T10/06/2017

Tempat Wisata Di Bali: Pantai Pandawa dan Pantai Melasti

Bali identik dengan tempat wisata pantai pasir putih yang mampu membuat pengunjungnya untuk berlama-lama duduk atau nongkrong menikmati pesonanya. Siapa yang tidak kenal dengan pantai kuta dan pantai sanur, kedua pantai itu sudah melegenda hingga keluar negeri, bahkan kedua pantai ini menjadi ikon dari pariwisata bali khususnya wisata pantai. Karena tempat wisata pantai mampu membuat wisatawan melancong ke bali maka pemerintah mengupayakan untuk membuka pantai baru untuk dijadikan objek wisata alternatif jika berlibur ke bali.

Ada dua tempat wisata pantai yang baru di buka oleh pemerintah bali yakni pantai Pandawa dan pantai Melasti. Apa persamaan dan perbedaan dari pantai pandawa dan pantai melasti?

Persamaan Pantai Pandawa dan Pantai Melasti

Pantai Pandawa dan pantai Melasti sama-sama berada di Bali Selatan, yakni terletak di kecamatan Kuta Selatan, kabupaten Badung. Keindahan alam yang disajikan pun hampir sama. Kedua pantai ini dibuka dengan cara membelah tebing karang yang kokoh, sehingga tampak begitu unik dan eksotis. Tebing yang dibelah itu dibuatkan jalan yang mengular untuk menghasilkan jalan yang tidak begitu curam, sehingga kendaraan anda bisa terpakir dengan cantik di pinggir pantai. Kedua pantai ini merupakan pantai sunset, di mana pada senja hari kedua pantai ini menawarkan keindahan matahari terbenamnya.

Tempat Wisata Pantai Pandawa Bali
View di pantai Pandawa dengan pasir putihnya pada sore hari

Bagi yang ingin menikmati pantai pasir putih dengan sensasi berada di balik tebing maka kedua pantai sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk mengisi liburan. Uniknya, dari atas tebing kita bisa dengan bebas memandang lautan yang membiru dengan ombaknyan yang saling kejar mengejar.

Perbedaan Pantai Pandawa dan pantai Melasti

Pantai Pandawa dan Pantai Melasti lokasinya tidak begitu jauh, hanya saja di tengah-tengah pantai tersebut berada pantai Batu Pageh atau lebih dikenal dengan nama Green Bowl Beach. Pantai Pandawa berada di timur pantai Batu Pageh tepatnya di desa kutuh, bahkan sebelumnya pantai ini bernama pantai Kutuh sesuai dengan nama desa di mana pantai tersebut berada. Sedangkan pantai Melasti berada di sebelah barat pantai Batu Pageh tepatnya berada di desa Unggasan. Karena pantai ini kerap kali digunakan untuk kegiatan Melasti (rangkaian upacara nyepi) maka pantai ini diberi nama pantai Melasti. Mungkin kalau pantai ini sudah “jadi” nanti namanya mungkin akan diubah.
Tempat Wisata Di Bali: Pantai Pandawa dan Pantai Melasti
Map Pantai Pandawa dan Pantai Melasti
IMG: Screenshot google map
Untuk saat ini pantai melasti masih dalam tahap pengembangan, sehingga belum dipungut biaya masuk alias gratis. Sedangkan pantai pandawa sudah dikenakan biaya masuk, yang dikelola oleh desa adat setempat. Pantai Melasti relatif sepi dari kunjungan karena pantainya baru dibuka dan masih tahap pengembangan sehingga pengunjung tidak begitu berminat mengunjungi pantai ini. Sedangkan pantai pandawa sangat ramai dikunjungi para pelancong, apalagi pantai ini sudah dijadikan ikon dari pariwisata kabupaten badung, bahkan promisnya pun sudah dilakukan dengan baik yang membuat pantai ini menjadi terkenal.
Tempat Wisata Pantai Melasti Ungasan Badung Bali
Pantai Melasti Ungasan

Nah itu sekilas tentang pantai pandawa dan pantai melasti. Sekali berkunjung ke kawsan kuta selatan, Anda bisa mengunjungi kedua pantai ini lho, jarak tempuh dari pantai pandawa menuju pantai melasti sekitar 8,3 km atau dengan waktu tempuh sekitar 19 menit. Biasanya pelancong mengunjungi pantai pandawa kemduian dilanjutkan ke pantai melasti, setelah mengunjungi kedua pantai ini dilanjutkan ke tempat wisata uluwatu untuk menyaksikan tari kecak yang dipentaskan tiap hari dengan latar matahari terbenamnya.

0 Response to "Tempat Wisata Di Bali: Pantai Pandawa dan Pantai Melasti"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif