free counter with statistics Sanur Village Festival, Mengenal Keberagaman Budaya Sanur
T8/16/2017

Sanur Village Festival, Mengenal Keberagaman Budaya Sanur

Iklan
Iklan
Siapa yang tidak kenal pantai Sanur. Pantai yang sudah terkenal hingga keluar negeri ini mampu menarik jutaan wisatawan tiap tahunnya. Wisatawan berkunjung ke Bali demi melihat indahnya matahari terbit (sunrise) di Sanur, sambil menikmati kekayaan budaya dan ramah tamahan masyarakat Bali, Sanur pada khususnya. Selain karena lokasinya berada di Kota Madya Denpasar, pantai yang berpasir putih nak eksotis ini sangat mudah sekali diakses. Dari bandara Ngurah Rai hanya berjarak sekitar 14 km atau dengan waktu tempuh sekitar 25 menit dengan kendaraan bermotor.

Jika anda berlibur ke pantai Sanur pada bulan Agustus, coba sempatkan mampir ke Sanur Village Festival. Kegiatan yang diselenggarakan tiap tahun ini pertama kali diadakan pada tahun 2005, dimana pada tahun itu terjadi tragedi Bom Bali II yang memporak porandakan sendi-sendi kehidupan pariwisata Bali. Kemudian untuk membangkitkan kembali pariwisata Bali yang “mati suri”, Yayasan Pembangunan Sanur memutuskan untuk membangkitkan dan mewartakan Sanur ke dunia internasional sebagai destinasi wisata yang aman, nyaman, dan menarik untuk dikunjungi di Pulau Bali melalui event Sanur Village Festival.

Di Sanur Village Festival kita akan disuguhkan dengan kegiatan bazaar, festival kuliner dan atraksi seni serta budaya, sehingga saat ini Sanur dapat dikatakan sebagai model terbaik pariwisata berbasis komunitas. Sanur Village Festival menampilkan berbagai kegiatan kreatif yang mempu menarik banyak pengunjung tiap tahunnya. Sanur Village Festival sukses mendatangkan jutaan wisatawan mancanegara ke Bali. Dengan diadakannya Sanur Village Festival diharapkan bisa kembali meningkatkan pamor Bali sebagai destinasi wisata Indonesia, juga dunia. Suguhan food bazaar yang memberikan sentuhan beragam menu kulinari dari selera lokal sampai internasional dihadirkan di sini.

Sanur Village Festival menunjukkan kepada dunia bahwa Desa Sanur memiliki keberagaman buadaya yang unik dan layak untuk diungkap. Jika anda ingin mengenal keberagaman budaya Sanur lebih dalam, maka datanglah pada saat kegiatan parade budaya yang biasanya diadakan pada pembukaan ataupun penutupan. Di sini masyarakat dan wisatawan akan berjubel mamadati area tempat diselenggarakannya parade budaya ini. Para wisatawan bukan hanya melihat keberagaman budaya masyarakat Sanur, namun ia turut terlibat menjadi bagian dari parade. Ini terlihat banyak wisatawan asing yang ikut serta meramaikan acara ini. Pada parade budaya ini kita akan disuguhkan dengan atraksi budaya pada masing-masing banjar yang ada di kawasan sanur. Tidak hanya dari wilayah sanur saja, bahkan parade budaya ini juga dimeriahkan dari daerah lainnya di Bali. Jadi kita tidak hanya mengenal budaya sanur saja, tetapi juga buadaya di daerah lainnya di bali.
Sanur Village Festival, Mengenal Keberagaman Budaya Sanur
Parade budaya di Sanur Village Festival

Ogoh-Ogoh Kbo Iwa ikut meramaikan parade budaya

Malam hari kita akan disuguhkan dengan kegiatan malam seni budaya. Berbagai macam pertunjukan seni Bali, baik itu seni tradisional maupun modern itu berpadu pada acara ini. Tidak hanya pertunjukan dari pulau Bali saja, pertunjukan dari daerah nusantara dan negara sahabat juga ikut hadir mengisi malam seni budaya tersebut. Jadi Sanur Village Festival hampir mirip seperti Pesta Kesenian Bali yang diadakan di Taman Werdhi Budaya Denpasar, hanya saja pada Sanur Village Festival lebih menekankan brand “village sanur”. Tidak ketinggalan juga musik jazz, regae, pop, maupun rock ikut mengisi pada acara malam pagelaran seni dan budaya tersebut.

Tidak hanya itu saja, bagi suka bersepeda, anda dapat menikmati perjalanan menikmati spot-spot indah di pantai Sanur. Tahukah anda bahwa di sanur terdapat 8 titik pantai dengan nama yang berbeda-beda. Tidak hanya memiliki nama yang berbeda, tiap titik pantai ini memiliki keunikan dan keindahan tersendiri. Di sini ada trak yang panjangnya mencapai 5,8 km di tepi pantai yang bisa “dijajal” dengan jalan kaki atau bersepeda ria bersama keluarga atau teman-teman anda. Silahkan baca juga inilah 8 titik pantai di kawasan Sanur

Para pecinta layang-layang akan dimanjakan dengan pemandangan langit pantai Mertasari Sanur yang bertamburan berbagai jenis layang-layang pada kegiatan Sanur International Kite Festival. Kegiatan festival layang-layang ini merupakan rangkaian dari kegiatan Sanur Village Festival yang selalu diadakan tiap tahunnya. Ribuan para pecinta dan peserta festival layang-layang ini memadati area yang sudah disediakan. Layang-layang dengan berbagai macam kreasi, warna, sampai ukuran, bahkan ada yang panjangnya mencapai ratusan meter meramaikan langit Sanur yang cerah. Jenis-jenis layang-layang di festival ini juga sangat beragam, namun yang menjadi ciri khas layang-layang Bali yang tentunya sangat banyak diterbangkan adalah jenis jenis seperti layang-layang tradisional Bebean (bentuk ikan), Janggan (berbentuk burung), Pecukan (berbentuk daun).
Langit Sanur yang bertamburan layang-layang
Nah itu tentang Sanur Village Festival yang selalu diadakan tiap tahunnya di Desa Sanur. Semoga ini dapat menjadi rujukan anda dalam berwisata ke pulau Dewata khususnya ke daerah Sanur. Silahkan baca juga tempat wisata di bali yang lainnya. Salam longtriper.
Iklan