free counter with statistics Tempat Wisata Pantai Jasri Karangasem Bali
T4/26/2016

Tempat Wisata Pantai Jasri Karangasem Bali

Karangasem merupakan nama sebuah kabupaten yang berada di Bali bagian timur. Kabupaten yang terkenal dengan "tradisi Magibung" ini memiliki sejumlah objek wisata yang mampu menarik wisatawan untuk berkunjung. Tidak hanya terkenal akan keindahan pura Besakih, kabupaten karangasem juga memiliki objek wisata pesisir yang sangat indah dan alami. Bahkan Film Hollywood yang berjudul “Eat, Pray and Love” yang dibintangi oleh Julia Robert mengambil lokasi shooting di salah satu pantai di “Bumi Lahar” ini. Pantai itu bernama Pantai Jasri.


Pantai tersebut bernama pantai Jasri karena berada di Desa Jasri. Sebenarnya pantai ini terbagi menjadi tiga kawasan dengan nama yang berbeda yakni pantai Jasri Timur, pantai Menteng, dan Pantai Dalem Jasri. Ketiga pantai tersebut memiliki keunikan tersendiri. Pantai Jasri Timur merupakan pantai yang paling mudah diakses dan sering dijadikan sebagai tempat melakukan ritual keagamaan Melasti khusus untuk umat Hindu. Untuk mengurangi dampak abrasi makin meluas maka di pantai ini dibuatkan penghalang ombak dari batu yang disusun rapi seperti tembok.
Tempat Wisata Pantai Jasri
Pantai Jasri 
Pantai Menteng merupakan pantai nelayan, pada siang hari kita akan melihat jukung-jukung nelayan yang berjajar dengan rapi sehingga menambah indahnya kawasan ini. Sedangkan pantai Dalem Jasri memiliki pemandangan alam yang masih alami dan indah. Memiliki ombak yang bagus sehingga pada hari-hari tertentu menjadi incaran para peselancar, baik peselancar lokal maupun mancanegara.

Karakteristik pantai Jasri sama seperti pantai Candidasa dan pantai Ujung yakni berpasir hitam dengan batu kerikil terhampar di pesisir pantai. Walaupun pantai ini tidak sepopuler pantai kuta dan sanur, tetapi panorama di pantai ini tidak kalah menawannya dengan pantai-pantai di Bali Selatan. Dengan suasana pantai yang masih alami dan panorama alam yang begitu menarik manjadikan pantai ini selalu ramai dikunjungi para turis lokal maupun mancanegara.

Pengunjung tidak hanya disuguhkan dengan keindahan pantai dari tepi laut saja, namun kita akan disuguhkan dengan pemandangan alam bawah lautnya yang sangat menawan. Diving dan snorkeling merupakan pilihan yang harus diambil untuk melihat keindahan bawah lautnya. Selain itu, kita bisa juga menyewa jukung milik para nelayan untuk memancing dengan harga yang relatif terjangkau.
Pantai Jasri Karangasem Bali
Pantai Jasri dengan jukung nelayannya
Bagi yang memiliki hobi memancing, pantai Jasri merupakan tempat yang tepat untuk menyalurkan hobi berburu ikan dengan joran. Sambil menunggu umpan diserbu ikan, kita bisa menikmati suasana pantai yang tenang dengan deburan ombaknya yang saling kejar mengejar.

Adapun fasilitas yang disediakan di pantai ini untuk menunjang kegiatan wisatawan seperti gazebo untuk tempat duduk-duduk menikamti indahnya pantai, penyewaan perahu bagi yang ingin menikmati indahnya pantai dari tengah laut atau ingin menikamti indahnya bawah laut, dan area parkir yang cukup luas. Bagi yang berniat menginap, di sekitar pantai juga tersedia villa atau home stay dengan harga yang terjangkau.

Masyarakat setempat juga memanfaatkan pantai ini untuk mengasi rejeki, misalnya dengan membuka warung. Selain terdapat restoran, di pantai ini juga terdapat warung makanan dan minuman, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir kelaparan atau kehausan saat mengunjungi kawasan objek wisata ini. Masyarakat di sini sangat ramah dan bersahabat sehingga kita akan merasa betah berlama-lama berada di pantai ini.

Lokasi dan Cara Akses Pantai Jasri

Pantai Jarsi berada di Desa Jasri, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali –Indonesia. Pantai ini satu jalur dengan objek wisata taman ujung. Dari pantai jarsi ke taman ujung hanya berjarak 4 km. Jadi jika anda akan mengunjungi taman ujung cobalah sempatkan berkunjung ke pantai Jasri. Dari Bandara Ngurah Rai untuk menuju pantai Jasri hanya menempuh jarak 73 km atau memerlukan waktu 2 jam perjalanan.

Adapun akses menuju pantai Jasri sebagai berikut. Dari Bandara Ngurah Rai arahkan kendaraan menuju Jalan Tol Bali Mandara hingga ke jalan By Pass Ngurah Rai, lalu ke timur hingga ke Patung Titi Banda. Dari patung titi Banda ke timur melalui jalan By Pass Ida Bagus Mantra hingga ke objek wisata pura Goa Lawah. Dari Goa Lawah lanjutkan perjalanan menuju ke timur dengan melalui kecamatan Manggis (akan menemukan patung manggis), dan ketemu pantai Candidasa. Dari pantai Candidasa ke timur lagi hingga menemukan pertigaan yang terdapat patung wanita yang membawa buah salak. Nah di patung ini belok ke kanan dan ikut jalan tersebut. Jika menemuka pertigaan lagi, ambil jalan yang lurus dan ikuti jalan tersebut maka Anda akan sampai di area parkir pantai Jasri.
patung wanita yang membawa buah salak
Patung wanita membawa salak di pertigaan Jasri
Melakukan perjalanan selama 2 jam sungguh sangat membosankan, oleh karena itu anda bisa mampir ke tempat-tempat wisata yang sejalur dengan tujuan Anda. Adapun objek wisata yang sejalur dengan pantai Jasri yakni:

Tempat wisata di Bali memang tidak akan pernah habisnya untuk dijelajahi. Silahkan baca juga tempat wisata di Bali yang lainnya. Selamat ber-long trip.