free counter with statistics Inilah 100 Tempat Wisata Di Kabupaten Buleleng Bali
T12/17/2017

Inilah 100 Tempat Wisata Di Kabupaten Buleleng Bali

Iklan
Iklan
Buleleng merupakan nama sebuah kabupaten yang berada di Bali Utara sehingga kabupaten ini kerap kali disebut dengan nama Bali Utara. Kabupaten Buleleng sendiri terbagi menjadi 9 kecamatan dan 148 desa atau kelurahan. Hampir setiap desa di kabupaten buleleng menawarkan tempat wisata yang layak untuk dieksplor keunikannya. 
Inilah 100 Tempat Wisata Di Kabupaten Buleleng Bali
Pesona pantai di Bali Utara
IMG by Instagram via Mango Moon Bali
Kabupaten dengan ibu kota Singaraja ini merupakan surganya destinasi wisata air terjun. Di sini banyak ditemukan objek wisata air terjun yang indah, tinggi dan dengan debit air yang cukup besar. Bahkan jumlah air terjun di sini terbanyak di bandingkan dengan kabupaten lainnya di Bali. Tidak hanya air terjun, Buleleng juga menawarkan destinasi wisata lainnya yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut admin bagikan 100 tempat wisata yang bisa dikunjungi jika sedang melakukan liburan ke Bali Utara.

1. Air Terjun Bertingkat Gitgit
Air terjun ini terdiri dari beberapa tingkatan curahan air mengikuti teras bebatuan. Masing-masing tingkatan ini memiliki jatuhan air membentuk kolam di dasarnya, dengan airnya yang sangat bersih dan bening. Lokasi: Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali

2. Air Terjun Kembar Gitgit
Dalam satu lokasi terdapat dua air terjun yang berdampingan dengan ketinggian yang sama yakni sekitar 20 meter. Air yang jatuh akan bercampur dalam sebuah kolam kecil yang lumayan dalam. Lokasi: Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali

3. Air Terjun Lembah Jian
Air terjun lembah Jian memiliki suasan yang tenang, sunyi dan damai. Sangat cocok untuk yang suka dengan kegiatan petualangan karena untuk menuju lokasi kita akan menempuh perjalanan sekitar 600 meter, dengan jalan yang berkelok-kelok jalanan agak menurun diantara rerimbunan pohon cengkeh. Lokasi: Desa Bengkel, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng, Bali.

4. Air Terjun Mekalongan
Air Terjun Mekalongan memiliki ketinggian sekitar 45 m yang merupakan lanjutan dari air terjun campuhan (kembar). Airnya yang jernih dapat digunakan untuk mandi, selain itu di tempat jatuhnya air terdapat kolam yang bisa digunakan untuk berenang. Lokasi: Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali.

5. Air Terjun Lemukih
Air terjun lemukih memang air terjun yang unik di mana air terjun ini memiliki tiga air terjun yang berdampingan, sehingga ada yang mengatakan air terjun kembar tiga. Memiliki kolam yang cukup luas. Lokasi: Desa Lemukih, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali.

6. Air Terjun Yeh Mampeh
Air terjun Yeh Mampeh memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Di bawah tempat jatuhnya air terbentuk kolam yang bisa digunakan untuk berenang dengan air yang sangat jernih dan tentunya sangat segar. Lokasi: Desa Les, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, Bali.

7. Air Terjun Melanting
Untuk menuju air terjun melanting kita akan melewati hamparan perkebunan kopi dan kebun cengkeh,  karena air terjun ini terletak di tengah-tengah kebun tersebut hawa udara sekitar air terjun begitu segar. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dengan debit air yang cukup besar. Lokasi: Jalan Air Terjun Melanting, Desa Gobleg, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali

8. Air Terjun Munduk
Lokasi air Terjun Munduk masih berdekatan dengan air terjun melanting, hanya saja air terjun ini lebih rendah daripada air terjun melanting, yakni hanya memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Konon air terjun ini dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit karena airnya mengandung belerang. Lokasi: Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali

9. Air Terjun Banyumala
Air terjun Banyumala benar-benar indah, dengan tebing yang menghijau sebagai tempat turunnya air membuat air terjun ini benar-benar unik dan asri. Kolam yang terbentuk akibat air terjun ini dapat digunakan untuk mandi karena memiliki air yang sangat segar dan tentunya sangat jernih. Lokasi: Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali

10. Air Terjun Tembok Barak
Tembok barak artinya tembok merah. Sesuai dengan namanya air terjun tembok barak memiliki tebing yang mengapit air terjun ini berwarna cokelat kemerahan. Air terjun ini memiliki debit air yang besar namun tidak terlalu tinggi. Lokasi: Lokasi: Desa Sambangan, Kecamatan  Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali.

11. Air Terjun Aling-Aling
Air terjun yang memiliki tinggi kira-kira 35 meter ini memang unik karena dari atas air terjun ini  airnya terbagi menjadi dua terjunan air yang berdampingan dan menyatu ketika akan mencapai kolamnya. Sekitar air terjun ini memiliki pemandangan alam yang begitu asri dan pepohonan yang menghijau. Lokasi: Desa Sambangan, Kecamatan  Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali.

12. Air Terjun Jambangan
Air terjun ini masih alami dan belum banyak yang mengetahui keberadaan air terjun ini. Walaupun air terjun ini tidak terlalu tinggi, tetapi uniknya air terjun ini kubangan air yang cukup besar yang bisa digunakan untuk mandi dan berenang. Lokasi: Banjar Kelampuak, Desa Tamblang, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng, Bali

13. Air Terjun Sekumpul
Air terjun Sekumpul terdiri dari sekumpulan air terjun, dengan jumlah mencapai tujuh air terjun, oleh warga asing disebut dengan sevent point waterfall. Air terjun ini dikatakan sebagai air terjun terindah di pulau bali. Lokasi: Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali.

14. Air Tejun Carat Kecil
Air terjun carat kecil memiliki ketinggian hanya sekitar 15 m saja. Air Terjun Carat ini masih benar-benar alami, belum mendapat sentuhan pariwisata sama sekali. Tidak ada bangunan apapun di sekitar air terjun. Lokasi: Desa Bontihing, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng, Bali.

15. Air Terjun Carat Besar
Air terjun Carat Besar memiliki ketinggian sekitar 100 m dengan dikelilingi tebing yang tinggi dan terjal, sehingga tidak bisa mendekati air terjun dan hanya bisa dilihat dari kejauhan. Lokasi: Desa Bontihing, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng, Bali.

16. Air Terjun Gitgit
Air terjun gitgit merupakan air terjun yang paling populer di buleleng. Untuk menuju lokasi air terjun pengunjung akan menyusuri jalan setapak, melintasi areal persawahan,  kebun kopi dan cengkeh dengan alam sekitar air terjun yang masih asri dan alami, tentunya hawa udara yang segar dan jauh dari polusi. Lokasi: Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali.

17. Air Terjun Kroya
Air Terjun Kroya sangat unik karena bisa main prosotan di air terjun ini. Prosotoan yang terbentuk di air terjun ini merupakan prosotan alami. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 12 meter. Lokasi: Desa Sambangan, Kecamatan  Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali.

18. Air Terjun Yeh Selem
Yeh Selem artinya air hitam. Air terjun Yeh Selem bukan airnya lho yang berwarna hitam tetapi air pada kolam sebagai tempat jatuhnya air berwarna hitam atau kebiruan karena bebatuan yang berada di bawah kolam yang sangat halus berwarna hitam yang terpadu dengan warna air yang berwarna biru karena kolamnya cukup dalam. Lokasi: Desa Pangkung Paruk, Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng, Bali.

19. Air Terjun Jembong
Air terjun Jembong memiliki kemiringan sekitar 75%, jika dilihat secara sekilas hampir mirip seperti air terjun kanto lampo yang ada di Gianyar. Air terjun ini memiliki aliran air yang jernih dan juga memiliki kolam yang bisa digunakan untuk mandi dan berenang. Lokasi: Desa Ambengan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali.

20. Air Terjun Wana Ayu
Air Terjun Wana Ayu memiliki ketinggian sekitar 35 m dengan kolam penampungan. Untuk menuju lokasi air terjun kita akan dihadapkan dengan puluhan anak tangga yang menghiasi jalan menuju air terjun ini. Lokasi: Dusun Runuh Kubu, Desa Padangbulia, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali.

21. Air Terjun Tinggarsari
Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 20 meter ini memiliki debit air yang cukup besar. Di bawah air terjun terdapat kolam kecil yang dangkal, sehingga anda bisa mandi menikmati guyuran air dari mata air pegunungan yang segar. Lokasi: Desa Tinggarsari, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng, Bali.

22. Air Terjun Puncak Manik
Untuk menuju air terjun ini kita akan melewati ratusan anak tangga buatan dari tanah. Melewati perkebunan kopi dengan anak tangganya yang banyak tentu akan memerlukan tenaga yang ekstra untuk menjangkau air terjun ini. Begitu sampai di air terjun kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam air terjun yang banyaknya ada tiga. Lokasi: Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasda, Kabupaten Buleleng, Bali.

23. Air Terjun Sing-Sing
Air Terjun Singsing memiliki tinggi sekitar 12 meter dan memiliki kolam dengan kedalaman mencapai 3 meter. Untuk bisa menikmati indahnya air terjun ini kita harus melalui jalan setapak yang panjangnya mencapai 600 meter. Lokasi: Banjar Labuhan Haji, Desa Temukus, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali.

24. Air Terjun Colek Pamor
Air Terjun Colek Pamor memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Lokasi yang jauh di tengah hutan, sehingga untuk menuju lokasi ini kita harus berjalan kaki. Suasana air terjun ini masih begitu alami sehingga sering dimanfaatkan oleh wisatawan untuk kegiatan tracking. Lokasi: Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali.

25. Air Terjun Ceburan
Air terjun Ceburan memiliki pemandangan yang asri. Akan tetapi jalan untuk menuju lokasi air terjun berkelok kelok dan naik turun. Begitu sampai di lokasi air terjun, kita akan disajikan dengan pemandangan alam yang indah dan hijau. Lokasi: Desa Bengkel, Kecamatan Busung Biu, Kabupaten Buleleng, Bali.

26. Air Terjun Pucuk
Air terjun pucuk memiliki ketinggian 16 meter. Uniknya, dari ketinggian 16 meter kita bisa melompat ke kolam yang biru dan airnya yang segar. Selain keindahan air terjun, tempat ini sangat cocok untuk tempat berkemah karena memiliki area yang cukup luas. Lokasi: Desa Sambangan, Kecamatan  Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali.

27. Air Terjun Kembar Sambangan
Air Terjun Kembar Sambangan memiliki ketinggian 10 meter. Di air terjun ini kita bisa melompat dari atas air terjun lho. Lokasi: Desa Sambangan, Kecamatan  Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali.

28. Air Terjun Cemara
Air terjun Cemara memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan untuk menuju lokasi ini kita akan disuguhkan dengan peraswahan yang hijau. Air terjun ini memiliki kolam yang dangkal. Lokasi: Desa Sambangan, Kecamatan  Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali.

29. Air Terjun Canging
Air terjun canging menawarkan alam pemandangan yang sangat berkesan. Untuk mengunjungi lokasi air terjun ini kita harus menelusuri jalan setapak yang panjangnya mencapai 700 meter lho. Lokasi: Desa Sambangan, Kecamatan  Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali.

30. Air Terjun Dedari
Air terjun Dedari merupakan salah satu dari 7 air terjun cantik yang ada di desa sambangan. Air terjun ini berada agak di tengah hutan yang berdekatan dengan air terjun Cemara dan Air Terjun Canging. Lokasi: Desa Sambangan, Kecamatan  Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali.

31. Air Terjun Bengbengan
Air Terjun Bengbengan berada di daerah pegunungan sehingga memiliki udara yang sejuk. Air terjun ini berada dekat dengan hutan serta dekat dengan kebun kopi dan cengkeh milik warga setempat. Lokasi: Dusun Nangka, Desa Lemukih kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali.

32. Air Terjun Fiji
Air terjun Fiji menawarkan keindahan air terjun yang sangat memukau. Untuk menuju lokasi ini kita harus berjalan kaki yang panjang rutenya mencapai 1,5 km. Sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan dengan pemandangan sawah yang berundak-undak. Lokasi: Banjar Nyuh, Desa Lemukih, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali.

33. Air Terjun Amer Pakisan
Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter ini. Untuk menuju ke lokasi air terjun ini katanya akan menempuh perjalanan sekitar 10 menit dari kantor desa Pakisan. Lokasi: Desa Pakisan, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng, Bali

34. Air Terjun Yeh Bayah
Air terjun Yeh Bayah masih berada dekat dengan air terjun Amer Pakisan. Lokasi: Desa Pakisan, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng, Bali

35. Pantai Batu Sungu
Tidak hanya bisa menikmati pesona alam pantainya, senja hari kita akan disuguhkan dengan panorama matahari terbenamnya. Tidak kalah cantiknya dengan sunset di pantai kuta atau pantai dreamland di bali selatan. Lokasi: Desa Les, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, Bali

36. Pantai Penuktukan
Spot yang sangat bagus untuk menyelam atau snorkeling karena bawah lautnya memiliki terumbu karang yang indah dan alami. Banyak terdapat ikan hias yang siap menyambut para penyelam. Lokasi: Desa Penuktukan, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, Bali

37. Pantai Umeanyar
Pantai Umeanyar memiliki panorama pemandangan laut yang sangat indah dan diapit oleh hamparan sawah yang menghijau. Pantai ini menjadi populer dengan adanya fasilitas menyelam (diving) dan melihat atraksi lumba-lumba di tengah laut. Lokasi: Desa Umeanyar, Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng, Bali.

38. Pantai Penimbangan
Bermain kano merupakan aktivitas yang bisa dilakukan selain mandi atau sekedar nongkrong di pantai ini. Selain bisa menikmati panorama pantainya, kita bisa berolahraga dengan mengayuh kano. View yang ditawarkan tidak kalah menariknya dengan pantai lainnya di bali utara, terutama pesona sunsetnya. Lokasi: Jalan Pantai Penimbangan, Desa Baktiseraga, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali

39. Pantai Banyuwedang
Selain sumber air panas, di banyuwedang juga terdapat pantai pasir putih yang sangat menawan. Jadi selain bisa berendam di air panas, kita bisa menikmati pesona pantai bayuwedang. Lokasi: Banjar Banyuwedang, Desa Pejarakan, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng, Bali

40. Pantai Gondol
Keindahan pantai gondol tidak kalah indah dengan pantai lainnya. Apalagi ketika matahari mulai terbit dan terbenam. Spot yang sangat bagus untuk mengambil gambar dengan latar belakang matahari terbenam atau terbit dengan perpaduan perbukitan. Lokasi: Banjar Dinas Gondol, Desa Penyabangan, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali

41. Pantai Pemuteran
Pantai Pemuteran terkenal akan keindahan terumbu karangnya. Kawasan ini juga memiliki pantai pasir putih yang eksotis. Sore hari view di pantai ini benar-benar keren, kita akan melihat sang surya tenggelam dibalik gunung Semeru Jawa Timur. Lokasi: Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, kabupaten Buleleng, Bali

42. Pantai Goris Pejarakan
Pantai dengan pasir putih ini masih tergolong objek wisata yang tersembunyi karena belum banyak orang yang mengetahuinya dan cukup jauh dari pemukiman warga sekitar. Aktivitas yang dapat dilakukan di pantai ini cukup beragam yakni mulai dari menyelam, snorkeling, dan bermain canoe. Lokasi: Banjar Goris, Desa Pejarakan, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng, Bali

43. Pantai Kerobokan
Pantai ini memiliki pasir hitam yang masih alami dan merupakan pantai sunset. Pantai ini juga dapat dijadikan pilihan alternatif untuk berwisata menyelam karena memiliki pesona bawah laut yang sangat keren dengan terumbu karang yang masih alami. Lokasi: Desa Kerobokan Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali

44. Pantai Lovina
Yang menjadi daya tarik dari pantai lovina yakni adanya atraksi lumba-lumba di tengah laut sebelum matahari terbit. Selain itu, pantai lovina juga merupakan spot yang bagus untuk menyelam, karena bawah lautnya terdapat terumbu karang yang dihuni oleh  ikan hias sehingga tampak mempesona. Lokasi: Desa Kalibukbuk, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali.

45. Pantai Batu Ampar Pejarakan
Pantai ini menawarkan pesona yang cantik yang tidak kalah dengan pantai pasir putih lainnya di bali. Pesona bawah lautnya sangat indah dengan terumbu karang masih alami. Lokasi: Banjar Batu Ampar, Desa Pejarakan, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng, Bali

46. Vihara Budha Banjar
Tempat wisata Vihara Budha Banjar berdiri dikawasan pegunungan dengan suasana yang tenang dan damai, sehingga sangat cocok sebagai lokasi kawasan spiritual. Di vihara ini kita akan melihat miniatur Candi Borobudur. Lokasi: Banjar Tegeha, Desa Banjar, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng.

47. Pemandian Air Sanih
Tempat ini merupakan objek wisata yang di gunakan sebagai tempat pemandian atau kolam renang alami yang mempunyai sumber mata air sendiri. Lokasi: Jalan Air Sanih, Desa Bukti, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng, Bali.

48. Taman Nasional Bali Barat
Taman Nasional Bali Barat terletak di bagian barat dari pulau Bali yang terdiri dari berbagai habitat hutan dan sabana. Sekitar 160 spesies hewan dan tumbuhan dilindungi di taman nasional ini. Di sini kita akan melihat satu-satunya endemik Bali yang hampir punah yakni burung Jalak Bali. Lokasi: Jalan Raya Gilimanuk-Singaraja

49. Ex Pelabuhan Buleleng
Ex pelabuhan Buleleng memiliki panorama yang indah terutama menjelang matahari tenggelam. Pada hari minggu pagi masyarakat memanfaatkan pelabuhan ini untuk melakukan kegiatan olah raga lari pagi. Lokasi: Jalan Pelabuhan Buleleng, Kampung Bugis, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali.

50. Danau Buyan
Danau Buyan dikelilingi oleh hutan-hutan tropis dan memiliki tempat lapangan yang cukup luas yang kerap kali digunakan untuk kegiatan perkemahan. Selain itu, di sekitar danau ini sangat bagus digunakan sebagai tempat wisata petualangan seperti trekking mengelilingi hutan. Lokasi: Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali.

51. Danau Tamblingan
Danau ini dikelilingi oleh hutan yang menghijau sehingga memiliki udara yang sejuk. Danau ini juga memilik pemandangan yang indah dan masih alami. Keindahan matahari pagi kala baru terbit semakin menambah pesona danau ini. Lokasi: sebelah utara lereng Gunung Lesung, Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali.

52. Ayunan dan Anjungan Wanagiri
Merupakan spot untuk berfoto selfie dengan pesona danau kembarnya yakni danau Buyan dan danau Tamblingan. Di sini terdapat ayunan yang unik dan juga tersedia anjungan untuk melihat pesona danau dan sekaligus untuk berfoto. Lokasi: Banjar Yeh Ketipat, Desa Pakraman Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali.

53. Wisata Desa Kuno Sembiran
Desa Sembiran merupakan sebuah desa kuno yang sudah berumur ratusan tahun. Ada banyak peninggalan bersejarah di desa ini. Lokasi: Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, Bali.

54. Pesona Sekitar Pura Bukit Puncak Sakti
Dari atas perbukitan tersaji panorama yang sangat keren dengan hamparan sawah yang hijau dan berundak-undak. Kawasan ini masih hijau dengan terlihatnya kawasan hutan yang terus dijaga kelestariannya. Lokasi: Desa Bontihing, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng, Bali.

55. Wisata Desa Julah
Di Desa Julah terdapat sebuah situs yaitu Situs Batu Gambir Upit. Dalam temuan di situs ini terdapat beberapa buah artefak. Temuan lainnya berupa fragmen gerabah merupakan temuan yang paling banyak dihasilkan dengan tipe-tipe semisal tipe piring, paus, kendi, dan tutup. Lokasi: Desa Julah, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, Bali.

56. Gedong Kirtya
Gedong kirtya atau museum lontar didalamnya tersimpan berbagai macam koleksi lontar dan salinan teks tulisan tangan yang erat hubungannya dengan kesusasteraan Bali, sastra relijius, mantra-mantra, mitos, dan berbagai hal lainnya. Lokasi: Jalan Veteran No. 20, Kota Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali

57. Pantai Celagi Bantes
Pantai ini menawarkan pesona matahari terbitnya yang sangat mempesona. Pantai ini juga kerap kali digunakan untuk mandi oleh warga sekitar. Lokasi: Banjar Dinas Celagi Bantes, Desa Bondalem, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, Bali.

58. Pura Ponjok Batu
Keunikan dari pura ponjok batu yakni adanya sebuah arca batu yang berbentuk perahu kecil yang beralaskan batu di pinggir laut. Tepat dibibir pantai yang berpasir hitam, terdapat sumber air yang muncul dan biasanya digunakan untuk membersihkan diri secara spiritual (melukat). Lokasi: Jalan Airsanih, Desa Pacung, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, Bali

59. Museum Buleleng
Museum bulelelng didalamnya tersimpan berbagai koleksi benda-benda purbakala seperti sarkofagus, patung, sejata, dan lain-lainnya. Selain itu juga tersimpan berbagai benda-benda Seni seperti Lukisan, Kerajinan Emas, kain-kain, dan perak dan lain-lainnya. Lokasi: Jalan  Veteran No.23, Kelurahan Paket Agung, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali

60. Rumah Pohon Nyanti
Dibangun dikawasan yang hijaunya pepohonan dan kelapa membuat rumah pohon Nyanti tampak begitu indah. Spot yang sangat bagus untuk berfoto selife. Lokasi: Desa Penuktukan, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, Bali
                                      
61. Desa Wisata Bulian
Desa Bulian merupakan salah satu desa kuno yang ada di daerah Bali utara sehingga banyak ditemukan prasasti terkait dengan perkembangan desa ini. Desa ini sekarang dikembangkan menjadi wisata budaya. Lokasi: Desa Bulian, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng, Bali

62. Krisna Fantastik Land
Di sini terdapat 16 wahana yang siap memanjakan para pengunjung, seperti Airbone Shot, Boom-Boom Cars, Carousel, Control Plane, Flying Cakra, Singaraja Flyer dan masih banyak lagi. Uniknya, di sini ada pesawat terbang yang bertuliskan Krisna Air. Lokasi: Jalan Raya Seririt-Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali

63. Pasar Anyar
Pasar tradisioal yang menyediakan berbagai kebutuhan pokok, kuliner, dan kebutuhan lainnya dengan harga yang terjangkau. Lokasi: Jalan Diponegoro, Kampung Anyar, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali

64. Pulau Menjangan
Spot snorkeling dan menyelam yang sangat populer karena memiliki pesona bawah laut yang sangat keren. Di pulau ini juga terdapat hewan menjangan (rusa) yang dilindungi. Selain itu, pantainya juga berpasir putih yang eksotis. Pulau Menjangan merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat. Lokasi: Desa Sumber Klampok, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng, Bali

65. Budidaya Mutiara Penyabangan
Para wisatawan yang berkunjung di sentra budidaya mutiara akan disuguhkan suatu pengalaman yang unik dan menarik, dimana akan bisa melihat secara langsung proses pengolahan mutiara dari yang masih di dalam kerang sampai yang sudah jadi. Lokasi: Desa Penyabangan, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng, Bali

66. Pura Dalem Segara Madu
Pura ini merupakan saksi bisu perlawanan rakyat bali terhadap penjajahan belanda. Di mana Jero Jempiring (istri patih I Gusti Ketut Jelantik) di pura ini bertahan sebagai sentra perlawanan, menghadang serangan musuh, tatkala benteng Jagaraga yang berjarak sekitar 200 meter dari pura ini diduduki Belanda. Pura ini memiliki pahatan relief yang unik, seperti pertempuran pesawat udara model kuno, orang bersepeda, juga orang naik mobil. Lokasi: Desa Jagaraga, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali.

67. Pura Beji Sangsit
Uniknya seluruh bagian lingkungan Pura dihiasi ukiran style Buleleng dalam bentuk tumbuh-tumbuhan yang merambat dan motif bunga yang mencirikan khas Bali Utara. Lokasi: Jalan Raya Sangsit, Desa Sangsit, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali

68. Bukit Batu Kursi
Bukit Batu Kursi merupakan obyek wisata alam dengan pesona yang sangat indah sekali. Untuk sampai ke puncak, pengunjung harus menyusuri ribuan anak tangga. Dari atas ketinggian, panorama biru Teluk Pemuteran terlihat sangat indah. Lokasi: sebelah selatan Pura Pemuteran, Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali.

69. Pulau Putih
Seluruh permukaan daratan tertutup pasir putih sehingga oleh warga setempat menamainya dengan Pulau Putih. Saat air surut pengunjung bisa berjalan kaki ke pualu ini dari bibir pantai, tetapi saat air laut pasang, perjalanan menuju daratan berpasir putih itu harus ditempuh dengan naik perahu. Lokasi: Desa Sumberkima, Kecamatan Gerogak, Kabupaten Buleleng, Bali

70. Desa Wisata Sidetapa
Desa Sidatapa ini merupakan sebuah desa Bali Aga atau desa tua di Buleleng yang masih melestarikan budaya dan warisan leluhurnya. Misalnya adanya sebuah bangunan rumah adat yang sudah tua dan langka bernama Bale Gajah Tumpang Salu dan tradisi unik bernama Agung Briyang yang tujuannya untuk mengusir roh-roh jahat. Lokasi: Desa Sidetapa, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali.

71. Desa Wisata Cempaga
Desa Cempaga merupakan desa tua yang berlokasi di dataran tinggi yang memiliki berbagai jenis tarian sakral yang berbeda dengan daerah lain, misalnya tari Jangkang dan Tari Baris Jojor. Lokasi: Desa Cempaga, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali.

72. Kubu Hobbit Pedawa
Desa Pedawa merupakan desa kuno dengan nuansa alam pedesaan yang tenang, asri dan sejuk. Di desa ini juga coba dikembangkan tempat wisata berupa rumah yang menyerupai tempat tinggal dari bangsa Hobbit tersebut sehingga dikenal sebagai Kubu Hobbit. Lokasi: Desa Pedawa, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali.

73. Menara Bambu Tigawasa
Desa Tigawasa merupakan desa tua yang berada di ketinggian sehingga bisa melihat hamparan beberapa desa dan pesisir di Buleleng. Di sini juga dibangun sebuah menara setinggi 7 meter yang terbuat dari bambu. Dari atas menara ini penunjung bisa melihat indahnya dataran rendah kabupaten buleleng yang indah. Lokasi: Desa Tigawasa, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali.

74. Pantai Sanggalangit
Pesona di pagi hari di pantai ini sangat keren dengan pohon kelapa yang menghijau disertai sinar sang surya kemerahan. Lokasi: Desa Sanggalangit, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, Bali.

75. Pantai Pacung
Pantai yang berpasir hitam yang didominasi batu krikil ini menawarkan pesona pantai yang indah dengan pepohonan yang hijau di pinggir pantai. Pesona bawah lautnya sangat indah sekali karena memiliki terumbu karang yang terus dijaga kelestariannya. Lokasi: Desa Pacung, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, Bali

76. Wisata Selfi Madenan
Spot yang sangat bagus untuk berfoto selfie dengan latar belakang alam yang asri, perbukitan kutuh di wilayah Kabupaten Bangli yang menghijau, dan di sebelah utara tampak hamparan laut pantai utara. Lokasi: Banjar Pamongan,  Desa Madenan, Kecamatan Tejakula, Buleleng Bali.

