free counter with statistics Tempat Wisata Rumah Pohon Bukit Lemped Karangasem
T12/20/2017

Tempat Wisata Rumah Pohon Bukit Lemped Karangasem

Iklan
Iklan
Bali sebagai daerah tujuan wisata, sehingga banyak orang yang memanfaatkan keadaan ini dengan membuat destinasi wisata yang baru dan unik. Salah satunya dengan memanfaatkan pepohonan untuk dijadikan rumah pohon, sehingga di Bali banyak sekali bermunculan rumah pohon, misalnya rumah pohon Tukad Abu di Kubu, rumah pohon Nyati di Penuktukan, rumah pohon Poh Landung di Temega, rumah pohon Batu Molenteng di Nusa Penida, rumah pohon di Big Garden Corner. Tiap-tiap rumah pohon tersebut tentunya memiliki keunikan tersendiri, terutama dari panorama sekitar yang disajikannya.
Tempat Wisata Rumah Pohon Bukit Lemped Karangasem
Rumah Pohon Bukit Lemped

Sekitar pertengah tahun 2017 muncul tempat wisata rumah pohon di kabupaten karangasem bernama rumah pohon Bukit Lemped yang lokasinya berada di desa pladung. Rumah pohon ini cukup diminati warga sebagai tujuan liburan, tidak hanya bagi kalangan remaja atau kawula muda tetapi juga keluarga termasuk anak-anak, sehingga tidak mengherankan jika destinasi wisata baru yang ada di karangasem ini selalu ada pengunjung.
Rumah Pohon Bukit Lemped Karangasem
Pesona rumah pohon dari atas pohon

Rumah pohon tersebut berada di atas perbukitan yang bernama Bukit Lemped, yang ditumbuhi oleh tumbuhan tropis seperti pohon bundut, pohon jati, kelapa, pohon randu, dan pohon lainnya. Rumah pohon di Bukit Lemped dikatakan sebagai rumah pohon tertinggi di bali, betapa tidak, tinggi rumah pohon ini mencapai ketinggian 40 meter lho. Kebayang bukan bagaimana tinggi rumah pohon tersebut, bahkan pohon kelapa berada di bawah saat kita berdiri di rumah pohon yang paling tinggi.

Dari atas pohon pengunjung akan menyaksikan keindahan alam sekitarnya yang asri dan hijau seperti hamparan sawah, lautan yang membiru dan jalan raya. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat rumah pohon tetangganya yaitu rumah pohon poh landung di Desa Temega. Bukit kecil yang bernama Bukit Dausa terlihat berdiri kokoh menghijau di seberang rumah pohon ini. Tempat wisata baru ini sekarang sedang viral di media sosial, sehingga semakin hari kunjungan ke rumah pohon ini terus meningkat.
Tempat Wisata Rumah Pohon Bukit Lemped
Pemandanga sekitar rumah pohon

Agar bisa merasakan senasasi diketinggian, pengunjung harus menaiki tangga demi tangga yang terbuat dari besi, tentunya masih aman bagi pengunjung. Setelah mencapai setengahnya, untuk menuju puncak barulah dibuatkan tangga-tangga dari bambu. Sesampai di puncak menara, pemandangan menakjubkan bisa anda saksikan, seperti hamparan sawah, pemandangan laut serta bukit-bukit. Untuk keamanan dan kenyamanan pengunjug yang ingin ke puncak rumah pohon dibatasi hanya 3 orang saja yang berada di menara tersebut.

Daya tarik lain di rumah pohon Bukit Lemped yakni tersedia ayunan yang juga bisa digunakan untuk segala usia. Jadi tidak hanya bisa dinikmati oleh orang dewasa, tempat wisata rumah pohon ini bisa dinikmati oleh anak-anak tentunya dengan pengawasan orang dewasa. Selain itu, di kawasan tempat wisata baru di karangasem ini juga menyediakan sarang burung ukuran jumbo sebagai spot untuk berfoto selfie.
Wisata Rumah Pohon Bukit Lemped
Ayunan di rumah pohon bukit Lemped

Sejumlah fasilitas lain juga disediakan untuk mendukung objek wisata ini, seperti area parkir yang cukup luas, warung makanan dan minuman, dan toilet. Untuk menikmati pesona keindahan rumah pohon Bukit Lemped pengunjung akan dikenai biaya masuk sesbesar Rp 10.000 untuk orang dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak dengan waktu kunjungan mulai dari pukul 08.00 hingga pukul 20.00 Wita.

Lokasi dan Cara Akses Ke Rumah Pohon Bukit Lemped
Tempat wisata Rumah Pohon Bukit Lemped berada di Jalan Raya Tirta Gangga, Desa Peladung, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali. Jarak tempuh dari Bandara Ngurah Rai sekitar 80 km atau dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan, sedangkan dari pusat kota Denpasar sekitar 68 km. Jika dari kota Amlapura sekitar 5,5 km dan dari objek wisata Tirta Gangga sekitar 1,8 km. Sedangkan dari Rumah Pohon Poh Landung di Temega hanya berjarak sekitar 150 meter. Untuk mengakses tempat wisata ini sangat mudah sekali karena berada di pinggir jalan raya jurusan Kota Amlapura – Singaraja.

Adapun tempat wisata yang dekat dengan rumah pohon Bukit Lemped di Desa Pladung yakni rumah pohon Temega, Taman Tirta Gangga, Taman Soekasada Ujung, Pantai Virgin dan Rumah Coklat Jasri, dan Bukit Asah.
Iklan