free counter with statistics Tempat Wisata Lava Tumuli Kintamani Bali
T9/12/2017

Tempat Wisata Lava Tumuli Kintamani Bali

Iklan
Iklan
Kintamani merupakan surganya destinasi wisata di Pulau Bali. Sekali mendayung dua pulau terlampaui, itulah pepatah yang tepat untuk menggambarkan kawasan kintamani, karena di sini terdapat banyak sekali destinasi wisata yang bisa anda kunjungi selama berlibur ke kintamani. Mengunjungi kintamani kita akan bisa mengunjungi banyak tempat wisata, misalnya memancing di danau batur, menikmati matahari terbit di puncak gunung batur, desa trunyan dengan pemakaman yang sangat unik, relaksasi di pemandian air panas, penelokan dengan view danau batur yang dipadukan dengan gunung baturnya, wisata edukasi di museum gunung api batur, mendaki gunung abang yang terkenal akan keindahan matahari terbitnya yang sedikit berkabut, desa pinggan yang yang elok melihat matahari terbit, dan lava tumuli yang pas untuk spot berfoto-foto ria.

Pada kesempatan ini longtripmania.org akan mengulas tentang tempat wisata lava tumuli yang berada di kintamani. Jika anda ingin menikmati hangatnya pemandian air panas toya bungkah atau ingin mendaki gagahnya Gunung batur, maka secara tidak langsung anda akan melewati tempat wisata lava tumuli kintamani ini. 
Tempat wisata lava Tumuli Gunung Batur Kintamani
Tempat wisata lava Tumuli Gunung Batur Kintamani

Lava tumuli sebenarnya lava yang sudah mengeras yang berbentuk seperti bongkahan batu-batu besar dengan permukaan yang kasar. Di lava tumuli kintamani ini kita bisa berdiri dengan bebas menadang danau batur yang luas dan membiru, memandang gunung batur dan gunung abang yang menjulang tinggi yang siap untuk dijajal ketinggiannya. Disarankan untuk berhati-hati karena batu padas ini agak kasar dan sedikit runcing. Akan lebih baik Anda menggunakan sepatu agar kaki Anda tidak terluka terkena batu padas.

Objek wisata Lava Tumuli Gunung Batur selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik itu wisatawan domestik maupun mancanegara. Kebanyakan wisatawan yang berkunjungi di sini adalah wisatawan domestik, sedangkan untuk wisatawan mancanegara yang berkunjung ke sini biasanya sedang mengisi liburan di pemandian air panas toya bungkah atau toya devasya. Jadi tempat wisata lava tumuli ini sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari libur lainnya. Selain itu, tempat ini sangat bagus digunakan sebagai spot untuk mengadakan sesi foto praweding. Apalagi dengan background dengan gunung baturnya yang indah, tentunya hasil foto anda akan sungguh mengagumkan sekali.
Tempat Wisata Lava Tumuli Gunung Batur Kintamani Bali
Spot berfoto di Lava Tumuli Gunung Batur

Di sekitar objek wisata lava Tumuli Kintamani sudah tersedia fasilitas yang memadai seperti jalan akses yang sudah diaspal dengan sangat baik, restoran dengan menu khas ikan mujair nyat-nyat, dan penginapan bagi yang ingin mencari tempat istirahat dengan harga yang terjangkau. Di sini juga sudah tersedia area parkir yang cukup luas, sehingga anda tidak perlu bingung mencari tempat parkir.

Jika anda berlibur ke tempat wisata lava tumuli kintamani ini disarankan untuk mengunjungi tempat wisata terdekat lainnya. Kintamani berada di daerah pengunungan denga hawa yang cukup dingin, disarankan untuk mengunakan baju hangat atau jaket saat mengunjungi kawasan ini. Kawasan ini juga sering turun hujan, jadi carilah waktu yang tepat saat mengujungi tempat wisata ini, misalnya datanglah ada musim panas sekitar Agustus-November yang jarang sekali turun hujan di kawasan ini. Satu hal lagi, jangan lupa membawa kamera atau hanphone yang ada kameranya untuk mengabadikan momen-momen selama mengisi liburan ke tempat wisata lava tumuli kintamani ini.
Lava Tumuli Kintamani
Lava Tumuli Kintamani

Kawasan lava tumuli ini sudah masuk ke kawasan taman bumi (geopark) Batur yang ditetapkan oleh UNESCO pada tangga 20 September 2012. Jadi jika berkunjung ke sini jagalah kebersihan tempat ini, jangan membuang sampah sembarangan. Buanglah pada tempatnya, karena d lokasi ini sudah disediakan tempat sampah oleh pengelola kawasan itu.

