T9/16/2017

Tempat Wisata Patung Titi Banda Denpasar

Siapa yang tidak kenal dengan Kota Denpasar? Kota Denpasar merupakan Ibukota dari provinsi Bali. Denpasar memiliki keindahan alam yang mampu membuat pengunjung ingin datang lagi bagi sebelumnya sudah pernah mengunjunginya. Bahkan keindahan alamnya sudah terkenal sampai ke mancanegara. Salah satu objek wisata alam yang mampu menarik wisatawan di Kota Madya Denpasar yakni Pantai Matahari Terbit, Pantai Sanur, Pantai Merta Sari, dan Pantai Segara Ayu.

Selain objek wisata alam, Kota Denpasar juga memiliki objek wisata buatan tidak kalah menariknya dengan wisata alamnya, seperti monumen perjuangan rakyat BajraSandhi, Taman Budaya Art Center dan Lapangan Puputan Badung. Pada tahun 2014, Pemda Kota Madya Denpasar membangun objek wisata baru lagi. Objek wisata buatan ini berada di dekat lapangan umum Kapten Japa. Objek wisata ini bernama “Patung Titi Banda”. Objek wisata ini merupakan icon baru bagi KotaDenpasar. Dengan dibangunnya objek wisata titi Banda ini, diharapkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kota Denpasar akan meningkat.

Patung titi Banda di bangun sangat strategis yaitu di tengah-tengah pertigaan jalan By Pass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra – By Pass I Gusti Ngurah Rai. Jika Anda datang dari kawasan timur (kabupaten Karangsem dan kabupaten Klungkung) akan menuju kawasan Sanur dan Nusa Dua ataupun Tabanan dan Gilimanuk, maka Anda akan menemukan Patung Titi Banda ini. Tempat ini merupakan pertemuan antara Gianyar dari arus utara, Karangasem dan Klungkung dari timur, dan Nusa Dua dari selatan.
Tempat Wisata Patung Titi Banda Denpasar

Patung Titi Banda ini dibuat terinspirasi dari cerita pewayangan Ramayana. Patung Titi Banda ini menceritakan tokoh Sri Rama yang membangun jembatan Titi Banda di tengah laut bersama pasukan wanara (kera) yang akan menjemput istrinya yakni Dewi Shinta, yang menjadi tawanan dari raja Rahwana di negeri Alengka. Dengan semangat membela kebenaran dan kegotong-royongan maka pasukan kera yang dipimpin oleh Sri Rama akhirnya jembatan titi Banda selesai dibangun.

Di area patung ini, terdapat Pangeran Rama berdiri dengan gagahnya yang menghadap ke timur dengan didampingi pasukan kera yang berjumlah 18 prajurit, lima di antaranya merupakan panglima kera yakni Sugriwa, Nala, Anoman, dan Anggada. Pembuatan patung Titi Banda memaknai filosofi seperti sifat kepemimpinan seorang Rama yang selalu mengedepankan kesejahteraan rakyatnya dan membela kebenaran, semangat gotong royong yang dimiliki oleh pasukan kera sehingga mampu membangun sebuah jembatan walaupun harus menyeberangi lautan, serta cinta kasih Rama dan Sita.

Jadi, bagi Anda yang ingin menikmati suasana baru di kota denpasar coba sesekali datang ke kawasan Patung Titi Banda. Adapun objek wisata yang dekat dengan Patung Titi Banda yakni Objek Wisata Kertalangu, Pantai Padang Galak, dan Pantai Matahari Terbit. Selamat menikmati liburan.

0 Response to "Tempat Wisata Patung Titi Banda Denpasar"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif