free counter with statistics Tempat Wisata Bendungan Palasari yang Menawan Hati
T7/03/2013

Tempat Wisata Bendungan Palasari yang Menawan Hati

Iklan
Iklan
Bali memiliki berbagai macam objek wisata yang sangat indah dan layak untuk dikunjungi untuk mengisi liburan Anda. Sebelumnya Long Trip Mania sudah memposting tentang objek wisata Bendungan Benel. Kali ini Long Trip Mania akan kembali memposting tentang objek wisata bendungan yang lokasinya juga sama di Kabupaten Jembrana, yaitu bendungan Palasari.  Bendungan ini merupakan bendungan terbesar di Bali.
Tempat Wisata Bendungan Palasari
Bendungan Palasari terletak di Dusun Palasari, Desa Ekasari, Kecamatan Melaya, Jembrana. Untuk dapat berkunjung ke objek wisata Bendungan Palasari ini memerlukan waktu kurang lebih 2,5 jam perjalanan dengan jarak tempuh kira-kira 120 km dari kota Denpasar atau 26 Km ke arah barat dari kota Negara (pusat kota Kabupaten Jembrana).
Tempat Wisata Bendungan Palasari
Anda jangan khawatir dengan akses untuk mencapai bendungan ini, karena jalan untuk mencapai bendungan ini sudah sangat baik berkat perhatian pemerintah setempat. Saat anda meninggalkan jalan Denpasar-Gilimanuk maka Anda akan menemukan suasana yang sangat tenang yang mungkin tidak anda temukan di daerah lain. Sepanjang perjalanan sungguh sangat menenangkan batin sehingga sangat enjoy menikmati perjalanan tersebut.
Tempat Wisata Bendungan Palasari
Bendungan Palasari dibangun memerlukan waktu 3 tahun yaitu pada bulan April 1986 sampai bulan Mei 1989. Berdasarkan data yang ada dibendungan bahwa bendungan ini memiliki luas genangan waduk 100 hektar dengan volume air 8.000.000 m3. Berdasarkan prasasti yang ada di bendungan tersebut bahwa Bendungan Palasari diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 23 Juli 1989.
Tempat Wisata Bendungan Palasari
Bendungan Palasari ini pada awalnya merupakan waduk pengendali bencana banjir dan irigasi bagi lahan pertanian. Jika musim hujan bendungan ini sebagai penampung air hujan sehingga lahan pertanian disekitarnya tidak terkena dampak yang diakibatkan oleh air hujan tersebut, sedangkan jika musim kemarau bendungan ini sebagai sarana untuk mengairi lahan pertanian yang ada disekiranya sehingga petani tidak mengalami gagal panen jika musim kemarau tiba.
Tempat Wisata Bendungan Palasari
Selain berfungsi sebagai pengendali banjir dan irigasi pertanian, bendungan Palasari dijadikan sebagai tempat wisata yang sangat indah dengan latar belakang hutan lindung yang luas serta berudara sejuk.

Selain sebagai tempat nongkrong untuk melepaskan penat bisa juga melakukan aktifitas yang lainnya seperti bersampan mengelilingi bendungan, menikmati pemandangan dan memancing. Di Bendungan ini juga terdapat banyak ikan–ikan seperti ikan mujair, ikan nila, gurame, ikan gabus, lele, kaper, udang,  dan masih banyak ikan air tawar lainnya. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Bendungan Palasari, Anda bisa menyalurkan hobi memancingnya di Bendungan ini.
Tempat Wisata Bendungan Palasari
Bila Anda berkunjung ke Bendungan Palasari, Anda tidak perlu khawatir untuk masalah tiket masuk, karena pada hari–hari tertentu saja dikenakan karcis masuk ke wilayah Bendungan ini. Harga tiket masuknya pun masih sangat terjangkau yaitu Rp 1000 untuk roda dua dan Rp 2000 untuk roda empat, bahkan tim Long Trip Mania sendiri tidak dikenai tiket masuk. Di bendungan Palasari juga disediakan lahan parkir yang luas untuk mobil dan sepeda motor.


Di sekitar bendungan Palasari juga disedikan penginapan bagi para wisatawan yang ingin menginap jika kemalaman sampai di Bendungan Palasari yang bisa digunakan sebagai alternatif sarana untuk menginap. Namun bila Anda ingin penginapan yang lebih terjangkau, Anda bisa menuju daerah pantai Candikusuma, Jembrana, Bali. Karena di sana terdapat hotel yang bisa Anda gunakan untuk bermalam.
Iklan