wisatawan untuk berkunjung ke kabupaten Bangli. Jika Anda ingin menyambangi agrowisata jeruk kintamani, datanglah ke desa Catur, Kintamani.

9. Anjing Kintamani yang Sudah Mendunia
Anjing Kintamani adalah ras anjing yang berasal dari daerah pegunungan Kintamani, tepatnya dari Banjar Paketan, Desa Sukawana, Kecamatan Kintamani. Anjing yang memiliki ciri fisik menyerupai serigala ini sudah diakui dunia internasioan sebagai jenis anjing unggul. Anjing ini mampu bertahan hidup hingga mencapai 20 tahun. Uniknya, ketika akan melahirkan, anjing kintamani ini akan menggali lubang sebagai tempatnya melahirkan anak-anaknya sekaligus selama waktu asuhan anaknya hingga bisa mandiri. Sehari-harinya makanan dari anjing kintamani ini adalah ketela, sayur Jepang, dedak, dan telur. Disamping itu, anjing ini juga sangat setia pada majikannya, dan dapat dijadikan anjing penjaga. Harga jual anjing kintamani lumayan mahal lho, hargnya mulai dari 1 juta rupiah sampai 2,5 juta rupiah. Bahkan, ada yang sampai Rp 25 juta. Wow . . .
Anjing Kintmani bali
Anjing Kintamani

Nah itulah beberapa fakta unik tentang kabupaten Bangli yang perlu Anda ketahui. Jika kebetulan berlibur ke bali maka sempatkan datang ke kintamani untuk menikmati kuliner khas bali seperti loloh cemcem dan ikan mujair nyat-nyat. Jangan lupa membawa oleh-oleh jeruk kintmanai dan anjing kintamani untuk orang tersayang. Silahkan baca juga tempat wisata di Bali yang lainnya. Salam longtriper.

0 Response to "Inilah 9 Fakta Unik Tentang Kabupaten Bangli Yang Perlu Anda Ketahui"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif