T10/23/2015

Tempat Wisata Pura Goa Lawah Klungkung

Pura Goa Lawah merupakan salah satu tempat suci bagi umat Hindu sekaligus sebagai tujuan wisatawan mancanegara jika berkujung ke Bali, sehingga hampir setiap hari ada saja pengunjung yang datang ke pura ini untuk sembahyang atau sekedar foto-foto bagi wisatawan asing yang non Hindu. Pura Goa Lawah memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan pura yang lainnya di Bali, karena di dalam pura ini ada sebuah gua yang dihuni oleh ribuan kelelawar. Goa Lawah terdiri dari kata goa dan lawah, dimana kata lawah berarti kelelawar.
Tempat Wisata Pura Goa Lawah Klungkung
Goa Lawah
Pura Goa Lawah merupakan salah satu pura dari enam pura penting yang ada di Bali. Keenam pura itu sering dikenal dengan nama Sad Kahyangan yang terdiri dari Pura Lempuyang, Pura Uluwatu, Pura Andakasa, Pura Batukaru, Pura Silayukti, dan Pura Goa Lawah. Dalam kepercayaan masyarakat, Gua yang ada di Pura Goa Lawah diyakini tembus ke Pura Goa Raja di Besakih. Bahkan dalam babad disebutkan seorang pangeran dari kerajaan Mengwi yang pernah diuji Dalem Gelgel untuk masuk ke Goa Lawah. Ternyata, sang pangeran itu memang tembus ke Besakih tetapi dalam keadaan tuli. Sang pangeran kemudian diberi nama I Gusti Agung Ketut Besakih.

Pura Goa Lawah merupakan tempat memuja Ida Sang Hyang Widhi Wasa dalam manifestasi Dewa Maheswara yakni dewa penguasa arah tenggara. Pujawali di Pura Goa Lawah dilaksanakan setiap Anggara Kasih Medangsia.

Selain Pura Goa Lawah, juga di bangun sebuah pura dekat pantai yang dikenal dengan nama Pura Segara. Pura Segara merupakan pura untuk memuja Tuhan dengan sebutan Bhatara Baruna atau Dewa Laut, karena sebagian besar penduduk di sekitar pura Goa Lawah sebagai nelayan dan petani garam
Tempat Wisata Pura Goa Lawah Klungkung
Pura Goa Lawah
Lokasi Tempat Wisata Pura Goa Lawah
Untuk mengakses tempat wisata pura Goa Lawah sangatlah mudah karena satu jalur dengan objek wisata pantai padang bay, pelabuhan padang bay, Pantai Candidasa, Taman Ujung dan Taman Tirta Gangga. Tempat wisata pura Goa Lawah tepatnya berada di desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung. Jaraknya sekitar 9 km ke arah timur dari objek wisata Kerta Gosa (Kota Klungkung) atau kurang lebih 50 km dari objek wisata Bajra Sandi (kota Denpasar). Jika Anda datang dari Banda Ngurah Rai maka memerlukan waktu kira-kira 85 menit untuk sampai di Pura Goa Lawah dengan melalui Jalan Tol Bali Mandara, By pass Nguarh Rai dan by pass Prof Ida Bagus Mantra.

Di Pura Goa Lawah pengunjung akan diberikan pemandangan yang cukup menarik dan unik, karena pengunjung bisa melihat pura berjajar tepat di mulut goa yang dihuni oleh ribuan kelelawar. Pura Goa Lawah berada di wilayah pantai yang bertemu dengan wilayah perbukitan, sehingga pengunjung bisa menyaksikan keindahan pantai sekaligus menyaksikan keindahan perbukitannya. Selain itu, pengunjung bisa mencoba berwisata kuliner di sekitar pura Goa Lawah. Ada beberapa warung yang menyediakan makanan khas Bali dan warung seafood yang menyediakan sate dan ikan bakar. Areal parkir yang tersedia cukup luas yang berada di luar pura dan di tepi pantai. Daerah tujuan wisata ini ramai dikunjungi wisatawan mancanegara maupun domestik. Terutama pada saat musim liburan dan hari raya.

Bagaimana? Anda tertarik mengunjungi tempat wisata Pura Goa Lawah untuk menikmati keindahan dan kuliner khasnya. Objek wisata yang dekat dengan Pura Goa Lawah yakni Pantai Kusamba, Pantai Watu Klotok, Kerta Gosa, Pantai Candidasa, Pantai Padang Bay, Pelabuhan Padang Bay, dan Pantai Yeh Malet.

0 Response to "Tempat Wisata Pura Goa Lawah Klungkung"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif