Inilah 8 Pulau Kecil Yang Menjadi Bagian dari Pulau Bali

Bali merupakan nama sebuah provinsi dan sekaligus nama sebuah pulau yang berada diantara pulau jawa dan pulau Lombok serta dipisahkan oleh selat bali dan selat Lombok. Tahukah anda bahwa sekitar pulau bali terdapat pulau-pulau kecil yang masih menjadi bagian dari provinsi bali? Ada delapan pulau-pulau kecil yang menjadi bagian dari pulau bali yang terkenal di kalangan wisatawan. Oke berikut daftar pulau-pulau tersebut.

1. Nusa Penida
Nusa Penida berada di sebelah tenggara pulau bali yang dipisahkan oleh selat Badung. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kabupaten Klungkung. Di kepulauan ini, khususnya Pulau Nusa Penida, Anda akan menemukan pantai yang indah dan tempat-tempat murni konservasi. Untuk menuju nusa pendia melalui pulau bali bisa melalui dermaga serangan, melalui pantai matahari terbit sanur, melalui pelabuhan tribuana kusamba, melalui pantai pesinggahan (pura goa lawah), pelabuhan benoa, dan pelabuhan padang bai. Adapun tempat wisata yang patut anda kunjungi jika berlibur ke nusa penida yakni pasih uug (broken beach), Crystal Bay Beach, Angle’s Billabong, Pantai Kelingking, dan Pantai Atuh.

2. Nusa Lembongan
Nusa Lembongan merupakan salah satu pulau kecil dari deretan tiga pulau yang terletak di sebelah tenggara Bali, yakni Nusa Penida, Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Pulau ini juga termasuk wilayah Kabupaten Klungkung. Sebagian besar penduduk di Nusa Lembongan adalah sebagai petani rumput laut, sehingga di pulau ini terdapat perkampungan tempat pembudidayaan rumput laut. Adapun tempat wisata yang menarik di nusa lembongan yakni Pantai Tanjung Sanghyang, Dream Beach, pantai Selagimpak, pantai Selambung, Sunset Beach, pantai Pemalikan, pantai Lebaoh (pantai pusat rumput laut), Goa Gala-gala, Goa Sarang Walet Batu Melawang, dan Rawa-rawa Pegadungan. Untuk menuju pulau lembongan dari pulau bali bisa melalui Pelabuhan Tribuana, Pelabuhan Pantai Matahari Terbit Sanur, Pelabuhan Benoa, dan dermaga Serangan.

3. Pulau Serangan
Pulau Serangan masuk ke dalam wilayah kota madya denpasar. Pulau ini berada di sebelah selatan kota Denpasar. Masyarakat di Pulau Serangan Bali ini secara turun temurun memanfaatkan laut sebagai mata pencahariannya yaitu sebagai nelayan. Penduduk di Pulau Serangan disamping penduduk asli suku Bali juga terdapat pendatang dari berbagai suku diantaranya adalah pendatang dari suku bugis. Adapun tempat wisata yang terdapat di pulau serangan yakni Penangkaran Penyu, Wisata Sejarah Kampung Bugis, Pura Sakenan, Pantai Penyu (Pantai Serangan), Wisata Bawah Laut, dan Pantai Reklamasi Serangan. Untuk menuju pulau serangan tidak perlu menggunakan jalur laut karena sudah ada jembatan penghubung untuk menuju pulau ini dari pulau bali. Jembatan Pulau Serangan ini sering digunakan sebagai tempat berfoto-foto karena memiliki view yang sangat indah pada sore hari menjelang sang surya tenggelam di balik cakrawala dunia.

4. Nusa Ceningan
Nusa Ceningan merupakan pulau yang paling kecil diantara pulau lainnya yang ada di gugusan kepulauan di Nusa Penida dengan luas sekitar 300,6 Ha. Nusa Ceningan merupakan bagian dari Kabupaten Klungkung, Kecamatan Nusa Penida, Desa Lembongan. Sebagian besar penduduk di pulau ini bermata pencaharian petani rumput laut. Tidak mengherankan jika di pantai-pantai akan terlihat petani yang sedang mejemur rumput laut. Untuk menuju ke nusa ceningan dari pulau Bali, anda terlebih dahulu mendarat di pulau Lembongan kemudian melalui sebuah jembatan kuning menyeberang ke nusa ceningan. Adapun tempat wisata yang ada di pulau ceningan yakni pantai ceningan, secret beach, Blue Lagoon (pantai blue lagoon), jambatan kuning (jembatan cinta), panorama point, cliff jumping, mahana point, Abyss Zipline, hutan bakau, dan indahnya alam bawah laut (diving).


