free counter with statistics Inilah Tempat Wisata Bendungan atau Waduk Di Bali
T12/25/2015

Inilah Tempat Wisata Bendungan atau Waduk Di Bali

Iklan
Iklan
Provinsi Bali tidak hanya mengandalkan di sektor pariwisata untuk menunjang perekonomiannya, tetapi juga di sektor agraris (pertanian). Untuk meningkatkan perekonomian di sektor agraris, maka pemerintah membuat waduk atau bendungan untuk saluran irigasi. Tidak hanya berfungsi untuk meningkatkan perekonomian di sektor agrais, ternyata waduk atau bendungan juga berdampak terhadap sektor pariwisata. Di mana banyak wisatawan yang berkunjung ke bendungan atau waduk untuk berekreasi atau sekedar menyalurkan hobi memancingnya. Dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung ke bendungan atau waduk maka secara otomatis akan meningkatkan pendapatkan warga sekitarnya.
Bendungan Benel di Manistutu dilihat dari atas
Bendungan sebagai saluran irigasi

Untuk saat ini di pulau bali baru ada enam waduk yang sudah dibangun. Adapun waduk atau bendungan tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Bendungan Palasari
Bendungan Palasari terletak di Dusun Palasari, Desa Ekasari, Kecamatan Melaya, Jembrana. Bendungan Palasari ini berjarak 26 km dari Kota Negara dan kira-kira 120 km dari kota Denpasar. Bendungan ini berfungsi sebagai pengendali banjir dan irigasi pertanian di wilayah sekitarnya. Selain itu bendungan Palasari dijadikan sebagai tempat wisata yang sangat indah dengan latar belakang hutan lindung yang luas serta berudara sejuk (silahkan baca tempat wisata Bendungan Palasari)
Tempat Wisata Bendungan Palasari
Bendungan Palasari 
2. Bendungan Benel
Bendungan Benel terletak di Dusun Mekar Sari, Desa Manistutu, Kecamatan Melaya, Jembrana. Bendungan yang membendung Sungai Aya ini dibangun dengan tujuan untuk mengairi sawah di sekitar Sungai Aya dan persawahan yang ada di Desa Kaliakah. Selain berfungsi sebagai tempat penampungan air, juga berfungsi sebagai tempat rekreasi dan tempat mancing. Di sekitar bendungan dikelilingi oleh hutan yang menghijau dan menambah indahnya panorama di bendungan ini. Hampir tiap hari ada saja wisatawan yang berkunjung ke bendungan benel ini (baca juga tempat wisata bendungan benel)
Bendungan benel di manistutu Jembrana
Bendungan Benel

3. Bendungan Gerokgak
Bendunganini berlokasi di Desa Gerokgak, Kecamatan Gerokgak, kabupaten Buleleng. Bendungan yang membendung tukad gerokgak ini memiliki pemandangan alam yang indah, di mana ketika musim penghujan tiba, rumput-rumput disekitaran bendungan akan mulai tumbuh dan menghijau. Namun pada musim kemarau, rerumputan akan menghilang dan agak gersang namun keindahan perbukitan membuat semua nampak indah. Selain sebagai objek wisata, bendungan ini juga dijadikan spot memancing bagi warga sekitar bendungan.

4. Bendungan Telaga Tunjung
Bendungan Telaga Tunjung terletak di Desa Timpag, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan. Berjarak sekitar 40 km dari Kota Denpasar. Selain sebagai tempat penampungan air irigasi, bendungan ini dimanfaatkan sebagai objek wisata, sehingga wisatawan dapat memanfaatkan bendungan tersebut untuk berfoto disana, sebab pemandangannya sungguh menarik. Wisatawan bisa melihat pemandanagan dari atas bukit karena disana dibangun teras-teras yang berada diatas-atas bukit.

5. Waduk Muara Nusa Dua
Waduk Muara Nusa Dua terletak di muara Tukad Badung, tepatnya di hilir jembatan by pass Ngurah Rai, Suwung, Denpasar. Tujuan dibangunnya waduk ini untuk menyediakan air baku guna memenuhi kebutuhan air bersih kawasan Nusa Dua dan Kuta. Seiring dengan berjalannya waktu, air dari waduk muara juga digunakan untuk memenuhi kebutuhan air irigasi. Namun penyediaan air baku tetap menjadi prioritas. Selain itu waduk muara ini juga digunakan sebagai tempat rekreasi dan spot untuk memancing.

6. Bendungan Titab Ularan
Bendungan ini berada di berada di Desa Titab, Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng. Bendungan yang membendung sungai Saba ini termasuk bendungan baru karena selesai dibangun pada tahun 2015 dan diresmikan oleh mantan Presiden RI Megawati Soekarno Putri pada tanggal 13 Desember 2015. Tujuan dibangunnya ini untuk irigasi, air baku, pengendalian banjir, dan pembangkit listrik. Bendungan ini juga bisa digunakan sebagai daerah tujuan wisata baru di Buleleng.

Itulah tempat wisata bendungan yang ada di Bali. Semoga ini menjadi refrensi wisata Anda dalam mencari tempat wisata bedungan selama liburan di Pulau Bali. Silahkan baca juga tempat wisata di bali yang lainnya.
Iklan