free counter with statistics Inilah Gunung Yang Ada Di Tiap Kabupaten Di Bali
T9/27/2017

Inilah Gunung Yang Ada Di Tiap Kabupaten Di Bali

Iklan
Iklan
Pulau Bali selain sebagai tempat wisata yang mempunyai pantai yang indah dan budaya yang unik, pulau yang mendapat julukan pulau cinta ini juga mempunyai beberapa pegunungan dan gunung. Dari semua gunung yang ada di bali, hanya dua yang masih aktif dan sisanya bukan gunung aktif. 
Inilah Gunung Yang Ada Di Tiap Kabupaten Di Bali
Gunung Agung, gunung tertinggi di Bali

Banyak gunung-gunung di bali yang sudah terkenal hingga ke luar negeri karena memiliki tempat yang indah dan menarik untuk digapai puncaknya serta menjadi tempat favorit untuk mendaki dan trekking ketika mereka liburan di Bali. Berikut nama atau daftar pegunungan dan gunung yang ada di tiap kabupaten di pulau Bali.

Kabupaten Badung
Di kabupaten badung terdapat Gunung Catur yang sangat populer bagi kalangan wisatawan. Gunung Catur terletak di Desa Pelaga, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Bali. Gunung ini memiliki ketinggian 2.098 meter dari permukaan laut yang merupakan titik tertinggi sepanjang tepi kaldera Bedugul dan merupakan gunung tertinggi keempat di pulau Dewata. Gunung ini juga dikenal dengan nama Puncak Mangu karena di gunung ini berdiri tempat suci umat hindu yang bernama Pura Pucak Mangu. Gunung Catur cukup populer di kalangan pendaki dan trekker karena menyajikan keindahan yang mampu menarik wisatawan untuk berkunjung.


Kabupaten Bangli
Di Kabupaten Bangli terdapat tiga gunung yang terkenal dan paling populer bagi kalangan traveler yakni:
1. Gunung Batur
Gunung Batur merupakan salah satu gunung yang masih aktif di pulau Bali yang terletak di Desa Songan, Kecamatan Kintamani. Gunung yang memiliki ketinggian 1717 meter dari permukaan laut ini masuk kawasan Batur Geopark yang sudah diresmikan oleh UNESCO pada tanggal 20 September 2012. Gunung Batur adalah tempat populer untuk mendaki di kalangan wisatawan yang datang ke pulau bali khususnya ke kintamani. Di atas puncak gunung batur kita akan disuguhkan dengan keindahan matahari terbit dan juga pada puncaknya bebas dari tutupan hutan, sehingga menawarkan pemandangan yang indah, spektakuler dan mudah diakses.

2. Gunung Abang
Gunung Abang memiliki ketinggian 2.152 meter dari permukaan laut dan merupakan gunung tertinggi ketiga di pulau seribu pura ini. Gunung yang terletak di tempat wisata kintamani ini kini menjadi jalur trekking pendakian yang populer dikalangan wisatawan, karena tidak sulit untuk mendakinya. Di puncak gunung kita akan dihadapkan dengan pemandangan yang sangat indah dari gunung Batur dan danau Batur.

3. Gunung/Bukit Penulisan
Gunung Penulisan atau sering disebut Bukit Penulisan memiliki ketinggian 1.745 meter dari permukaan laut, juga terletak di tempat wisata kintamani. Di Gunung ini terdapat tempat suci bagi umat hindu yang bernama Pura Pucak Penulisan.

Kabupaten Buleleng
Kabupaten Buleleng juga memiliki beberapa gunung yang sudah tidak aktif. Berikut nama-nama gunung yang ada di kabupaten Buleleng yakni:

1. Gunung Silang Jana
Gunung Silang Jana terletak di Desa Silangjana, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali dengan tinggi mencapai 1.903 meter dari permukaan laut. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di kabupaten Buleleng.

2. Gunung Lesung/Lesong
Gunung Lesung juga disebut Lesong adalah sebuah gunung yang tidak aktif dan terletak tepat di sebelah selatan Danau Tamblingan. Gunung ini berada di Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali ini memiliki ketinggian 1.860 meter dari permukaan laut.

3. Gunung Patas
Gunung Patas memiliki ketinggian 1.414 meter dari permukaan laut yang terletak di Kecamatan Gerokgak. Ada banyak jalur untuk mendaki gunung ini. Jalur pendakian ini biasanya dibuat oleh masyarakat di sekitar Gerokgak dan Sepang. Salah satu jalurnya bisa melalui tempat wisata Bendungan Gerokgak. Jalurnya cukup panjang dengan medan naik turun bukit.

4. Gunung Kutul
Gunung Kutul berlokasi di Desa Pucaksari, Kecamatan Busungbiu ini memiliki ketinggian 842 meter dari permukaan laut.

5. Gunung Banyuwedang
Berdasarkan Google Map Gunung Banyuwedang terletak di Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng-Bali. Gunung ini memiliki ketinggian 430 meter dari permukaan laut.

