free counter with statistics Tempat Wisata Di Bali, Pantai Melasti dan Pantai Karma Kandara
T10/24/2017

Tempat Wisata Di Bali, Pantai Melasti dan Pantai Karma Kandara

Iklan
Iklan
Mengunjungi pantai Melasti tidak pernah bosannya, admin sendiri sudah 6 kali mengunjungi pantai ini. Apalagi sekarang, dari pantai melasti kita bisa mampir di pantai sebelahnya, yakni pantai Karma Kandara. Sebenarnya pantai Karma Kandara ini merupakan pantai private yang di khususkan untuk para tamu yang menginap di hotel Karma Kandara. Walaupun pantai private, masyarakat umum bisa mengunjungi kawasan pantai ini dengan cara berjalan kaki menuruni tebing karang yang menghijau dengan anak tangga dengan pegangan terbuat dari tali besar. Seperti yang admin bahas pada postingan sebelumnya, bahwa untuk mengunjungi pantai karma kandara ada tiga alternatif lho.


Alternatif pertama, melalui jalan Pura Masuka, yang mau tidak mau harus menuruni ratusan anak tangga, tentunya ini pertualangan yang greget sekali karena kita akan dipaksa mengeluarkan keringat untuk kembali ke tempat parkir kendaraan. Alternative kedua, melalui hotel karma kandara, tentu ini harus mengeluarkan duit karena untuk menuju pantai kamu akan dimanjakan dengan lift hingga ke dasar tebing pantai dan tentunya ini tidak gratis. Alternative ketiga, bisa melalui Pantai Melasti yang merupakan jalan baru untuk menuju pantai ini. Hanya saja untuk menuju pantai Karma Kandara kamu harus melewati bibir pantai yang dibatasi dengan batu karang yang kasar dan terkadang kamu harus berhadapan dengan ombak yang siap membasahi pakaian kamu. Pada kunjungan admin dari pantai melasti air lautnya sedang surut, jadi dengan bebasnya para penikmat pantai bisa melenggang menuju pantai karma kandara ini.
Pantai Karma Kandara
Pantai Karma Kandara

Tidak seperti pantai melasti yang sudah tidak alami lagi karena tebing-tebing kapur yang menghiasi sudah dikeruk dan menghasilkan pemandangan yang unik dan lain dari yang lain. Justru pantai karma kandara masih alami dengan tebing yang masih menghijau dan tanpa sentuhan manusia yang mencoba untuk membelahnya untuk dibuatkan jalan. Hanya dibuatkan jalan setapak yang berundak-undak, bagi yang ingin menikmati pantai dengan sedikit sambil berolahraga dan juga dibuatkan lift bagi penghuni hotel karma kandara yang kebetulan menggunakan fasilitas hotel tersebut.

Mungkin kedepannya pantai karma kandara akan menjadi tidak sesunyi sekarang, seiring perkembangan pantai melasti yang sudah mulai disempurnakan fasilitasnya. Di mana nantinya pantai melasti akan menjadi pantai pandawa kedua (pantai Pandawa II), yang akan selalu ramai dengan wisatawan tiap harinya. Tentu ini akan berimbas terhadap kunjungan ke pantai karma kandara karena aksesnya sudah bisa dari pantai melasti.
Pantai Karma Kandara
Pantai Karma Kandara

Untuk menuju pantai Karma Kandara dari pantai melasti sangatlah mudah sekali, bahkan kita bisa memarkirkan kendaraan di pingir pantai lho, khusus untuk kendaraan sepeda motor. Cari terlebih dahulu pantai melasti dengan menuruni tebing karang yang sudah terbelah hingga memasuki sebuah gapura atau gerbang, lalu ikuti jalan tersebut di mana pada sebelah kanannya terdapat sebuah tebing karang putih yang menjulang tinggi. Jadi kendaraan kita akan tepat berjalan di bawah tebing ini. Nah tepat pada bagian terdapat tempat parkir dan juga sebagai spot untuk berfoto-foto dengan hasil foto yang spektakuler, sehingga banyak orang yang nongkrong di kawasan ini. Ambil jalan sebelah kiri (jangan naik ke jalan beraspal), jalannya masih berupa batu kapur yang masih hancur. Jadi kalau motor matik jangan coba-coba menuruni jalan ini, nanti nyunsep lho, cukup parkir agak jauh dari pantai, sekitar 50 meter menuruni jalan kapur yang rusak itu.
Pantai Melasti
Tebing kapur di pantai Melasti

Jika pengunjung datang pada sore hari menjelang sang surya akan kembali ke peraduannya, akan mendapatkan bonus view sunset lho. Sunset di pantai karma kandara hampir sama indahnya dengan pantai nyang-nyang. Pokoknya pengunjung tidak akan menyesal mengunjungi pantai ini. Apalagi kita bisa mengunjungi dua buah pantai yang unik dan memiliki karakteristik yang berbeda. 
Sunset di Pantai Karma Kandara
Matahari Terbenam di Pantai Karma Kandara




Selesai mengunjungi pantai karma kandara, bisa dilanjutkan untuk mengunjungi pantai melasti lagi. Yang paling admin suka dari pantai melasti ini, kita bisa nongkrong di atas tebing karang, di mana kita bisa melihat pantai melasti dari atas tebing, melihat laut yang membiru yang berpadu dengan pantai yang berpasir putih, tebing di sebalah baratnya yang dibuatkan jalan yang “mengular”, dan terlihat wantilan serta dua buah gapura kembarnya di bawah tebing yang menjadi ikon dari pantai ini. Untuk menikmati kawasan pantai melasti, pengunjung akan dikenai biaya sumbangan ketertiban dan kebersihan sebesar Rp2000 per orang.
Biaya Masuk ke Pantai Melasti
Sumbangan masuk ke Pantai Melasti
 
 Pantai Melasti
Pesona pantai Melasti dari atas tebing

Tempat Wisata Di Bali
Pantai Melasti dengan wantilan dilihat dari atas tebing



Jika kebetulan berlibur ke bali selatan khusunya ke daerah kuta selatan, tidak salahnya untuk mengeksplor pesona pantai melasti sekaligus pantai karma kandara, sebagai alternatif liburan anda ke bali selain mengunjungi pantai pandawa. Salam longtriper
Iklan