free counter with statistics Laklak, Kuliner Khas Bali Yang Lezat
T11/08/2017

Laklak, Kuliner Khas Bali Yang Lezat

Iklan
Iklan
Bali tidak hanya menawarkan keindahan alam pegunungan yang sejuk dan hijau serta mempesona, juga menawarkan wisata kuliner yang siap memanjakan perut para pelancong. Menikmati indahnya pesona pulau bali sambil mencicipi kulinernya sungguh pengalaman wisata yang sangat berkesan. Jika anda kebetulan berlibur ke Bali coba nikmati kuliner kue laklak untuk merasakan sensasi liburan plus menikamti kulinernya. 
Laklak, Kuliner Khas Bali Yang Lezat
Laklak Bali
Image by @dexdana

Jika dilihat sepintas, kue atau jajan laklak Bali mirip dengan kue Surabi (kuliner khas Jawa Barat). Hanya saja kalau kue surabi memiliki varian rasa seperti surabi keju, surabi susu, surabi coklat, dan lain sebagainya. Sedangkan kalau kue laklak hanya memiliki satu varian saja yakni dengan parutan kelapa dan gula merah. Hanya saja terkadang kita melihat kalau kue laklak Bali ini berwarna hijau dan putih saja.

Jajanan atau kue laklak ini terbuat dari tepung beras, santan, garam, dan ditambahkan pewarna alami dari daun suji supaya kelihatan hijau. Tetapi ada juga yang tidak ditambahkan pewarna sehingga kue inni kelihatan putih. Pembuatannya pun sangat unik, di mana cetakannya tebuat dari tanah liat. Adonan kuel laklak yang cair dituangkan ke dalam cetakan dan didiamkan beberapa menit lalu dicukil untuk mengeluarkan kue yang mungil ini dari cetakannya.

Saat penyajian kue ini ditaburi parutan kelapa di atasnya lalu diisi gula merah cair. Begitu digigit, kuenya yang lembut terasa lesat dengan rasa khas parutan kelapa plus manisnya gula merah. Sayangnya, kue ini tidak bisa disimpan terlalu lama karena cepat basi. Jadi kue ini sangat lezat dimakan pada saat baru selesai dibuat.

Kue ini banyak dijual di kampung-kampung oleh penjaja kue keliling. Harganya pun relatif murah karena bentuknya mungil, sekali beli, orang-orang bisa membeli 5 buah kue sekaligus dalam satu paket. Jika di Bali kue ini mudah sekali ditemukan di tempat-tempat wisata yang menyediakan kuliner khas Bali. Bahkan ada beberapa restoran-restoran juga menyajikan camilan yang mungil ini untuk para wisatawan asing yang kebetulan berlibur ke pulau bali.


Laklak Bali sangat pas sekali kalau dimakan pada saat liburan di daerah pantai atau daerah pegunungan yang sejuk, apalagi ditemani secangkir kopi atau teh panas. Tidak hanya digemari oleh warga lokal lho, wisatawan asing juga banyak yang mencoba menikmati lezatnya camilan yang satu ini. 
Iklan