free counter with statistics Inilah Tempat Wisata Pantai di Pulau Nusa Penida
T10/30/2017

Inilah Tempat Wisata Pantai di Pulau Nusa Penida

Iklan
Iklan

Tempat wisata di Nusa Penida sekarang sedang ngehits di sosial media. Berkat bantuan sosial media, kawasan yang dulunya tidak begitu diminati oleh kalangan traveler karena lokasinya jauh diseberang tenggara pulau bali kini menjadi magnet baru para pelancong yang ingin menikmati pesona pulau nusa penida ini. untuk bisa menikmati surga di nusa penida, satu-satunya akses harus melalui jalur laut karena belum ada jembatan penghubung antara pulau nusa penida dengan pulau bali.


Di Pulau Nusa Penida para pelancong akan ditawarkan berbagai tempat wisata yang siap memanjakan liburan anda, mulai dari bentang pantai pasir putih yang eksotis, tebing kapur yang menjulang tinggi, pulau-pulau kecil di tengah laut seperti pesona di raja ampat, perbukitan yang hijau dengan ilalang yang tumbuh subur, air terjun yang jernih, dan beberapa tempat wisata buatan yang bisa dicoba oleh para pelancong. Karena kawasan ini lagi sedang “naik daun” maka ada beberapa tempat wisata memerlukan tenaga ekstra untuk menjamahnya, ya sambil berwisata treking.

Pantai-pantai di Nusa Penida tidak kalah cantiknya dengan pantai-pantai di bali selatan, hanya saja pantai-pantai di nusa penida jumlahnya tidak sebanyak di bali selatan. Kalau bali selatan pantainya penuh dengan wisatawan yang lalu lalang, justru pantai di nusa penida relatif sepi dari kunjungan. Jadi sangat pas bagi yang mencari suasana pantai yang sepi dan nyaman serta jauh dari hiruk piruk perkotaan yang super sibuk. Jika anda berniat mencari wisata pantai di nusa penida, berikut beberapa pantai yang bisa anda kunjungi di pulau nusa penida.

1. Pantai Penida
Crystal Bay
Image by Arya Pradana
Pantai Penida atau oleh wisatawan asing menyebut pantai ini dengan nama Crystal Bay. Pantai ini merupakan tempat wisata paling populer di pulau Nusa Penida karena menyajikan panorama yang indah dan mengesankan. Crystal Bay merupakan pantai sunset, tentu senja hari keindahan pantai ini akan bertambah dengan warna matahari yang kemerah-merahan seolah-olah akan tenggelam di lautan. Kawasan Crystal Bay merupakan spot menyelam yang sangat populer karena pesona bawah lautnya begitu memikat hati para penyelam. Selain menyelam aktivitas yang mungkin bisa dilakukan di sini yakni snorkeling, berenang, berjemur, dan bermain bola pantai. Lokasi: Banjar Penida, Desa Sakti, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

2. Angel’s Billabong
Angel Bilabong Nusa Penida
Image by Ombek Djaor
Angel’s Billabong merupakan sebuah muara sungai yang belum menyentuh lautan di Nusa Penida. Muara ini diapit oleh batu karang yang kokoh yang dapat digunakan untuk spot berfoto-foto. Karena lokasinya yang benar-benar menakjubkan, tidak salah kalau para pelancong luar negeri menyebut tempat ini sebagai bidadarinya (angel) Nusa Penida. Air yang ada di muara sungai ini benar-benar jernih sekali dan tentunya sangat tenang, sehingga bisa digunakan untuk mandi atau berenang. Lokasi: Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

3. Pasih Uwug (Broken Beach)
Broken Beach
Image by naostrovebali
Pasih Uwug merupakan sebuah tebing karang yang di tengah-tengahnya terdapat lubang besar, mirip seperti pesona pantai batu bolong di canggu. Air laut bisa masuk melalui lobang tersebut lalu terperangkap di dalam sebuah kolam besar. Kolam yang terebentuk dikelilingi oleh tebing karang yang tinggi yang ditumbuhi rumput-rumput hijau pada saat musim hujan, sungguh pemandangan yang sangat unik dan jarang ditemui di tempat lain. Pengunjung bisa mengelilingi kolam ini dari atas tebing. Spot sangat bagus untuk berfoto-foto. Lokasi: Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

4. Pantai Atuh

Inilah 10 Pantai Paling Populer Di Bali Tahun 2017
Pantai Atuh
IMG by Instagram via untold_traveler
Pantai Atuh merupakan hidden beach di Nusa Penida, karena pantai yang berpasir putih ini dikelilingi oleh tebing karang yang tinggi. Yang paling unik dari pantai ini yakni terdapat sebuah batu karang di tengah pantai yang berbentuk sepatu. Ini sekaligus menjadi ciri khas dari pantai ini dan menjadi incaran para fotografer atau hanya sekedar mengabadikan momen penting dengan latar karang tersebut. Lokasi: Banjar Pelilit, Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

