free counter with statistics Inilah Nama Patung Yang Ada Di Pulau Bali
T9/16/2017

Inilah Nama Patung Yang Ada Di Pulau Bali

Iklan
Iklan
Bali terkenal akan destinasi wisata seninya, baik itu seni tari, seni musik, seni lukis, seni ukir, dan seni patung. Kesenian yang paling mudah dijumapi di pulau bali adalah seni patung. Hampir di persimpangan jalan utama di Pulau Bali terdapat patung, ada yang berukuran sedang (seukuran manusia dewasa) dan ada juga berukuran raksasa. Berikut nama-nama patung yang paling mudah kita temui di pulau bali.

1. Patung Makepung, Jembrana
Jika kamu melintasi jalan raya jurusan Gilimanuk-Denpasar, tepatnya di perbatasan Kabupaten Jembrana dengan kabupaten Tabanan, maka kamu akan disambut dengan sebuah patung balapan kerbau atau dikenal dengan nama Makepung. Jika kamu datang dari arah timur, patung ini berada di sebelah kiri jalan raya atau dipinggir pantai Yeh Leh. Makepung merupakan tradisi yang berada di Bali Barat (kabupaten jembrana) sebagai wujud syukur atas segala hasil panen para petani. Sekarang tadisi ini masih dipertahankan dengan diadakannya event festival makepung tiap tahunnya. Lokasi: Jalan Raya Gimanuk-Denpasar, perbatasan Jembrana-Tabanan.

Patung Makepung di perbatasan Jembrana-Tabanan
Patung Makepung Jembrana

2. Pragmen Patung Kala Rau
Jika kamu berkunjung ke tempat wisata taman kota Ciung Wanara, maka akan dijumpai beberapa patung yakni Patung Dewa Indra dengan kusirnya yang bernama Matali, Patung Dewa Wisnu yang menunggangi Garuda, Patung Kala Rahu, dan Patung Dewi Ratih (Dewi Bulan). Patung-patung yang ada di taman Ciung Wanara merupakan suatu rangkaian cerita yang diambil dari kisah pengadukan lautan susu untuk mendapatkan tirtha amertha. Lokasi: Taman Kota Ciung Wenara, sebelah barat Kantor Bupati Gianyar.
Tempat Wisata Taman Kota Ciung Wanara Gianyar Bali
Patung Dewi Bulan di Taman Kota Ciung Wanara

3. Patung Kanda Pat Sari, Klungkung
Patung Kanda Pat Sari berada di persimpangan kota Semarapura, lokasinya tidak jauh dari tempat wisata kertagosa, museum semarajaya, lapangan puputan klungkung, dan monumen puputan klungkung. Jika kamu mengunjungi salah satu dari empat tempat wisata tersebut maka secara tidak langsung akan melihat patung tersebut yang berdiri kokoh. Lokasi: Kota Semarapura, persimpangan jalan antara jalan Puputan, Jalan Untung Surapati, Jalan Diponegoro dan Jalan Raya Besakih. 
Tempat Wisata Monumen Puputan Klungkung
Patung Kanda Pat Sari di Catus Pata Kota Semarapura

4. Patung Wanita Membawa Salak, Karangsem
Jika kamu berlibur ke Bali Timur (kabupaten Karangasem), misalnya ke taman ujung atau taman Tirta Gangga melalui objek Wisata Candidasa, maka secara tidak langsung akan melihat sebuah patung wanita membawa salak di pertigaan desa Jasri. Kabupaten karangasem (khususnya desa sibetan) merupakan sentra penghasil salak bali yang terkenal akan rasanya yang manis. Tidak salah jika di kabupaten ini terdapat patung seperti itu. Lokasi: Desa Jasri, persimpangan jalan antara jalan Raya Perasi, Jalan Achmad Yani dan dan Jalan Pantai Jasri.
patung wanita yang membawa buah salak
Patung wanita membawa salak di pertigaan Jasri

