free counter with statistics Tempat Wisata Air Terjun Gitgit Buleleng Bali
T10/20/2017

Tempat Wisata Air Terjun Gitgit Buleleng Bali

Iklan
Iklan
Berbicara mengenai air terjun di Bali tidak akan pernah habisnya, karena hampir tiap kabupaten di bali memiliki air terjun yang unik dan memiliki karakteristik tersendiri. Jika anda ingin mencari air terjun alami dengan air yang jernih dan menyegarkan coba jelajah bali utara. Bali utara merupakan surganya tempat wisata air terjun. Tidak hanya air terjunnya yang indah tetapi proses penemuan air terjun tersebut juga memerlukan tenaga yang lumayan ekstra karena lokasinya yang lumayan jauh dari jalan raya.

Sebelumnya admin sudah mengulas sekilas tentang beberapa air terjun yang ada di buleleng tepatnya di desa gitgit yakni air terjun bertingkat, air terjun kembar (campuhan), dan air terjun mekalangan. Ada lagi air terjun yang ada di desa gigit yang akan admin bahas yakni air terjun gitgit dan air terjun colek pamor. Pada kesempatan ini admin akan membahas tentang air terjun gitgit saja.
Air terjun Gitgit
IMG by Instagram via Putu Andika Panendra

Di antara air terjun yang ada di Buleleng yang banyaknya mencapai 35 titik air terjun (tidak mengherankan jika buleleng dikatakan sebagai surga air terjun), air terjun gitgit merupakan air terjun yang paling populer dikalangan wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Biasanya para pelancong luar negeri yang menikmati indahnya air terjun ini setelah menikmati indahnya danau beratan dengan pura ulun danu bedugulnya, kemudian dilanjutkan ke air terjun gitgit terakhir ke pantai lovina dan menginap di sana untuk melihat lumba-lumba di pagi hari di tengah laut. Tidak mengherankan jika air terjun ini tiap hari selalu ada saja wisatawan yang berkunjung ke air terjun ini, bahkan jika hari libur air terjun ini pengunjungnya membludak lho.

Tempat wisata air terjun Gitgit menawarkan pesona air terjun yang tingginya mencapai 35 meter, dengan segarnya air pegunungan alami dengan lingkungan hutan alami. Bagi yang suka dengan aktivitas petualangan, tempat ini sangat cocok untuk menyalurkan hobi tersebut, karena untuk menuju ke air terjun ini, kita akan melalui jalan setapak berkelok dan naik turun, melewati hamparan persawahan dan juga perkebunan cengkeh dan kopi milik penduduk setempat. Begitu sampai di air terjun, anda akan disambut dengan deburan air terjun yang menderu dengan keindahannya tepat di depan mata.

Semakin mendekat maka embun atau uap yang diterbangkan oleh angin akan mengenai muka anda dan rasanya memang benar-benar sejuk. Apalagi alam sekitar yang masih hijau dan alami dengan rerimbunan pohon dan semak belukar ditebing air tejun menambah kesan alami air terjun ini. Airnya yang jernih dan alami akan menjadi magnet untuk berendam di kawasan air terjun ini.

Lokasi Air Terjun Gitgit Buleleng
Alamat atau lokasi air terjun Gitgit berada di Jalan Raya Bedugul - Singaraja, Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Dari bandara ngurah rai akan memerlukan jarak tempuh sekitar 81,7 km atau dengan waktu tempuh sekitar 2 jam 36 menit versi google map, dari pusat kota Denpasar berjarak sekitar 69 km. Sedangkan dari tempat wisata danau beratan berjarak sekitar 20,4 km dan dari kota singaraja hanya berjarak sekitar 11,1 km.


Untuk menuju ke air terjun sangatlah mudah sekali karena sudah ada petunjuk jalan yang sangat jelas, walaupun anda pertama kali ke sana, admin yakin kamu tidak akan nyasar untuk menuju air terjun ini. Jika anda datang dari kawasan bandara Ngurah Rai, arahkan kendaraan menuju kawasan objek wisata bedugul (danau beratan dengan sebuah tempat suci di tengah danau), lalu lanjutkan perjalanan menuju arah ke kota Singaraja. Ikuti jalan tersebut nanti kamu akan menemuka petunjuk arah menuju air terjun Gitgit dengan tulisan yang sangat jelas sekali. Parkirkan kendaraan di tempat parkir yang sudah disediakan, lalu ikuti jalan tersebut, maka kamu akan diarahkan menuju air terjun yang dimaksud.

Nah itu sekilas tentang tempat wisata air terjun Gitgit yang berada di bali utara. Jadi jangan ragu untuk mengijakan kaki di Bali utara dan menyegarkan mata dan tubuh dengan sejuknya aliran sungai dan hembusan udara dingin di dataran tinggi Bali Utara. Semoga ini dapat dijadikan refrensi wisata anda dalam mencari tempat wisata air terjun d Bali, khususnya di Bali Utara. Salam longtriper.
Iklan