free counter with statistics Inilah 100 Tempat Wisata Di Kabupaten Klungkung Bali
T1/10/2018

Inilah 100 Tempat Wisata Di Kabupaten Klungkung Bali

Klungkung merupakan kabupaten terkecil di provinsi Bali. Luas wilayahnya sekitar 315 km², di mana sepertiga wilayah Kabupaten Klungkung (112,16 km²) terletak di pulau Bali dan dua pertiganya (202,84 km²) lagi merupakan kepulauan, yang meliputi Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. 
Tempat Wisata Di Kabupaten Klungkung Bali
Salah satu tempat wisata di Klungkung

Walaupun wilayah kabupaten Klungkung terkecil di Bali namun banyak sekali memiliki objek wisata yang layak untuk dikunjungi. Karena wilayahnya sebagian besar berupa kepulauan maka tempat wisatannya juga sebagian besar berada di wilayah tersebut. Berikut admin bagikan beberapa tempat wisata yang berada di Kabupaten Klungkung, Bali.

1. Manta Point
Manta point merupakan spot untuk menyaksikan keindahan bawah laut. Keunikan spot menyelam di titik ini dibandingkan dengan spot menyelam lainnya dibali yakni adanya ikan pari Manta sepanjang tahun. Terkadang pada musim kemarau kita bisa melihat ikan mola-mola. Lokasi: Desa Sekartaji, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

2. Crystal Bay (Pantai Penida)
Pantai Penida memiliki panorama yang indah dan mengesankan. Crystal Bay memiliki pantai yang menghadap ke barat, tentu ini sangat bagus sekali untuk melihat sang surya terbenam (sunset) di ufuk barat. Lokasi: Banjar Penida, Desa Sakti, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

3. Angel’s Billabong
Angel’s Billabong merupakan sebuah muara sungai yang belum menyentuh lautan dengan batu karang yang berada di sebalah kanan kiri. Lokasi: Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

4. Pasih Uwug (Broken Beach)
Pesona di Pasih Uwug menawarkan keindahan sebuah tebing yang di tengahnya terdapat lubang yang besar. Melalui lubang besar tersebut air laut akan masuk dan membentuk sebuah kolam besar, sungguh pemandangan yang unik. Lokasi: Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

5. Bukit Teletubbies Nusa Penida
Bukit Teletubbies Nusa Penida terdiri banyak bukit yang membulat dengan rumput yang tumbuh subur dan menghijau pada musim penghujan. Jika pada musim kemarau rumput di sini agak gersang, tetapi pesona yang ditawarkan tetap mampu membuat mata terpukau akan keindahannya. Lokasi: di perbatasan Dusun Julingan (Desa Tangglad) dan Dusun Sedehing (Desa Sekartaji), kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

6. Pantai Atuh
Pantai Atuh merupakan salah satu pantai tersembunyi di Nusa Penida, karena pantai ini dikelilingi oleh tebing karang yang tinggi. Keunikan pantai ini adalah terdapatnya bukit karang yang berbentuk seperti sepatu yang berada di tengah-tengah pantainya. Lokasi: Banjar Pelilit, Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

7. Pura Gua Giri Putri
Gua Giri Putri merupakan salah satu gua yang disucikan di pulau Nusa Penida karena di dalam goa terdapat tempat suci umat Hindu. Yang menarik dari goa ini adalah pintu masuk ke dalam goa yang sangat kecil namun ketika tubuh sudah masuk ke bagian dalam gua, maka akan terlihat besar dan sangat luas. Panjang Gua Giri Putri sekitar 262 meter. Lokasi: Banjar Karangsari, Desa Suana, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

8. Pantai Banah
Pantai Banah menawarkan pemandangan yang sangat indah dan memiliki keunikan di mana terdapat sebuah pulau di tengah laut yang berbentuk tebing dan terdapat bolong di tengahnya serta terdapat banyak pepohoan hijau yang tumbuh di atasnya. Lokasi: Banjar Salak, Desa Batumadeg, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

9. Bali Bird Sanctuary
Penangkaran jalak bali tidak hanya ada di bali barat, burung khas bali yang endemik ini bisa di temui di Bali Bird Sanctuary di Pulau Nusa Penida. Burung yang sangat indah dan langka ini dikembangkan secara massal di pulau kecil ini. Luas area penangkaran ini sekitar 20 are dengan suasana pedesaan yang sejuk karena terdapat banyak pohon rindang. Lokasi: Desa Ped, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

10. Pura Paluang
Tempat suci ini memang unik karena terdapat dua buah bangunan tempat suci yang menyerupai mobil VW Beatle dan mobil Jimmy. Mobil VW Beatle memiliki nomor kendaraan KD 013. Sedangkan mobil Jimmy memiliki plat nomor kendaraan DK 28703. Lokasi: Banjar Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

11. Mata Air Tembeling
Untuk menuju mata air Tembeling kita akan menelusuri jalan setapak yang terdapat ngarai-ngarai indah yang berada di seberang jurang selebar kira-kira 20 meter. Mata air ini berupa telaga air tawar yang jernih, tentunya pengunjung bisa mandi di mata air ini. Sekitar kawasan mata air ini suasana alamnya masih alami dan asri dengan banyaknya pepohonan yang menghijau. Lokasi: Desa Batumadeg, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

12. Mata Air Guyangan
Perjalanan dari pintu masuk hingga sampai ke mata air guyangan memerlukan tenaga yang ekstra karena akan melewati tangga-tangga besi yang cukup banyak. Bagi yang phobia akan ketinggian jangan coba-coba untuk mengunjungi mata air ini karena tangga tersebut berada di tepi tebing yang sangat tinggi. Sepanjang perjalanan mengijakan kaki di anak tangga satu persatu akan disuguhkan dengan pemandangan laut yang seksotis dari ketinggian. Lokasi: Dusun Guyangan, Desa Batu Kandik, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali

13. Pantai Suwehan (Pantai Volcom)
Pantai Suwehan memiliki garis pantai pasir putih yang panjang sekitar 400 meter. Keunikan pantai ini adalah di depan pantai yang berpasir putih ini terdapat batu besar sangat besar yang menyerupai brand Volcom. Lokasi: Dusun Watas, Desa Tanglad, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

14. Pantai Kelingking (pantai Karang Dawa)
Pantai ini benar-benar tersembunyi karena berada di balik tebing yang tinggi dengan garis pantai tidak terlalu panjang dan juga area pantai yang tidak luas. Jurangnya  tinggi dan tidak ada akses jalan untuk turun ke bawah sehingga pelancong tidak bisa mengijakan kaki di pasir putihnya dan hanya dapat melihat keindahan pantai dari atas karang saja. Pesona yang ditawarkan di pantai kelingking ini benar-benar membuat kagum para wisatawan yang mengunjunginya. Lokasi: Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

15. Pantai Andus
Pantai Andus atau smoke beach merupakan water blownya Nusa Penida. Ombak yang besar menghantam tebing sehingga menyerupai asap yang menjadi keunikan dari pantai ini. Tidak hanya itu saja, kawasan ini memiliki tebing karang yang sangat mempesona dengan alam yang masih asri dan alami, sehingga cocok untuk bersantai. Lokasi: Banjar Sumpang, desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

16. Air Terjun Seganing (Air Terjun Sebuluh)
Air terjun ini berada di dasar bukit curam sehingga akses jalan menuju air terjun seganing sangatlah ekstrim. Kita harus menuruni jurang yang sangat terjal, menapaki jalan dan tangga darurat pada pinggir tebing sepanjang 300 meter. Perjalanan yang ekstrim dan menegangkan akan terbayar begitu sampai di air terjun seganing ini dengan suguhan pesona keindahannya. Lokasi: Dusun Sebuluh, desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

17. Pulau Seribu Nusa Penida
Di tempat ini pelancong akan disuguhkan dengan pesona alam  yang sangat indah berupa hamparan laut yang terdapat pulau-pulau kecil seperti berwisata ke Raja Ampat. Pelancong akan akan dibuat terkagum begitu melihat susunan bebatuan dan tebing-tebing yang indah ini. Lokasi: Banjar Pelilit, Desa Tanglad, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

18. Air Terjun Guyangan
Air Terjun Peguyangan di Nusa Penida merupakan air terjun yang airnya langsung terjun ke laut lepas. Sangat bagus untuk spot berfoto-foto baik untuk sesi preweding maupun koleksi pribadi karena di atas air terjun terdapat sebuah gapura. Untuk menuju air terjun ini harus mengeluarkan tenaga ekstra, di mana kita akan dihadapkan dengan anak tangga yang banyaknya sekitar 870 buah yang menuruni tebing karang. Lokasi: Dusun Guyangan, Desa Batu Kandik, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali

19. Pantai Tembeling
Di tempat wisata mata air Tembeling Nusa Penida terdapat sebuah pantai yang bernama pantai Tembeling. Uniknya, di pantai tembeling terdapat cerukan-cerukan besar serupa goa akibat empasan ombak yang menghantap bibir pantai ini. Bahkan salah satu bagian cerukan ini menembus bagian bawah karang dan membuat semacam goa besar. Pelancong dapat menikmati pesona di kawasan ini sambil menyaksikan deburan ombak yang tanpa henti datang menghantam tebing-tebing tinggi. Lokasi: Desa Batumadeg, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

20. Pantai Paluang
Pantai yang berada di sebelah kiri dari tebing Paluang atau Karang Dawa ini masih belum bisa dikunjungi karena belum ada akses untuk menuju ke sana, mungkin nanti seiring perkembangan pariwisata di nusa penida akan dibuatkan jalan akses untuk menuju pantai ini. Sedangkan di sebelah kanan dari karang dawa terdapat pantai Kelingking. Sama seperti pantai kelingking, pelancong hanya bisa melihat pesona pantai ini dari atas karang atau tebing. Lokasi: Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

21. Temple Point
Temple Point merupakan spot menyelam di Nusa Penida yang benar-benar keren dan unik. Di dalam laut para penyelam akan ditawarkan pesona bawah laut yang indah dengan banyaknya patung budha dan stupa atau candi budha sebagai tempat bermain ikan-ikan kecil yang lucu. Lokasi: perairan antara Pulau Nusa Penida dengan Pulau Nusa Ceningan.

22. Pura Dalem Penataran Ped
Pura Dalem Penataran Ped memiliki suasana yang tenang dan damai seperti suasana pura di Bali pada umumnya. Selain itu, Pura Dalem Penataran Ped memiliki pemandangan yang indah dengan hutan dan pepohonan kelapa di sekitarnya. Tempat suci ini sangat populer sebagai obyek wisata spiritual di Nusa Penida. Lokasi: Jalan Ped, Banjar Buyuk, Desa Ped, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

23. Rumah Pohon Batu Molenteng
Dari atas rumah pohon Batu Molenteng para traveler bisa melihat pemandangan yang menakjubkan dan menpesonanya pantai Atuh. Ombak yang menerjang pinggir karang pulau sekitarnya menjadi pelengkap pemandangan di rumah pohon ini. Hamparan samudra yang biru dan tebing-tebing kapur yang menjulang tinggi terlihat sangat indah. Lokasi: Banjar Pelilit, Desa Tanglad, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

24. Bukit Nunggul
Bukit Nunggul merupakan sebuah tebing dengan banyaknya petak-petak sawah yang unik. Di sini pelancong akan disuguhkan dengan keindahan hutan yang lebat dan hijau, petak sawah yang tersusun dengan rapi dan rumput ilalang yang memenuhi kawasan tersebut, sehingga sangat bagus untu tempat piknik ataupun rekreasi. Lokasi: Desa Tanglad, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

25. Pohon Cinta Nusa Penida
Pohon Cinta ini dengan mudah dapat ditemui ketika melakukan perjalanan menuju pantai Kelingking, karena tempatnya berada di pakiran sebelum menuju pantai Kelingking. Pohon ini banyak dicari pengunjung yang datang ke Nusa Penida untuk dipanjat dan mengabadikan foto karena menghasilkan foto yang unik dan berbeda dengan pemandangan alam yang indah. Lokasi: Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

26. Atuh Clift (Bukit Atuh)
Jika mengunjungi pantai atuh maka perjalanan akan dihadapkan dengan jalan yang menuruni perbukitan. Nah bukit ini bernama bukit atuh atau Atuh Clift. Pesona di bukit ini sangat bagus untuk dinikmati. Lokasi: Banjar Pelilit, desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

27. Gamat Bay
Gamat Bay merupakan tempat untuk menyelam dengan pesona bawah laut yang sangat indah. Akan tetapi agar menikmati indahnya bawah laut, harus sudah berpengalaman dalam menyelam karena titik menyelaman ini paling menantang di Nusa Penida. Di dasar Gamat Bay hampir seluruhnya berpasir, kelompok koral, dan gundukan karang berbentuk indah. Lokasi: Desa Adat Sakti, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

28. Pantai Toyapakeh
Pantai Toya Pakeh selain berfungsi sebagai pelabuhan transit tempat dermaga sejumlah fast boat dan perahu sampan saja, tetapi air lautnya jernih serta keindahan bawah lautnya berupa terumbu karang dan ikan penghuni kawasan ini beraneka ragam, sehingga perairan Toya Pakeh ini memang ideal untuk wisata bahari seperti diving dan juga snorkeling. Pantainya dengan pasir putih keemasan ideal juga untuk bersantai sambil menikmati pemandangan alam laut. Lokasi: Kampung Toya Pakeh, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

29. Malibu Point
Malibu Point merupakan spot menyelam yang lengkap dengan terumbu putih, terumbu karang abu-abu dan terumbuk perak. Disana Anda bisa melihat berbagai varian ikan yang indah. Karena lokasinya yang menarik dan arusnya mendukung pergerakan ikan-ikan untuk berenang disekitarnya. Menyelam di Malibu sangatlah menyenangkan, terlebih di sepanjang lereng curam dan karang meja yang besar. Lokasi: Desa Suana, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

30 Pantai Sampalan
Keindahan dari pantai Sampalan yakni memiliki suasana yang tenang dan nyaman, dengan pasir putih dan ombak yang tenang. Sehari-hari pantai ini difungsikan sebagai pelabuhan, yang dikenal dengan Pelabuhan Sampalan. Selain itu, pesona bawah lautnya sangat mempesona dengan beberapa lampu di bawah laut yang membuat tempat menyelam ini berbeda. Lokasi: Desa Batununggul, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

31. Sekolah Dasar (SD) Point
SD Point merupakan salah satu spot menyelam yang populer di Nusa Penida. Tempat ini memiliki arus yang kuat dan tepat untuk penyelam yang menyukai petualangan berbeda. Di SD Point terdapat ikan besar seperti Giant Trevally, Hiu dan jika musimnya akan melihat ikan Mola-Mola. Lokasi: dekat pelabuhan Buyuk, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

32. Tanjung Pandan
Tanjung Pandan berada di dekat ujung barat Pulau Nusa Penida. Pemandangan di tanjung ini sangat mempesona, dengan tebing kapur yang curam dan dibentuk oleh hantaman  gelombang besar ke pantai sepanjang tahun. Lokasi: Desa Sekartaji, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

33. Pura Puncak Mundi
Puncak Mundi atau bukit Mundi merupakan titik tertinggi di Pulau Nusa Penida, dengan ketinggian mencapai 529 meter dari permukaan laut. Di puncak ini terdapat tempat suci umat Hindu yang bernama Pura Puncak Mundi. Lokasi: Banjar Rata, Desa Klumpu, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

34. Pantai Banyar Nyuh
Pantai Banjar Nyuh memiliki hamparan pasir putih dan memiliki panorama alam yang sangat indah. Pantai ini juga merupakan sebuah pelabuhan yang ramai digunakan oleh warga sebagai tempat penyeberangan. Keindahan sunset pun dapat dinikmati di Pelabuhan Banjar Nyuh. Lokasi: Banjar Nyuh, Desa Ped, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

35. Pantai Buyuk
Jika menggunakan fast boat dari dermaga pantai matahari terbit, selain mendarat ke pelabuhan banjar Nyuh, juga bisa mendarat di pelabuhan Buyuk. Tidak hanya sebagai jalur penyeberangan, di sini juga terdapat pantai yang eksotis yang siap memanjakan pengunjung ketika menginjakan kaki di pulau nusa penida. Lokasi: Desa Kutampi Kaler, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali

36. Pandan Bay
Untuk mencapai lokasi Pandan Bay, pengunjung harus berjalan menyusuri bukit sepanjang 1 km, tentu ini sangat pas sekali bagi yang suka dengan wisata trekking. Begitu sampai di pantai pandan, pengunjung akan disambut dengan pemandangan alam pantai yang begitu indah. Terkadang para wisatawan mengadakan kemah di tempat ini. Lokasi: Banjar Penida, Desa Sakti, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali

37. Pantai Bulian
Pantai Bulian tidak seperti pantai pada umumnya karena tidak memiliki pasir, hanya hamparan bebatuan halus. Dapat dikatakan bahwa kawasan ini sebenarnya bukan pantai tapi sebuah gugusan tebing dengan beberapa pantai yang terbentuk secara alami karena hempasan gelombang laut selatan yang kuat dan membuat lobang-lobang pada batu karang yang ada hingga terbentuk sebuah pantai. Suasana yang cukup  tenang dan keindahan alam di sekitar pantai yang masih alami sangat sejuk dipandang. Lokasi: Dusun Penangkidan, Desa Bungamekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

38. Pantai Gamat
Pantai Gamat atau Gamat Bay memiliki kondisi bibir pantai yang masih sangat bersih dan banyaknya karang-karang terdampar menghiasi pingiran pantai, menyuguhkan pemandangan yang sangat cantik. Selain keindahan pantainya, Gamat Bay merupakan spot menyelam yang sangat bagus di Nusa Penida. Dengan pemandangan bawah laut yang menakjubkan, air lautnya yang selalu jernih, karang yang curam, dan lereng terjal yang mengarah ke teluk. Lokasi: Desa Sakti, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali

39. Saren Clif Point
Untuk mencapai Saren clift point perlu perjuangan yang ekstra karena jalan yang masih tanah dan berbatu. Namun, semua akan terbayar ketika  tiba, pemandangannya masih alami. Lokasi: Dusun Saren, Desa Batumadeg, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali

40. Bukit Abangan
Sepanjang jalan setapak menuju Abangan Hills tersebut, kita akan disambut banyak ilalang yang tumbuh subur di kawasan perbukitan ini. Terdapat sebuah tebing cantik yang berwarna hijau segar. Spot yang sangat bagus untuk melihat pesona matahari terbit dari Pulau Nusa Penida. Lokasi: Desa Tanglad, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

41. Pantai Malibu Semaya
Pantai Malibu Semaya ini masih alami dan jauh dari pemukiman warga. Di pantai yang cantik ini terdapat dua buah ayunan di tengah pantai. Pengunjung pun bebas menggunakan ayunan tanpa dipungut biaya. Suasana akan lebih menakjubkan di pagi hari. Pengunjung bisa berayun sambil menyaksikan sunrise. Lokasi: Dusun Semaya, Desa Suana, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

42. Bukit Padang Daung
Bukit Padang Daung merupakan wisata alam ini menawarkan pemandangan laut. Sekitar lokasi dikelilingi oleh rumput ilalang yang tinggi. Lokasi: Dusun Watas, Desa Tanglad, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

43. Pantai Sebila
Pantai Sebila memiliki butiran pasir putih yang masih sangat alami dan asri. Lokasinya yang sunyi membuat kita seolah-olah berada pada sebuah pulau yang tak berpenghuni, tentunya sangat cocok bagi anda yang mencari suasana damai dan tentram. Lokasi: Banjar Kelodan, Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

44. Labuhan Ampuak
Kawasan Labuan Ampuak memilki ketinggian kurang lebih 100 m di atas permukaan laut yang dikelilingi oleh bukit-bukit dengan keindahan yang ditawarkan hampir sempurna. Lokasi: Banjar Pelilit, Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

45. Pantai Wasu
Pantai yang menyerupai teluk dihiasi dinding dari batu karang. View yang ditampilkan benar-benar mampu memikat setiap yang melihatnya. Lokasi: Desa Sakti, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

46. Tirai Air Terjun Tukad Unda
Air terjun ini bukan air terjun alami, melainkan air terjun buatan. Air terjun ini terjadi akibat dibendungnya sungai yeh unda untuk mengaliri persawahan di sekitarnya. Air terjun yang dibentuk oleh bendungan ini seperti sebuah tirai yang panjang dan tentunya sangat indah. Lokasi: Tukad Yeh Unda, Banjar Lebah, Desa Semarapura Kelod Kangin, Kecamatan Klungkung.

47. Air Terjun Petapaan
Air terjun ini memiliki debit air yang cukup besar, namun jatuhnya air tidak terlalu tinggi. Lokasi: Desa Aan, Kecamatan Banjarangkan

48. Air Terjun Tebing Katik Sai
Air terjun yang tersembunyi karena masih tertutup rerimbunan semak-semak. Lokasi: Desa Aan, Kecamatan Banjarangkan

49. Pantai Watu Klotok
Selain memiliki ombak yang bagus untuk kegiatan surfing, pantai Watu Klotok juga memiliki panorama yang indah dengan pasir pantai yang berwarna hitam. Di sekitar pantai Anda juga bisa menyaksikan pemandangan persawahan serta pemandangan Gunung Agung yang terlihat megah dan indah dari kejauhan. Lokasi: Banjar Celepik, Desa Tojan, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali

50. Museum Semarajaya
Di dalam Museum semrajaya dipamerkan berbagai barang-barang dari jaman prasejarah sampai benda-benda yang digunakan selama perang puputan Klungkung. Selain itu, juga terdapat berbagai barang-barang yang dipergunakan sebagai perlengkapan upacara adat oleh para raja-raja Klungkung serta berbagai koleksi foto-foto dokumentasi keturunan raja-raja di Klungkung. Lokasi: Jalan Untung Surapati, Kota Semarapura, Kabupaten Klungkung, Bali.

51. Museum Gunarsa
Museum Gunarsa merupakan museum seni lukis klasik yang diprakarsai oleh seorang seniman yang bernama Nyoman Gunarsa. Museum ini mengoleksi berbagai lukisan klasik Bali dan lukisan modern karya dari seniman Bali. Lokasi: Jalan Raya Banda No. 1, Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, Bali

52. Museum Usadha
Museum Usadha berisi koleksi tanaman obat yang digunakan bahan baku jamu tradisional sesuai resep peninggalan leluhur. Museum ini dibangun pada komplek Museum Seni Lukis Klasik Bali Nyoman Gunarsa. Lokasi: Jalan Raya Banda No. 1, Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, Bali

53. Monumen Puputan Klungkung
Monumen puputan klungkung adalah monumen yang dibangun untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan dan ksatria kerajaan klungkung. Di dalam monumen ini terdapat diorama-diorama tentang perang puputan klungkung. Lokasi: jalan Untung Surapati, kota Semarapura, Kabupaten Klungkung, Bali.

54. Pantai Pesinggahan
Pantai Pesinggahan tidak hanya menawarkan pesona panti berpasir hitam indah tetapi juga sebagai jalur penyeberangan ke nusa penida. Selain itu, pantai ini terkenal akan kuliner khas lautnya. Lokasi: Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali.

55. Arung Jeram Tukad Melangit
Kondisi sungai Melangit masih alami dengan udara masih segar, serta jauh dari kebisingan kota sehingga sungai ini sangat cocok untuk aktivitas arung jeram. Lokasi: Desa Bakas, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, Bali.

56. Pantai Tegal Besar
Sama seperti pantai Sedayu dan pantai Lepang, Pantai Tegal Besar juga memiliki pasir hitam yang berkilau seperti kristal jika terkena paparan sinar matahari. Pantai Tegal Besar merupakan salah satu objek wisata pantai yang memiliki panorama eksotis dengan deburan ombak yang besar, sehingga cocok untuk kegiatan surfing.Lokasi: Banjar Tegal Besar, Kelurahan Takmung, Kecamatan Bajarangkan, Kabupaten Klungkung, Bali.

57. Pantai Lepang
Pantai Lepang merupakan pantai dengan pasir hitam yang berkilau seperti kristal jika terkena sinar matahari. Pantai ini memiliki daya tarik tersendiri dengan bentuk pantai yang berkelok-kelok dengan latar belakang hamparan sawah serta pegunungan yang menjulang indah pesona. Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah dengan deburan ombaknya yang besar yang memecah kesunyian. Lokasi: Dusun Lepang, Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, Bali.

59. Pantai Sedayu
Pantai ini memiliki ombak yang besar dan juga memiliki arus yang besar sehingga pengunjung dilarang mandi pantai ini. Walaupun pengunjung dilarang mandi di kawasan ini, pengunjung juga masih bisa menikmati keindahan pantai ini karena pantai ini masih asri dan tenang apalagi didukung dengan keindahan hamparan sawah yang luas hijau membentang menambah indahnya panorama pantai ini. Lokasi: Banjar Sedayu, Kelurahan Takmung, Kecamatan Bajarangkan, Kabupaten Klungkung, Bali.

60. Taman Gili dan Kerta Gosa
Taman Gili dan Kerta gosa merupakan objek wisata sejarah peninggalan dari Kerajaan Klungkung. Bangunan ini dibangun pada abad ke 17 yaitu masa pemerintahan Dewa Agung Jambe. Yang paling unik dari kedua bangunan ini adalah di mana pada langit-langit bangunan ini dihiasi lukisan tradisional (gaya wayang). Lokasi: sebelah timur lapangan Puputan Klungkung dan sebelah selatan dari monumen Puputan Klungkung (di samping patung Kanda Pat Sari).

61. Lapangan Puputan Klungkung
Pada tanggal 28 April 1908, di lapangan ini terjadi perang besar antara Kerajaan Klungkung (keluarga kerajaan dan rakyat Klungkung) dengan penjajah Belanda yang dikenal dengan nama “perang puputan Klungkung”. Selain sebagai pengenang sejarah perjuangan rakyat klungkung, lapangan ini juga dapat digunakan untuk berlari (jogging), bersantai, bermain, atau sekedar duduk-duduk untuk menikmati hawa kota Semarapura. Lokasi: sebelah barat Kerta Gosa dan museum Semarajaya.

62. Pura Gowa Lawah
Pura Goa Lawah memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan pura yang lainnya di Bali, karena di dalam pura ini ada sebuah gua yang dihuni oleh ribuan kelelawar. Lokasi: Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali.

63. Pantai Belatung
Pantai ini berada di perbatasan antara kabupaten Klungkung dengan kabupaten Karangasem. Tidak hanya menawarkan pesona pantai yang indah sebagai spot melihat sunrise, juga bisa melihat proses pembuatan garam tradisional di pantai ini. Lokasi: Banjar Belatung, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, kabupaten Klungkung, Bali.

64. Goa Jepang
Disebut Goa Jepang karena goa ini dibangun oleh tentara Jepang sebagai lokasi perlindungan para tentara Jepang dalam upayanya mempertahankan diri dari serangan tentara sekutu di masa Perang Dunia Kedua. Goa ini dibuat pada dinding tebing diatas sebuah sungai bernama Tukad Bubuh yang memiliki 16 lubang dengan kedalamannya yang mencapai 14 meter, dua diantaranya tidak berhubungan satu sama lainnya, satu buah terletak di ujung selatan dan satu lagi diujung sebelah utara, sedangkan yang lainnya dihubungkan oleh sebuah lorong  memanjang arah Utara Selatan. Lokasi: sebelah barat Jembatan Tukad Bubuh, Jalan Raya Banjarangkan, Dusun Koripan, Desa Banjarangkan, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, Bali.

65. Bukit Belong
Bukit Belong (Blong) menyajikan panorama alam yang indah dengan hamparan sawah yang menghijau di bawah perbukitan. Jika pandangan kita arahkan ke selatan, kita akan disuguhkan dengan pemandangan pantai selatan Pulau Bali dengan air lautnya yang membiru yang dihiasai dengan gugusan kepulauan Nusa Penida. Lokasi: Banjar Buayang, Desa Gunaksa, Kecamatan Dawan, kabupaten Klungkung, Bali.

66. Desa Wisata Tihingan
Desa Tihingan merupakan salah satu desa yang menjadi tujuan wisata dengan masyarakatnya yang terkenal sebagai pembuat instrumen Gong (gamelan). Lokasi: Desa Tihingan, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, Bali.

67. Pantai Segara Kusamba
Di sini kita akan disuguhkan dengan pemandangan pantai yang alami dan asri dengan suasana pantai yang tenang serta pesona matahari terbit di pagi hari. Selain itu, kita juga akan melihat gugusan kepulauan Nusa Penida di seberang lautan dan pesona Gunung Agung dikejauhan. Lokasi: Jalan Pura Segara, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali.

68. Pantai Gowa Lawah
Pantai Goa Lawah juga menyajikan fenomena matahari terbit pada pagi hari. Tidak hanya menyajikan indahnya matahari terbit, di pantai ini kita juga bisa melihat aktivitas penduduk sebagai nelayan yang menyandarkan jukungnya di siang hari. Lokasi: Jalan Raya Goa Lawah, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali.

69. Pelabuhan Tribuana
Salah satu tempat penyeberangan untuk menuju Nusa Penida bisa melalu pelabuhan tradisional Tribuana. Tidak hanya digunakan sebagai jalur penyeberangan, pelabuhan ini juga memiliki view pantai yang sangat indah. Pagi hari kita bisa melihat matahari terbit dari pelabuhan tradisional ini. Siang hari kita bisa melihat jukung nelayan yang bersandar, sungguh pemandangan yang unik apalagi ditambah dengan proses bongkar muat di pelabuhan ini. Lokasi: Jalan Eka Bhuana, Dusun Tribuana, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, Bali.

70. Pantai Banjar Bias
Pantai Banjar Bias menyuguhkan pemandangan pantai pasir hitam dengan ombak yang sangat indah. Dari bibir pantai kita bisa melihat gugusan kepulauan Nusa Penida. Tidak hanya menawarkan pesona pantai, pantai banjar bias merupakan tempat menyeberang ke Nusa Penida. Lokasi: Jalan Pasir Putih, Banjar Bias, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, Bali.

71. Pantai Kampung Kusamba
Selain bisa menikmati pantainya yang asri dan alami, pagi hari bisa melihat fenomena matahari terbit (sunrise). Siang hari terlihat jukung-jukung yang berjejer dengan rapi di pinggi pantai. Lokasi: Kampung Kusamba, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, Bali.

72. Pantai Monggalan
Pantai Monggalan dijadikan sebagai tempat penyeberangan menuju ke Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Tidak hanya sebagai tempat penyeberangan, pantai ini juga dapat dijadikan sebagai tempat wisata pantai yang menyenangkan. Pantai ini masih alami dan asri. Di pantai ini kita bisa berfoto ria di samping jukung-jukung para nelayan yang bersandar dengan rapi di pingir pantai. Pantai ini merupakan pantai matahari terbit, pagi hari pantai ini sangat bagus melihat sang surya muncul dari balik cakrawala. Lokasi: Jalan Windu Segara I, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, Bali.

73. Pantai Karang Nadi
Pantai yang berpasir hitam ini memiliki area pantai yang cukup luas. Sangat cocok untuk aktivitas olahraga seperti bermain voli dan sepak bola. Angin di pantai ini sangat bagus digunakan untuk menaikan layang-layang, sehingga tidak mengherankan jika hari-hari tertentu kita bisa melihat penduduk sekitar memainkan layang-layang di pantai ini. Pagi hari kita bisa melihat indahnya sang surya muncul ke permukaan laut dengan garangnya memancarkan sinarnya. Lokasi: Jalan Melasti, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, Bali.

74. Desa Wisata Kamasan
Desa wisata ini terkenal dengan keindahan seni budayanya dalam membuat kerajinan perak, ukiran selongsong peluru, emas dan lukisan wayang tradisional. Lokasi: Desa Kamasan, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali.

75. Wisata Tirta Srinadi
Wisata Tirta Srinadi merupakan sebuah kolam pemandian yang memiliki air yang jernih karena terawat. Di sini terdapat kolam untuk dewasa dan anak-anak. Selain itu, juga terdapat seluncuran dan sepeda air. Selain aktivitas mandi, di sini juga tersedia tempat khusus untuk bermain anak-anak, bombom car, kursi pijat dan kantin makanan. Loksi: Banjar Minggir, Desa Gelgel, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali

76. Pasar Senggol Klungkung
Di pasar senggol Klungkung hanya buka pada malam hari. Di sini banyak terdapat pedagang yang memajang dagangannya, mulai pakaian, mainan anak-anak dan kuliner dengan harga yang tidak terlalu mahal. Lokasi: Jalan Gunung Rinjani, Kota Semarapura, Kabupaten Klungkung, Bali.

77. Pantai Mahagiri Lembongan
Pantai ini berada di depan Mahagiri Resort sehinggan pantainya diberinama Pantai Mahagiri yang menawarkan keindahan pantai dengan pasir putihnya yang mempesona dan juga dengan panorama Gunung Agung di seberang lautan. Lokasi: Pulau Lembongan, Desa Jungutbatu, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

78. Mangrove Lembongan
Pulau Lembongan memiliki hutan mangrove yang cukup luas untuk dieksplorasi keindahannya dengan menggunakan perahu jukung. Lokasi: Pulau Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

79. Bukit Panorama Lembongan
Bukit Panorama Lembongan menawarkan pesona pemandangan laut biru, kapal, dan rumah penduduk yang terlihat indah dan eksotis dari atas bukit. Lokasi: Pulau Lembongan, Desa Jungutbatu, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali

80. Dream Beach Lembongan
Dream Beach Lembongan menawarkan keindahan pantai pasir putih dengan air lautnya yang jernih serta memiliki tebing-tebing tinggi yang mengelilinginya. Lokasi: Pulau Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali

81. Mushroom Beach
Mushroom Beach memiliki pemandangan alam pantai yang sangat indah. Pantai yang berpasir putih ini sangat ideal untuk berenang, snorkeling, diving, surfing, atau bahkan hanya sekedar duduk pinggir pantai. Lokasi: Pulau Nusa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali

82. Bakas Elephant Park Bali
Di Bakas Elephant Park Bali pengunjung bisa berpetualang bersama gajah Sumatra. Pengunjung bisa duduk di punggung gajah bersama seorang pawang gajah sehingga perjalanan akan terasa lebih aman dan menyenangkan. Lokasi: Desa Bakas, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, Bali.

83. Devil’s Tear
Di sini pengunjung akan mendengar suara ombak yang menderu dan juga akan  terdapat water blow ketika ombak menabrak karang. Lokasi: Pulau Nusa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali

84. Sunset Beach/Sandy Bay
Sandy Bay ini juga dikenal sebagai Sunset Beach karena pantai ini menyajikan pesona matahari terbenam di sore hari. Walaupun pantainya kecil tetapi cukup menyenangkan dengan pasir putih dan ombaknya. Lokasi: Pulau Nusa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali

85. Pantai Sabela
Pantai ini memiliki tebing yang tidak terlalu tinggi sehingga terlihat seperti kolam renang yang di apit oleh tebing. Selain itu, pengunjung dapat melihat secara langsung pemandangan indah Gunung Rinjani dari pantai. Lokasi: Dusun Karang, Desa Pujanutan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

86. Yellow Bridge (Jembatan Kuning)
Yellow Bridge merupakan sebuah jembatan kuning yang dibuat sebagai penghubung antara pulau Nusa Lembongan dengan Pulau Nusa Ceningan dan hanya bisa dilewati kendaraan roda dua seperti sepeda gayung dan motor saja. Lokasi: Pulau Ceningan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

87. Ceningan Cliff Jumping
Selain melihat pemandangan para bule yang nekat melakukan cliff jumping, pengunjung bisa memanjakan mata dengan melihat birunya air laut. Lokasi: Pulau Ceningan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

88. Goa Gala-Gala
Rumah bawah tanah atau Gala-gala, oleh wisatawan asing lebih dikenal dengan nama "Underground House" di mana pengunjung bisa menyusuri lorong-lorong yang berada di bawah tanah tersebut untuk melihat isi di dalamnya. Lokasi: Pulau Ceningan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

89. Pantai Scooby Doo Lembongan
Pantai Scoobydoo merupakan pantai tersembunyi yang sangat indah. Pantai ini memiliki pasir putih yang sehalus tepung. Lokasi: Pulau Lembongan, Desa Jungutbatu, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

90. Tamarind Beach Nusa Lembongan
Tamarind Beach merupakan sebuah pantai yang mempunyai pemandangan menakjubkan ke arah pulau Bali. Selain itu, dari pantai ini pengunjung bisa melihat pemandangan Gunung Agung. Lokasi: Pulau Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

91. Puri Klungkung
Puri Agung Klungkung merupakan kompleks bangunan bersejarah yang berdiri di Kota Semarapura dan merupakan peninggalan dari kehebatan Kerajaan Klungkung pada abad ke-17. Lokasi: Jalan Untung Surapati, Kota Semarapura, Kabupaten Klungkung, Bali.

92. Pasar Seni Klungkung
Di Pasar Seni Klungkung banyak pedagang yang menjual kain tradisional dengan yang cukup murah, sehingga banyak di buru oleh para pedagang dari berbagai daerah. Lokasi: Jalan Diponegoro, Kota Semarapura, Kabupaten Klungkung, Bali.

93. Paradise Beach
Paradise Beach merupakan sebuah pantai yang memiliki pemandangan yang indah. Dari pantai ini pengunjung bisa melihat pemandangan Gunung Agung gagah berdiri di Pulau Bali. Pantai ini memiliki pasir putih dan pohon bakau pohon. Lokasi: Pulau Lembongan, Desa Jungutbatu, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

94. Pura Taman Sari Klungkung
Di Pura Taman Sari terdapat dua buah Meru Tumpang Sebelas dan Meru Tumpang Sembilan yang pada bagian dasarnya dikelilingi oleh kura-kura raksasa yang dikelilingi oleh kolam dengan dibelit Naga Ananthaboga. Lokasi: Banjar Sengguhan, Kelurahan Semarapura Kangin, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali

95. Pantai Lebaoh
Pantai Lebaoh menyuguhkan keindahan pesisir berpasir putih. Selain itu, pantai ini merupakan tempat budidaya rumput laut, sehingga petak-petak rumput laut terlihat memenuhi kawasan ini, termasuk juga rumput laut yang dijemur di tepi pantai. Lokasi: Pulau Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali

96. Pantai Ceningan
Pantai Ceningan memiliki pantai yang berpasir dengan panorama yang sangat indah. Pantai ini sangat mudah dikunjungi karena akan kita temukan pada saat menginjakan kaki pulau Ceningan. Lokasi: Pulau Ceningan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali

97. Secret Beach Nusa Ceningan
Pantai ini dinamakan Secret Beach karena pantai ini berada di teluk kecil dengan batu karang yang sangat memukau dengan hutan yang mengelilingi pada kedua sisinya. Lokasi: Pulau Ceningan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali

98. Pembuatan Garam Tradisional Kusamba
Pembuatan garam tradisional yang terletak di pinggir pantai Kusamba ini terkenal sebagai tempat petani garam tradisional yang menghasilkan garam organik bercita rasa tinggi, kualitas baik dan bercita rasa gurih. Lokasi: Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali.

99. Pantai Batu Seha
Pantai Batu Seha berada di bawah tebing terjal sehingga untuk mencapainya perlu tenaga ekstra. Pantai  ini menawarkan perpaduan pasir putih dan hamparan laut biru yang dibatasi tebing tinggi menjulang. Lokasi: Banjar Pangkung Gede, Desa Batumadeg, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

100. Pantai Batu Tumpeng
Pantai Batu Tumpeng mempunyai pasir berwarna hitam dengan gelombang ombak yang sangat bagus untuk berselancar serta memiliki pemandangan yang eksotik pada saat menjelang matahari tenggelam. Lokasi: Desa Gelgel, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali.

Nah 100 tempat wisata yang berada di kabupaten klungkung bali. Walaupun kabupaten yang terkenal dengan sebutan “bumi serombotan” ini memiliki wilayah yang kecil, ternyata memiliki banyak sekali destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi. Semoga ini dapat dijadikan refrensi dalam mencari destinasi wisata di bali khususnya di kabupaten Klungkung. Seiring berjalannya waktu, nantinya akan bermunculan destinasi wisata yang baru di kabupaten klungkung, tentu akan admin update nantinya perkembangan tersebut. Salam longtriper.