5. Patung Dewa Ruci, Kuta
Jika Anda ingin berliburan ke Tanah Lot dari Bandara Ngurah Rai melalui Jalan By Pass Ngurah Rai pasti akan menemukan sebuah patung tinggi besar di sebelah kanan underpas Simpang Siur. Ya itu patung Dewa Ruci namanya. Dewa Ruci merupakan nama dewa mini (kecil) yang dijumpai oleh Raden Bima dalam sebuah petualangan mencari air kehidupan. Kisah Dewa Ruci menggambarkan sebuah kepatuhan seorang murid kepada guru, kemandirian dalam bertindak, dan perjuangan keras untuk mencapai sesuatu. Sehingga kisah ini banyak diabadikan dalam bentuk patung, seperti yang terdapat di Simpang Siur Kuta, kawasan ITDC, dan taman kota Pecangakan Negara.

Patung Dewa Ruci di Simpang Siur
Patung Dewa Ruci di Simpang Siur, Kuta
Patung Dewa Ruci di kawasan BTDC Nusa Dua
Patung Dewa Ruci di kawasan ITDC Nusa Dua
Patung Dewa Ruci di Taman Kota Pecangakan
Patung Dewa Ruci di Taman Kota Pecangakan, Negara

6. Patung Arjuna dan Kresna, Nusa Dua
Patung Arjuna dan Kresna ini berada di kawasan ITDC Nusa Dua, tepatnya berada di tengah-tenga pulau Nusa Gede (Peninsula Island). Patung ini berdiri ditengah lapangan hijau dengan pohon-pohon hijau serta dikelilingi track untuk jogging ataupun bersepeda. Patung ini menjadi ikon pariwisata Nusa Dua. Di sekitar patung ini terdapat objek wisata yang terkenal seperti pantai Nusa Dua, Pantai Mengiat, dan Water Blow Nusa Dua.
Tempat Wisata Pulau Peninsula
Patung Arjuna Krisna di Pulau Peninsula

7. Patung Titi Banda
Pada tahun 2014, Pemda Kota Madya Denpasar membangun sebuah patung di dekat lapangan umum Kapten Japa, patung Titi Banda namanya. Patung Titi Banda ini menceritakan tokoh Sri Rama yang membangun jembatan Titi Banda di tengah laut bersama pasukan wanara (kera) yang akan menjemput istrinya yakni Dewi Shinta, yang menjadi tawanan dari raja Rahwana di negeri Alengka. Jika Anda datang dari kawasan timur (kabupaten Karangsem dan kabupaten Klungkung) akan menuju kawasan Sanur dan Nusa Dua ataupun Tabanan dan Gilimanuk, maka Anda akan menemukan Patung Titi Banda ini. Tempat ini merupakan pertemuan antara Gianyar dari arus utara, Karangasem dan Klungkung dari timur, dan Nusa Dua dari selatan. Lokasi: pertigaan jalan By Pass Ida Bagus Mantra – By Pass I Gusti Ngurah Rai.
Tempat Wisata Patung Titi Banda Denpasar

8. Patung Catur Muka, Denpasar
Jika kamu berlibur atau rekreasi ke lapangan puputan badung maka akan menukan patung dewa yang berada di tengah lampu pengatur lalu lintas. Patung ini merupakan patung Dewa Brahma yang bermuka empat, lebih dikenal dengan nama patung catur muka. Selain berfungsi untuk mempercantik kota Denpasar, patung ini juga berfungsi sebagai titik nol kilometer kota Denpasar. Tidak jauh dari patung catur muka ini, juga terdapat patung heroik yang berada di lapangan puputan badung. Karena berada di lapangan puputan badung maka patung ini bernama patung puputan badung. Lokasi: pusat Kota Denpsar, di persimpangan jalan antara jalan Gajah Mada, Jalan Surapati, Jalan Udayana dan Jalan Veteran.