5. Pantai Banah
Banah Beach
Image by jaenielian

Pantai Banah menawarkan pemandangan yang sangat indah dan memiliki keunikan di mana terdapat sebuah pulau di tengah laut yang berbentuk tebing dan terdapat bolong di tengahnya serta terdapat banyak pepohoan hijau yang tumbuh di atasnya. Tebing ini bernama tebing Banah yang menjadi cikal bakal nama pantai Banah ini. Lokasi: Banjar Salak, Desa Batumadeg, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

6. Pantai Suwehan
Volcom beach
Image by mochanjulia

Pantai Suwehan atau lebih dikenal dengan nama Volcom Beach karena di tengah pantai terdapat batu besar sangat besar yang menyerupai merk Volcom. Untuk menuju pantai ini pelancong harus berjalan kaki kurang lebih 300 meter, dengan jalan yang sempit, menurun, dan curam. Dengan suasana yang jauh dari keramaian dan bersembunyi membuat kawasan ini benar-benar damai. Lokasi: Dusun Watas, Desa Tanglad, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

7. Pantai Kelingking
Kelingking beach
image by josafir
Pantai kelingking berada di sebelah kanan dari sebuah tebing karang yang bernama Karang Dawa atau Karang Paluang. Pantai ini benar-benar tersembunyi karena berada di balik tebing yang tinggi dengan garis pantai tidak terlalu panjang dan juga area pantai yang tidak luas. Jurangnya  tinggi dan tidak ada akses jalan untuk turun ke bawah sehingga pelancong tidak bisa mengijakan kaki di pasir putihnya dan hanya dapat melihat keindahan pantai dari atas karang saja. Pelancong hanya bisa melihat keindahan pantai ini dari atas tebing dengan sebuah karang yang berbentuk jari kelingking. Lokasi: Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

8. Pantai Andus
Andus Beach
Image by eka ratnasari

Pantai Andus atau Smoke Beach merupakan sebuah pantai yang menawarkan keindahan pesona water blow, hampir sama seperti water blow di nusa dua. Ombak yang besar menghantam tebing sehingga menyerupai asap yang menjadi keunikan dari pantai ini. Lokasi: Banjar Sumpang, desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

9. Pantai Tembeling
Tembeling Beach
Image by artha.triana

Tidak jauh dari mata air Tembeling terdapat sebuah pantai yang bernama pantai Tembeling. Di pantai tembeling terdapat cerukan-cerukan besar serupa goa akibat empasan ombak yang menghantap bibir pantai ini. Pelancong dapat menikmati pesona di kawasan ini sambil menyaksikan deburan ombak yang tanpa henti datang menghantam tebing-tebing tinggi. Lokasi: Desa Batumadeg, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

10. Pantai Paluang
Paluang Beach
Image by msyulia92
Kalau pantai Kelingking berada di sebelah kanan dari karang dawa, pantai paluang berada di sebelah kirinya.  Sama seperti pantai kelingking, pantai paluang juga masih belum bisa dikunjungi karena belum ada akses untuk menuju ke sana, mungkin nanti seiring perkembangan pariwisata di nusa penida akan dibuatkan jalan akses untuk menuju pantai ini. Lokasi: Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

11. Pantai Toyapakeh
Toya Pakeh beach
Image by adrians_ali
Pantai Toya Pakeh merupakan sebuah pantai yang difungsikan sebagai tempat berlabuhnya sejumlah fast boat dan perahu sampan. Tidak hanya sebagai dermaga, pantai ini juga bisa memberikan kenyamanan bagi pengunjungnya karena memiliki pasir putih yang bisa digunakan untuk bersantai menikmati pemandangan alam laut. Selain keindahan alam pantainya, pantai toya pakeh juga menawarkan keindahan bawah laut yang menjadi incaran para penyelam. Terumbu karang yang ada di bawah laut pantai toya pakeh masih alami dan banyak ikan, sehingga perairan Toya Pakeh ini memang ideal untuk wisata bahari seperti diving atau snorkeling. Lokasi: Kampung Toya Pakeh, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

12 Pantai Sampalan
Sampalan beach
Image by idolaexpres
Pantai Sampalan memiliki suasana yang tenang dan nyaman, dengan pasir putih dan ombak yang tenang. Sehari-hari pantai ini difungsikan sebagai pelabuhan, yang dikenal dengan Pelabuhan Sampalan. Selain itu, pesona bawah lautnya sangat mempesona dengan beberapa lampu di bawah laut yang membuat tempat menyelam ini berbeda dari yang lainnya. Lokasi: Desa Batununggul, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

13. Pantai Banyar Nyuh
Banjar Nyuh Port
Image by setyon27
Pantai Banjar Nyuh memiliki hamparan pasir putih yang tentunya menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang berkunjung ke Nusa Penida. Pantai ini memiliki panorama alam yang sangat indah dengan pesona matahari tenggelamnya di sore hari. Pantai ini juga merupakan sebuah pelabuhan yang ramai digunakan sebagai jalur penyeberangan ke pulau Bali. Lokasi: Banjar Nyuh, Desa Ped, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

14. Pantai Buyuk
Buyuk Beach
image by mythreebyfive
Jika menggunakan fast boat dari dermaga pantai matahari terbit sanur, selain mendarat ke pelabuhan banjar Nyuh, juga bisa mendarat di pelabuhan Buyuk. Tidak hanya sebagai jalur penyeberangan, di sini juga terdapat pantai yang eksotis yang siap memanjakan pengunjung begitu menginjakan kaki di pulau nusa penida. Lokasi: Desa Kutampi Kaler, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali

15. Pantai Pandan
Pandan Beach
Image: Fb/Talata Tour
Untuk mencapai lokasi pantai Pandan, pengunjung harus treking menyusuri perbukitan yang lumayan cukup jauh. Akan tetapi, begitu sampai pengunjung akan disambut dengan pemandangan alam pantai yang begitu indah. Lokasi: Banjar Penida, Desa Sakti, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali

16. Pantai Bulian
Bulian Beach
Image by oseanscell
Pantai Bulian tidak memiliki pasir, hanya hamparan bebatuan halus. Dapat dikatakan bahwa kawasan ini sebenarnya bukan pantai tapi sebuah gugusan tebing dengan beberapa pantai yang terbentuk secara alami karena hempasan gelombang laut selatan yang kuat dan membuat lobang-lobang pada batu karang yang ada hingga terbentuk sebuah pantai. Suasana yang cukup  tenang dan keindahan alam di sekitar pantai yang masih alami sangat sejuk dipandang. Lokasi: Dusun Penangkidan, Desa Bungamekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

17. Pantai Gamat
Gamat Bay
Image by dzulfikarwahyu
Pantai Gamat atau Gamat Bay memiliki bibir pantai yang masih sangat bersih dan banyaknya karang-karang terdampar menghiasi pingiran pantai. Selain keindahan pantainya, Gamat Bay merupakan spot menyelam yang sangat bagus di Nusa Penida karena memiliki pemandangan bawah laut yang menakjubkan, air lautnya yang selalu jernih, karang yang curam, dan lereng terjal yang mengarah ke teluk. Terdapat gua-gua dan celah-celah kecil dengan berbagai jenis ikan dan karang indah yang luar biasa. Lokasi: Desa Sakti, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali

18. Pantai Malibu Semaya
Malibu Semaya Beach
Image: fb/nusapenidadrivetour
Di Pantai Malibu Semaya terdapat dua buah ayunan di tengah pantai. Pengunjung pun bebas menggunakan ayunan tanpa dipungut biaya. Suasana akan lebih menakjubkan ketika matahari akan terbit di pagi hari. Lokasi: Dusun Semaya, Desa Suana, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

19. Pantai Sebila
Sebila Beach
Image: fb/wak.laba
Pantai Sebila memiliki butiran pasir putih yang masih sangat alami dan asri. Lokasinya yang sunyi sangat cocok bagi anda yang mencari suasana damai dan tentram. Lokasi: Banjar Kelodan, Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

20. Pantai Wasu
Wasu Beach
Image by gd.septa
Pantai yg menyerupai teluk dihiasi dinding dari batu karang. Walaupun menawarkan pesona yang tidak kalah cantiknya dengan pantai lainnya di nusa penida, namun pantai ini tidak banyak yang mengetahui keberadaannya. View yang ditampilkan benar-benar mampu memikat setiap yang melihatnya. Lokasi: Desa Sakti, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

(diambil dari berbagai sumber)

Tidak hanya terdapat pantai, di nusa penida juga terdapat tempat wisata yang lain seperti air terjun seganing, air terjun guyangan, bukit teletubies, rumah pohon di pantai atuh, ponon cinta, penangkaran burung jalak bali, dan lain sebagainya. Untuk mengeksplor keindahan seluruh pulau Nusa Penida tidak cukup satu hari saja, perlu waktu lebih dari itu. Bagaiamana? Tertarik mengunjungi Pulau Nusa Penida? Silahkan siapkan fisik dan budget anda, jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen indah selama berada di pulau ini. Salam longtriper.
Iklan