free counter with statistics Seni Lukis Prasi, Komik Khas Bali
T8/02/2017

Seni Lukis Prasi, Komik Khas Bali

Iklan
Iklan
Bali tidak hanya menyuguhkan keindahan alam pantai pasir putihnya, tetapi juga menawarkan keunikan seninya. Pulau yang mendapatkan julukan sebagai “pulau seribu pura” ini memiliki segudang seni yang belum begitu diekspos oleh media, walaupun ada seni hasil kreatifitas orang bali yang sudah terkenal hingga ke luar negeri, seperti seni tari dan seni patung. Ada salah satu hasil seni yang belum banyak orang ketahui yakni seni lukis prasi.

Seni lukis prasi ini dapat dikatakan sebagai komik yang menggunakan huruf (aksara), bahasa, dan bergambar dengan ciri khas pulau dewata. Komik ini dibuat dari beberapa daun lontar yang disusun sedemikian rupa sehingga menghasilkan sebuah gambar yang ada unsur ceritanya. Cerita yang ada di dalamnya biasanya berhubungan erat dengan cerita rakyat, agama, dan budaya Bali yang menyatu dengan kehidupan masyarakat Bali.
Lukisan Prasi dengan tema sabung ayam (tajen)

Seni lukis prasi ini sekarang banyak diminati oleh kalangan wisatawan, khsusnya wisatawan asing. Lukisan prasi ini dapat digunakan sebagai hiasan dinding. Lukisan yang dibuat dengan cara menggores ini memang benar-benar unik dan sarat dengan makna simbolis dari suatu cerita yang ingin disampaikan oleh sang pelukisnya.


Jika anda ingin membeli hasil karya seni lukis prasi sebagai oleh-oleh saat liburan ke bali, dapat membelinya di kawasan tempat wisata pura besakih. Tepat di bawah pura Gelap atau di atas spot berfoto-foto, terdapat deretan warung yang menjual kerajinan khas bali seperti lukisan dan topeng. Di salah satu warung tersebut menjual lukisan prasi. Admin belum sempat bertanya berapa kira-kira harga dari lukisan seni prasi ini.
Iklan