free counter with statistics Tempat Wisata Di Bali Yang Dekat Dengan Gunung Agung
T11/21/2017

Tempat Wisata Di Bali Yang Dekat Dengan Gunung Agung

Iklan
Iklan
Gunung Agung merupakan gunung tertinggi di pulau yang mendapat julukan The Island of Paradise ini. Tidak hanya merupakan gunung tertinggi, gunung Agung merupakan gunung yang sangat disucikan oleh umat Hindu di Bali. Gunung ini menjadi tujuan wisata favorit bagi wisatawan yang hobi mendaki gunung. Kebanyakan wisatawan yang mengunjungi gunung Agung berasal dari wisatawan mancanegara khususnya dari kawasan eropa. 
Tempat Wisata Di Bali Yang Dekat Dengan Gunung Agung
Gunung Agung 

Tidak hanya gunung agung yang menjadi incaran para traveler, tidak jauh dari gunung agung yang menjulang tinggi ini tersebar beberapa objek wisata yang terkenal yang siap menyambut kunjungan para pelancong. Berikut admin bagikan beberapa objek wisata yang dekat dengan gunung agung yang layak untuk dikunjungi.

1. Taman Bunga Kasna
Bunga Kasna (bahasa Bali) atau dikenal dengan nama bunga Edelweiss tidak hanya ditemukan di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango lho, tetapi dapat kalian temukan di Desa Temukus, Bali. Desa yang berada di lereng Gunung Agung ini ternyata menjadi incaran para anak muda yang ingin mengabadikan momen indah berfoto di kebun bunga Kasna milik warga setempat. Awalnya tanaman ini tumbuh liar di sela-sela bebatuan gunung Agung, dan sekarang dibudidayakan di sebuah perkebunan di desa Temukus karena niali jualnya sangat tinggi menjelang hari raya Galungan. Selain Bunga Kasna di sini juga banyak kebun Bunga Gumitir atau Marigold. Lokasi Desa Temukus tidak jauh dari tempat wisata Pura Besakih yang terkenal tersebut.

2. Pura Besakih
Pura Besakih merupakan tempat peribadatan umat Hindu terbesar di Bali, bahkan tempat suci ini mendapat julukan The Mother Temple. Tempat suci ini tepat berada dilereng barat daya gunung Agung. Jika cuaca cerah, kita bisa melihat gunung Agung sangat dekat sekali. Tiap hari pura ini selalu dipadati oleh pengunjung yang ingin melakukan persembahyangan khususnya umat Hindu. Tidak hanya dikunjungi oleh warga lokal, bahkan para pelancong juga kerap kali terlihat lalu lalang di kawasan suci ini, karena di sini terdapat spot untuk berfoto yang sangat bagus sekali.

3. Rafting Telaga Waja
Jika suka dengan wisata tantangan, coba bermain arung jeram di Tukad (sungai) Telaga Waja. Selama dua jam lebih para penikmat rafting akan diajak berpetualang menyusuri sungai bersama pemandu yang sudah berpengalaman. Sepanjang perjalanan akan disuguhkan dengan pemandangan yang hijau dan asri. Terkadang para traveler akan diajak istirahat sejenak untuk menikmati indahnya air terjun telaga waja. Tempat ini benar-benar populer bagi yang suka dengan aktivitas tantangan selama berlibur ke pulau bali.

4. Bukit Jambul
Tempat wisata Bukit Jambul berada di perbatasan antara kabupaten Karangasem dengan Klungkung. Tempat ini benar-benar strategis karena berada di pinngir jalan raya Besakih. Pengunjung akan disuguhkan dengan keindahan alam perbukitan yang berapadu dengan indahnya persawahan terasering. Hijaunya pepohonan akan menambah indahnya kawasan ini. Dikejauhan pengunjung dapat melihat indahnya laut yang membiru. Sungguh tempat yang sangat pas untuk istirahat sejenak.

