free counter with statistics Inilah 100 Tempat Wisata Di Kabupaten Bangli Bali
T12/07/2017

Inilah 100 Tempat Wisata Di Kabupaten Bangli Bali

Iklan
Iklan
Bangli merupakan salah satu kabupaten yang berada di pulau bali. Jika berkunjung ke kabupaten bangli jangan berharap akan menemukan tempat wisata pantai karena kabupaten bangli tidak memiliki garis pantai, bahkan merupakan satu-satunya kabupaten di bali yang tidak memiliki garis pantai. Walaupun tidak memiliki pantai tetapi kabupaten ini dalam bidang daya tarik wisata tidak kalah dengan kabupaten di bali yang lainnya. Kawasan kabupaten bangli sebagian besar merupakan daerah perbukitan yang berhawa sejuk pada siang hari.
Inilah 100 Tempat Wisata Di Kabupaten Bangli Bali
Salah satu tempat wisata di Bangli

Berikut admin bagikan beberapa tempat wisata yang layak untuk dikunjungi jika berlibur ke kabupaten bangli.

1. Pura Puncak Penulisan
Pura Penulisan terdapat berbagai peninggalan dari jaman megalitikum sampai dengan masuknya peradaban agama Hindu ke Bali. Lokasi: Desa Sukawana, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali

2. Pura Kehen
Pura Kehen mempunyai keunikan pada pintu masuk pura yang berbentuk Candi Kurung. Di Pura kehen juga terdapat Bale Kulkul (tempat kentongan) di atas pohon beringin yang berusia ratusan tahun. Lokasi: Desa Cempaga, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali

3. Desa Trunyan
Masyarakat di Desa Trunyan memiliki tradisi yang unik yaitu penguburan terbuka. Orang yang telah meninggal jenasahnya tersebut diletakkan di atas tanah area kuburan yang bernama Seme Wayah. Lokasi: Desa Trunyan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali

4. Wisata Pendakian Gunung Batur
Dari puncak gunung Anda bisa melihat pemandangan matahari terbit yang begitu indah, begitu merah dan bercampur dengan warna biru yang tipis. Lokasi: Desa Songan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali

5. Desa Wisata Penglipuran
Desa Penglipuran memiliki ciri khas tersendiri dengan bentuk arsitektur bangunan rumah tradisional yang serupa dan tersusun rapi mulai dari ujung utama desa sampai bagian hilir desa. Desa ini mendapat predikat desa terbersih di dunia. Lokasi: Desa Adat Penglipuran, Kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali.

6. Penelokan Batur
Penelokan Batur merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat indahnya pemandangan Gunung dan danau Batur. Lokasi: desa Batur Tengah, kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

7. Air Terjun Tukad Cepung
Air terjun tukad cepung disebut sebagai “air terjun dari langit” karena jika diperhatikan sekilas tampak air terjun ini jatuh dari langit karena disilaukan oleh cahaya matahari. Lokasi: Banjar Penida Kelod, Desa Tembuku, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali.

8. Air Terjun Tibumana
Air Terjun Tibumana terkadang mengalirkan dua air  terjun secara berdampingan, sehingga air terjun ini disebut sebagai air terjun kembar. Uniknya lagi, di belakang air terjun yang terdapat goa. Lokasi: Banjar Bangun Lemah Kawan, Desa Apuan, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli, Bali.

9. Air Terjun Tangkub
Nama lain dari air terjun Tangkub adalah air terjun Slau, karena air terjun ini berada di sungai Slau. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dari permukaan air sungai. Lokasi: Desa Undisan Kelod, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali.

10. Air Terjun Dusun Kuning
Air Terjun Dusun Kuning memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter di atas permukaan air tukad melangit. Air terjun dusun kuning airnya tidak pernah surut walaupun musim kemarau karena alam disekitarnya masih terjaga dan alami. Lokasi: Dusun Kuning, Desa Taman Bali, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali.

11. Air Terjun Dedari Jelekungkang
Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan memiliki kolam yang bisa digunakan untuk mandi. Lokasi: Banjar Jelekungkang, Desa Taman Bali, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali.

12. Air Terjun Kutuh
Air Terjun Kutuh memiliki 2 tingkatan dengan total ketinggian air terjun keseluruhan kurang lebih 40 meter. Pada tingkat pertama, terdapat aliran air terjun berdebit kecil yang bersuhu panas. Lokasi: Desa Subaya, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

13. Air Terjun Palisan
Air terjun ini berdekatan lokasinya dengan air terjun Kutuh. Lokasi: Desa Subaya, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

14. Air Terjun Linjong
Air terjun ini lokasinya berdekatan dengan air terjun kutuh dan palisan. Jadi berkunjung ke air terjun linjong akan mendapatkan 3 titika air terjun. Lokasi: Desa Subaya, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

15. Air Terjun Tirta Payuk
Air Terjun Tirta Payuk merupakan air terjun yang tidak begitu tinggi dan airnyapun tidak terlalu deras. Air terjun Tirta Payuk ini berada diantara dua tebing yang agak menjorok kedalam. Bentuknya seperti mangkuk. Lokasi: Banjar Bangun Lemah, Desa Apuan, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli, Bali.

16. Air Terjun Pengibul
Nama lain Air Terjun Pengibul adalah Air Terjun Yeh Empel.  Air terjun ini memiliki dua tingkatan dimana tingkatan pertama lebih tinggi dari yang kedua yang tingginya mencapai 15 m. Lokasi: Desa Apuan, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli, Bali.

17. Air Terjun Bunutin
Untuk menuju air terjun ini kita akan melewati medan yang cukup ekstrem. Setelah melewati medan yang cukup berat, perjalanan anda akan terbayar dengan indahnya pesona air terjun ini. Lokasi: Desa Bunutin, Kecamatan Kintamani, Bangli

18. Air Terjun Sangsang
Air terjun Sangsang berada di tengah hutan, untuk mengakses air terjun ini perlu tenaga ekstra karena medannya cukup sulit. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan debit air tidak begitu deras. Lokasi: Desa Taman Bali, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali.

19. Air Terjun Ulu Bebengan
Air terjun ulu bebengan merupakan air terjun yang unik. Air yang jatuh seolah-olah masuk ke penampungan air dan tidak pernah penuh karena airnya keluar melalui celah-celah bebatuan tempat jatuhnya air terjun ini. Lokasi: Desa Tegalalang, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali.

20. Air Terjun Malet Kuta Mesir
Air terjun Malet Kuta Mesir memiliki ketinggian sekitar tujuh meter dan lokasinya berada di tengah-tengah lembah. Lokasi: Dusun Malet Kuta Mesir, Desa Tiga, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli, Bali.

21. Air Terjun Giri Campuhan
Air terjun dengan ketinggian sekitar 25 meter ini memiliki keunikan untuk menuju lokasi air terjun kita akan melalui sebuah goa peninggalan Belanda yang panjang mencapai sekitar 50 meter. Lokasi: Desa Tembuku, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali.

22. Air Terjun Berundag
Air terjun Berundag masih satu lokasi dengan air terjun giri campuhan. Disebut air terjun berundag karena air yang jatuh dari dinding tebing mengalir di bebatuan bertingkat. Lokasi: Desa Tembuku, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali.

23. Bukit Cinta Desa Pinggan
Pagi hari kita akan disuguhkan keindahan matahari terbit dengan siloet tiga gunungnya yakni gunung agung, gunung abang, dan gunung batur. Di pagi hari kita serasa berada di negeri atas awan. Lokasi: Desa Pinggan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

24. Bukit Sari
Dari atas bukit bisa melihat keindahan danau dan gunung Batur. Sangat bagus sebagai tempat berkemah. Lokasi: Desa Songan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

25. Desa Batukaang
Desa Batukaang menawarkan panorama alam di sekitarnya yang indah dan juga seni budaya. Di  sepanjang jalan akan disuguhkan dengan perkebunan kopi yang membentang sangat luas. Lokasi: Desa Batukaang, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

26. Wisata Pendakian Gunung Abang
Gunung Abang kini menjadi jalur trekking pendakian yang populer dikalangan wisatawan. Di puncak gunung kita akan dihadapkan dengan pemandangan yang sangat indah dari gunung Batur dan danau Batur. Lokasi: Desa Abangsongan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali

27. Museum Gunung Api
Di sini kita bisa mendapatkan berbagai informasi tentang bebatuan dan gunung berapi di Indonesia. Lokasi: Jl. Raya Penelokan, Desa Batur Selatan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali

28. Pura Ulun Danu Batur
Merupakan pura terbesar kedua yang ada di wilayah pulau bali. Dari lokasi pura, bisa dengan mudah menikmati pemandangan Gunung Batur yang indah. Lokasi: Jalan Kintamani, Desa Batur Selatan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali

29. Hutan Bambu Kubu
Di sini pengunjung akan disuguhkan keindahan hutan bambu yang menghijau. Di sini kita akan belajar untuk menjaga dan melestarikan alam. Lokasi: Desa Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali

30. Ayodya Oemah Strawberry Pengotan
Uniknya di sini perkebunan strawberry dengan sistem hidroponik. Pengunjung bisa memesan jus strawberry yang langsung dipetik dari kebunnya dan juga menyediakan beragam fasilitas untuk anak-anak. Lokasi: di pinggir jalan Bangli – Singaraja, Desa Pengotan, kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali

31. Desa Kuno Bayung Gede
Desa Bayung Gede termasuk desa kuno di Bali yang hingga kinipun masih dijaga kelestariannya. Desa Bayung Gede memiliki tradisi unik dalam hal menguburkan ari-ari (tali pusar) bayi yang baru lahir. Jika pada umumnya tali pusar bayi ditanam di tanah, di desa ini ditempatkan di batok kelapa dan digantungkan di pohon pada “setra” (kuburan) khusus yang terletak di belakang desa dan tradisi menaruh ari-ari di dalam batok kelapa ini sudah berlangsung sejak ratusan tahun lalu. Lokasi: Desa Bayung Gede, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali

32. Air Panas Toya Bungkah
Tempat yang sangat bagus untuk merelaksasi dengan berendam di air panas. Di sini juga tersedia area untuk kemah dengan peralatan yang sangat lengkap. Lokasi: Jalan Pendakian Gunung Batur, Toya Bungkah,  Desa Songan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

33. Bukit Medelen
Bukit Medelen menyajikan panorama alam yang luar biasa dengan hamparan perbukitan dan jurang-jurang yang dalam hingga lautan terbentang di depan dengan menajakan mata kita. Tempat ini sangat bagus untuk kegiatan kemah. Lokasi: Desa Subaya, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

34. Desa Wisata Undisan
Masyarakat desa Undisan menerapkan community based tourism, masih menerapkan sistem pertanian subak, dan memegang teguh aturan adat. Di sini kita bisa treking, bersepeda, membajak sawah dengan sapi, mengikuti cooking class, dan masih banyak lagi aktivitas lainnya. Lokasi: Desa Undisan, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali

35. Dukuh Hill Peninjoan
Di Dukuh Hill terdapat dua anjungan, dua ayunan dan rumah pohon. Uniknya, tempat wisata ini menyediakan perpustakaan gratis bagi pengunjungnya. Lokasi: Banjar Karang Suung Kaja, Desa Peninjoan, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali

36. Anjungan Tukad Melangit
Terdapat sebuah anjungan yang terbuat dari bambu yang menghadap ke arah selatan persis di atas Tukad Melangit. Lokasi: Banjar Antugan, Desa Jehem, Kecamatan Tembuku, kabupaten Bangli.

37. Wisata Danau Batur
Danau Batur merupakan danau terbesar di Pulau Bali dan masuk ke dalam kawasan taman bumi (geoprak). Danau yang berada di kaki Gunung Batur ini merupakan jenis danau kaldera aktif yang berada pada ketinggian 1.050 meter di atas permukaan laut (dpl). Dengan ketinggian seperti itu tentu kawasan danau batur memiliki hawa yang dingin. Lokasi: Desa Songan, Kecamatan kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

38. Lava Tumuli Gunung Batur
Di lava tumuli kintamani ini kita bisa berdiri dengan bebas memandang danau batur dan memandang dua gunung yang menjulang tinggi yakni gunung batur dan gunung abang. Tempat ini sangat bagus digunakan sebagai spot untuk mengadakan sesi foto praweding. Lokasi: Jalan Pendakian Gunung Batur, Toya Bungkah,  Desa Songan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

38. Agrowisata Desa Catur
Kawasan agrowisata Desa Catur Kintamani menawarkan keindahan alam pedesaan yang sangat asri. Desa ini juga menawarkan berbagai hasil pertanian dan perkebunan perkebunan kopi dan jeruk. Lokasi: Desa Catur, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

39. Desa Wisata Kedisan
Lokasi sangat ideal untuk menikmati panorama sekitar Danau Batur dengan latar Gunung Batur yang menjulang tinggi. Di sini terdapat dermaga penyeberangan ke objek wisata desa trunyan. Di tepian dermaga, nampak perahu-perahu kecil tertambat dan berbaris rapi. Lokasi: Desa Kedisan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

40. Desa Wisata Pengotan
Di desa wisata Pengotan menawarkan pesona desa tradisional yang terdapat sebuah komplek rumah asli masyarakat Bali Aga yang berjejer di kiri dan kanan jalan. Selain itu, di desa ini juga terdapat sebuah tempat kemah yang bernama Bali Woso. Lokasi: Desa Wisata Pengotan, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali.

41. Black Lava Hole
Black Lava Hole merupakan sebuah spot motocross di Kintamani sangat bagus untuk spot berfoto. Selain berfoto, terkadang kita bisa melihat orang sedang bermain motocross dan bisa menonton atraksi mereka untuk menguji adrenalin. Lokasi: Jalan Julali, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali

42. N’jung Bali Camp Kintamani
N’jung Bali Camp ini berada di pinggir Danau Batur menawarkan pengalaman berkemah yang asyik. Pemandangan alam yang sangat indah dengan danau batur dan dua gunung yang menjulang tinggi yakni gunung batur dan gunung abang. Lokasi: Banjar Dalem, Desa Songan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali

43. Pura Pancering Jagat Kintamani
Di komplek bangunan pura Ratu Sakti Pancering Jagat ada sebuah patung setinggi  4 meter bernama Datonta, diperkirakan berasal dari jaman Megalitik, bentuknya sederhana, namun memancarkan ekspresi wajah yang menyeramkan. Lokasi: desa Trunyan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali

44. Lembah Pantunan
Lembah Pantunan ini memiliki kelebihan hamparan sawah yang letaknya tepat berada di dasar bukit kecil dengan keindahan yang memukau mata. Lokasi: Banjar Bangkaing Sidem,  Desa Bangbang, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali.

45. Ekowisata Guliang Kangin
Wisatawan akan diajak berjalan mengelilingi perkampungan penduduk, sambil menyaksikan pemandangan dan aktivitas keseharian masyarakat desa seperti proses pembuatan perkakas dari besi, membuat minyak kelapa, menyadap nira dan berbagai aktivitas masyarakat lainnya. Lokasi: Banjar Guliang Kangin, Desa Taman Bali, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali

46. Bukit Lipang
Pesona yang ditawarkan berupa pemandangan lautan di kejauhan, perkebunan dan perbukitan yang indah tentunya masih asri. Lokasi: Desa Kutuh, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

47. Pesona Sekitar Pura Padang Sampian
Untuk bisa menikmati pemandangan yang indah, pegunjung harus melewati tangga yang jumlahnya tidak sedikit. Meskipun begitu, tidak akan merasa kelelahan karena akan disuguhi pemandangan yang sangat indah dengan pemandangan bukit, pantai, dan pepohonan yang hijau. Lokasi: Desa Kutuh, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

48. Agrowisata Buana Amerta Sari
Agrowisata  Buana Amerta Sari (BAS) menawarkan aktivitas trekking di tengah perkebunan kopi, kakao, buah tropis, dan aneka rempah lokal. Lokasi: Jalan Raya Jurusan Tampaksiring – Kintamani, Banjar Sribatu, Desa Penglumbaran, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli, Bali

49. Panjat Tebing Kintamani
Bagi yang suka olahraga tantangan, bisa mencoba memanjat tebing di kitamani. Sambil olahraga kita bisa melihat indahnya pesona alam sekitar yang asri dengan kebun bunga gumitir yang luas. Lokasi: Desa Songan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali

50. Twin Hill
Twin Hill merupakan sebutan oleh warga setempat yang merujuk pada Bukit Batu Madeg dan Bukit Jati yang letaknya berdekatan, terlihat seperti sepasang bukit kembar. Dari puncak bukit bisa menyaksikan hamparan sawah, pemukiman, hingga laut yang sangat indah. Lokasi: Banjar Guliang Kawan, Desa Bunutin, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali

51. Monumen Pahlawan Penglipuran
Monumen Pahlawan Penglipuran didirikan untuk memperingati para pejuang Bali yang dipimpin oleh Kapten Anak Agung Gede Muditha. Lokasi: Desa Adat Penglipuran, Kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali

52. Pura Tirta Sudamala
Pura Tirta Sudamala memiliki air pancuran mengalir dari mata air alam di sekitar pohon bunut besar yang sudah berumur ratusan tahun. Selain sebagai tempat melukat, airnya juga dikonsumsi untuk kebutuhan air minum oleh warga setempat. Lokasi: Banjar Sedit, Kelurahan Bebalang, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali

53. Pura Bukit Mentik
Di sekeliling Pura Bukit Mentik terdapat lava yang membeku, bekas material dari letusan Gunung Batur dengan lokasi pura sangat asri dan indah. Lokasi: Desa Adat Batur, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

54. Bukit Demulih
Cocok untuk kegiatan trekking, dengan pemandangan tanah persawahan di sekelilingnya. Lokasi: Desa Susut, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali.

55. Pura Dalem Jawa (Langgar)
Tempat tujuan wisata ziarah bagi umat muslim yang sedang liburan di Bali. Agama Hindu dan Muslim berada dalam satu tempat bangunan suci untuk sembahyang memuja leluhur mereka. Pura ini sering dikunjungi wisatawan dalam negeri baik untuk kepentingan wisata ataupun ziarah sambil melakukan shalat, tersedia juga sebuah pancuran di areal pura untuk mengambil wudhu. Lokasi: Banjar Dadia Puri, Desa Bunutin, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali.

56. Pura Pucaksari Tembuku
Pesona yang ditawarkan di kawasan Pura Pucaksari Tembuku yakni pemandangan matahari terbit yang tampak seperti muncul dari balik pinggang Gunung Agung. Lokasi: Desa Peninjoan, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali

57. Bukit Trunyan
Cocok untuk hiking karena menawarkan pemandangan Gunung dan Danau Batur akan menyambutmu ketika sampai di puncak Bukit Trunyan. Lokasi: Desa Trunyan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali

58. Pande's Farm Penglumbaran
Menawarkan pesona alam yang sangat indah dengan latar pegunungan yang hijau dan asri. Lokasi: Jalan Tampaksiring, Banjar Temen, Desa Susut, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali

59. Pura Ulun Subak Bukit Jati
Begitu memasuki Pura Bukit Jati, udara terasa sejuk. Dari areal pura ini akan terlihat panorama indah kawasan persawahan serta Bali bagian selatan bersama lautnya yang membiru. Lokasi: Dusun Guliang Kawan, Desa Bunutin, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali

60. Wisata Resto Apung
Sebuah restoran mengapung di danau Batur. Saat berada di restoran ini, kita bisa melihat indahnya pemandangan alam dengan gunung Batur dan danau Batur, udara pegunungan yang sejuk, serta kulinernya yang lezat. Lokasi: Desa Kedisan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

61. Taman Narmada Bali Raja
Dikelilingi kolam dan kebun bunga di atas tanah seluas 5 hektar yang dikelilingi oleh persawahan tradisional yang dibangun oleh Sang Anom Bagus dari Kerajaan Taman Bali. Lokasi: Desa Taman Bali, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali.

62. Hutan Bambu Penglipuran
Tanaman bambu di desa Penglipuran memang sudah dikembangkan dan dipelihara oleh masyarakat desa sejak turun temurun. Suasana di sekitar hutan bambu sangat sejuk dan asri. Lokasi: Desa Adat Penglipuran, Kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali.

63. Pesona Alam Cepunggung
Di sini kita akan disuguhkan dengan pemandangan hamparan sawah yang hijau nan asri. Terlihat gunung agung yang menjulang tinggi. Lokasi: Dusun Cepunggung, Desa Bangbang, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali

64. Sarcophagus Dukuh Prayu
Uniknya total sarcophagus di banjar Dukuh Prayu ada 9 buah yang letaknya sesuai dengan mata angin.  Seagian besar sarcophagus tersebut pada saat ini tertutup tanah dan di atasnya berdiri tempat suci. Lokasi: Banjar Dukuh Prayu, Desa Bunutin, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli, Bali

65. Desa Wisata Satra
Memiliki tradisi unik yakni Menek Truna bagi pria dan Menek Bajang bagi perempuan. Dalam prosesi itu, ratusan babi guling dipersembahkan. Lokasi: Desa Pakraman Satra, Kecamatan Kintamani, Bangli, Bali

66. Tradisi Megoak - Goakan
Nyepi Desa di Desa Kintamani dilaksanakan tepatnya sehari setelah piodalan di Pura Dalem Pingit sekitar bulan Februari – Maret dengan menggelar tradisi megoak-goakan. Lokasi: Desa Pakraman Kintamani, Kecamatan Kintamani, Bangli, Bali

67. Desa Wisata Manikliyu
Desa Manikliyu merupakan wilayah pengembangan kawasan wisata prasejarah dan agrowisata. Potensi arkeologi didukung dengan adanya situs bersejarah berupa sarkofagus. Sedangkan potensi desa Manikliyu lain yang dapat dikembangkan adalah potensi agrowisata jeruk dan kopi karena sebagai besar wilayah desa digunakan untuk perkebunan jeruk dan kopi. Lokasi: Desa Manikliyu, Kecamatan Kintamani, Bangli, Bali

68. Bukit Selfie
Bukit selfie ini menyuguhkan kita kepada pemandangan sawah dan laut yang sangat menawan. Sangat cocok untuk kegiatan bersantai, preweding, atau pun cuma foto - foto bersama teman dan kerabat. Lokasi: Dusun Guliang Kawan, Desa Bunutin, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali

69. Bukit Mende
Bukit ini memiliki pesona alam yang indah, sejuk dan masih terjaga kelestarianya. Untuk menuju bukit ini akan melewati jalan kecil yang didominasi dengan turunan dan tanjakan terjal, serta perkebunan dan pertanian warga. Lokasi: Desa Subaya, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

70. Pura Dalem Balingkang
Pura Dalem Balingkang seolah-olah dikelilingi oleh tembok yang terdiri dari bubungan berupa perbukitan yang melingkari kawah gunung Batur terletak di sebelah timur, barat, utara dan selatan. Lokasi: Desa Pakraman Pinggan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali

71. Air Terjun Yeh Anget Kubu Salya
Ketinggian air terjun Yeh Anget Kubu Salya kira-kira  kurang lebih 30 meter. Air terjun ini memiliki keunikan karena terdapat sumber air panas. Lokasi: Dusun Kubu Salya, Desa Sukawana, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali

72. Pura Pingit Melamba
Pura pingit melamba pura yang sangat tua  terbukti dengan adanya tiga arca besar yang sangat tua di perkirakan sudah ada sejak abad ke IV, yaitu Arca Gunamutri, Arca Siwa, dan Arca Ganesha. Lokasi: Desa Bunutin, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali

73. Pancoran Solas Guliang Kangin
Pancoran Solas merupakan tempat malukat (membersihkan diri secara spiritual) yang diyakini mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Lokasi: Banjar Guliang Kangin, Desa Tamanbali, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali.

74. Patirtan Nawa Ratna
Di Patirtan Nawa Ratna terdapat sembilan pancoran yang bisa digunakan untuk malukat (membersihkan diri secara spiritual). Lokasi: Air terjun Tukad Cepung, Banjar Penida Kelod, Desa Tembuku, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali

75. Pancoran Solas Desa Pekraman Batur
Pancoran Solas yang ada di Pura Pelisan Desa Pekraman Batur juga digunakan sebagai tempat melukat (membersihkan diri secara spiritual). Uniknya, sebelas air pancorannya memiliki air yang hangat. Lokasi: Desa Adat Pakraman Batur, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali

76. Pancoran Jaga Satru
Meruakan tempat wisata spiritual berupa air pancoran yang digunakan sebagai tempat melukat. Lokasi: Desa Kayubihi, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali.

