free counter with statistics Tempat Wisata Penangkaran Penyu Deluang Sari Bali
T11/23/2017

Tempat Wisata Penangkaran Penyu Deluang Sari Bali

Iklan
Iklan
Penyu merupakan salah satu fauna yang masuk dalam kategori fauna yang dilindungi pemerintah karena keberadaanya hampir punah. Banyak faktor yang menyebabkan fauna ini hampir mengalami kepunahan, salah satunya karena perburuan untuk diambil dagingnya. Selain itu, telur-telur penyu yang tersimpan di pantai juga kerap diambil oleh manusia sehingga makin memperburuk keberadaan hewan yang satu ini.
Tempat Wisata Penangkaran Penyu Deluang Sari Bali
Tempat wisata penangkaran penyu Deluang Sari


Untuk menjaga penyu dari kepunahan maka pemerintah mengeluarkan undang-undang pelarangan pemburuan penyu. Bersama dengan pihak swasta dan lembaga swadaya masyarakat, pemerintah ikut andil dalam membuat penangkaran penyu. Tidak hanya sebagai tempat konservasi penyu, ternyata penangkaran penyu juga dapat dijadikan destinasi wisata edukasi. Bali merupakan salah satu tempat penangkaran penyu dan dijadikan sebagai tujuan wisata. Tempat wisata penangkaran penyu di Bali tidak hanya terdapat di pulau serangan dan pantai perancak, tetapi juga terdapat di Tanjung Benoa Bali. Penangkaran penyu di tanjung benoa bernama Deluang Sari atau Deluang Sari Turtle Farm.

Di Deluang Sari Turtle Farm terdapat kolam atau bak-bak penampungan yang khusus disediakan untuk menampung dan merawat penyu-penyu dari mulai baru menetas sampai yang sudah dewasa. Uniknya, wisatawan yang berkunjung ke Deluang Sari dapat memegang penyu, memberi makan penyu, berfoto bersama penyu, dan masuk ke dalam kolam penangkaran.

Di samping melihat penangkaran penyu, wisatawan yang datang kesini juga dapat melihat berbagai jenis binatang lainnya seperti kalong (kelelawar besar), ular yang sudah jinak, iguana besar, burung, dan lain sebagainya. Sebagai kawasan wisata, di tempat penangkaran penyu deluang sari juga sudah tersedia rumah makan. Jadi jangan khawatir kelaparan saat berkunjung ke lokasi ini. Selain itu, di sini juga dapat membeli cindera mata dan dapat melihat pertunjukan satwa, sehingga kawasan ini sangat cocok buat wisata keluarga.

Sekitar tempat ini masih hijau dan asri dengan hutan bakau yang tumbuh dengan suburnya serta memiliki pemandangan pantai pasir putih dan menghadap ke pelabuhan benoa. Sehingga kawasan ini benar-benar sangat cocok untuk tempat penangkaran penyu. Ketika air laut surut maka pengunjung bisa menyeberang ke Deluang Sari hanya dengan berjalan kaki. Namun ketika air pasang, maka penyeberangan harus dilalui dengan perahu motor atau glass bottom boat. Tidak jauh dari lokasi penangkaran penyu Deluang Sari terdapat wahana watersport yang berada di Tanjung Benoa.

Lokasi dan Cara Akses Ke Deluang Sari Turtle Farm
Lokasi atau alamat Deluang Sari Turtle Farm terletak di sebelah barat Tanjung Benoa, sebelah timur jalan Tol Bali Mandara arah Nusa Dua, menempuh jarak sekitar 13 km dari bandara Ngurah Rai, dan butuh waktu sekitar 15 menit naik glass bottom boat dari pelabuhan benoa dan tanjung benoa.
Tempat Wisata Penangkaran Penyu Deluang Sari Bali
Glass Botton Boat

Untuk mengakses penangkaran penyu Deluang Sari dapat melalui pelabuhan Benoa Denpasar, ataupun dari Tanjung Benoa melalui glass bottom boat yakni perahu bermotor yang terbuat dari kaca. Jadi, wisatawan harus menyewa glass bottom boat untuk menjangkau lokasi ini. Selama perjalanan menyusuri teluk benoa, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan bawah laut dengan biota-biota laut dari atas permukaan air. Glass bottom boat ini bisa menampung penumpang sebanyak 10 orang, lho. jadi ajaklah keluarga atau teman-teman anda untuk berlibur ke tempat wisata penangkaran penyu Deluang Sari Bali. Jangan lupa mengabadikan momen-momen indah bersama orang-orang yang dicintai dan membagikannya di sosial media. Semoga liburan anda di bali menyenangkan dan berkesan.
Iklan