free counter with statistics Inilah Museum Yang Ada Di Kota Denpasar Bali
T9/29/2017

Inilah Museum Yang Ada Di Kota Denpasar Bali

Iklan
Iklan
Jika dilihat dari banyaknya jumlah museum di Indonesia, provinsi Bali masuk ke dalam lima besar dalam hal jumlah museum. Setidaknya di Bali terdapat 40 museum yang tersebar di 9 kabupaten dan kota di pulau bali. Sedangkan di pulau Bali, Denpasar sebagai ibu kota provinsi bali menempati urutan kedua setelah kabupaten Gianyar dalam hal jumlah museum. 
Museum Yang Ada Di Kota Denpasar Bali
Salah satu museum yang ada di Denpasar

Hampir setengah lebih museum di Denpasar berupa museum seni dan sisanya museum sejarah serta museum budaya. Jadi berlibur ke denpasar tidak harus mengunjungi pantai sanurnya yang eksotis, tapi bisa juga melancong ke beberapa museum yang ada di kota yang mendapat julukan “Parijs van Bally” ini. Antara satu museum dengan museum yang lain lokasinya tidak begitu berjauhan. Bahkan ada museum yang terletak di objek wisata yang terkenal, sehingga mudah sekali untuk dijangkau oleh para pelancong.

Oke, berikut beberapa tempat wisata museum yang bisa anda kunjungi ke kota denpsar jika kebetulan berlibur ke kota yang memiliki slogan “Purradhipa Bhara Bhavana” ini.

1. Museum Sidik jari
Jika lukisan pada umumnya dibuat menggunakan kuas sebagai alat lukis, berbeda dengan seorang maestro seni lukis yang bernama  I Gusti Ngurah Gede Pemecutan. Beliau dalam membuat karya seni lukisnya tidak menggunakan kuas melainkan menggunakan sidik jarinya. Sangat unik bukan? Jika anda ingin melihat hasil karya beliau silahkan datang ke museum sidik jari yang beralamat atau berlokasi di Jalan Hayam Wuruk, Denpasar Selatan, Kota Denpasar.

2. Msueum Bali
Jika anda ingin mengenal hasil budaya masyarakat bali dari tempo dulu hingga sekarang, bisa melihatnya di Museum Bali. Perlu diketahui bahwa museum Bali merupakan museum pertama yang ada di bali dan merupakan satu-satunya museum negeri yang ada di pulau dewata. Museum ini penyimpanan peninggalan masa lampau manusia dan etnografi. Adapun koleksi museum dari benda-benda etnografi antara lain: peralatan dan perlengkapan hidup, keagamaan, bahasa tulisan, kesenian dan lain-lainnya. Lokasi museum ini sangat dekat dengan tempat wisata lapangan puputan badung, jadi sambil rekreasi kita bisa mengunjungi museum ini. Alamat atau lokasi museum bali berada di Jalan Mayor Wisnu, Denpasar.

3. Museum Bajra Sandi
Ingin mengetahui bagaimana perjuangan rakyat bali dalam mengusir penjajah dari bumi Bali? silahkan datang ke museum bajra sandhi atau dikenal juga dengan nama monumen perjuangan rakyat bali. Di dalam museum ini kita akan melihat kehidupan masyarakat bali dari zaman prasejarah hingga zaman mengisi kemerdekaan yang tertuang dalam 33 diorama. Museum ini memiliki arsitektur yang berbentuk yang unik dan ikonik yang tidak akan kita temukan di daerah lain, kecuali di monumen perjuangan rakyat mumbul di Jimbaran, Bali. Alamat atau lokasi museum bajra sandhi berada di Jalan Raya Puputan, Niti Mandala Renon, Denpasar Timur

4. I AM BALI
Tidak hanya bisa mengenal kehidupan rakyat bali dari zaman prasejarah hingga zaman mengisi kemerdekaan, di monumen perjuangan rakyat bali juga terdapat Interactive Art Museum Bali atau yang disingkat dengan nama I AM Bali. I AM Bali merupakan museum interaktif 3D yang menawarkan beragam fasilitas dan wahana hiburan untuk rekreasi bersama kerabat dan keluarga. Alamat atau lokasi I AM Bali berada di lantai dasar monumen perjuangan rakyat bali (bajra sandhi), Jalan Raya Puputan, Niti Mandala Renon, Denpasar Timur

5. Museum Le Mayuer
Museum Le Mayuer berisi koleksi seni lukis peninggalan Le Mayeur seorang pelukis asal Belgia. Berbagai lukisan karya beliau mulai tentang kehidupan sang istri Ni Pollok sebagai modelnya hingga keindahan alam Sanur dipajang di museum ini. Musuem ini berada di tempat wisata pantai sanur yang terkenal keindahannya. Jadi, sambil melihat hasil karya seorang maestro seni lukis, kita bisa menikmati indahnya pantai sanur yang terkenal dengan view matahari terbitnya. Alamat atau lokasi Museum Le Mayuer berada di Jalan Hang Tuah, Sanur Kaja, Denpasar Selatan.

6. Museum Bung Karno
Jika ingin mengenal kehidupan tokoh proklamator bangsa indonesia yakni Ir. Soekarno, silahkan datang ke museum Bung Karno. Tidak hanya di blitar, di bali juga terdapat museum bung karno yang berisi koleksi tentang barang-barang dan kehidupan bung karno. Banyak koleksinya tidak tanggung-tanggung, terdapat lebih dari 1,4 juta koleksi lho. Museum yang berarsitektur khas Bali ini terdiri dari empat lantai. Alamat atau lokasi museum bung karno berada di Jalan Raya Puputan No.80, Dangin Puri Klod, Denpasar Timur.

7. Museum Latta Mahosadhi
Museum Latta Mahosadi dibangun guna memberi ruang kepada masyarakat yang ingin belajar dan melakukan penelitian, utamanya tentang kesenian Indonesia. Museum ini menyimpan koleksi musik instrumen dari berbagai wilayah seperti Bali, Jawa, Sumatra, termasuk koleksi gamelan terbesar di Bali. Selain itu, tersimpan juga ragam topeng, pakaian tari Bali, patung, dan berbagai lukisan. Lokasi ini tidak jauh dengan tempat wisata taman werdhi budaya (art centre). Alamat atau lokasi Museum Latta Mahosadhi berada di Kampus Institut Seni Indonesia Denpasar, Jalan Nusa Indah, Kota Denpasar.

8. Putrawan Museum of Tribal Art (PUMA)
Putrawan Museum of Tribal Art berisi koleksi barang-barang seni baik seni lukis, seni patung maupun seni primitive. Alamat atau lokasi Putrawan Museum of Tribal Art berada di Jalan Trenggana No. 108, Penatih, Denpasar Timur, Kodya Denpasar.

Nah itu beberapa museum yang ada di kota madya denpasar. Seiring perkembangan waktu, nantinya akan ada penambahan museum. Tentunya akan admin update jika ada penambahan museum di kota denpasar. Untuk mengetahui info museum yang ada di bali secara lengkap, silahkan baca: inilah museum yang ada di bali. Salam longtriper.
Iklan