free counter with statistics Tipat Cantok, Kuliner Khas Bali Yang Merakyat
T11/18/2017

Tipat Cantok, Kuliner Khas Bali Yang Merakyat

Iklan
Iklan
Berlibur ke Bali akan sangat lengkap kalau sudah mencicipi kuliner khas Bali. Kuliner khas Bali sangat mudah sekali ditemui. Hampir tiap tempat wisata yang populer atau terkenal di bali menawarkan sajian kuliner khas bali. Misalnya di tempat wisata kintamani pelancong akan ditawarkan kuliner ikan mujair nyat-nyat, sedangkan jika berlibur ke desa wisata penglipuran kita akan disuguhkan dengan minuman loloh cemcem yang memiliki enam rasa ini. Ada lagi kuliner khas bali yang sangat mudah sekali kita temui, yakni tipat cantok.

Tipat cantok tidak hanya mudah ditemui di tempat-tempat wisata, bahkan hampir seluruh wilayah pulau dewata dengan mudah menjumpai kuliner khas bali yang satu ini. Makanan ini paling mudah didapatkan di warung-warung lokal. Selain karena rasanya yang enak, kuliner ini harganya yang murah meriah, antara Rp 5.000 - Rp 7.000. Makanan khas bali ini mirip dengan ketoprak (makanan khas Jakarta dan gado-gado (makanan khas Jogyakarta). Bahkan bahan yang digunakan pun hampir sama.
Tipat Cantok, Makanan Khas Bali Yang Merakyat
Tipat Cantok

Dalam bahasa Bali, tipat memiliki pengertian "ketupat" dan cantok memiliki pengertian "pengulegan”. Ya untuk membuat tipat cantok harus menggunakan pengulegan atau “penyantokan” atau lebih dikenal dengan nama cobek. Komponen utama pembuatan tipat cantok adalah kacang tanah yang sudah digoreng, sayuran rebus, dan ketupat. Bahan sayuran yang sering digunakan untuk membuat tipat cantok biasanya kacang panjang, toge, bayam, dan kangkung. Terkadang sayuran tersebut bisa juga diganti dengan tahu yang sudah digoreng.

Tipat Cantok merupakan kuliner khas di Bali yang sudah merakyat. Makanannya tidak membosankan, murah, bisa dibeli di mana saja, jadi ya banyak disukai. Untuk membuatnya pun tidak sulit, karena bahan-bahannya mudah sekali didapatkan. Berikut admin bagikan cara membuat tipat cantok khas bali tersebut.

Siapkan bahan-bahan yang direbus yakni tipat janur, kacang panjang, tauge, dan kangkung. Bahan untuk bumbu yakni kacang tanah (goreng), gula merah (secukupnya), cabai rawit (sesuai selera), kencur (secukupnya), bawang putih (goreng), garam (secukupnya). Bahan tambahan lainnya yakni 1 buah jeruk limau. Cara membuatnya, pertama haluskan (uleg) semua bumbu dengan cobek dan tambahkan sedikit air kemudian tambahkan sedikit perasan jeruk limau. Campurkan potongan ketupat dan sayur rebus ke dalam bumbu yang diuleg tadi, lalu aduk hingga merata. Lalu sajikan tipat cantok ke dalam piring dan sudah siap untuk dinikmati. Akan lebih lengkap rasanya kalau tipat cantok ini disajikan bersama minuman es daluman.

Bagaimana? Tertarik untuk menikmati kuliner khas Bali yang satu ini? Jika datang ke bali jangan lupa membelinya ya. Akan tetapi sebelum menikmati rasa yang aslinya di pulau Dewata alangkah baiknya coba untuk membuatnya di rumah.
Iklan