77. Taman Pecampuhan
Meruakan tempat wisata spiritual berupa air pancoran yang digunakan sebagai tempat melukat. Lokasi: Desa Pekraman Sala, Desa Abuan, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli, Bali

78. Pesona Alam Bangkiang Sidem
Di sini kita akan ditawarkan pesona persawahan yang luas yang terlihat dari ketinggian yang hijau dan asri. Lokasi: Dusun Bangkiang Sidem, Desa Bangbang, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali

79. Pondok Wisata Mahapraja
Pondok Wisata Mahapraja mengusung konsep hijau alami pedesaan tentunya akan menyuguhkan keindahan alam. Di sini tersedia fasilitas tempat berfoto seperti rumah pohon dan anjungan. Tersdia juga tempat kemah yang asik dan flying fox. Lokasi: Banjar Puraja, Desa Peninjoan, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali

80. Tebing Hijau Tukad Tangkup
Di sini diasjikan pesona tebing tinggi yang berwarna hijau karena tertutup lumut. Di bawah tebing, terdapat aliran air yang mengalir menuju sebuah gua kecil yang tersembunyi. Lokasi: Undisan Kelod, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali

81. Water Boom Sidembunut
Di sini banyak wahana yang tersedia seperti flying fox, paint ball, motor ATV, motor cross, wahana bermain anak, ply ground, adrenaline ban, dan lain-lain. Lokasi: Jalan Erlangga, Desa Sidembunut, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali

82. Agrowista Desa Blantih
Di sini kita akan disuguhkan dengan pemandangan hamparan pohon jeruk kanan dan kiri jalan setapak. Lokasi: Desa Blantih, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali

83. Desa Wisata Bangbang
Desa Bangbang memiliki berbagai keindahan alam, mulai dari bentangan sawah yang hijau hingga pemandangan air terjun, serta memiliki pura (tempat sembahyang umat hindu) yang memiliki arsitektur yang menakjubkan. Lokasi: Desa Bangbang, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali

84. Hutan Pinus Manikliyu
Desa Manikliyu merupakan daerah yang berbukit dan berada di dataran tinggi sehingga hawa udaranya sejuk. Di sepanjang kiri kanan jalan menuju Desa Manikliyu akan melihat view hutan pinus yang sangat indah. Lokasi: Jln. Manikliyu, Glagah linggah, Desa Manikliyu, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali

85. Fragmen Candi Tebing Jehem
Candi Tebing Jehem memiliki pahatan relief tebal, tetapi pada bagian kaki hilang dan yang terlihat hanya bagian badan, dan atap. Di Candi tebing Jehem kondisi lingkungan sangat sejuk, banyak tumbuhan besar di sekitar situs, rumput ilalang yang tinggi, dan tumbuhan paku sehingga kawasan ini terlihat asri dan hijau. Lokasi: Banjar Jehem Kaja, Desa Jehem, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali.

86. Candi Tebing Tambahan
Candi tebing terdiri dari tiga bagian, bagian kaki (sudah hilang), bagian badan, dan bagian atap (hilang/aus). Di sebelah kiri candi terdapat sebuah ceruk pertapaan/wihara, tempat melaksakan kegiatan yoga/meditasi. Lokasi: Dusun Tambahan Kelod, Desa Jehem, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali.

87. Desa Wisata Yangapi
Di sini merupakan surganya durian yang menjadi daya tarik desa ini. Selain itu, di desa ini juga terdapat kebun jeruk. Lokasi: Desa Yangapi, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali

88. Desa Wisata Cekeng
Penataan pemukiman  warga di Cekeng sangat unik dan mirip dengan penataan objek wisata desa tradisional Penglipuran. Sepanjang perjalanan menuju Cekeng, kita disuguhi panorama alam yang masih alami sehingga perjalanan tidak akan membosankan. Lokasi: Desa Adat Cekeng, Kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali

89. Air Campuhan Desa Selat
Daya tarik yang ditawarkan dari adanya air campuhan ini adalah kealamiannya, serta keindahan dari tumpahan air yang berasal dari daerah puncak Kintamani. Di sini juga tersedia fasilitas rafting atau arung jeram. Lokasi: Desa Selat, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli, Bali

90. Sarcophagus Cekeng
Di Desa Adat Cekeng terdapat dua buah sarcophagus, yakni sarcophagus di pura Puseh desa adat Cekeng dan sarcophagus yang di tegalan yang ukurannya lebih kecil dari sarcophagus yang di Pura Puseh Cekeng. Karena tergeletak di udara terbuka di tegalan, sarcophagus ini agak lumutan dan tentunya menjadi penampung air jika hujan turun. Lokasi: Desa Adat Cekeng, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli, Bali

91. Agrowisata Kopi Luwak landih
Di Desa Landih luwak dibiarkan hidup bebas di kebun kopi dan memilih sendiri kopi mana yang mau dimakan. Luwak memiliki naluri alami untuk memilih kopi terbaik. Sehingga hasil dari kopi luwak pun menjadi kopi dengan kualitas terbaik. Lokasi: Desa Landih, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

92. Hutan Desa Suter
Desa Suter memiliki hutan pinus yang merupakan hutan lindung. Kawasan ini hijau, asri dan indah. Selain itu, dari desa ini kita bisa melihat pemandangan danau batur yang sangat indah dari ketinggian. Lokasi: Desa Suter, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali

93. Air Terjun Sukawana
Di Desa Sukawana terdapat dua buah air terjun yang masih alami. Yang pertama kira-kira setinggi 30 meter dan yang kedua memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Uniknya, masing-masing air terjun tersebut terdapat mata air panas. Lokasi: Desa Sukawana, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

94. Desa Belancan
Desa Belancan memiliki nuansa alam yang indah dengan perkebunan jeruk dan penduduk  yang  sangat ramah. Desa ini  memiliki potensi yang cukup besar untuk di jadikan sebagai  lokasi pengembangan agrowisata jeruk. Lokasi: Desa Belancan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

95. Pura Indrakila
Pura Indrakila berada di atas bukit kecil dengan panorama alam yang sangat indah. Di sebelah Utara terlihat hamparan pantai di daerah Buleleng, begitu juga di arah lainnya gugusan perbukitan seperti dan hutan tropis di puncak Penulisan akan menyegarkan mata. Lokasi: Desa Dausa, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

96. Desa Daup
Di Desa Daup berada di pegunungan kintamani dan merupakan desa yang banyak memiliki banyak tanaman jeruk. Pada musim jeruk berbuah, kebun-kebun milik warga terlihat indah dengan kuningnya warna buah jeruk. Lokasi: Desa Daup, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

97. Desa Bonyoh
Desa yang berada di perbukitan Kintamani ini merupakan desa kuno yang yang masih mempertahankan tradisi masa lalu mulai dari konsep pemukiman hingga masalah perkawinan. Pantangan memiliki isteri lebih dari satu bagi kaum laki ini terus dipertahankan hingga sekarang. Lokasi: Desa Bonyoh, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

98. Kopi Ramah Lingkungan Belantih
Di Desa Belantih warga setempat mengembangan kopi jenis unggul dengan menggunakan pupuk organik sehingga lebih ramah lingkungan. Sambil menikmati panorama alam di kebun kopi pengunjung bisa melihat proses pembuatan kopi mulai dari menanam hingga memanen dan menjadi kopi yang siap di minum. Lokasi: Desa Belantih, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali

99. Agrowisata Jeruk Desa Belanga
Desa Belanga merupakan salah satu penghasil jeruk Keprok Kintamani dengan menerapkan teknologi pemeliharaan secara organik, sehingga lebih sehat karena tidak mengandung zat beracun tentunya aman dikonsumsi secara langsung di kebun. Selain itu, desa ini memiliki pemandangan yang indah. Lokasi: Desa Belanga, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

100. Desa Penglumbaran
Di Desa Penglumbaran terdapat agrowisata yang berada di Dusun Temen berbatasan dengan Kecamatan Tampaksiring, Gianyar. Desa ini menawarkan keindahan alam dan kekayaan alam berupa tanaman kopi, cokelat, dan rempah-rempah. Lokasi: Desa Penglumbaran, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli, Bali.


Walaupun kabupaten Bangli tidak memiliki objek wisata pantai, ternyata banyak menyimpan potensi wisata selain pantai yang layak untuk dikunjungi. Semoga ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari tempat wisata di Bali khususnya di kabupaten Bangli. 
Iklan