5. Pura Lempuyang
Pura Lempuyang Luhur merupakan tempat suci bagi umat Hindu di Bali. Panorama di pura Lempuyang memang benar-benar menakjubkan, dengan latar belakang panorama Gunung Agung yang menjulang tinggi nan memukau. Sekitar kawasan suci ini keadaan alamnya masih asri karena masih dalam bentuk hutan yang terus terjaga kelestariannya. Wisatawan yang gemar trekking, melakukan perjalanan ke Pura Luhur ini akan memberikan sensasi dan pengalaman yang indah, ada beberapa jalur pendakian menuju puncak, jika mau yang lebih gampang, sudah disediakan di jalur utama dengan tangga berundak, yang juga digunakan oleh umat Hindu sebagai jalur persembahyangan.

6. Taman Ujung Sukasada
Taman Sukasada Ujung merupakan sebuah taman air kerajaan, tidak mengherankan jika di taman ini terdapat sebuah istana raja yang lokasinya berada di tengah sebuah kolam. Objek wisata Taman Ujung sangat cocok digunakan untuk kegiatan fotografi dan sekedar nongkrong-nongkrong bersama keluarga karena di areal ini ada lapangan yang cukup luas. Hampir setiap harinya Taman Ujung selalu ramai dikunjungi wisatawan baik itu wisatwan lokal maupun asing. Dari Taman ujung para wisatawan juga bisa melihat laut lepas dengan pantainya sehingga menambah keindahan tempat ini.

7. Pantai Tulamben
Bagi pecinta diving (menyelam) di Bali, maka pantai Tulamben tentu tidak akan asing lagi, karena kawasan ini merupakan tempat istimewa dengan keindahan pemandangan bawah laut yang sudah terkenal. Tidak hanya cantik di dalam lautnya, pesona pantai tulamben juga mampu menarik wisatawan untuk berkunjung ke bali timur ini dengan suguhan pesona bahari yang keindahannya tiada tara.

9. Bukit Putung
Tempat wisata Bukit Putung mempunyai keindahan alam yang merupakan kombinasi antara pegunungan yang hijau dengan laut yang biru dari kejauhan. Tempat ini sangat cocok bagi yang suka dengan suasana tenang dan damai apalagi hawa udara di tempat ini sangat sejuk. Dari tempat wisata ini kita bisa melihat keindahan alam di kecamatan Manggis seperti keindahan laut dan garis pantai dengan dermaga, perahu tradisional nelayan Bali sedang berlayar sedang menangkap ikan, dan petak-petak sawah milik penduduk di kecamatan Manggis. Selain itu, kelihatan juga gugusan pulau Nusa Penida yang berada di tengah lautan Indonesia. Dengan susana seperti itu tentu membuat pengunjung betah berlama-lama menikmati panorama di tempat wisata Bukit Putung ini.

10. Bukit Pemukuran
Di sini kita bisa melihat indahnya laut selatan Karangasem yang membiru dari ketinggian 600 m di atas bukit, Pelabuhan Teluk Amuk dan bukit-bukit menghijau di sekitarnya. Di sini tersedia area parkir yang cukup luas dan beberapa gazebo untuk nongkong. Tempat sangat bagus untuk sekedar nongkrong sambil menikmati sejuknya kawasan desa sibetan yang terkenal akan buah salak bali yang manis.

11. Agro Wisata Salak Sibetan
Desa Sibetan merupakan desa penghasil buah salak Bali. Di Agro Wisata Salak Bali ini pengunjung yang datang dapat melihat langsung, memetik dan proses panen salak serta juga dapat mengetahui tentang bagaimana salak-salak itu dipasarkan. Di sini tersedia warung makanan dan minuman bahkan penginapan.

12. Bukit “Surga” Nampo
Bukit Nampo atau dikenal dengan sebutan Bukit Surga merupakan tempat wisata yang menawarkan panorama alam perbukitan yang indah dan masih alami. Jika kita melihat ke bawah, akan terlihat persawahan yang luas dan perkebunan yang mengijau. Lautan luas membentang di sisi tenggara pulau Bali dengan awan putih yang beriringan di atasnya. Kawasan ini sangat bagus untuk melihat matahari terbit di kala pagi hari. Sedangkan di malam hari, kelap kelip lampu di wilayah Karangasem termasuk di Kota Amlapura yang menambah indahnya suasana. Jika ingin merasakan sensasi melihat matahari terbit dan pesona malam hari di bukit nampo, coba berkemah di bukit ini.

