T10/04/2017

Inilah Nama Museum Seni Yang Ada Di Bali

Berlibur ke pulau bali tidak harus menikmati indahnya pantai pasir putih yang indah atau menikmati dinginnya hawa di tempat wisata kintamani, tetapi bisa juga dengan menikmati koleksi-koleksi hasil karya seniman, baik seniman nusantara maupun seniman luar negeri yang terkenal.
Inilah Nama Museum Seni Yang Ada Di Bali
Salah satu museum seni yang ada di Bali

Di bali banyak terdapat museum-museum seni yang memajang atau memamerkan hasil karya-karya seniman yang sudah melegenda. Melalui museum seni kita dapat menambah wawasan serta menghargai akan seni dan budaya sehingga tempat ini dikatakan sebagai sarana wisata edukasi. Berikut nama-nama museum seni yang ada di bali yang mungkin bisa anda kunjungi jika berlibur ke pulau dewata ini.

1. Museum Pafisika
Museum Pasifika merupakan museum seni di Bali yang menyajikan kebudayaan Asia dan Pasifik dan berbagai macam artefak budaya. Di museum ini kita akan disuguhkan dengan koleksi lukisan, patung, tekstil, dan benda antik lainnya. Karena saking banyaknya koleksi yang ada di dalam museum, sehingga dikatakan sebagai museum seni terbesar di dunia. Lokasi: Kawasan ITDC, Area Blok P, Nusa Dua - Bali.

2. Dream Museum Zone
Museum 3D ini memiliki koleksi gambar 3D dengan berbagai macam trik lukisan. Ada gambar tentang alam terbuka, binatang, tokoh ternama, fantasi, kapal laut, dan lain-lainnya. Sangat bagus untuk liburan putra putri anda. Lokasi: Jln. Sunset Road no 789 Seminyak, Kuta - Bali.

3. I AM BALI
I AM Bali merupakan kepedekan dari Interactive Art Museum Bali, merupakan museum interaktif 3D yang menawarkan beragam fasilitas dan wahana hiburan untuk rekreasi bersama kerabat dan keluarga. Alamat atau lokasi I AM Bali berada di lantai dasar monumen perjuangan rakyat bali (bajra sandhi), Jalan Raya Puputan, Niti Mandala Renon, Denpasar Timur

4. Museum Sidik jari
Jika lukisan pada umumnya dibuat menggunakan kuas sebagai alat lukis, berbeda dengan seorang maestro seni lukis yang bernama  I Gusti Ngurah Gede Pemecutan. Beliau dalam membuat karya seni lukisnya tidak menggunakan kuas melainkan menggunakan sidik jarinya. Sangat unik bukan? Jika anda ingin melihat hasil karya beliau silahkan datang ke museum sidik jari yang beralamat atau berlokasi di Jalan Hayam Wuruk, Denpasar Selatan, Kota Denpasar.

5. Museum Le Mayuer
Museum Le Mayuer berisi koleksi seni lukis peninggalan Le Mayeur seorang pelukis asal Belgia. Berbagai lukisan karya beliau mulai tentang kehidupan sang istri Ni Polok sebagai modelnya hingga keindahan alam Sanur dipajang di museum ini. Musuem ini berada di tempat wisata pantai sanur yang terkenal keindahannya. Jadi, sambil melihat hasil karya seorang maestro seni lukis, kita bisa menikmati indahnya pantai sanur yang terkenal dengan view matahari terbitnya. Alamat atau lokasi Museum Le Mayuer berada di Jalan Hang Tuah, Sanur Kaja, Denpasar Selatan.

6. Museum Latta Mahosadhi
Museum Latta Mahosadi dibangun guna memberi ruang kepada masyarakat yang ingin belajar dan melakukan penelitian, utamanya tentang kesenian Indonesia. Museum ini menyimpan koleksi musik instrumen dari berbagai wilayah seperti Bali, Jawa, Sumatra, termasuk koleksi gamelan terbesar di Bali. Selain itu, tersimpan juga ragam topeng, pakaian tari Bali, patung, dan berbagai lukisan. Lokasi ini tidak jauh dengan tempat wisata taman werdhi budaya (art centre). Alamat atau lokasi Museum Latta Mahosadhi berada di Kampus Institut Seni Indonesia Denpasar, Jalan Nusa Indah, Kota Denpasar.

7. Putrawan Museum of Tribal Art (PUMA)
Putrawan Museum of Tribal Art berisi koleksi barang-barang seni baik seni lukis, seni patung maupun seni primitive. Alamat atau lokasi Putrawan Museum of Tribal Art berada di Jalan Trenggana No. 108, Penatih, Denpasar Timur, Kodya Denpasar.

