free counter with statistics Tempat Wisata Air Terjun Yeh Mampeh Les Buleleng Bali
T10/20/2017

Tempat Wisata Air Terjun Yeh Mampeh Les Buleleng Bali

Iklan
Iklan
Berkunjung ke pulau bali tidak harus mengunjungi pantai, coba cari tempat wisata lain yang lebih menantang, misalnya mengunjungi air terjun. Memang bali identik dengan objek wisata pantai pasir putih yang tidak kalah cantiknya dengan pantai pasir putih di kepulauan Hawaii, akan tetapi bali juga memiliki objek wisata air terjun yang sangat menawan. Jika anda ingin mencari tempat wisata air terjun coba tengok ke bali utara. Kawasan bali utara memang surganya tempat wisata air terjun, untuk menjelajah semua air terjun yang ada di bali utara tidak cukup memerlukan waktu dalam satu hari lho, perlu waktu berhari-hari. Betapa tidak, di buleleng setidaknya terdapat 35 titik air terjun yang tersebar di seluruh kecamatan di buleleng.

Lokasinya pun berbeda-beda, ada yang dekat dengan jalan raya, bahkan ada yang berada di dalam hutan belantara, di mana pengunjung harus melewati jalan setapak, melalui kebun milik warga setempat, menyeberangi sungai, bahkan merayap di antara bebatuan tebing dan berpegangan akar pohon. Bagi yang suka dengan aktivitas berpetualang menikmati indahnya air terjun di bali utara bisa menjadi alternatif tujuan wisata anda selain mendaki gunung.

Jika anda ingin mencari objek wisata air terjun sambil aktivitas tracking, admin rekomendasikan untuk segera mengunjungi air terjun yeh mampeh. Kata Yeh Mampeh berasal dari bahasa bali, di mana yeh berati air dan mampeh berati terbang, jadi kalau digabungkan yeh mampeh artinya air terbang. Penduduk setempat memberi nama seperti itu mungkin karena karakteristik air terjun tersebut seperti itu, di mana air yang jatuh ke bawah akan terkena hempasan angin sehingga berterbangan. Selian itu, nama lain lain dari air terjun yeh mampeh adalah air terjun les karena air terjun ini berada di Desa Les, untuk memudahkan mengingatnya maka pengunjung memberi nama sesuai nama desa di mana letak air terjun itu.
Tempat Wisata Air Terjun Yeh Mampeh Les Buleleng Bali
Air terjun Yeh Mampeh
IMG by Instagram via Dunia Maya

Air terjun ini lumayan tinggi lho, yakni dengan ketinggian sekitar 30 meter. Pada bagian bawah tepat jatuhnya air terjun ini membentuk sebuah kolam yang bisa digunakan untuk berenang oleh wisatawan. Air yang jernih dan menyegarkan, tentu sangat tepat sekali jika berenang pada kolam ini pada siang hari, apalagi setelah berjalan cukup jauh untuk menjangkau air terjun ini, tentu badan kita akan kelelahan. Tidak hanya air terjunnya yang mampu menarik pelancong untuk mengunjunginya, tetapi alam sekitarair terjun masih alami dan asri, di mana terdapat pepohonan yang menghijau.

Dari tempat parkir untuk menuju lokasi air terjun yeh mampeh ini akan menempuh perjalanan sekitar 1,5 km, di mana medannya cukup terjal, melewati semak, pepohonan menghijau, dan kebun milik warga setempat. Dengan track sepanjang itu, sangat cocok untuk yang hobi aktivitas tracking. Begitu ampai di air terjun ini, pengunjung akan disambut dengan pesona air terjun yang tidak kalah cantiknya dengan air terjun lainnya di bali. Keadaan air terjun ini benar-benar sepi dari kunjugan karena lokasi yang jauh dari pusat kota.

Lokasi dan Cara Akses Ke Air terjun Yeh Mampeh

Alamat atau lokasi air terjun yeh mampeh berada di Desa Les, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, Propinsi Bali. Dari Bandara Ngurah Rai akan menempuh jarak sekitar 105 km atau dengan waktu tempuh sekitar 3 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor, versi google map. Sedangkan dari pusat kota denpasar akan menempuh jarak sekitar 87,5 km (melalui desa petang), dari objek wisata penelokan akan menempuh jarak sekitar 26,7 km (melalui desa pinggan), dan dari kota singaraja akan menempuh jarak sekitar 37,1 km ke timur.

Untuk mengakses ke air terjun yeh mampeh sangat mudah karena sudah ada jalan beraspal hingga ke area parkir di air terjun yeh mampeh, sehingga dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua atau empat dengan kondisi jalan sudah cukup bagus. Di sepanjang perjalanan menuju air terjun ini akan disuguhi pemandangan yang serba hijau dengan hutan dan ladang milik warga setempat.

Adapun akses yang paling dekat dengan bandara ngurah rai yakni melalui desa petang, di sini akan melewati beberapa objek wisata yang terkenal seperti sangeh monkey forest, tanah wuk, air terjun nungnung, dan jembatanplaga (jembatan tertinggi di asia tenggara). Begitu melewati jembatan plaga arahkan kendaraan menuju kintamani hingga menemukan pertigaan kitamani, plaga, dan kota singaraja. Arahkan kendaraan menuju kota singaraja hingga menemukan pertigaan di sebelah kanan di desa Dausa atau pertigaan ini sering disebut dengan nama pertigaan Madenan karena akan menuju ke desa Madenan. Ambil jalan ke Desa Madenan, ikuti jalan tersebut hingga ke pertigaan jalan Singarja-Amlapura. Beloklah ke kanan hingga tiba di pertigaan Desa Les, dan beloklah kanan lagi hingga tiba di tempat parkir.

Dari tempat parkir ini petualangan akan dimulai dengan menjelajahi jalan setapak yang panjang mencapai 1,5 km dengan jalan kaki. Untuk meningkatakan fasilitas di air terjun ini, pengunjung wajib membayar biaya masuk sebesar Rp10.000 per orang. Nah itu sekilas tentang tempat wisata air terjun Yeh Mampeh atau air terjun Les Buleleng. Semoga ini dapat dijadikan refrensi wisata anda dalam mencari tempat wisata air terjun d Bali, khususnya di Bali Utara. Salam longtriper.
Iklan