5. Pulau Menjangan
Sesuai dengan namanya pulau Menjangan merupakan pulau yang hanya dihuni oleh menjangan (rusa). Pulau ini masuk dalam wilayah kabupaten Buleleng serta masuk ke dalam kawasan taman nasional bali barat. Pulau yang memiliki pantai pasir putih ini memiliki pemandangan alam laut yang paling indah yang ada di Bali dengan keanekaragaman hayati laut yang sangat berlimpah dan alami. Lokasinya yang agak terpencil membuat pulau ini seolah tersembunyi dari kebanyakan wisatawan, sehingga kondisi koral di bawah lautnya cukup terjaga dengan baik dan jadi tempat tinggal bagi lebih dari ratusan jenis ikan. Adapun spot-spot tempat menyelam terbaik di pulau menjangan yakni Eeel gardens di bagian barat Pulau Menjangan, Secret Bay, dan Anchor Wreck. Untuk menuju Pulau Menjangan dari Pulau Bali bisa melalui Pelabuhan Lalang dengan menggunakan kapal motor (boat) dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

6. Pulau Peninsula
Di kawasan objek wisata nusa dua terdapat dua buah pulau yang menjadi cikal bakal nama Nusa Dua yakni Pulau Nusa Dharma dan Pulau Peninsula. Konon kedua pulau itu terpisah dengan daratan Pulau Bali, sekarang seiring perkembangan waktu pulau ini disatukan oleh pasir pantai yang berwarna putih. Walaupun terletak di kawasan elit dengan banyaknya hotel  berbintang yang bertaraf internasional, Pulau Peninsula tetap terbuka untuk umum. Di Pulau Peninsula terdapat jogging track yang mengelilingi sebuah patung tokoh pewayangan Arjuna dan Kresna. Track ini terhubung dengan kawasan objek wisata yang fenomenal yaitu objek wisata water blow. Pagi hari kita juga bisa menyaksikan fenomena matahari terbit (sun rise), sedangkan pada sore hari kita bisa menyaksikan matahari tenggelam (sunset). Dari atas batu karang tajam yang mengelilingi pulau peninsula kita bisa menyaksikan Selat Badung, Pulau Nusa Penida, dan Pantai Mengiat yang indah. Di sini terdapat sebuah kawasan suci terletak di atas karang yang bernama Pura Dalem Bias Tugel. Setiap tahun (sekitar bulan Oktober) di pulau ini diadakan pameran seni, budaya dan wisatayang bernama Nusa Dua Fiesta.

7. Pulau Nusa Dharma
Karakteristik Pulau Nusa Dharma hampir sama seperti Pulau Peninsula. Pulau ini memiliki area rumput yang luas dan rerimbunan pohon yang hijau. Anda juga bisa menyaksikan indahnya sunset dari Pulau Nusa Dharma walaupun tidak seperti Pantai Kuta. Tidak hanya sekedar melihat sunset, kita juga bisa jalan-jalan atau berolahraga di pulau ini karena sudah tersedia track untuk jogging. Di pulau ini terdapat sebuah kawasan suci bernama Pura Nusa Dharma yang dibangun pada 10 Juni 1948 oleh warga beretnis Tionghoa yaitu Tan Sie Yong yang merupakan bentuk akulturalisme di Bali. Dari kawasan ini kita bisa melihat pantai Nusa Dua yang tenang dan berpasir putih. Anda bisa berjalan kaki atau bersepeda untuk menikmati indahnya kawasan Pulau Nusa Dharma. Jika Anda berdiri di sebelah selatan dari Pulau Nusa Darma yang terdapat karangnya, maka Anda akan melihat pulau Peninsula dengan Patung Arjuna dan Krisna yang menjadi ciri khasnya.
Inilah 8 Pulau Kecil Yang Menjadi Bagian dari Pulau Bali
Pulau Nusa Dharma yang hijau dilihat dari Pantai Nusa Dua
8. Nusa Pudut (Pulau Penyu)
Pulau Pudut atau Nusa Pudut berada di pantai barat Tanjung Benoa, Desa Tanjung Benoa, Kabupaten Badung. Nama lain dari Nusa pudut ini adalah Pulau Penyu, karena di pulau ini merupakan habitat dari penyu langka yakni penyu hijau dan penyu lekang. Hutan bakau dan konservasi penyu menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke pulau ini. Di tempat konservasi penyu ini, pengunjung dapat melihat pengembangbiakan penyu serta aktivitas penyu langka yang ukuran besar dan berumur puluhan tahun. Untuk menuju pulau ini kita harus menyeberang dari pelabuhan Benoa dengan perahu motor selama 15 menit. Selama perjalanan menuju Pulau Penyu, wisatawan bisa melihat keindahan perairan Pantai Tanjung Benoa dan menyaksikan keindahan terumbu karang lewat glass bottom atau lantai kaca di dasar perahu. Wisatawan juga bisa memberi makan ikan-ikan liar yang ada di sepanjang perjalanan menuju Pulau Penyu.


Itulah delapan pulau yang menjadi bagian dari Pulau Bali. Selain yang disebutkan di atas, masih ada pulau lainnya di Bali yakni Pulau Gadung, Pulau Kalong, dan Pulau Burung. Ketiga pulau itu berada di kawasan wisata taman nasional Bali Barat. Silahkan baca juga info tempat wisata di bali yang lainnya di blog ini. Salam lontriper

0 Response to "Inilah 8 Pulau Kecil Yang Menjadi Bagian dari Pulau Bali"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif