free counter with statistics Inilah 20 Tempat Wisata Sekitar Ubud Yang Wajib Dikunjungi
T9/13/2017

Inilah 20 Tempat Wisata Sekitar Ubud Yang Wajib Dikunjungi

Iklan
Iklan
Tempat wisata Ubud memang terkenal hingga ke luar negeri, bahkan tempat wisata di Ubud menjadi andalan di sektor pariwisata kabupaten Gianyar. Akan tetapi, jika anda kebetulan tinggal di ubud atau kebetulan sedang berlibur di ubud dan ingin mencari tempat wisata yang menarik di sekitaran Ubud, berikut admin bagikan 20 tempat wisata di sekitar Ubud yang mungkin bisa anda kunjungi.

1. Tegallalang Rice Terrace
Tempat wisata Tegallalang Rice Terrace atau lebih dikenal Ceking Rice Terrace merupakan salah satu tempat wisata populer di pulau bali. Jika kamu ingin menikmati indahnya kasawasan tempat wisata kintamani melalui ubud maka secara tidak langsung akan melewati tempat ini. Tempat wisata ini berupa pemandangan sawah berundak-undak yang masih alami dengan petak-petak sawah bertingkat yang terlihat seperti tangga dengan tanaman padinya. Berjarak sekitar 9,6 km dari kawasan objek wisata ubud. Lokasi: Dusun Ceking, Kecamatan Tegalalang, Kabupaten Gianyar.

Inilah 20 Tempat Wisata Sekitar Ubud Yang Wajib Dikunjungi
Tegallalang Rice Terrace

2. Air Terjun Tegengungan
Air Terjun Tegenungan merupakan air terjun yang paling populer di Gianyar, bahkan di bali. Tidak mengherankan jika air terjun ini selalu ramai dikunjungi wisatawan karena lokasinya yang sangat strategis. Di sekitar air terjun Tegenungan memiliki pemandangan yang cukup indah dengan pepohonan yang menghijau. Untuk mencapai di air terjun yang tingginya kurang lebih 40 meter itu, dari tempat parkir Anda harus menuruni ratusan anak tangga yang sudah tertata dengan baik. Anda juga harus menyusuri tepian Tukad (sungai) Petanu untuk melihat air terjun dari jarak yang lebih dekat. Berjarak sekitar 10,2 km dari Ubud. Lokasi: Banjar Tegenungan, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. 
Air Terjun Tegenungan Gianyar
Air terjun tegenungan

3. Hidden Canyon Guwang
Anda ingin menikmati wisata tantangan yang dekat dengan objek wisata ubud? Coba datang ke ngarai tersembunyi di desa guwang atau yang dikenal dengan nama Hidden Canyon Guwang. Agar tidak terjadi yang tidak diinginkan, kamu akan dipandu oleh pemandu lokal yang siap mengantar kamu dengan selamat hingga kembali ke area parkir. Tempat ini memang keren sepanjang menyusuri sungai yang panjangnya mencapai 700 meter, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang asri dan hijau. Air sungai yang jernih dengan ikan yang berenang dengan bebas, membuat kamu enjoy menikmati perjalanan. Terdapat spot untuk foto-foto dengan latar bebatuan dengan ketinggian mencapai 20-30 meter. Dari ubud hanya berjarak 14,6 km. Lokasi: Desa Guwang, Kecamatan Sukawati, Gianyar, Bali.

Hidden Canyon Tukad Beji Guwang
Hidden Canyon
Sumber gambar: Dwi Saputra

4. Goa Gajah
Tempat wisata Goa Gajah merupakan salah satu tempat wisata paling populer di Gianyar, bahkan di pulau Bali. Kalau menyebut goa gajah maka dipikiran kita akan terbayang bahwa goa itu merupakan hunian gajah atau setidaknya di sekitar goa ada gajah. Akan tetapi tempat wisata Goa Gajah bukan hunian gajah maupun ada gajah disekitarnya, melainkan hanya berupa gua buatan sebagai tempat pertapaan pada zaman dahulu. Tempat ini memang benar-benar unik dan bersejarah. Dari Ubud hanya berjarak 4,9 km atau dengan waktu tempuh sekitar 17 menit. Lokasi: Banjar Goa, Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatu, Kabupaten Gianyar.  
Tempat Wisata Goa Gajah Gianyar Bali
Goa Gajah

5. Taman Mumbul Sangeh
Taman Mumbul Sangeh merupakan berupa taman kolam air yang di dalamnya ada sebuah tempat suci umat Hindu. Kola mini memiliki air yang sangat jernih dan dihuni oleh ribuan ikannya yang siap menyapa anda. Taman ini merupakan sebuah area hijau yang asri. Dari sisi sebelah selatan kolam kita bisa menyaksikan indahnya panorama kolam dan sekitarnya serta teduhnya pepohonan menaungi sebuah kolam. Lokasi ini sangat cocok untuk mencari ketenangan atau semacam inspirasi. Tempatnya yang indah juga membuat tempat ini cocok untuk dijadikan tempat berfoto ria bersama teman, orang yang disayang atau keluarga. Dari ubud hanya berjarak sekitar 14 km. Lokasi: Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali.
Tempat Wisata Taman Mumbul Sangeh Badung Bali
Taman Mumbul Sangeh

6. Pura Tirta Empul
Tempat wisata Pura Tirta Empul merupakan salah satu tempat wisata andalan “bumi seni”. Di sini kita akan disajikan uniknya kawasan pura dengan aktivitas warga yang memersihkan diri (melukat) di area pemadian dengan air yang disucikan. Uniknya, di sebelah barat tempat wisata Pura Tirta Empul pada ketinggian terdapat Istana Presiden yang dibangun pada pemerintahan Presiden Soekarno. Wisatawan diperbolehkan untuk ikut menyucikan diri di kolam pancuran ini, syarat utamanya adalah anda harus mengguanakan ‘kamen’, semacam sarung adat khas Bali yang biasa dikenankan oleh umat Hindu Bali saat bersembahyang di dalam pura. Dari ubud menempuh jarak sekitar 15,3 km untuk menjangkau tempat wisata ini. Lokasi: Jl. Tirta, Desa Manukaya, kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali. 
Tempat Wisata Pura Tirta Empul Gianyar Bali
Pancoran suci di Pura Tirta Empul

7. Air Terjun Pengempu
Air terjun Pengempu merupakan salah satu air terjun yang tersembunyi di kabupaten Tabanandan relatif sepi dari kunjungan. Keunikan dari air terjun pengempu yakni air tejun ini seperti dihimpit dua buah tebing batu yang sangat kokoh. Suasana sekitar air tejun masih sangat alami dengan pepohonan rindang dan menghijau, ditambah dengan gemericik suara aliran sungai, sungguh pemandangan yang menenangkan pikiran. Jadi tempat ini sangat cocok digunakan untuk refreshing dari hingar bingar perkotaan. Jika ingin menikmati sensasi sejuknya air di air terjun pengempu ini, kita bisa berendam di kolam yang berada tepat jatuhnya air terjun ini. Jangan takut tenggelam, karena kolam ini tidak terlalu dalam dan tentunya air di kolam ini cukup jernih. Dari ubud hanya berjarak 17 km. Lokasi: Jalan Seribupati, Desa Cau Belayu, Kecamatan Marga, Tabanan, Bali.
Tempat Wisata Air Terjun Pengempu Tabanan Bali
Air Terjun Pengempu

8. Sangeh Monkey Forest
Tempat wisata Sangeh Monkey Forest merupakan tempat wisata berupa hutan homogen yang luasnya mencapai 10 hektar yang ditumbuhi oleh pohon pala dan disucikan oleh warga setempat. Pohon pala (Dipterocarpus trinervis) ini sudah berumur ratusan tahun. Uniknya, hutan (alas) di sini dihuni oleh ratusan ekor kera abu ekor panjang (Macaca fascicularis). Pengunjung bisa berinteraksi dengan kera-kera yang yang jinak di hutan ini. Tempat wisata alas pala sangeh ini juga digunakan sebagai tempat sesi foto praweding. Dari Ubud hanya berjarak 15,2 km. Lokasi: Jalan Brahmana, Banjar Brahmana, Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali.
Tempat Wisata Alas Pala Sangeh Badung Bali
Tempat wisata Sangeh

9. Pasar Seni Guwang dan Pasar Seni Sukawati
Sambil mengunjungi air terjun tegenungan, kamu bisa juga mampir membeli oleh-oleh khas bali di pasar seni Guwang. Harga oleh-oleh di sini sangat terjangkau, tetapi harus pintar-pintar menawar, karena barang-barang di sini tidak ada tarif. Jika tempat ini penuh sesak oleh pelancong yang membeli oleh-oleh, bisa pindah tempat ke pasar seni sukawati. Barang yang dijual hampir sama seperti yang di pasar seni guwang. Hanya saja lokasi pasar seni sukawati berada di pinggir jalan utama jurusan objek wisata nusa dua – kintamani. Hanya berjarak 13,5 km dari pusat kota denpsasar untuk menuju pasar seni guwang atau sukawati. Lokasi: Sukawati, gianya, bali.
Tempat Wisata Pasar Seni Guwang Sukawati Bali
Pasar Seni Guwang Sukawati

10. Wisata Lembah Tanah Wuk
Tempat wisata Tanah Wuk merupakan objek wisata alam yang terletak di lembah sungai Tukad Penet yang menghijau dan asri. Berlibur di sini sangat cocok untuk yang ingin mencari ketenangan dari rutinitas kita setiap hari, karena lokasinya jauh dari jalan utama dan tersembunyi di balik persawahan yang luas dan menghijau. Di tempat wisata lembah Tanah Wuk, kita dapat menyaksikan keindahan lembah ngarai yang hijau dan mempesona dengan keadaan lingkungan yang sangat tenang, barisan perbukitan yang menghijau dengan nyiur yang melambai-lambai, hamparan sawah yang berundak, dan perkebunan kopi milik masyarakat setempat yang menambah keindahan alam tersebut. Selain sebagai tempat rekreasi keluarga,tempat wisata ini juga sangat tepat digunakan sebagai tempat outbound yang sangat asik. Dari Ubud hanya berjarak sekitar 16,2 km. Lokasi: Banjar Gerana, Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Badung, Bali.
Tempat Wisata Lembah Tanah Wuk Sangeh
Anjungan di Tanah Wuk

11. Air Terjun Kanto Lampo
Air terjun Kanto Lampo merupakan tempat wisata baru di bali dan salah satu tempat wisata sedang populer di instagram. Air terjun ini tergolong unik karena airnya yang jatuh tidak secara langsung menuju sungai. Air terjun ini agak miring dengan ketinggian kurang lebih 25 meter. Sebelum mencapai sungai, air yang jatuh akan menghantam bebatuan hitam yang tersusun acak sehingga menghasilkan cipratan air dari segala sisi. Seluruh permukaan dinding air terjun terbentuk dari batu cadas berundag yang punya ruang berpijak atau berdiri. Airnya yang masih jernih dan bersih, sehingga objek wisata air terjun ini dimanfaatkan untuk mandi oleh pengunjung ataupun warga setempat. Mereka rela basah-basahan untuk menikmati indahnya air terjun ini. Dari Ubud hanya berjarak sekitar 11 km. Lokasi: Banjar Kelod Kangin, Kelurahan Beng, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali. 
Tempat Wisata Air Terjun Kanto Lampo Gianyar
Air Terjun Kanto Lampo

12. Taman Kota Ciung Wanara
Taman Kota Ciung Wanara merupakan salah satu tempat wisata berupa taman yang kental dengan nuansa seni. Taman yang memiliki luas 2.600 meter persegi ini tepat berada ditengah-tengah kota Gianyar. Taman ini dihiasi beberapa patung yang menjadi ikon kabupaten Gianyar. Pada hari minggu, taman ini juga dijadikan sebagai Car Free Day (CFD) dan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Dari Ubud hanya berjarak sekitar 10,2 km. Lokasi: Jalan Ciung Wanara, Kota Gianyar.
Tempat Wisata Taman Kota Ciung Wanara Gianyar Bali
Taman Kota Ciung Wanara Gianyar

13. Bali Zoo Park
Bali Zoo Park atau Kebun Binatang Bali merupakan destinasi wisata rekreasi keluarga dan anak-anak di pulau bali. Apa yang unik di bali zoo park ini? Di sini pengunjung diperbolehkan untuk memberi makan binatang, seperti memberi makan rusa dan memberi makan gajah. Selain itu anak-anak bisa bermain dengan kelinci dan menonton pertunjukan atraksi burung. Sangat pas berliburan ke sini bersama anak-anak, karena kita akan disuguhkan dengan aktivitas yang berhubungan dengan binatang yang jinak. Dari Ubud hanya berjarak sekitar 10,8km. Lokasi: Jalan Raya Singapadu, Sukawati, Kabupaten Gianyar.

14. Bali Fun World
Bali Fun World merupakan salah satu taman bermain anak di dalam ruangan yang ada di Pulau bali dan merupakan taman bermain indoor terbesar di Indonesia. Taman bermain Bali Fun World, memiliki sarana bermain untuk anak balita, anak di atas 6 tahun, serta orang dewasa yang terpisah. Anak-anak anda akan diawasi oleh petugas, sehingga orang tua akan merasa lebih tenang dan ikut menikmati wahana bermain di arena khusus untuk orang dewasa. Dari ubud hanya berjarak sekitar 10,2 km. Lokasi: Jl. Lettu I Wayan Sutha II, Banjar Paninjoan, Desa Batuan, Kecamatan Sukawati, kabupaten Gianyar.

15. Bali Bird Park
Bali Bird Park atau Taman burung Bali merupakan salah satu obyek wisata terfavorit bagi wisatawan yang berlibur ke Bali. Sekitar 1.000 satwa jenis unggas dari 250 species dipelihara di taman burung Bali, sehingga sangat pas untuk liburan anak-anak. Selain melihat dan berinteraksi dengan berbagai macam burung, wisatawan juga bisa berfoto–foto bersama burung-burung yang ada di taman ini. Dari Ubud hanya berjarak sekitar 11,2 km. Lokasi: Jl. Serma Cok Ngurah Gambir, Singapadu, Batubulan, Sukawati, Kabupaten Gianyar.

16. Desa Batubulan
Jika kita melewati jalan raya batubulan, di sepanjang jalan terdapat berbagai galeri dan toko kesenian (art shop) yang menjual karya seni maupun kerajinan, khususnya patung dan ukiran. Tidak mengherankan karena sebagian besar penduduknya memiliki keahlian membuat patung dan ukiran. Selain terkenal akan karya seni patung dan ukiran, desa batubulan juga terkenal akan atraksi tari barong (barong dance). Dari Ubud hanya berjarak 13,1 km. Lokasi: Desa Batubulan, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar.

17. Relief Yeh Pulu
Tempat wisata Yeh Pulu merupakan tempat wisata cagar budaya nasional berupa relief bersejarah. Tempat ini disucikan sebagai tempat suci untuk umat Hindu. Banyak sekali pahatan-pahatan yang terdapat di dinding batu cadas yang menceritakan kehidupan masyarakat dan kerajaan Bali Kuno. Pada dinding tebing juga terdapat cerukan-cerukan menjorok ke dalam dinding. Tempat wisata ini terletak di lokasi persawahan yang luas sehingga pengunjung bisa melihat pemandangan persawahaan yang  tertata rapi. Dari Ubud hanya berjarak 6,3 km. Lokasi: Jalan Yeh Pulu, desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar.

18. Taro Elephant Safari Park
Taro Elephant Safari Park merupakan atraksi wisata berupa menunggangi gajah megeliling alam pedesaan yang hijau dan asri. Cocok untuk wisata keluarga dan tentunya anak-anak anda akan senang menaiki hewan yang besar ini. Hijaunya alam desa Taro serta kesegaran udara menambah semarak perjalanan berpetualang menungganggi gajah di sini. Dari Ubud hanya berjarak sekitar 17,4 km. Lokasi: Jl. Elephant Park, Desa Taro, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali.

19. Air terjun Goa Rang Reng
Air Terjun Goa Rang Reng merupakan salah satu tempat wisata yang populer di instagram sekaligus tempat wisata baru di Pulau Bali, karena menyajikan keindahan yang mampu membuat berdecak kagum pengunjungnya. Uniknya, air terjun ini airnya tidak mengucur deras ke bawah layaknya seperti air terjun pada umumnya, melainkan menyebar melalui undakan bebatuan. Dari ubud hanya berjarak sekitar 12,4 km. Lokasi: Banjar Gitgit, Desa Bakbakan, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar.

20. Candi Tebing Gunung Kawi
Tempat wisata Candi Gunung Kawi merupakan objek wisata cagar budaya yaitu berupa candi yang menempel di sebuah tebing dipingir sungai petanu. Candi ini benar-benar unik karena berada di tebing yang dipahat. Lokasi: Banjar Penaka, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar.


Masih banyak tempat wisata selain yang disebutkan di atas yang dekat dengan kawasan  tempat wisata Ubud, misalnya Bali Safari and Marine Park, Desa Celuk, Air terjun Petanu, Air Terjun Manuaba, dan lain-lain. Semoga ini dapat dijadikan refrensi wisata anda bagi yang mencari tempat wisata di sekitar Ubud. Silahkan baca juga info tempat wisata di Bali yang lainnya di Blog ini. Salam Longtriper.
Iklan