free counter with statistics Tempat Wisata Lapangan Puputan Renon Denpasar
T1/04/2018

Tempat Wisata Lapangan Puputan Renon Denpasar

Iklan
Iklan
Menurut wikipedia, puputan adalah istilah yang menggambarkan semangat yang membara dari masyarakat Bali berupa perlawanan habis-habisan sampai mati terhadap penjajah. Puputan atau Perang Puputan berarti perang sampai titik darah penghabisan hingga orang terakhir. Perang ini tidak hanya melibatkan para ksatrya saja melainkan seluruh warga dari semua kalangan, baik raja maupun rakyat jelata, baik laki-laki maupun perempuan hingga anak-anak ikut berperang hingga titik darah penghabisan.

Untuk mengenang semangat perang puputan rakyat Bali melawan penjajah, maka pemerintah provinsi Bali membuatkan lapangan umum dengan nama puputan. Di Kota Denpasar terdapat dua lapangan umum dengan nama puputan yakni salah satunya Lapangan Puputan Nitimandala Renon atau warga menyebut dengan nama lapangan Puputan Renon saja. Uniknya lapangan ini memiliki ciri khas tersendiri, di mana di tengah-tengah lapangan ini berdiri sebuah bangunan yang menjadi ikon kota Denpasar. Bangunan tersebut merupakan sebuah monumen untuk mengenang perjuangan rakyat Bali dalam mengusir penjajah dari Pulau Dewata. Monumen diberi nama Monumen Bajra Sandhi yang artinya genta suci. Sesuai dengan namanya, monumen ini memiliki arsitektur berbentuk genta.
Tempat Wisata Lapangan Puputan Renon Denpasar
Lapangan Puputan Renon dengan Monumen Bajra Sandhinya

Di dalam monumen ini terdapat dua buah muesuem yakni museum perjuangan rakyat bali dan interaktif art museum Bali atau I AM Bali. Bagi yang ingin mengenal atau mengetahui kehidupan masyarakat bali di museum perjuangan rakyat bali tempatnya. Di sini para wisatawan akan disajikan diorama tentang kehidupan warga bali dari zaman prasejarah hingga zaman sekarang. Sedangkan di I AM Bali pengunjung akan disajikan gambar interaktif 3D yang sangat unik dan keren.

Lapangan puputan renon tidak hanya lapangan untuk mengenang perjuangan rakyat bali dalam mempertahankan ibu pertiwi dari penjajah asing, tetapi lapangan ini multi fungsi. Pagi dan sore hari warga renon dan sekitarnya kerap kali melakukan aktivitas lari-lari (jogging). Tidak hanya lari, lapangan ini juga digunakan untuk kegiatan olahraga oleh siswa-siswi sekolah yang ada di Denpasar dan juga digunakan aktivitas yoga. Bahkan konser-konser musik baik artis lokal maupun artis nasional dan event-event tertentu juga sering diadakan di lapangan ini.

Hijaunya pepohonan yang berjejer dengan rapi di tengah lapangan membuat kawasan ini sangat sejuk, bahkan pada siang hari tempat ini benar-benar sejuk. Tidak mengherankan jika tempat ini dijadikan tempat untuk nongkrong atau berteduh oleh warga sekitar. Tidak hanya tempat nongkrong, di lapangan ini juga disediakan arena bermain anak, tentu kawasan ini sangat ramah dengan anak-anak. Uniknya, di lapangan puputan renon menyediakan air bersih yang siap diminum, keren bukan?
 
Lapangan Puputan Renon Denpasar
Jogging Track di Lapangan Puputan Renon

Tidak hanya siang hari, malam hari tempat ini ramai dikunjungi oleh par pelancong yang ingin merasakan suasana malam di kota Denpasar. Malam hari monumen bajra sandhi terlihat sangat gagah dan keren. Monumen Banjra Sandhi merupakan salah satu tempat wisata malam yang ada di Denpasar, sehingga kawasan ini kerap kali digunakan untuk tempat nongkrong oleh anak muda di malam hari.

Lokasi dan Cara Akses Lapangan Puputan Renon
Lokasi lapangan Puputan Renon sangat strategis karena terletak di depan kantor Gubernur Bali dan Gedung DPRD Provinsi Bali. Untuk mengakses monumen ini, Anda harus menempuh jarak kurang lebih 13 km dari Bandara Ngurah Rai. Dari Bandara Anda harus menuju Jalan Tol Bali Mandara ke perempatan Pesanggaran belok ke kanan untuk menuju daerah Sanur (Jalan By Pass Ngurah Rai). Di perempatan jalan menuju Pantai Sanur (KFC) alihkan jalan Anda belok ke kiri dan lurus hingga menemukan jalan Raya Puputan Niti Mandala di Renon. Setelah taman Janggan (taman bermain untuk anak-anak) akan menemukan sebuah lapangan yang luas dan hijau dan di tengahnya terdapat sebuah monumen yang ikonik. Nah itulah lapangan puputan Renon.

Nah itu sekilas tentang lapangan Puputan Renon yang ada di kota Denpasar. Selain lapangan puputan Renon, ada lagi lapangan yang bisa dijadikan tempat rekreasi keluarga di kota Denpasar seperti lapangan puputan Badung dan lapangan Lumintang (Taman Kota Denpasar). Adapun objek wisata yang dekat dengan lapangan puputan Renon yang bisa anda kunjungi yakni Pantai Sanur, Museum Bali, Lapangan Puputan Badung, Pasar Kumbasari, Pasar Badung, Taman Budaya Art Center, Hutan Mangrove, Pulau Serangan, Big Garden Corner, Museum Sidik Jari, dan Desa Budaya Kertalangu.
Iklan