13. Bukit Cemara Bebandem
Bukit Cemara lokasinya sangat jauh dan berada di pelosok desa. Dari atas bukit ini kita akan disuguhkan dengan panorama Gunung Agung yang sangat dekat dan di sisi lainnya juga terlihat lautan yang membentang luas. Tempatnya sangat tenang dan suasana alamnya yang masih sangat alami membuat tempat ini sangat bagus untuk kegiatan kemah. Keistimewaan lain dari bukit Cemara ini adalah kita bisa melihat fenomena matahari terbenam (sunset) dengan sangat keren di balik Gunung Agung.

14. Rumah Pohon Temega
Rumah Pohon Temega merupakan salah satu tempat wisata baru dan sedang ngehits di Karangasem Bali. Rumah Pohon Temega dapat dikatakan sebagai sebuah tempat atraktif dan kreatif untuk bersantai menikmati keindahan alam pedesaan, pohon-pohon rindang dan menjulang tinggi, serta hamparan persawahan. Tempat ini mampu membuat pengunjung betah untuk berlama-lama hanya untuk sekedar menikmati keindahan pesona sekitar rumah pohon ini. Tempat ini tidak hanya disukai oleh para anak muda yang gemar berswafoto, tetapi juga sangat digemari oleh anak-anak dan orang dewasa.

15. Taman Air Tirta Gangga
Taman Tirta Gangga merupakan taman air kerajaan milik keluarga Raja Karangasem. Lokasinya berada di tengah sawah dan dikelilingi oleh perbukitan hijau sehingga pemandangannya begitu indah dan damai. Pemandangan taman air ini sungguh menakjubkan. Begitu pengunjung memasuki kawasan taman ini, akan disuguhkan kolam air yang begitu indah. Di sini terdapat tiga kolam yang saling terhubung. Kolam yang berada di sisi kanan yang dihiasi oleh bebatuan dekoratif yang diletakkan di sekitar kolam yang berfungsi sebagai jembatan, sehingga pengunjung bisa berada di dalam kolam tanpa harus basah-basahan. Di kolam ini terdapat banyak sekali ikan mas yang berenang di kolam air. Terkadang ada juga pengunjung yang memberikan makan ikan mas tersebut.

16. Pantai Amed
Pantai Amed tidak berpasir putih, melainkan berpasir hitam yang didominasi batu krikil yang menutupi bibir pantainya. Tidak seperti pantai yang di bali selatan yang populer karena memiliki pasir putih yang eksotis, tetapi Pantai Amed populer karena bentang alam pantai yang sangat unik, pesona matahari terbitnya dan keindahan bawah lautnya. Jika dilihat dari perbukitan, pantai amed memiliki bentang pantai yang melengkung dengan pepohonan yang menghijau disekitarnya, sungguh bentang alam pantai yang benar-benar indah. Di tambah dengan banyaknya jukung-jukung milik nelayan yang menghiasi bibir pantai akan menambah keindahan pantai ini. Pagi hari pelancong akan disuguhkan dengan pesona matahari terbitnya yang benar-benar memukau mata. Pantai amed juga merupakan pantai yang memiliki spot terbaik snorkeling dan menyelam di Bali.

17. Rumah Pohon Tukad Abu
Rumah Pohon Tukad Abu menjadi sebuah objek wisata baru di Karangasem, walaupun keberadaan tempat rekreasi ini sudah cukup lama tetapi tempat ini baru terkenal berkat media sosial yang menyebarkan keindahan kawasan ini. Pengunjung akan disajikan dengan taman-taman hijau dan sebuah kolam ikan pada areal ini cukup menyejukkan dan menyajikan suasana berbeda dibandingkan dengan lingkungan sekitarnya. Selain itu, pengunjung akan disuguhkan dengan kemegahan Gunung Agung yang kokoh berdiri dan terlihat sangat dekat sekali. Sebuah rumah berukuran mungil dibuat di atas pohon yang membuat kawasan ini menjadi unik. Untuk menuju rumah pohon tersebut, pengunjung bisa naik melalui jembatan gantung yang terbuat dari bambu. Dari atas rumah pohon wisatawan bisa menyaksikan pemandangan alam yang sangat indah.

Nah itu beberapa tempat wisata di Bali yang dekat dengan Gunung Agung. Semoga artikel ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari tempat wisata yang dekat dengan dengan Gunung Agung. Salam Longtriper.
Iklan