Lokasi dan CaraAkses Menuju Tempat Wisata Lava Tumuli Kintamani Bali

Tempat wsiata Lava Tumuli Gunung Batur berada di Desa Songan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali. Dari objek wisata Besakih hanya berjarak 22,6 km, dari objek wisata Desa Tradisonal Penglipuran hanya berjarak 23,1 km, dari kota Bangli 24,3 km, dari Air Terjun Dusun Kuning hanya berjarak 38,2 km, dan dari Kota Singaraja hanya berjarak 58 km.

Jika Anda datang dari Bandara Ngurah Rai hanya memerlukan jarak tempuh kira-kira 81 km atau memerlukan waktu 2 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor. Berada di dalam mobil atau sepeda motor selama 2 jam sungguh membosankan, untuk itu sepanjang perjalanan Anda bisa mampir ke beberapa objek wisata di bali yang lainnya yang searah dengan perjalanan anda.

Berikut rute perjalanan dan objek wisata yang bisa Anda kunjungi selama menuju tempat wisata batur geopark dari bandara Ngurah Rai. Dari Bandara Ngurah Rai lanjutkan perjalanan melalui jalan Tol Bali Mandara hingga ke jalan By Pass Ngurah Rai. Di sini Anda bisa mengunjungi objek wisata pantai di kawasan sanur. Silahkan baca juga 8 titik pantai di kawasan sanur bali.

Dari jalan By Pass Ngurah Rai lanjutkan perjalanan ke Jalan By Pass Ida Bagus Mantra hingga ke perempatan jalan pantai Siyut. Adapun objek wisata yang dapat dikunjungi di jalur ini yakni pantai di sepanjang jalan Ida Bagus Mantra. Dari perempatan jalan pantai Siyut belok ke kiri menuju jalan raya Tulikup dan dilanjutkan menuju jalan Taman Bali. Di jalan Taman bali Anda bisa mampir ke objek wisata Taman Nusa. Dari Jalan Taman Bali lanjutkan perjalanan menuju kota Bangli. Sebelum mencapai kota Bangli, Anda bisa mampir ke Air Terjun Dusun Kuning terlebih dahulu. Setelah sampai di Kota Bangli lanjutkan perjalanan menuju jalan Nusantara dan bisa mampir ke Objek Wisata Desa Tradisional Penglipuran.

Dari objek wisata penglipuran kembali ke jalan Nusantara dan ke utara hingga ke objek wisata Penelokan dengan Museum Gunung Api yang bangunannya terlihat sangat unik. Di sini Anda sudah bisa melihat indahnya Danau Batur dan Gunung Batur yang menjulang tinggi. Dari objek wisata penelokan lanjutkan perjalanan menuju Jalan Windu Sara dengan menuruni lembah dengan jalan berkelok-kelok dan banyak tanjakan serta turunan. Tentunya Anda harus berhati-hati dalam berkendara karena jalur ini merupakan jalur galian C, sehingga banyak terdapat truk yang mengangkut material seperti pasir dan batu, yang kadang-kadang mogok di tengah jalan.

Setelah sampai di bawah (Desa Kedisan), Anda akan menemukan pertigaan. Di sini silahkan Anda memilih jalan ke kiri, jika belok ke kanan Anda akan menuju dermaga penyeberangan ke objek wisata Desa Trunyan. Sedangkan jika Anda memilih ke kiri Anda akan menuju objek wisata pemandian air panas Toya Bungkah dan pos pendakian Gunung Batur. Ambilah jalan ke kiri. Dari pertigaan di Desa Kedisan, setelah menempuh perjalanan sekitar 1 km akan menemukan batu padas yang berdiri kokoh di kanan kiri jalan raya. Nah itulah tempat wisata lava tumuli gunung batur. Untuk lebih memudahkan menuju lokasi tempat wisata lava tumuli kintamani, bisa dilihat di google map di bawah ini.
Nah itu tentang objek wisata Lava Tumuli Kintamani perlu anda ketahui. Semoga ini dapat menjadi rujukan anda dalam berwisata ke pulau Dewata khususnya ke daerah Kintamani. Silahkan baca juga tempat wisata di bali yang lainnya. Salam longtriper.
Iklan