free counter with statistics Inilah Tempat Wisata Sepanjang Jalur Gilimanuk-Denpasar
T11/05/2017

Inilah Tempat Wisata Sepanjang Jalur Gilimanuk-Denpasar

Iklan
Iklan
Bali memang terkenal akan destinasi wisata yang mampu menarik para wisatawan untuk mengunjunginya kembali. Jika anda datang dari barat pulau jawa melalui pelabuhan gilimanuk dan ingin melanjutkan perjalanan ke timur menuju kota denpasar tentu akan melalui beberapa tempat wisata yang layak untuk dikunjungi. 
Tempat Wisata Sepanjang Jalur Gilimanuk-Denpasar
Jalur Gilimanuk - Denpasar

Jarak tempuh dari pelabuhan gilimanuk hingga ke pusat kota denpasar akan menempuh perjalanan sepanjang 130 km atau dengan waktu tempuh sekitar 3 jam 58 menit versi google map. Jarak tempuh sepanjang itu tentu perjalanan anda akan membosankan,apalagi mengajak anak-anak. Akan lebih baik untuk mengunjungi beberapa objek wisata yang menarik sepanjang Gilimanuk-Denpasar. Berikut beberapa objek wisata yang bisa anda kunjungi di jalur Gilimanuk-Denpasar.

1. Teluk Gilimanuk
Keberadaan objek wisata teluk Gilimanuk sangat mudah sekali untuk dikunjungi, karena lokasinya berada tepat depan Pelabuhan Gilimanuk dan bersebelahan dengan Terminal Gilimanuk. Di teluk ini terdapat sebuah taman dengan beberapa bale bengong (gazebo) sebagai tempat untuk istirahat. Lokasi taman ini begitu mempesona karena berada di pinggir pantai. Selain fasilitas itu, di kawasan objek wisata ini juga tersedia perahu motor untuk berkeliling teluk dengan panorama yang sungguh menawan.

2. Pantai Karang Sewu
Tidak jauh dari pelabuhan gilimanuk sekitar 300 meter, terdapat sebuah pantai yang bernama pantai karang sewu. Pantai ini terletak di Banjar Arum, Desa Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana.  Pantai ini memiliki panorama alam yang sangat indah dengan hamparan padang rumput hijau yang luas. Cocok untuk istirahat sejenak untuk melepaskan lelah akibat perjalanan yang jauh karena pantai ini menawarkan kedaiaman setiap pengunjungnya.

3. Monumen Operasi Lintas Laut Jawa-Bali
Monumen Operasi Lintas Laut Jawa–Bali dibangun untuk menghormati dan mengenang jasa para pejuang-pejuang republik yang telah dengan gigih melakukan pertempuran pada April 1946. Monumen ini berjarak sekitar 4,1 km dari pelabuhan gilimanuk. Monumen ini memang tidak banyak pengunjungn tiap harinya. Padahal monumen ini memiliki halaman yang cukup luas untuk parkir kendaraan dan lokasinya pun sangat strategis. Dengan nuansa merah putih monume ini sangat mudah sekali terlihat. Apalagi sudah dipasang spanduk bertuliskan "Selamat Datang di Monumen Operasi Lintas Laut Jawa-Bali".

4. Taman Nasional Bali Barat
Jika anda ingin melihat burung jalak bali coba sempatkan mampir ke taman nasional bali barat. Taman ini masih termasuk dalam wilayah kabupaten Jembrana dengan jarak sekitar 8 km dari pelabuhan gilimanuk. Kawasan Taman Nasional Bali Barat merupakan kawasan hutan hutan yang rindang dan sangat cocok dijadikan sebagai tempat istirahat tapi hanya di pinggir jalan saja. Perlu diperhatikan bahwa di hutan ini terdapat banyak kera, jadi diharapkan untuk berhati-hati jika akan istirahat di tempat ini.

5. Taman Kota Pecangakan
Tepat di Kota Negara (ibu kota kabupaten Jembrana) akan menemukan sebuah taman yang berada di pingir jalan raya dengan sebuah patung yang dikelilingi air mancur. Patung tersebut sama seperti patung Dewa Ruci yang berada di simpang siur Kuta. Area di taman kota pecangakan ini sangat rindang karena terdapat beberapa pohon sebagai penghijauan.

6. Pantai Rambut Siwi
Pantai Rambut Siwi masih relatif sepi dari kunjungan, walaupun pantai ini sepi dari pengunjung bukan berati pantai ini tidak layak untuk dikunjungi. Justru sebaliknya, pantai ini menawarkan keindahan lautnya dibalut dengan keindahan pura rambut siwi yang berdiri di atas tebing di pantai ini. Pantai ini memiliki area yang berpasir hitam yang cukup luas sehingga sangat cocok untuk melakukan aktivitas olahraga seperti jogging, sepak bola, dan bola voli pada sore hari maupun di pagi hari. Pantai ini sangat cocok untuk mencari suasana sepi dan nyaman dan jauh dari aktivitas perkotaan.

7. Pantai Medewi
Pantai Medewi terletak di Desa Medewi, Kecamatan Pekutatan, Jembrana, Bali. Pantai ini sangat mudah untuk diakses karena dapat ditempuh dengan kendaraan bemotor hingga ke bibir pantai dan berjarak 100 meter dari jalan utama Denpasar–Gilimanuk. Jika Anda dari Denpasar maka Anda akan menempuh jarak 72 km untuk menempuh pantai ini dengan melalui jalur Denpasar –Gilimanuk. Walaupun pantai ini berpasir hitam, keindahan alam yang disajikan sangat menawan dan mampu menarik wisatawan untuk berkunjung kembali ke pantai ini.

8. Kawasan Wisata Pantai Yeh Leh
Kawasan Wisata Pantai Yeh Leh merupakan spot istirahat yang sangat populer karena berada tepat di pingir jalan raya Denpasar–Gilimanuk. Selain sebagai tempat istirahat karena tersedia warung yang menjajakan makanan dan minuman yang siap mengisi perut anda. Kawasan ini benar-benar indah dengan pohon kelapa yang menghijau. Bakso dan es kelapa merupakan menu paling pavorit di pantai ini dan harganya pun tidak terlalu mahal. Biasanya banyak yang nongkrong sekitar patung makepung yang menjadi ikon Kabupaten Jembrana.

9. Pantai Soka
Pantai Soka berada di tepi jalan jurusan Denpasar –Gilimanuk dengan area parkir yang cukup luas yang berjarak sekitar 43 km dari arah kota Denpasar. Pantai Soka berada di Banjar Soka, Desa Antap, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan. Pantai Soka sering digunakan sebagai tempat mampir mobil pribadi dan bus pariwisata yang sedang melakukan perjalanan ke arah barat maupun sebaliknya. Bahkan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) sering singgah untuk memberikan kesempatan bagi penumpang istirahat. Di tempat ini dilengkapi dengan sederetan warung Muslim dan kamar mandi. Di kawasan ini juga terdapat museum ogoh-ogoh yang menajang puluhan ogoh-ogoh (patung raksasa yang di arak pada saat menjelang perayaan nyepi) dengan berbagai ukuran. View yang disajikan oleh pantai soka juga tidak kalah menawannya dengan pantai lainnya yang berpasir hitam di bali.

Nah itu beberapa obje wisata yang ada di jalur Gilimanuk menuju Denpasar atau sebaliknya. Dengan beberapa tempat wisata yang ada di pinggir jalan dari Gilimanuk - Denpasar ini maka para pelancong yang melakukan perjalanan dapat memiliki tempat istirahat yang nyaman dan menyenangkan. Semoga artikel ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari tempat wisata yang dekat dengan jalur Gilimanuk-Denpasar. Salam Longtriper.
Iklan