77. Air Terjun Bertingkat Silangjana
Di sini terdapt dua buah air terjun bertingkat. Salah satu titik air terjun berada di tebing setinggi 50 meter lebih, sementara air terjun satunya lagi muncul dari ketinggian tebing 35 meter. Lokasi: Banjar Dajan Margi, Desa Silangjana, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali.

78. Pantai Tukad Puyung Bukti
Spot yang sangat bagus melihat matahari terbenam. Pantai ini kerap kali digunakan untuk mandi oleh warga sekitar. Lokasi: Desa Bukti, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng, Bali.

79. Pantai Anturan
Tidak hanya di pantai Lovina bisa melihat atraksi lumba-lumba liar, di pantai anturan juga bisa melihat atraksi hewan laut yang ramah dengan manusia tersebut. Selain menyaksikan kawanan lumba-lumba di laut lepas, wisatawan juga dapat bermain dengan ikan-ikan hias dari atas jukung di Pantai Anturan. Lokasi: Desa Anturan, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali.

80. Pemandian Mumbul Anturan
Konon air yang ada di pemandian mumbul anturan bisa  menyembuhkan segala penyakit. Uniknya, dari sebelas mata air yang ada, salah satu mata airnya mengarikan air yang sangat dingin seperti air es. Posisi mata air tersebut berada tepat di bawah pohon besar yang tumbuh di samping permandian. Lokasi: Desa Anturan, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali.

81. Bendungan Titab Ularan
Bendungan yang membendung sungai Saba ini diresmikan oleh mantan Presiden RI Megawati Soekarno Putri pada tanggal 13 Desember 2015. Tujuan dibangunnya ini untuk irigasi, air baku, pengendalian banjir, dan pembangkit listrik. Bendungan ini juga bisa digunakan sebagai daerah tujuan wisata baru di Buleleng. Lokasi: Desa Titab, Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng, Bali.

82. Bendungan Gerokgak
Bendungan yang membendung tukad gerokgak ini memiliki pemandangan alam yang indah, di mana ketika musim penghujan tiba, rumput-rumput disekitaran bendungan akan mulai tumbuh dan menghijau. Namun pada musim kemarau, rerumputan akan menghilang dan agak gersang namun keindahan perbukitan membuat semua nampak indah. Lokasi: Desa Gerokgak, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali.

83. Terasering Busungbiu
Di sini pengunjung akan disajikan pemandangan sawah yang berundak-undak yang asri dan alami. Di kawasan ini juga terdapat beberapa gazebo yang bisa di gunakan untuk bersantai sambil menikmati panorama yang mengagumkan. Lokasi: Desa Kekeran, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng, Bali

84. Desa Wisata Bebetin
Di Desa Bebetin terdapat wisata alam berupa air terjun Seseran dan pemandian berupa kolam renang. Selain itu, di Desa Bebetin terdapat atraksi wisata Sapi Gerumbungan, penangkaran satwa langka jenis kijang, dan keelokan alam Bukit Bebetin. Lokasi: Desa Bebetin, Kecamatan Sawan, kabupaten Buleleng, Bali

85. Desa Wisata Kaliasem
Desa Kaliasem terkenal dengan atraksi Sapi Gerumbungan yang biasanya diadakan di lapangan Lapangan Desa Kaliasem. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memperingati Hari Ulang Tahun kota Singaraja di bulan Maret dan memperebutkan piala Bupati. Lokasi: Desa Kaliasem, Kecamatan Banjar, kabupaten Buleleng, Bali.

86. Bukit Teletubies Kubutambahan
Kontur tanah yang berbentuk perbukitan dengan gundukan-gundukan dan lembah hijau sehingga kawasan ini disebut dengan nama Bukit Teletubbies. Lokasi: Jalan Cempaka, Desa Jinengdalem, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng, Bali.

87. Agrowisata Sepang
Kawasan ini memiliki panorama alam yang khas sebagai kawasan perkebunan, sehingga di kawasan ini mudah sekali ditemui aneka buah-buahan seperti salak, jeruk, manggis, durian dan duku. Lokasi: Desa Sepang, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng, Bali.

88. Desa Wisata Subuk
Desa Subuk memiliki panorama alam yang indah disertai dengan sawah berundak dengan suasana yang tenang, asri, dan alami. Lokasi: Desa Subuk, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng, Bali.