6. Gunung Prapat Agung
Gunung Prapat Agung adalah gunung kecil di semenanjung di ujung barat laut pulau Bali dan merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat yang memiliki ketinggian 322 meter dari permukaan laut. Gunung ini terletak di Desa Sumberkelampok, kecamatan Gerokgak.


Kabupaten Jembrana
1. Gunung Merebuk
Gunung Merbuk yang tingginya 1.356 meter dari permukaan laut ini dan merupakan titik tertinggi di Bali Barat (kabupaten Jembrana).

2. Gunung Mesehe
Gunung Mesehe memiliki ketiggian 1.344 meter dari permukaan laut. Di gunung ini juga terdapat sebuah air terjun dan dapat dikatakan sebagai air terjun tertinggi di Bali.

3. Gunung Musi
Gunung Musi memiliki ketinggian 1.215 meter dari permukaan laut, merupakan sebuah bukit yang tepatnya berada di timur gunung Mesehe dan di sebelah utara Taman Nasional Bali Barat.

4 Gunung Sangiang
Gunung Sangiang memiliki ketinggian 1.004 meter dari permukaan laut berada di Kecamatan Melaya.

5. Gunung Klatakan/Kelatakan
Gunung Kelatakan/Klatakan mempunyai ketinggian 698 meter dari permukaan laut.

6. Gunung Ngandang
Gunung Ngandang memiliki ketinggian 622 meter dari permukaan laut.


Kabupaten Karangasem
Berikut ini nama-nama gunung yang ada di kabupaten karangasem bali
1. Gunung Agung
Gunung Agung adalah gunung yang tertinggi di Bali dengan ketinggian 3.142 meter dari permukaan laut dan merupakan sebuah gunung aktif. Agung sangat populer dengan pendaki gunung dan trekker, gunung Agung sangat terkenal dengan pendakian matahari terbit (sunrise trekking) tetapi karena kesulitannya, gunung Agung kurang terkenal bagi turis dibandingkan dengan gunung Batur.

2. Gunung Lempuyang
Gunung Lempuyang atau dikenal juga dengan sebutan Bukit Belibis/Bisbis dan Gunung Seraya. Gunug Lempuyang memiliki ketinggian 1.058 meter dari permukaan laut dan terletak di sebelah timur Gunung Agung. Di sini berdiri tempat suci Pura Luhur Lempuyang adalah salah satu dari sembilan pura utama di Bali yang terletak di lereng baratnya. Gunung Lempuyang terletak di desa Purahayu Kecamatan Abang.

3. Gunung Dwangga
Gunung Sidemen dengan tinggi 826 meter dari permukaan laut berlokasi di kecamatan Sidemen. Gunung ini memiliki jalur treking yang bisa menjangkau hingga ke pura pucak sari di bukit cemeng. Di sini kita bisa melihat gunung agung yang menjulang tinggi dan sebelah selatan lautan yang membiru.

Kabupaten Klungkung
Untuk saat ini admin hanya mengetahui hanya terdapat satu buah gunung atau bukit yang adadi kabupaten klungkung yakni puncak mundi atau bukit mundi yang berlokasi di pulau Nusa Penida. Bukit Mundi ini memiliki ketinggian mencapai 529 meter dari permukaan laut.

Kabupaten Tabanan
Bumi Lumbung Beras juga memiliki gunung yakni:
1. Gunung Batukaru
Gunung Batukaru atau Watukaru adalah gunung tertinggi kedua di Bali dengan ketinggian 2.276 meter dari permukaan laut. Gunung Batukaru juga disucikan oleh masyarakat Hindu Bali, dan memiliki sebuah tempat suci di lereng selatannya yaitu Pura Luhur Batukaru. Batukaru relatif tidak populer bagi kalangan pendaki untuk pendakian karena tertutup hutan lebat yang membatasi pandangan. Batukaru memiliki kawah besar, yang terbesar di Bali, tapi kawah ini terbuka di ujung selatan, membebaskan sungai Yeh Mawa untuk mengalir.

2. Gunung Adeng
Gunung Adeng merupakan gunung yang tidak aktif di daerah vulkanik Bedugul. Adeng memiliki ketinggian 1.826 meter dari permukaan laut.

3. Gunung Sanghyang
Gunung Sanghyang juga disebut Sengjang atau Sengayang merupakan sebuah gunung yang tidak aktif di daerah vulkanik Bedugul. Tinggi totalnya adalah 2.087 meter dari permukaan laut.

4. Gunung Pohen
Gunung Pohen merupakan sebuah gunung yang tidak aktif di wilayah Bedugul yang memiliki ketinggian 2.089 meter dari permukaan laut.

Nah dari semua kabupaten yang disebutkan di atas, hanya kabupaten gianyar dan kota madya denpasar yang tidak memiliki gunung. Mengingat keterbatasan informasi, nantinya akan admin update tentang lokasi atau alamat di mana gunung-gunung tersebut berada. Mohon maaf jika terjadi kesalahan penyebutan nama atau kesalaahan penyebutan nama lokasi gunung itu berada.
Iklan