9. Patung Kancil Di Atas Gajah, Klungkung
Jika dari Kota Semaranpura melewati jembatan Tukad bangkung (jalan raya Banjarangkan), tepat di sebelah kiri jalan raya akan akan melihat sebuah patung gajah dengan seekor kancil tutul yang berdiri di atasnya. Patung ini berada di kawasan objek wisata goa jepang. Pada waktu pertama kali melihat patung ini, admin mikir kalau goa ini bernama goa gajah, karena terdapat patung gajah di sampingnya. Lokasi: Jalan Raya Banjarangkan (sebelah barat jembatan Tukad Bubuh), Klungkung.

10. Patung Satria Gatotkaca, Tuban
Patung Satria Gatotkaca paling mudah kita temui jika berlibur ke pulau bali melalui bandara Ngurah Rai. Jika menuju Jalan By Pass Ngurah Rai dari kawasan bandara, maka tepat di sebelah kiri trafic light di Tuban akan menemukan patung ini. Walaupun patung tersebut namanya Patung Satria Gatotkaca, tetapi kebanyakan orang menyebut patung tersebut dengan nama Patung Kuda, karena dalam patung tersebut ada enam ekor kuda yang menarik sebuah kereta perang. Patung tersebut mengisahkan peperangan antara Pangeran Gatotkaca dengan Raden Karna  dalam kisah pewayanagan Mahabharata.
Patung Satria Gatot Kaca

11. Patung Bayi, Gianyar
Jika kamu kebetulan berlibur ke air terjun tegengungan melalui pasar seni sukawati, maka tepat di simpang tiga jalan raya sakah akan melihat sebuah patung bayi ukuran besar. Patung ini sangat populer dengan sebutan patung bayi. Tahu sendiri bukan kenapa disebut dengan patung bayi. Nama sebenarnya patung tersebut ini adalah patung Brahma Lerare atau Brahma rare. Patung ini merupakan wujud dari dewa Brahma pada saat bayi. Lokasi: simpang tiga Jalan Raya Sakah.

12. Patung Budha Gilimanuk, Jembrana
Patung budha yang berada di Gilimanuk ini merupakan patung Buddha tertinggi di Indonesia. Patung tersebut akan menjadi ikon baru pariwisata Bali, khususnya kabupaten Gilimanuk. Telapak tangan patung  Buddha yang menghadap ke depan ini  merupakan simbol rekonsiliasi dan perdamaian,  sekaligus simbol Bali sebagai Pulau Perdamaian. Patung ini sekarang menjadi daya tarik wisata bagi wisatawan yang datang ke Bali. Lokasi: area Vihara Empu Astapaka, Gilimanuk, Jembrana.

13. Patung Budha Tidur (tabanan)
Patung Budha tidur ini berada di Vihara Dharma Giri Tabanan. Wisatwan bisa melihat patung ini di pelataran vihara. Patung ini memang menarik sehingga banyak pengunjung yang berminat untuk berfoto-foto dengan latar belakang patung ini. Tempat ini merupakan tempat ibadah bagi umat budha, maka pengunjung diharuskan berpakaian tertutup dan tidak mengumbar aurat. Lokasi: Vihara Dharma Giri, Jalan Raya Pupuan, Tabanan.

14. Patung Kumbakarna Laga, Bedugul
Jika kamu berlibur ke Kebun Raya Bali Bedugul maka akan dijumpai patung raksasa yang dikeroyok oleh banyak kera, Patung Kumbakarna Laga namanya. Patung ini mengisahkan pertempuran antara Raden Kumbakarna dari negeri Alengka dengan pasukan kera yang dipimpin oleh Sri Rama dalam usaha merebut Dewi Sita (istinya Sri Rama) dari tawanan Rahwana (raja Alengka). Tidak hanya di bedugul, di tempat wisata sangeh juga ada patung seperti ini. Lokasi: Kebun Raya Eka Karya, Bedugul, Tabanan, Bali.

15. Patung Kebo Iwa, Gianyar
Patung Kebo Iwa merupakan patung baru yang ada di pulau bali. Patung ini diresmikan pada tanggal 28 Oktober 2011 oleh bupati Gianyar pada waktu itu. Pendirian patung ini merupakan bentuk apresiasi terhadap Kebo Iwa sebagai sosok yang memengang teguh spirit kejujuran, kepahlawanan dan kenegarawanan. Lokasi: Jalan Dharma Giri/By Pass Buruan, Gianyar.