89. Air Terjun Umejero
Keindahan air terjun sangat didukung dengan latar belakang bebatuan, di mana disela-sela bebatuan tersebut muncul sumber mata air alami. Lokasi: perbatasan Banjar Dauh Pangkung dan Banjar Lebah, Desa Umajero, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng, Bali.

90. Agrowisata Umejero
Di Desa Umejero banyak  terdapat area perkebunan karena sebagian besar warganya nekerja sebagai petani, sehingga sangat cocok untuk aktivitas tracking menyusuri perkebunan dengan background Gunung Batukaru yang sangat indah. Lokasi: Desa Umajero, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng, Bali

91. Taman Kota Singaraja
Taman Kota Singaraja atau TAMKOT Singaraja merupakan tempat yang sangat bagus untuk sekedar nongkrong pada malam hari. Taman ini dilengkapi dengan layar proyektor besar, di mana setiap malam akan diputarkan berbagai acara televisi seperti acara sepak bola dan balap moto GP dengan harapan masyarakat seputaran kota Singaraja bisa berkumpul dan nonton bareng. Selain itu, di taman kota ini dilengkapi dengan wifi gratis yang disediakan oleh pemerintah setempat. Lokasi: Jalan Ngurah Rai, Kota Singaraja

92. Agrowisata Anggur Banyupoh
Di Desa Banyupoh terdapat banyak perkebunan anggur yang mampu menarik kunjungan wisata, sehingga desa ini sangat mendukung untuk agrowisata anggur. Lokasi: Desa Banyupoh, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng, Bali

93. Pura Pulaki
Pura Pulaki dibangun di atas tebing berbatu dan langsung menghadap ke laut dan kelihatan sangat megah. Kera-kera yang hidup di sekitar pura ini, sering berkumpul di halaman pura karena adanya makanan yang diberikan oleh para pengunjung, menambah daya tarik lingkungan pura ini. Lokasi: Desa Banyupoh, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali.

94. Pantai Pulaki
Tidak jauh dari kawasan pura Pulaki terdapat sebuah pantai yang bernama Pantai Pulaki. Di pantai pulaki ini banyak ada pedagang yang menjual aneka makanan, jadi tak heran pantai ini sebagai tempat peristirhatan utama bagi para pengunjung yang perjalanan jauh. Lokasi: Desa Banyupoh, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali.

95. Pelabuhan Celukan Bawang
Pelabuhan ini sering disinggahi kapal pesiar yang mengangkut ratusan wisatawan. Selain sebagai tempat berlabuh kapal-kapal, kawasan ini juga memiliki panorama yang sangat indah. Lokasi: Jalan Pelabuhan Celukan Bawang, Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali

96. Pantai Sangsit
Pantai Sangsit menawarkan keindahan pesona matahari terbenamnya. Selain itu, di kawasan ini juga terdapat sebuah pelabuhan yang sudah ada sejak zaman kerajaan-kerjaaan di Bali. Kini kawasan ini telah dimanfaatkan sebagai objek wisata rekreasi. Lokasi: Desa Sangsit, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali

97. Rice Terrace Ambengan
Ambengan merupakan sebuah desa yang posisinya di atas bukit yang menghijau. Desa ini dihiasi oleh hamparan sawah yang sangat indah. Lokasi: Desa Ambengan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali

98. Air Panas Banjar
Air di pemandian ini memiliki kandungan belerang yang cukup tinggi sehingga cocok untuk mengobati berbagai penyakit kulit. Di sini terdapat tiga kolam air panas dengan tingkat panas airnya berbeda-beda. Lokasi: Desa Banjar, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali.

99. Pantai Penggambetan
Pantai ini berpasir putih yang eksotis. Dari pantai ini kita bisa melihat indahnya pulau putih. Jika pada saat air laut sedang surut, kita bisa jalan-jalan dari pantai ini hingga ke pulau putih. Lokasi: Desa Sumberkima, Kecamatan Gerogak, Kabupaten Buleleng, Bali.

100. Air Panas Banyuwedang
Air panas ini mengandung belerang cukup tinggi dengan suhu panasnya rata-rata 40º Celcius, sehingga air panas ini dipercayai secara meluas dapat menyembuhkan beberapa penyakit terutama penyakit kulit. Lokasi: Desa Pejarakan, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali

Masih banyak tempat wisata lainnya yang belum admin sebutkan misalnya pantai camplung, pantai happy, dan lain-lain. Selain wisata alam, kabupaten Buleleng juga menawarkan wisata budaya yang tidak dimiliki oleh kabupaten lainnya di Bali, misalnya tradisi megoak-goakan. Semoga ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari destinasi wisata di Bali khususnya kawasan Bali Utara. Salam longtriper.
Iklan