8. Museum Neka
Museum Neka didirikan oleh Suteja Neka. Di dalam museum terdapat koleksi berbagai lukisan, keris dan patung. Lokasi: Jalan Raya Sanggingan Campuhan, Kedewatan, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali

9. ARMA
Agung Rai Museum Art (ARMA) merupakan musuem seni yang memajang berbagai koleksi lukisan. Lokasi: Jalan Pengosekan, Ubud, Kabupaten Gianyar.

10. Museum Puri Lukisan
Museum Puri Lukisan merupakan museum yang berisi koleksi lukisan, khusus karya seni lukis Bali traditional dan modern. Lokasi: Jln. Raya Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

11. Rumah Topeng dan Wayang Setia Dharma
Rumah Topeng dan Wayang Setiadarma memiliki koleksi berbagai macam topeng yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan beberapa negara lain. Lokasi: Jalan Tegal Bingin, Mas, Ubud, Kemenuh, Gianyar

12. Musuem Antonio Blanco
Di museum ini kalian bisa melihat berbagai karya lukis dari Mario Antonio Blanco, di mana lukisannya identik dengan keindahan tubuh seorang wanita Bali. Lokasi: Jalan Raya Penestanan Desa Campuhan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

13. Museum Rudana
Museum Rudana merupakan koleksi berbagai lukisan dan benda seni yang berasal dari para seniman Bali, luar Bali dan juga seniman luar negeri. Lokasi: Jalan Cok Rai Pudak no 44, Kelurahan Paliatan, Kec. Ubud, Kab. Gianyar.

14. Museum Gedong Arca
Museum Gedong Arca merupakan museum arkeologi yang memiliki berbagai koleksi dari masa prasejarah dan sejarah. Lokasi: Jalan Raya Tampak Siring, Betulu, Blahbatuh, Kabupaten Gianyar.

15. Museum Pendet
Didalam museum Pendet kita bisa melihat berbagai koleksi hasil karya seni lukis dan patung hasil karya seniman Bali yang bernama Wayan Pendet dan putra sulungnya yang bernama Wayan Gunasta. Lokasi: Desa Nyuh Kuning, Ubud, Kab. Gianyar, Bali.

16. Museum Seni Neka
Museum Neka memiliki banyak koleksi lukisan dan tiap tahunnya akan selalu bertambah. Lokasi: Jln. Raya Campuhan, Kedewatan, Ubud, Kabupaten Gianyar.

17. Museum Seni Batuan
Museum Seni Batuan merupakan museum yang khusus memajang seni lukis tradisional gaya batuan. Lokasi: di. Jln. Prebangsa, Gang Sunaren No.9, Banjar Gede, Batuan Sukawati, Gianyar, Bali.

18. Njana Tilem Museum
Museum yang dibangun oleh Ida Bagus Njana dan Ida Bagus Tilem ini memajang hasil karya seni patung karya beliau. Lokasi: Jl. Raya Mas No.162, Mas, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali

19. Museum Runa
Museum Runa merupakan sebuah museum perhiasan yang didirikan dan dikelola oleh Runa Palar bersama Adrian Palar. Semuanya berawal dari sebuah hobi merancang busana dan membuat perhiasan sendiri seperti perak dan emas. Lokasi: Banjar Abiansemal Lodtunduh Ubud, Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali

20. Museum Ida Bagus Marka
Museum Ida Bagus Marka lahir dari gagasan dan upaya Ida Bagus Marka dan sang istri yakni Ida Ayu Candra. Museum ini menyimpan berbagai ukiran kayu dari berbagai komunitas pemahat terbaik di Bali. Lokasi: Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar

21. Museum Gunarsa
Museum Gunarsa merupakan museum seni lukis klasik yang diprakarsai oleh seorang seniman yang bernama Nyoman Gunarsa. Museum ini mengoleksi berbagai lukisan klasik Bali dan lukisan modern karya dari seniman Bali. Lokasi: Jalan Raya Banda No. 1, Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, Bali

Nah itu beberapa museum seni yang ada di Bali. Seiring perkembangan waktu jumlah museum seni itu akan bertambah, tentunya akan admin update perkembangannya. Semoga ini dapat dijadikan rujukan untuk yang mencari museum seni di pulau dewata. Salam longtriper.

0 Response to "Inilah Nama Museum Seni Yang Ada Di Bali"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif