free counter with statistics Inilah 45 Tempat Wisata Di Pulau Nusa Penida
T10/30/2017

Inilah 45 Tempat Wisata Di Pulau Nusa Penida

Iklan
Iklan
Bali menjadi magnet bagi wisatawan untuk menghabiskan masa liburannya. Wisatawan yang pernah berlibur ke bali, pasti ingin rasanya kembali berlibur ke pulau ini untuk mengekplor sisi lain dari pulau bali atau sekedar ingin mencari sensasi baru dalam berlibur ke bali. Anda ingin liburan ke bali, tetapi dengan suasana sepi dan tenang yang jauh dari hingar bingar pariwisata bali selatan? Kenapa tidak coba melancong ke tempat wisata ke Nusa Penida? 
Inilah 45 Tempat Wisata Yang Ada Pulau Nusa Penida
Peta Nusa Penida
Image: map.google.co.id
Nusa Penida merupakan nama sebuah kecamatan sekaligus nama sebuah pulau yang berada di tenggara pulau bali dan masuk wilayah kabupaten klungkung. Di samping pulau nusa penida ada lagi dua pulau yang lagi sedang ngehits yakni Pulau Lembongan (Nusa Lembongan) dan Pulau Ceningan (Nusa Ceningan) yang masih termasuk ke dalam kecamatan Nusa Penida. Pulau Nusa Penida memiliki luas wilayah sekitar 191,5 km2. Untuk mengakses ke pulau nusa penida sangat mudah sekali. Satu-satunya akses menuju kedua pulaua itu hanya bisa melalui jalur laut dengan menggunakan kapal Roro di Pelabuhan Padang Bai, jukung atau sampan (kapal tradisional) di pelabuhan kusamba, fast boat di pelabuhan pantai matahari terbit, dan cruise di pelabuhan beona.


Adapun tempat wisata yang ada di nusa penida berupa bentang alam yang sangat mempesona dan mengagumkan sebagai karya tuhan yang adi luhung, baik itu tebing, pantai, pesona bawah laut, hutan mangrove, dan air terjunnya. Berikut tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh para traveler yang haus akan sensasi tempat wisata baru di bali.

1. Manta Point
Manta point merupakan spot untuk menyaksikan keindahan bawah laut. Lokasi ini berada di dekat ujung barat Pulau Nusa Penida. Keunikan spot menyelam di titik ini dibandingkan dengan spot menyelam lainnya dibali yakni adanya ikan pari Manta sepanjang tahun. Jadi jika anda ingin melihat ikan pari “menari-nari” di tengah laut, di manta point lokasinya. Kita hanya bisa melihat ikan pari di tv atau di foto doang, menyelam di manta point nusa penida kita akan melihat ikan pari secara langsung, tentu itu merupakan sensasi yang luar biasa dan akan anda ingat sepanjang hidup. Hewan laut yang satu ini sangat ramah, sering bermain-main dengan penyelam. Terkadang pada musim kemarau kita bisa melihat ikan mola-mola juga lho. Akan tetapi kesulitan yang dapat dihadapi di lokasi selam ini yakni kawasan ini memiliki gelombang kuat. Lokasi: Desa Sekartaji, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

2. Crystal Bay (Pantai Penida)
Dulunya sebelum bernama Crystal Bay kawasan ini bernama pantai Penida karena berada di banjar penida. Pantai ini benar-benar keren dengan panorama yang indah dan mengesankan. Tempat ini merupakan tempat paling favorit bagi wisatawan domestik dan mancanegara jika mengadakan liburan ke pulau nusa penida. Crystal Bay memiliki pantai yang menghadap ke barat, tentu ini sangat bagus sekali untuk melihat sang surya terbenam di barat bumi (sunset). Aktivitas yang mungkin bisa dilakukan di crystal Bay yakni menyelam, snorkeling, berenang, berjemur, dan bermain bola pantai. Lokasi: Banjar Penida, Desa Sakti, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

3. Angel’s Billabong
Angel’s Billabong merupakan sebuah muara sungai yang belum menyentuh lautan. Sebalah kanan kiri di muara ini berupa batu karang. Tempat ini benar-benar menakjubkan, tidak salah kalau para traveler menyebut tempat ini sebagai bidadarinya (angel) Pulau Nusa Penida. Air yang ada di muara sungai ini benar-benar jernih sekali dan sangat tenang. Di sini para traveler bisa berenang dan mandi, tetapi pada saat gelombang laut tidak terlalu besar, karena saat gelombang laut besar maka ombaknya akan masuk ke muara ini yang bisa menyapu anda. Lokasi: Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

4. Pasih Uwug (Broken Beach)
Pesona di Pasih Uwug benar-benar unik, di mana terdapat sebuah tebing yang di tengahnya terdapat lubang yang besar, mirip seperti pantai batu bolong di canggu. Melalui lubang besar tersebut air laut akan masuk dan membentuk sebuah kolam besar, sungguh pemandangan yang unik. Kolam yang terebentuk dikelilingi oleh tebing karang yang tinggi yang ditumbuhi rumput-rumput hijau pada saat musim hujan. Traveler bisa berjalan-jalan lho di atas tebing yang berlubang tersebut ataupun mengelilingi kolam yang besar tersebut. Lokasi: Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

5. Bukit Teletubbies Nusa Penida
Bukit Teletubbies tidak hanya ada di Kubutambahan, Bali Utara lho, di Pulau Nusa Penida juga ada. Pesona yang ditawarkan kedua-keduanya tidak kalah cantiknya. Bukit Teletubbies Nusa Penida terdiri banyak bukit yang membulat dengan rumput yang tumbuh subur dan menghijau pada musim penghujan. Jika pada musim kemarau rumput di sini agak gersang, tetapi pesona yang ditawarkan tetap mampu membuat mata terpukau akan keindahannya. Lokasi: di perbatasan Dusun Julingan (Desa Tangglad) dan Dusun Sedehing (Desa Sekartaji), kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

6. Pantai Atuh
Pantai Atuh merupakan salah satu pantai tersembunyi di Nusa Penida, karena pantai ini dikelilingi oleh tebing karang yang tinggi. Keunikan pantai ini adalah terdapatnya bukit karang yang berbentuk seperti sepatu yang berada di tengah-tengah pantainya. Bukit karang yang berada di tengah pantai ini menjadi pemandangan yang sangat menarik diantara deburan ombak yang saling kejar mengejar di pantai pasir putih ini. Lokasi: Banjar Pelilit, Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

7. Pura Gua Giri Putri
Gua Giri Putri merupakan salah satu gua yang disucikan di pulau Nusa Penida karena di dalam goa terdapat tempat suci umat Hindu, sehingga pada hari raya galungan dan kuningan banyak umat hindu yang melakukan persembahnyangan ke pura Goa Giri Putri ini. yang menarik dari goa ini adalah pintu masuk ke dalam goa yang sangat kecil namun ketika tubuh sudah masuk ke bagian dalam gua maka akan terlihat besar dan sangat luas. Panjang Gua Giri Putri sekitar 262 meter. Lokasi: Banjar Karangsari, Desa Suana, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

8. Pantai Banah
Pantai Banah merupakan salah satu pantai tersembunyi dan unik yang ada di Nusa Penida. Pantai ini menawarkan pemandangan yang sangat indah dan memiliki keunikan di mana terdapat sebuah pulau di tengah laut yang berbentuk tebing dan terdapat bolong di tengahnya serta terdapat banyak pepohoan hijau yang tumbuh di atasnya. Tebing ini bernama tebing Banah yang menjadi cikal bakal nama pantai Banah ini. Lokasi: Banjar Salak, Desa Batumadeg, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

9. Bali Bird Sanctuary
Jika anda ingin melihat penangkaran jalak bali bisa datang ke Taman Nasional Bali Barat. Tidak hanya di bali barat, burung khas bali yang endemik ini bisa di temui di Bali Bird Sanctuary di Pulau Nusa Penida. Burung yang sangat indah dan langka ini dikembangkan secara massal di pulau kecil ini. Luas area penangkaran ini sekitar 20 are dengan suasana pedesaan yang sejuk karena terdapat banyak pohon rindang. Lokasi: Desa Ped, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

10. Pura Paluang
Pura Paluang merupakan salah satu dari sekian banyak tempat suci yang ada di Pulau Nusa Penida. Tempat suci ini memang unik karena terdapat sebuah bangunan pelinggih yang menyerupai mobil. Satu mobil VW Beatle, satunya bisa dikatakan mirip dengan mobil Jimmy. Mobil VW Beatle memiliki nomor kendaraan KD 013 berada di atas sebuah panggung segi empat, lengkap dengan ukiran pada bagian sisinya. Sedangkan mobil Jimmy memiliki plat nomor kendaraan DK 28703 GL berada tidak jauh dari dari mobil VW. Untuk mengunjungi tempat suci ini pengunjung harus menggunakan kain dan “ikat pinggang” (kamben dan selendang). Lokasi: Banjar Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

11. Mata Air Tembeling
Mata air Tembeling termasuk salah satu lokasi menarik di Nusa Penida karena untuk menuju mata air ini kita akan menelusuri jalan setapak yang terdapat ngarai-ngarai indah yang berada di seberang jurang selebar kira-kira 20 meter. Mata air ini berupa telaga air tawar yang jernih, tentunya pengunjung bisa mandi di mata air ini. Sekitar kawasan mata air ini suasana alamnya masih alami dan asri dengan banyaknya pepohonan yang menghijau. Lokasi: Desa Batumadeg, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

12. Mata Air Guyangan
Perjalanan dari pintu masuk hingga sampai ke mata air guyangan memerlukan tenaga yang ekstra karena akan melewati tangga-tangga besi yang cukup banyak. Bagi yang phobia akan ketinggian jangan coba-coba untuk mengunjungi mata air ini karena tangga tersebut berada di tepi tebing yang sangat tinggi. Sepanjang perjalanan mengijakan kaki di anak tangga satu persatu akan disuguhkan dengan pemandangan laut yang seksotis dari ketinggian. Kelelahan pelancong akan terbayar setelah tiba di lokasi mata air Guyangan. Pemandangan benar-benar indah, dikelilingi oleh tebing-tebing bukit tinggi, dan pemandangan alam laut dengan deburan ombak yang seolah-olah menyapa pengujung. Lokasi: Dusun Guyangan, Desa Batu Kandik, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali

13. Pantai Suwehan
Pantai Suwehan memiliki garis pantai pasir putih yang panjang sekitar 400 meter. Keunikan pantai ini adalah di depan pantai yang berpasir putih ini terdapat batu besar sangat besar yang menyerupai brand Volcom sehingga banyak orang yang menyebut kawasan ini dengan nama Pantai Volcom. Untuk menuju pantai ini pelancong harus berjalan kaki kurang lebih 300 meter, dengan jalan yang sempit, menurun, dan curam. Tetapi perjalanan yang cukup merepotkan itu akan terbayar dengan keindahan pantai yang eksotis dan unik ini. Dengan suasana yang jauh dari keramaian dan bersembunyi membuat kawasan ini benar-benar damai. Lokasi: Dusun Watas, Desa Tanglad, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

14. Pantai Kelingking
Pantai kelingking merupakan pantai yang populer di Pulau Nusa Penida. Warga setempat menyebut kawasan ini dengan nama pantai Karang Dawa. Pantai ini benar-benar tersembunyi karena berada di balik tebing yang tinggi dengan garis pantai tidak terlalu panjang dan juga area pantai yang tidak luas. Jurangnya  tinggi dan tidak ada akses jalan untuk turun ke bawah sehingga pelancong tidak bisa mengijakan kaki di pasir putihnya dan hanya dapat melihat keindahan pantai dari atas karang saja. Pesona yang ditawarkan di pantai kelingking ini benar-benar membuat kagum para wisatawan yang mengunjunginya. Tempat ini sekarang sedang ngehits di sosial media. Lokasi: Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

15. Pantai Andus
Pantai Andus atau smoke beach merupakan water blownya nusa penida, keindahan yang ditawarkan hampir sama seperti water blow di nusa dua. Ombak yang besar menghantam tebing sehingga menyerupai asap yang menjadi keunikan dari pantai ini. karena pantai ini berbatasan langsung dengan samudra Hindia tentu ombaknya sangat besar sehingga menciptakan semburan air dengan ketinggian bisa mencapai 10 meter lho, keren bukan. Tidak hanya itu saja, kawasan ini memiliki tebing karang yang sangat mempesona dengan alam yang masih asri dan alami, sehingga cocok untuk bersantai. Lokasi: Banjar Sumpang, desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

16. Air Terjun Seganing
Air terjun seganing atau air terjun sebuluh cukup unik untuk dikunjungi. Air terjun ini berada di dasar bukit curam sehingga akses jalan menuju air terjun seganing sangatlah ekstrim. Kita harus menuruni jurang yang sangat terjal, menapaki jalan dan tangga darurat pada pinggir tebing sepanjang 300 meter. Pelancong harus menuruni jurang harus ekstra hati-hati. Jika turun hujan, lokasinya akan semakin berbahaya, tetapi pelancong hanya bisa mengunjungi air terjun seganing pada saat cuaca cerah atau musim kemarau. Perjalanan yang ekstrim dan menegangkan akan terbayar begitu sampai di air terjun seganing ini. Air terjun ini airnya bersumber dari mata air alami dengan debit air cukup besar dan jernih. Lokasi: Dusun Sebuluh, desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

17. Pulau Seribu Nusa Penida
Tempat wisata Pulau Seribu Nusa Penida ini satu jalur dengan Pantai Atuh jika di akses melalui banjar Pelilit. Di tempat ini pelancong akan disuguhkan dengan pesona alam  yang sangat indah berupa hamparan laut yang terdapat pulau-pulau kecil, hampir mirip seperti pesona Raja Ampat. Berlibur ke Pulau Seribu Nusa Penida serasa berlibur ke Raja Ampat lho. Pelancong akan akan dibuat terkagum begitu melihat susunan bebatuan dan tebing-tebing yang indah ini. Lokasi: Banjar Pelilit, Desa Tanglad, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

18. Air Terjun Guyangan
Air Terjun Peguyangan di Nusa Penida merupakan air terjun yang airnya langsung terjun ke laut lepas. Sangat bagus untuk spot berfoto-foto baik untuk sesi preweding maupun koleksi pribadi karena di atas air terjun terdapat sebuah gapura. Untuk menuju air terjun ini harus mengeluarkan tenaga ekstra, di mana kita akan dihadapkan dengan anak tangga yang banyaknya sekitar 870 buah yang menuruni tebing karang. Lokasi: Dusun Guyangan, Desa Batu Kandik, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali

19. Pantai Tembeling
Di tempat wisata mata air Tembeling Nusa Penida terdapat sebuah pantai yang bernama pantai Tembeling. Uniknya, di pantai tembeling terdapat cerukan-cerukan besar serupa goa akibat empasan ombak yang menghantap bibir pantai ini. Bahkan salah satu bagian cerukan ini menembus bagian bawah karang dan membuat semacam goa besar. Pelancong dapat menikmati pesona di kawasan ini sambil menyaksikan deburan ombak yang tanpa henti datang menghantam tebing-tebing tinggi. Lokasi: Desa Batumadeg, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

20. Pantai paluang
Masih dalam kawasan Pantai kelingking terdapat sebuah pantai yang tersembunyi yakni pantai Paluang. Pantai yang berada di sebelah kiri dari tebing Paluang atau Karang Dawa ini masih belum bisa dikunjungi karena belum ada akses untuk menuju ke sana, mungkin nanti seiring perkembangan pariwisata di nusa penida akan dibuatkan jalan akses untuk menuju pantai ini. Sedangkan di sebelah kanan dari karang dawa terdapat pantai Kelingking. Sama seperti pantai kelingking, pelancong hanya bisa melihat pesona pantai ini dari atas karang atau tebing. Lokasi: Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

21. Temple Point
Temple Point merupakan spot menyelam di Nusa Penida yang benar-benar keren dan unik. Di dalam laut para penyelam akan ditawarkan pesona bawah laut yang indah dengan banyaknya patung budha dan stupa atau candi budha sebagai tempat bermain ikan-ikan kecil yang lucu. Patung budha beserta stupa-stupanya yang berjajar di bawah laut menjadi pemandangan yang sangat menakjubkan. Lokasi: perairan antara Pulau Nusa Penida dengan Pulau Nusa Ceningan.

22. Pura Dalem Penataran Ped
Pura Dalem Penataran Ped memiliki suasana yang tenang dan damai seperti suasana pura di Bali pada umumnya. Selain itu, Pura Dalem Penataran Ped memiliki pemandangan yang indah dengan hutan dan pepohonan kelapa di sekitarnya. Tempat suci ini sangat populer sebagai obyek wisata spiritual di Nusa Penida. Lokasi: Jalan Ped, Banjar Buyuk, Desa Ped, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

23. Rumah Pohon Batu Molenteng
Dari atas rumah pohon Batu Molenteng para traveler bisa melihat pemandangan yang menakjubkan dan menpesonanya pantai Atuh. Ombak yang menerjang pinggir karang pulau sekitarnya menjadi pelengkap pemandangan di rumah pohon ini. Hamparan samudra yang biru dan tebing-tebing kapur yang menjulang tinggi terlihat sangat indah. Selain untuk melihat pemandangan yang mengagumkan, tempat ini sering digunakan untuk tujuan berfoto selfie dan mengabadikan foto untuk di share di sosial media pengunjung yang datang. Lokasi: Banjar Pelilit, Desa Tanglad, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

24. Bukit Nunggul
Bukit Nunggul merupakan sebuah tebing dengan banyaknya petak-petak sawah yang unik. Di sini pelancong akan disuguhkan dengan keindahan hutan yang lebat dan hijau, petak sawah yang tersusun dengan rapi dan rumput ilalang yang memenuhi kawasan tersebut, sehingga sangat bagus untu tempat piknik ataupun rekreasi. Lokasi: Desa Tanglad, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

25. Pohon Cinta Nusa Penida
Pohon Cinta ini dengan mudah dapat ditemui ketika melakukan perjalanan menuju pantai Kelingking, karena tempatnya berada di pakiran sebelum menuju pantai Kelingking. Pohon ini banyak dicari pengunjung yang datang ke Nusa Penida untuk dipanjat dan mengabadikan foto karena menghasilkan foto yang unik dan berbeda dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Lokasi: Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

26. Atuh Clift (Bukit Atuh)
Jika mengunjungi pantai atuh maka perjalanan akan dihadapkan dengan jalan yang menuruni perbukitan. Nah bukit ini bernama bukit atuh atau Atuh Clift. Pesona di bukit ini sangat bagus untuk dinikmati. Lokasi: Banjar Pelilit, desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

27. Gamat Bay
Gamat Bay merupakan tempat untuk menyelam dengan pesona bawah laut yang sangat indah. Akan tetapi agar menikmati indahnya bawah laut, harus sudah berpengalaman dalam menyelam karena titik menyelaman ini paling menantang di Nusa Penida. Di dasar Gamat Bay hampir seluruhnya berpasir, kelompok koral, dan gundukan karang berbentuk indah. Gamat Bay dapat menjadi tempat yang dapat diandalkan untuk kesempatan melihat Mola-mola pada musimnya. Lokasi: Desa Adat Sakti, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

28. Pantai Toyapakeh
Pantai Toya Pakeh selain berfungsi sebagai pelabuhan transit tempat dermaga sejumlah fast boat dan perahu sampan saja, tetapi air lautnya jernih serta keindahan bawah lautnya berupa terumbu karang dan ikan penghuni kawasan ini beraneka ragam, sehingga perairan Toya Pakeh ini memang ideal untuk wisata bahari seperti diving dan juga snorkeling. Pantainya dengan pasir putih keemasan ideal juga untuk bersantai sambil menikmati pemandangan alam laut. Lokasi: Kampung Toya Pakeh, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

29. Malibu Point
Malibu Point Nusa Penida merupakan spot menyelam yang tak kalah menariknya dengan Manta Point. Sangat cocok bagi penyelam yang menginginkan pengalaman berbeda dan berkesan. Malibu Point merupakan spot menyelam yang lengkap dengan terumbu putih, terumbu karang abu-abu dan terumbuk perak. Disana Anda bisa melihat berbagai varian ikan yang indah. Karena lokasinya yang menarik dan arusnya mendukung pergerakan ikan-ikan untuk berenang disekitarnya. Menyelam di Malibu sangatlah menyenangkan, terlebih di sepanjang lereng curam dan karang meja yang besar. Tentu akan menjadi pengalaman diving tak terlupakan dan jangan lupa abadikan moment tersebut. Lokasi: Desa Suana, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

30 Pantai Sampalan
Keindahan dari pantai Sampalan ini bagi wisatawan adalah pantai ini memiliki suasana yang tenang dan nyaman, dengan pasir putih dan ombak yang tenang. Sehari-hari pantai ini difungsikan sebagai pelabuhan, yang dikenal dengan Pelabuhan Sampalan. Selain itu, pesona bawah lautnya sangat mempesona dengan beberapa lampu di bawah laut yang membuat tempat menyelam ini berbeda. Lokasi: Desa Batununggul, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

31. Sekolah Dasar (SD) Point
SD Point merupakan salah satu spot menyelam yang populer di Nusa Penida. Tempat ini memiliki arus yang kuat dan tepat untuk penyelam yang menyukai petualangan berbeda. Di SD Point terdapat ikan besar seperti Giant Trevally, Hiu dan jika musimnya akan melihat ikan Mola-Mola. Lokasi: dekat pelabuhan Buyuk, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

32. Tanjung Pandan
Tanjung Pandan berada di dekat ujung barat Pulau Nusa Penida. Pemandangan di tanjung ini sangat mempesona, dengan tebing kapur yang curam dan dibentuk oleh hantaman  gelombang besar ke pantai sepanjang tahun. Lokasi: Desa Sekartaji, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

33. Pura Puncak Mundi
Puncak Mundi atau bukit Mundi merupakan titik tertinggi di Pulau Nusa Penida, dengan ketinggian mencapai 529 meter dari permukaan laut. Di puncak ini terdapat tempat suci umat Hindu yang bernama Pura Puncak Mundi. Lokasi: Banjar Rata, Desa Klumpu, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

34. Pantai Banyar Nyuh
Pantai Banjar Nyuh memiliki hamparan pasir putih yang tentunya menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang berkunjung ke Nusa Penida karena memiliki panorama alam yang sangat indah. Pantai ini juga merupakan sebuah pelabuhan yang ramai digunakan oleh warga sebagai tempat penyeberangan. Di sini pengunjung bisa melihat kapal-kapal nelayan atau kapal-kapal yang datang dari Pulau Bali. Keindahan sunset pun dapat dinikmati di Pelabuhan Banjar Nyuh. Lokasi: Banjar Nyuh, Desa Ped, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

35. Pantai Buyuk
Jika menggunakan fast boat dari dermaga pantai matahari terbit, selain mendarat ke pelabuhan banjar Nyuh, juga bisa mendarat di pelabuhan Buyuk. Tidak hanya sebagai jalur penyeberangan, di sini juga terdapat pantai yang eksotis yang siap memanjakan pengunjung ketika menginjakan kaki di pulau nusa penida. Lokasi: Desa Kutampi Kaler, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali

36. Pandan Bay
Pandan Bay merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang wajib dikunjungi di Pulau Nusa Penida yang lokasinya bersebelahan dengan Crytal Bay, bahkan keindahannya pun hampir sama. Untuk mencapai lokasi, pengunjung harus berjalan menyusuri bukit sepanjang 1 km, tentu ini sangat pas sekali bagi yang suka dengan wisata trekking. Begitu sampai di pantai pandan, pengunjung akan disambut dengan pemandangan alam pantai yang begitu indah. Terkadang para wisatawan mengadakan kemah di tempat ini. Lokasi: Banjar Penida, Desa Sakti, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali

37. Pantai Bulian
Pantai Bulian tidak seperti pantai pada umumnya karena tidak memiliki pasir, hanya hamparan bebatuan halus. Dapat dikatakan bahwa kawasan ini sebenarnya bukan pantai tapi sebuah gugusan tebing dengan beberapa pantai yang terbentuk secara alami karena hempasan gelombang laut selatan yang kuat dan membuat lobang-lobang pada batu karang yang ada hingga terbentuk sebuah pantai. Suasana yang cukup  tenang dan keindahan alam di sekitar pantai yang masih alami sangat sejuk dipandang. Lokasi: Dusun Penangkidan, Desa Bungamekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

38. Pantai Gamat
Pantai Gamat atau Gamat Bay masih belum cukup terkenal untuk wisatawan dari daerah lain. Padahal pesona yang ditawarkan tidak kalah indahnya dengan tempat lainnya di Bali, di mana kondisi bibir pantai yang masih sangat bersih dan banyaknya karang-karang terdampar menghiasi pingiran pantai, menyuguhkan pemandangan yang sangat cantik saat anda sampai di pantai ini. Selain keindahan pantainya, Gamat Bay merupakan spot menyelam yang sangat bagus di Nusa Penida. Dengan pemandangan bawah laut yang menakjubkan, air lautnya yang selalu jernih, karang yang curam, dan lereng terjal yang mengarah ke teluk. Terdapat gua-gua dan celah-celah kecil dengan berbagai jenis ikan dan karang indah yang luar biasa. Kalian akan melihat hamparan batu karang dan gundukan koral dimana terdapat banyak ikan mencari perlindungan, suasana yang sangat pas untuk kalian mengabadikan foto. Lokasi: Desa Sakti, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali

39. Saren Clif Point
Untuk mencapai Saren clift point perlu perjuangan yang ekstra karena jalan yang masih tanah dan berbatu. Namun, semua akan terbayar ketika  tiba, pemandangannya masih alami. Lokasi: Dusun Saren, Desa Batumadeg, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

40. Bukit Abangan
Sepanjang jalan setapak menuju Abangan Hills tersebut, kita akan disambut banyak ilalang yang tumbuh subur di kawasan perbukitan ini. Terdapat sebuah tebing cantik yang berwarna hijau segar. Dari sini kita bisa melihat keindahan Nusa Penida secara utuh. Spot yang sangat bagus untuk melihat pesona matahari terbit dari Pulau Nusa Penida. Lokasi: Desa Tanglad, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

41. Pantai Malibu Semaya
Pantai Malibu Semaya ini masih alami dan jauh dari pemukiman warga. Di pantai yang cantik ini terdapat dua buah ayunan di tengah pantai. Pengunjung pun bebas menggunakan ayunan tanpa dipungut biaya. Suasana akan lebih menakjubkan di pagi hari, semburat pagi dan rona keemasan matahari dijamin berkesan. Pengunjung bisa berayun sambil menyaksikan sunrise. Lokasi: Dusun Semaya, Desa Suana, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

42. Bukit Padang Daung
Bukit Padang Daung merupakan wisata alam ini menawarkan pemandangan Samudra Indonesia. Sekitar lokasi dikelilingi oleh rumput ilalang yang tinggi orang local menyebutkan ambengan. Wisata alam Bukit Padang Daung sangat mempesona. Lokasi: Dusun Watas, Desa Tanglad, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

43. Pantai Sebila
Pantai Sebila merupakan salah satu  pantai di Pulau Nusa Penida yang memiliki butiran pasir putih yang masih sangat alami dan asri. Lokasinya yang sunyi membuat kita seolah-olah berada pada sebuah pulau yang tak berpenghuni, tentunya sangat cocok bagi anda yang mencari suasana damai dan tentram. Pantai Sebila terletak diantara Tanjung Juntil dan Pah Gede. Lokasi: Banjar Kelodan, Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

44. Labuhan Ampuak
Kawasan Labuan Ampuak memilki ketinggian kurang lebih 100 m di atas permukaan laut yang dikelilingi oleh bukit-bukit misalnya Bukit Tunjuk Pusuh, Bukit Nyahi, Bukit Juntil dan lain-lain. Keindahan yang ditawarkan hampir sempurna. Lokasi: Banjar Pelilit, Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

45. Pantai Wasu
Pantai yg menyerupai teluk dihiasi dinding dari batu karang. Walaupun menawarkan pesona yang tidak kalah cantiknya dengan pantai lainnya di nusa penida, namun pantai ini tidak banyak yang mengetahui keberadaannya. View yang ditampilkan benar-benar mampu memikat setiap yang melihatnya. Lokasi: Desa Sakti, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.


Wow ternyata banyak juga tempat wisata di nusa penida, padahal pulau ini tidak begitu luas tetapi mampu menawarkan tempat menarik yang layak untuk dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Untuk mengunjungi tempat wisata tersebut, tidak akan habis dikunjungi dalam satu hari. Jadi untuk mengeksplor semua keindahan di pulau nusa penida, siapkan bugdet anda untuk menyewa penginapan. Tetapi bisa juga untuk menghemat dengan cara camping di salah satu tempat populer tersebut. Semoga ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari tempat wisata di Pulau Nusa Penida. Salam longtriper.
Iklan