16. Patung Dewa Indra Ubud
Jika berlibur ke tempat wisata Ubud, maka akan melihat sebuah patung pewayangan yang memegang busur panah dan anak panah. Patung ini menggambarkan sosok Dewa Indra yang sedang berdiri di atas kepala gajah yang diapit oleh sepasang naga bermahkota di kepalanya.  Badan kedua naga ini saling mengait di ekornya membentuk lengkungan. Lokasi: Jalan Raya Peliatan, Ubud.

17. Patung Singa Ambara Raja
Patung Singa Ambara Raja merupakan sebuah patung yang menggambarkan sosok singa yang bersayap dengan salah satu kaki depannya memegang "jagung gembal". Singa Ambara Raja adalah merupakan lambang dari Kabupaten Buleleng. Patung ini menjadi ikon kota Singaraja (ibu kota kabupaten Buleleng). Lokasi: depan Kantor Bupati Buleleng, di pertigaan Jalan Veteran, Jalan Pahlawan, dan Jalan Ngurah Rai.

18. Dewa Indra Gianyar
Tidak hanya di Ubud, di Kota Gianyar juga terdapat patung Dewa Indra. Kalau yang di ubud, dewa indra digambarkan sebagai sosok akan memasangkan anak panah di busurnya, sedangkan patung Dewa Indra di Kota Gianyar digambarkan sedang melepas anak panah. Patung Dewa Indra di sini terlihat berdiri di atas seekor penyu raksasa, diapit oleh sepasang naga raksasa dengan mulut menganga. Lokasi: Desa Tegal Tugu, Kota Gianyar.

19. Patung Jogor Manik
Jika kamu datang dari Depasar menuju Desa Batubulan, maka setelah melewati perbatasan akan menjumpai sebuah patung yang bernama patung Jogor Manik. Jogor Manik merupakan anak buah dari Dewa Yama (dewa keadilan) yang bertugas untuk menyambut dan memberikan hukuman bagi atma yang masuk neraka. Lokasi: Setelah perbatasan Gianyar-Denpasar, Pertigaan Jalan Raya Batubulan, Batubulan, Gianyar.

20. Patung Tari Barong, Gianyar
Batubulan terkenal akan destinasi wisata berupa pertunjukan seni tari barong. Hampir tiap hari di desa batubulan ada pertunjukan seni barong. Tari barong merupakan salah satu dari 9 tari Bali yang diakui sebagai warisan budaya dunia yang ditetapkan oleh UNESCO. Tidak mengherankan jika di pertigaan Desa Batubulan di bangun patung tari barong. Lokasi: di pertigaan Jalan Raya Batubulan, Jalan Raya Singapadu, dan Jalan Raya Celuk.

21. Patung Garuda Wisnu Kencana, Badung
Patung Garuda Winu Kencana berada di kawasan taman budaya garuda wisnu kencana (GWK) dan merupakan patung terbesar yang ada di pulau bali. Sebenarnya patung ini belun jadi, karena bagian-bagian dari patung masih terpisah, misalnya bagian tangan dan garuda. Bayangkan kalau patung ini sudah jadi, ukurannya akan menyamai patung liberty yang ada di New York. Patung GWK merupakan tempat wisata paling populer di pulau Bali, bahkan patung ini merupakan landmark dari pariwisata kabupaten Badung dan Bali pada umumnya. Lokasi: Jl. Raya Uluwatu, Dsea Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.



Masih banyak patung-patung yang ada di bali yang belum admin sebutkan, misalnya patung dharmawangsa dan patung sang suratma di klungkun, patung manggis di karangasem, patung dewi sanci di gianyar, patung duyung di pantai dlod berawah, patung catur dewi di tabanan, patung-patung pahlawan bali, dan lain-lain. Nanti akan admin share patung-patung yang ada di bali tiap kabupaten. Silahkan baca juga info tempat wisata di bali yang lainnya di blog ini. Salam longtriper.
Iklan